Gion di Kyoto

Home / Attraction / Gion di Kyoto
Item image

Dari Kuil Nanzenji, kita bisa naik kereta Tozai Line di Keage Station dan menuju Sanjokeihan untuk pergi ke Gion. Gion di Kyoto sangat terkenal sebagai distrik Geisha atau penari di Jepang. Gion adalah distrik khusus Geisha (penari Jepang) yang terkenal. Terletak di sebelah timur sungai Kamo atau Kamogawa, suasana di Gion sangat berbeda dengan tempat lain di Kyoto. Bangunan tradisional di kanan kiri masih sangat terawat, menambah kesan antik dan tradisional wilayah Gion ini. Sambil menikmati panorama kota Kyoto jaman lalu, kita bisa mengambil foto-foto di jalan Hanami-koji, Shirakawa, dan Shirakawa-minami Dori, lalu beristirahat makan siang di sini. Kita bisa menyantap masakan tradisional khas Kyoto di sini dengan harga terjangkau.

6 Kegiatan Seru di Gion Kyoto

1. Ikut Festival Gion Matsuri

Suasana Festival Gion Matsuri

Anak-anak berpartisipasi dalam Gio Matsuri

O ya, tiap tahunnya di musim panas, diadakan festival Gion Matsuri yang sangat terkenal dan ramai. Kita dapat mengikuti festival ini secara gratis waktu berkunjung ke Kyoto. Festival tradisional yang telah berlangsung selama 1000 tahun lebih ini dimulai dengan tujuan menghilangkan penyakit wabah jaman itu. Dan hingga kini, festival ini terus diadakan setiap tahunnya.

Festival Gion Matsuri biasanya diadakan dari tanggal 1 hingga 31 Juli di distrik Kawaramachi dan Karasuma di timur kota Kyoto. Puncak perayaannya pada tanggal 14-16 Juli di mana bakal diadakan parade sekeliling kota.

2. Berfoto bersama Geisha

Gion terkenal sebagai distrik Geisha dan para penari di Kyoto. Kita dapat bertemu dengan para geiko dan maiko (geisha muda) di jalan-jalan kota Kyoto saat petang hari. Di saat bersamaan, kita dapat pula melihat polisi mulai berjaga untuk mengamankan para geisha dari orang jahat atau mereka yang memaksa meminta foto. Jadi, bagi teman-teman yang berkunjung ke Kyoto, jangan mengambil foto para geisha sembarangan ya! Sebab ada peraturan untuk yang melanggar dengan mengambil foto  di jalanan kecil para geisha/ maiko akan dikenakan denda 10 ribu yen. Penegakan hukumnya akan memanfaatkan kamera pengaman atau CCTV. Papan peringatan sudah diletakkan di beberapa jalan utama. Tapi tenang saja, teman-teman masih boleh berfoto selama berada di jalanan utama di Gion, seperti Hanamikoji, Shirakawa-dori, Sannenzaka yang menuju ke Pagoda Yasaka dan Kuil Kodaiji.

Geisha terlihat sedang berjalan di Gion malam hari

Geisha terlihat sedang berjalan di Gion malam hari

Geisha adalah pekerjaan dengan level tinggi yang melayani di toko-toko, restoran, rumah teh, dan menari tarian Jepang bagi para tamu. Kebanyakan dari mereka bisa bernyanyi, menari, atau berpuisi sehingga bayarannya sangat mahal. Jadi jangan lupa pergi ke Gion di Kyoto ya!

Pesan Paket Tour
Geisha District di Kyoto

3. Menikmati sajian khas Kyoto

Jalan utama di kawasan Gion di Kyoto adalah Jalan Shijo, yang terbentang tepat diantara Kuil Yasaka dan sungai Kamogawa. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan.

Ada juga Hanami-koji, atau jalan melihat bunga. Jalan ini terbentang diantara Jalan Shijo dan Kuil Kenninji yang berada di sisi selatan Gion.

Di sinilah tempatnya berbagai ryoutei, yaitu restoran khas Jepang yang menyediakan aneka kaiseki (makanan lengkap khas Jepang yang terkenal mahal) serta beberapa tempat minum teh. Suasana di Hanami-koji ini akan mengingatkan pengunjung akan setting drama tradisional Jepang, karena jalan ini dipenuhi oleh berbagai bangunan dengan arsitektur tradisional. Teman-teman bisa coba makan siang atau makan malam di Gion Hanamikoji juga.

