Wisata Hozu River Arashiyama

Home / Nature / Wisata Hozu River Arashiyama
Item image

Satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata Arashiyama adalah menyusuri sungai Hozu dengan kapal wisata (rakit tradisional) Hozu River. Kegiatan ini sering disebut Hozukawa Kudari atau menyusuri muara sungai Hozu dalam bahasa Jepang. Naik rakit dan menyusuri sungai ini awalnya dilakukan sekitar 400 tahun lalu untuk transportasi orang dan barang jualan ke kota Arashiyama yang terkenal. Namun semenjak pembangunan jalan di era Meiji, fungsinya beralih jadi kegiatan wisata. Khususnya musim semi dan musim gugur, kita bisa menyaksikan keindahan alam Arashiyama dari atas rakit, dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Seperti apa keseruan naik kapal wisata Hozu River di Arashiyama? Berikut laporan Tim Info Jepang.

Informasi tentang Kapal Wisata Hozu River

Dari atas rakit kita bisa menikmati keindahan pegunungan Arashiyama dari sudut yang berbeda. Jika sebelumnya hanya dari kejauhan, kita bisa memandangnya dari dekat dan 360 derajat. Pengalaman naik rakit tentu akan jadi pengalaman spesial yang tidak bisa dilakukan di kota dan negara lainnya.

Untuk dapat naik rakit menyusuri sungai Hozu kita bisa mengantri di pelabuhan rakit dan membayar ongkos 4.100 yen untuk dewasa dan 2.700 yen untuk anak-anak. Selama kurang lebih dari 10 orang, kamu bisa langsung datang ke pelabuhan kapal wisata Hozu River, membeli tiket dan langsung naik kapal wisata Hozu River. Kita bisa menikmati pemandangan menyusuri sungai Hozukawa sejauh 16 kilometer dalam 2 jam waktu perjalanan.

Adapun waktu keberangkatannya adalah pukul 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 dan 15.30 (jadwal 10 Maret hingga 30 November, waktu berubah di hari libur). Keberangkatan di musim dingin dari 1 Desember hingga 9 Maret, keberangkatan pada jam 10.00, 11.30, 13.00, 14.30.

Informasi selanjutnya mengenai Hozukawa Kudari bisa dibaca di resmi website bahasa Jepang.

Kapal wisata Hozu River

Menyusuri sungai Hozukawa di Daerah Wisata Arashiyama

Akses Menuju Pelabuhan Kapal Wisata Hozu River dari Arashiyama

Dari Kyoto Station kita bisa naik kereta JR Sanin Line sampai ke Saga Arashiyama Station dengan ongkos 320 yen. Kemudian bisa naik kereta Sagano Train sampai ke Torokko Kameoka Station. Dari Torokko Kameoka Station bisa naik Keihan Bus sampai ke pelabuhan tempat naik kapal wisata Hozu River.

Akses menuju ke Arashiyama

Selain itu, teman-teman dari Osaka (Umeda atau Juso) maupun dari Sannomiya Kobe, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line sampai ke Arashiyama. Ongkos tiketnya seharga 400 yen dan ditempuh selama 49 menit.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Arashiyama, Gion, atau Pasar Nishiki di Kyoto lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Dari Osaka Station

Osaka Station – Kyoto Station dengan JR San-yo Main Line
Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line atau JR Sagano Line (selama 48 menit, dengan ongkos 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line
Katsura Station – Arashiyama Station dengan Hankyu Arashiyama Line (41 menit, ongkosnya 390 Yen)

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station. Atau bisa naik bus dahulu kembali ke Stasiun Kyoto, lalu naik JR Sanin Main Line sampai Stasiun Saga Arashiyama.

Cheap Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ranzan
8 km away
click for detail
Saga Grace Hotel
9 km away
from ¥21580/night
Sun Members Kyoto Saga
10 km away
from ¥15000/night
Arashiyama Benkei
8 km away
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Istana Nijo
15 km away
Keindahan Istana Nijo di Kyoto
Kuil Shimogamo
17 km away
Sakuramon di Kuil Shimogamo
Arashiyama
7 km away
Arashiyama waktu musim panas
Fushimi Inari Taisha
18 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha

Sumber gambar: PYONKO OMEYAMA, Hans Liu


Recommended for you


Last modified: September 13, 2018 by

Close Comments

Comments (20)

    • FITRI  |  

      saya sudah baca itinerary saat di kyoto sangat lengkappppp,

      berarti walau kami membeli tiket terusan bus kyoto, tdk semua tercover ya pak..? dan saat ada panduaan menggunakan kereta JR(seperti JR Nara line dari st.kyoto ) berarti kami cukup membeli dgn uang cash ya…?

    • Nugroho Christian  |  

      Iya benar bu. Tidak semua tercover, tapi kalau dihitung-hitung, itu adalah cara termurah dan paling praktis. Kalau ibu mau, bisa menyelipkan atau mengurangi tempat wisata lainnya juga. Salam.

