Kuil Kurama

Home / Temple / Kuil Kurama
Item image

Kurama adalah kota pemandian air panas yang terletak di sebelah utara kota Kyoto, di daerah pegunungan. Letaknya berdekatan dengan Kibune (terkenal dengan Kuil Kibune), dan dapat ditempuh dengan naik kereta wisata Eizan dari stasiun Demachiyanagi kota Kyoto sampai ke stasiun Kurama. Ongkosnya 420 yen dan durasi perjalanan 30 menit.

Kuil Kurama atau Kurama Dera adalah ikon wisata daerah Kurama, sebuah kuil Buddha yang ada di atas bukit. Lokasinya yang terletak di atas bukit diantara pepohonan yang lebat dengan udara sejuk menambah kesan sejarah Kuil Kurama. Kita bisa berjalan kaki 30-45 menit sampai ke atas bukit, atau naik cable car 200 yen sampai setengah jalan perjalanan. Ada juga Kuil Yuki Jinja, yang terkenal dengan Festival Api Kurama yang diadakan tanggal 22 Oktober setiap tahunnya.

Kegiatan Wisata di Kuil Kurama Kyoto

1. Menikmati Pemandangan dari Kereta Eizan

Teman-teman bisa naik kereta Eizan dari Demachiyanagi Station di timur laut Kota Kyoto. Selama perjalanan mendaki bukit, kita bisa menikmati pemandangan kota yang berubah menjadi pemandangan desa. Ini jauh lebih mengasyikkan daripada naik bus menuju ke Kuil Kurama. Jika waktunya tepat, teman-teman bisa naik kereta Kirara yang tempat duduknya menghadap ke jendela, di mana kita bisa menikmati pemandangan alam yang menawan. Di musim gugur, masyarakat sekitar dan perusahaan Eizan Railway juga selalu membuat Momiji Tunnel di antara Ichihara Station dan Ninose Station. Kita bisa melihat pemandangan cahaya lampu-lampu dan iluminasi pohon momiji di antara pukul 17.00-21.00 setiap hari di musim gugur.

2. Bersantai di Kurama Onsen

Kita bisa mencoba onsen baik dalam ruangan maupun di luar ruangan di daerah Kurama Onsen. Lokasinya cukup strategis dan bisa dicapai 10 menit dengan berjalan kaki dari stasiun, menyusuri jalan kota atau lewat jalan pendakian gunung. Teman-teman bisa menginap di salah satu ryokan untuk kemudian menikmati onsen gratis atau mencoba onsen tanpa menginap, biayanya 2500 yen untuk semua onsen dan 1000 yen jika hanya ingin ke rotemburo atau onsen di luar ruangan.

3. Ke Kuil Kurama, menikmati ketenangan ala pegunungan Jepang

Kuil Kurama atau Kuramadera dalam bahasa Jepang adalah kuil Budha yang terletak di sisi bukit yang curam. Untuk dapat mencapai Kuil Kurama, kita harus berjalan kaki 30-45 menit dari kota Kurama di bagian lereng bukit. Atau buat yang ingin praktis bisa naik cable car yang akan mengantarkan dari Sanmon Station di bagian bawah bukit ke Stasiun Tahoto tengah bukit. Cable car ini terkenal di Jepang, karena jaraknya yang pendek, cable car ini adalah satu-satunya yang dioperasikan oleh Badan Keagamaan. Ongkosnya sangat murah hanya 200 yen. Setelah turun dari Stasiun Tahoto dan ikut jalan setapak ke atas bukit, kita akan melewati Kuil Yuki, kuil yang sangat terkenal dengan Festival Api Kurama di bulan Oktober. Jalan setapaknya sendiri bernama Tsuzura-ori Path yang berarti jalan 99 doa.

Tempat membasuh tangan di Kuil Kurama

Tempat membasuh tangan di Kuil Kurama

4. Menikmati pemandangan bunga Uzusakura

Jika datang ke Kyoto di pertengahan April dan ingin menikmati keindahan bunga sakura, teman-teman bisa melihatnya di kompleks Kuil Kurama. Kuil Kurama memang terkenal dengan bunga sakuranya yang unik, dengan dahan pohon yang besar dan warna bunga sakura merah jambu. Ada juga ukon sakura, sakura yang bewarna kekuningan. Jadwalnya adalah pertengahan hingga akhir bulan April, atau lebih lambat sekitar 2 minggu daripada bunga sakura di kota Kyoto yang akan mekar di akhir bulan Maret.

Pemandangan musim panas dari Kuil Kurama

Pemandangan musim panas

5. Melihat pemandangan momiji di musim gugur

Masterpiece Kuil Kurama adalah pemandangan musim gugurnya, dan seluruh kontributor Tim Info Jepang menyetujui hal ini. Mungkin pemandangan musim semi dan musim panas di Kuil Kurama terasa biasa-biasa saja, mirip dengan tempat yang lain, namun tidak demikian dengan pemandangan musim gugurnya yang sungguh mempesona. Perbedaan ketinggian sepanjang jalan membuat warna-warna daun musim gugur makin kontras dan menciptakan harmoni warna yang indah. Ada daun yang bewarna hijau, kuning, oranye, emas, dan merah yang padu dan sangat indah. Momiji musim gugur dimulai dari awal hingga pertengahan November atau lebih cepat 2 minggu daripada momiji di Kota Kyoto. Teman-teman juga perlu membawa jaket lengan panjang untuk antisipasi suhu udara yang turun lebih cepat di daerah pegunungan.

Akses

Kuil Kurama buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.30. Namun perlu dicatat bahwa akan tutup di hari Senin dari tanggal 12 Desember hingga akhir bulan Februari. Biaya masuknya adalah 300 yen untuk dewasa, dan anak SMP ke bawah gratis.

Kurama letaknya berdekatan dengan Kibune (terkenal dengan Kuil Kibune), dan dapat ditempuh dengan naik kereta wisata Eizan dari Stasiun Demachiyanagi kota Kyoto sampai ke stasiun Kurama. Ongkosnya 420 yen dan durasi perjalanan 30 menit. Kereta Eizan akan berangkat setiap 15-20 menit sekali.

Teman-teman bisa naik JR Nara Line dari Kyoto Station sampai ke Tofukiji Station. Ongkosnya 140 yen (tercover dengan JR PASS). Kemudian naik Keihan Line sampai stasiun terakhir Demachiyanagi Station. Ongkosnya 270 yen dengan waktu perjalanan 10 menit.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Sakura Terrace
15 km away
from ¥7331/night
Ryokan Izuyasu
14 km away
from ¥27287/night
Hotel Excellence Kyoto
15 km away
from ¥6000/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
15 km away
from ¥11200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Byodoin
26 km away
Bangunan Kuil Byodoin Kyoto
Fushimi Inari Taisha
17 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha
Toji Temple
15 km away
Mengunjungi Kuil Toji Kyoto di malam hari
Wisata Hozu River Arashiy
20 km away
Wisata Hozu River Arashiyama di musim gugur

top

Sumber gambar: Flickr Tang0126bin hisyamOne_roo


Recommended for you


Last modified: August 4, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!