4. Mengunjungi Pertunjukan Budaya di Gion Corner

Pertunjukan budaya di Gion Corner

Bangunan Gion Corner

Di ujung jalan Hanami-koji, kita dapat menemukan bangunan Gion Corner. Di sini kita dapat melihat upacara minum teh, ikebana, bunraku (pertunjukan boneka Kyoto), pertunjukan Gagauku Court Music, alat musik Koto, atau permainan komedi kyogen dan pertunjukan Tarian Kyo-Mai. Website Gion Corner tersedia dalam 10 bahasa dan menjadi tempat hiburan  dan seni paling terkenal di Kyoto.

5. Membeli oleh-oleh di Jalan Shijo

Di jalan Shijo, kita dapat menemukan sederetan toko yang menjual kue-kue tradisional Jepang dan juga kerajinan tangan khas Kyoto. Tidak ada salahnya mampir dan melihat-lihat oleh-oleh di sini. Setelah puas berkeliling Gion, teman-teman bisa lanjut berjalan kaki mengunjungi Distrik Higashiyama, yang meliputi kawasan kota tua Sannenzaka dan Ninenzaka, Kuil Yasaka, dan juga Kuil Kiyomizudera.

Suasana Gion di malam hari

Suasana Gion di malam hari

6. Pergi ke Ryozen Kannon di Gion

Dari distrik Gion di Kyoto, kita juga dapat mengunjungi patung Buddha terkenal setinggi 24 meter yakni Ryozen Kannon. Patung ini dibangun untuk mengingat para serdadu dan prajurit yang meninggal dalam Perang Dunia kedua.

7. Mengunjungi Kuil Kenniji

Kuil Kenniji adalah salah satu Kuil Zen dari sekte Buddha Rinzai. Kuil ini terletak di sisi selatan kawasan Gion dan tercatat sebagai Kuil Zen tertua di Kyoto. Kita bisa mengunjungi kuil ini dengan gratis, namun harus membayar 500 yen untuk masuk ke bangunan utama seperti Dharma Hall. Para turis bisa melihat beberapa benda peninggalan Buddha Zen, termasuk lukisan naga di atas atap di Dharma Hall. Lokasinya mudah, berada di ujung jalan Hanami Koji Street sebelah selatan.

Akses Menuju ke Gion

Dari Kyoto Station kita bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan berhenti di halte Gion (waktunya sekitar 20 menit dengan ongkos 230 yen). Kalau mau balik malam hari dari Gion dimana bus kota Kyoto sudah berhenti beroperasi, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line sampai ke Karasuma Station, jalan kaki menuju ke Shijo Station (kedua stasiun tersambung di bawah tanah), kemudian lanjut naik subway Karasuma Line sampai ke Kyoto Station.

Selain itu, kita bisa ke Gion dengan naik kereta Keihan. Kita bisa turun di Gion Shijo Station. Tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit sampai ke area Gion.

Kalau teman-teman naik kereta Hankyu Kobe Line dari Kobe Sannomiya, bisa turun di Stasiun Kyoto Kawaramachi (melalui Stasiun Juso di Osaka). Kalau berangkat dari Umeda/ Osaka, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line dan turun langsung di stasiun terakhir Stasiun Kyoto Kawaramachi. Lama perjalanannya sekitar 1 jam dengan ongkos 630 yen (dari Sannomiya) atau 43 menit dengan ongkos 400 yen dari Umeda Station. Setibanya di Stasiun Kyoto Kawaramachi, kita tinggal berjalan kaki ke Gion.

Buat kamu yang ingin mengunjungi wilayah Gion dan dan Distrik Higashiyama Kyoto, Pasar Nishiki, Arashiyama di Kyoto lalu Umeda Osaka, Gunung Rokko dan Sannomiya Kobe, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Gion Matsuri

Gion Matsuri merupakan salah satu festival terbesar di Jepang yang diadakan di kawasan Gion, lebih tepatnya di Kuil Yasaka. Dapatkan kursi terbaik untuk menyaksikan penampilan Yamahoko Junko dengan English Audio Guide yang akan menjelaskan sejarah Gion Matsuri. Reservasi online bisa dilakukan langsung di Website Gion Matsuri.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night
APA Hotel Kyoto-eki
3 km away
from ¥7534/night
Kyoto Plaza Hotel
3 km away
from ¥8800/night
Hyatt Regency Kyoto
2 km away
from ¥31812/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Rental Kimono Yumeyakata
1 km away
Berkeliling Kyoto dengan kimono Yumeyakata
Kuil Hirano
5 km away
Suasana bunga sakura di Kuil Hirano
Kuil Kiyomizudera
2 km away
Indahnya iluminasi momiji di Kuil Kiyomizudera
Museum Nasional
2 km away
Museum National Kyoto