    • FITRI  |  

      sisore pak,

      saya akan mengikuti ittinerary bpk di kyoto(ada 2tempat yg kami skip). urutannya 1. Fushimi innari 2.kiyomuzidera 3.Gion(Higashiyama) 4.Arashiyama(bamboo grove dan sagano train).

      dari Gion ke Arashiyama bagaimana caranya ya pak..?

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik bus rute nomor 100 kembali ke Stasiun Kyoto, baru naik JR Sanin Line/Sagano Line sampai Stasiun Saga-Arashiyama. Salam.

    • maaf pak, mungkin bpk salah ketik ya. maksudnya St.Kyoto. benar begitu?

      lalu, apakah benar dari Gion ke Arashiyama bisa jalan kaki ke arah stasiun kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai arashiyama(via st.katsura)..?

    • FITRI  |  

      dari Gion ke Arashiyama lebih murah dan mudah mana ya pak..?

      1. Gion naik bus 100 ke St.Kyoto(lalu dari ST.Kyoto naik JR Sanin/sagano.
      2. jalan kaki ke arah halte kawaramachi lalu naik Hankyu sampai Arashiyama(via St.Katsura)

    • Nugroho Christian  |  

      Tanpa JR PASS dan Bus Pass, ongkos bus dari Gion ke Kyoto Station adalah 220 yen, lalu ongkos kereta dari Kyoto hingga ke Saga Arashiyama 240 yen.
      Sementara kalau naik kereta hankyu dari Kawaramachi-Katsura-Arashiyama ongkosnya 220 yen. Salam

  1. Pak, mau tanya hal sight seeing yg bgs di Osaka atau Kyoto kemana? Yg sdh sy kunjungi : Osaka castle, Museum of housing and leaving, bamboo forest, Hozugawa river boat, Kiyomizudera shrine…sy msh ada wkt 1 hari di Osaka ( kami dewasa 4 orang dan anak 1 umur 10 thn )

  2. haii.. mau tanya dong, saya dan teman-teman total 14 orang akan berangkat ke Jepang tgl. 9-16 November 2016, intenery saya setibanya di Kansai kita akan naik Nankai tujuan Namba, dan kita akan berwisata sekitar Namba sampai malam kita akan lanjut ke Kyoto krn kita bermalam di Hostel Ginkakuji Sakyo Ward Kyoto selama 3 malam, hari ke 2 kita akan wisata sekitas Osaka & Kyoto, hari ke 3 kita akan ke Arashiyama lanjut wisata di Kyoto terdekat, tgl. 12 Nov tepat hari ke 4 dari Kyoto ke Tokyo kita akan menggunakan Shinkansen beli tiket yg 1 x pakai, hari berikutnya kita akan tour kota Tokyo, tgl. 15 Nov wisata Gunung Fuji & Hakone, tgl. 16 kita akan kembali ke Osaka dan bermalam disana 1 mlm, dikarenakan tiket kita Jkt-Kansai-Jkt. yang saya mau tanyakan, apakah kita perlu membeli Nankai All Line 2 day Pass, apa tiket ini sdh termasuk Nankai ke Kyoto tempat kita menginap?, dan apa perlu kita beli JRPass ??, terima kasih sebelumnya .. salam Denise..

    • Nugroho Christian  |  

      Hai salam kenal Denise :)
      Karena ada rute PP Kyoto/Osaka-Tokyo, apalagi mau ke Gunung Fuji dan Hakone dan tour di Tokyo, saya sarankan untuk beli JR Pass seharga 29.020 yen, karena jauh lebih hemat.

      Wah, Nankai All Line Pass itu gak perlu kamu beli lagi, karena semua semua kereta gratis dengan JR Pass.
      Nankai All line ya cuma mengcover jalur kereta Nankai (jalur Kansai Airport ke Namba, dan Namba ke Gunung Koya di Wakayama).
      Jalur kereta di kota Osaka dan Kyoto tidak tercover.

    • Pak Nugroho, jd sy hanya beli JR pass saja cukup ?, dari Kansai ke Namba kita naik Nankai 1 kali jalan saja ??, lalu utk ke Kyotonya pakai Nankai lg ? krn kita 8 hari disana, jd JR pass kita pakai hari ke 2, bila kita dari Kyoto mau ke Osaka pakai Jr Pass free jg pak ?

      sy mau tny jg utk line kreta tujuan Gunung Fuji, Hakone, dan Gotemba dari Tokyo bs pakai Jr Pass ?

      Thanks Pak Nugroho… God Bless..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore. Denise tiba/ berangkat dari Kansai Airport pukul berapa? Kalau sudah malam, mulai aktifkan besok harinya saja. Kalau pakai JR Pass, jangan pakai kereta Nankai (tidak tercover). Ada alternatif yakni kereta ekspress Haruka (tercover JR Pass) dari Kansai Airport sampai ke Osaka (baca di akses Kansai Airport). Lalu tujuan ke Kyoto, Osaka, Gunung Fuji, Hakone, Gotemba semua bisa pakai JR Pass plus nambah ongkos kereta sedikit ke arah Hakone.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!