Loading Events

« All Events

Festival Api Kurama

October 22 @ 6:00 pm - 9:00 pm

Mengikuti Festival Api Kurama di Kyoto

Festival Api Kurama atau Kurama no Hi-Matsuri adalah festival yang diadakan untuk menghormati Dewa Kurama, yang dipercaya mendiami Gunung Kurama. Gunung Kurama sendiri terletak di wilayah utara Kota Kyoto, salah satu area yang paling misterius di Kyoto, dengan hutan yang lebat dan belum disentuh oleh manusia. Festival yang sudah berlangsung sejak tahun 940 (pada periode Heian), saat Kyoto baru menjadi ibukota Jepang. Saat itu dipercaya, bagian utara Kyoto dihuni oleh roh jahat. Oleh karena itu, Kaisar memulai festival api ini di kaki Gunung Kurama untuk menjauhkan ibukota dari marabahaya dan roh jahat.

Hingga kini, festival ini dipusatkan di Kuil Kurama. Daya tarik utama Festival Api Kurama adalah parade obor api sepanjang malam yang membuat langit kota Kyoto terang benderang dalam malam festival. Para penduduk Kyoto percaya obor-obor yang yang dinyalakan sepanjang jalan menuju Gunung Kurama akan menggiring roh-roh jahat keluar dari kota.

Mengikuti Festival Api Kurama di Kyoto

Mengikuti Festival Api Kurama di Kyoto

Menjelang matahari terbenam (sekitar pukul 17.30), para penduduk akan menyalakan api unggun di pekarangan rumah mereka lalu berdiri mengelilinginya. Beberapa benda bersejarah keluarga, seperti pedang, perisai, atau lukisan juga akan didekatkan dengan api unggun. Setelah itu, para penduduk (mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa) akan berganti pakaian dengan warna-warna terang dan berkumpul di jalanan utama. Mereka akan membawa taimatsu (sejenis obor). Agak serem sih, namanya api ada di deket kulit atau badan kita ya? Kalau anak-anak biasanya memegang obor berukuran kecil, sedangkan orang dewasa membawa obor yang berukuran lumayan besar. Bahkan ada yang membawa obor raksasa seberat 50-80 kilogram.

Sekitar jam 20.00 (8 malam), orang-orang akan berkumpul di depan Kuil Kurama dan dilanjutkan dengan parade di kota hingga tengah malam. Dua buah mikoshi (kuil kecil yang dipercaya sebagai tempat tinggal Kami atau roh-roh) juga akan dibawa berkeliling. Jangan lupa mengabadikan obor api raksasa setinggi 3 meter yang menjadi ikon utama festival ini.

Akses menuju ke Kuil Kurama

Kurama letaknya berdekatan dengan Kibune (terkenal dengan Kuil Kibune), dan dapat ditempuh dengan naik kereta wisata Eizan dari Stasiun Demachiyanagi kota Kyoto sampai ke stasiun Kurama. Ongkosnya 420 yen dan durasi perjalanan 30 menit. Kereta Eizan akan berangkat setiap 15-20 menit sekali.

Teman-teman bisa naik JR Nara Line dari Kyoto Station sampai ke Tofukiji Station. Ongkosnya 140 yen (tercover dengan JR PASS). Kemudian naik Keihan Line sampai stasiun terakhir Demachiyanagi Station. Ongkosnya 270 yen dengan waktu perjalanan 10 menit.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Hotel Excellence Kyoto
from ¥6000/night
Hotel Kanra Kyoto
from ¥27185/night
New Miyako Hotel
from ¥17000/night
Almont Hotel Kyoto
from ¥13800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Rental Kimono Yumeyakata
Berkeliling Kyoto dengan kimono Yumeyakata
Kuil Byodoin
Bangunan Kuil Byodoin Kyoto
Kuil Heian Jingu
Pintu masuk Kuil Heian Jingu
Taman Botani Kyoto
Kolam di samping Taman Botani Kyoto

top

Sumber gambar: Flickr Justin Grimes


Recommended for you

Details

Date:
October 22
Time:
6:00 pm - 9:00 pm
Event Category:
Event Tags:

Venue

Kuil Kurama
1073, Kurama-Honmachi, Sakyo-ku
Kyoto, Kyoto Prefecture Japan
+ Google Map