Sumber gambar : Flickr junog007, John Weiss, David OfffBermi Ferrer


Recommended for you


Last modified: April 16, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Siska
2016-05-26 10:48:17
Kyoto dan Gion harus dikunjungi!
queun
2016-03-28 14:05:58
Festival Gion Matsuri! :)

Close Comments

Comments (122)

  1. Malam pak Nugroho

    Melalui email ini, saya ingin mengucapkan terimakasih atas segala info & petunjuknya s melalui jawaban pertanyaan-pertanyaan saya selama ini. Selama 7 hari saya melakukan wisata ke Kyoto, Kobe, Osaka, Shirakawago semuanya berjalan lancar & tidak tersesat.

    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Iya bu, senang bisa membantu. Terima kasih untuk komentarnya, dan semoga pengalaman ke Jepangnya berkesan. Salam.

  2. Malam pak… mau nanya klo saya stay di conrad tokyo trus mau ke haneda airport naik apa yah? Peswat saya jam 11 lebih baiknya dr hotel jam brp?

    Alamat conrad di Higashi Shinbashi Minato-ku Tokyo 105-7337 Japan.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari hotel, ibu bisa jalan kaki atau naik taksi ke Stasiun Shimbashi, lalu naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu lanjut naik kereta Tokyo Monorail sampai ke Haneda Airport. Perjalanan sekitar 40 menit, jadi ibu bisa jalan sekitar jam 8 an. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa bu. Paling mudah, ibu bisa naik kereta Hankyu. Namun, kalau mau tercover sebagian, ibu bisa naik kereta JR Sagano Line ke Stasiun Kyoto, baru naik bus kota ke Gion lagi. Salam.

  3. Siang pak Nugroho

    Saya ingin bertanya tentang cara menuju Blue Bottle Coffee Kyoto jika saya berangkat dari stasiun Kawaramachi
    Terimakasih sebelumnya

    Salam,
    Ratih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Kawaramachi, ibu bisa jalan ke halte bus kota Kyoto di dekat Pasar Nishiki, lalu naik bus kota Nomor 5 menuju Nanzenji. Setibanya di Kuil Nanzenji, ibu tinggal jalan sedikit ke Blue Bottle Coffee Kyoto. Salam.

  4. Halo pak mohon pencerahan.saya baru pertama kali ke jepang. Rencana mau ke osaka kyoto tokyo.transportasi apa yg perlua saya pakai ya. Apakah perlu jr pass. Adakah referenai itenary nya. Terima kasih sebelumnya.

  5. Salam Pak Nug, mohon pencerahannya, saya berencana di bulan Juni untuk mengunjungi Gion di waktu petang setelah dari Kiyomizudera.
    Mohon saran dari Kiyomizu ke Gion kalau berjalan kaki melewati jalan apa yg baik, atau menggunakan bus?
    Jika dari Gion di petang hari sekitar pukul 7malam untuk kembali ke Kyoto station (karena menginap di Osaka) baiknya menggunakan transportasi apa ya pak? Infonya bus sudah berhenti operasi kalau malam?

    Terima kasih banyak

  6. Sore Pak Chris,
    Rencananya sy mau ke Fushimi innari lanjut ke Gion. Transportasi apa yg bs sy gunakan? Sy menggunakan JR Takayama Hokuriku. Pulangnya dari Gion ke Osaka rute yg mudah bagaimana ya pak? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Fushimi Inari ibu bisa naik kereta Keihan Line sampai Stasiun Gion Shijo. Lalu untuk baliknya, ibu bisa naik kereta Keihan lagi dari Stasiun Gion Shijo sampai Stasiun Tofukuji, lalu naik JR Nara Line ke Stasiun Kyoto. Dari Kyoto, bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai ke Osaka (ini tercover dengan Takayama Hokuriku Pass). Salam.

  7. Siang pak Nugroho ,

    Saya berencana ke kyoto bulan April 2019
    & menginap di Khaosan Kyoto Guesthouse ( saya sampai di Khaosan Guesthouse siang hari)
    Berikut itinerary saya:

    Day 1: Nishiki market – Minamiza Theatre – Ninenzaka – Gion District

    Day 2:Fushimi Inari – Kiyomizudera – Higashiyama district

    Day 3 : Arashiyama – Kuil Kinkakuji – Philosopher’s path

    Day 4: Nijo Castle

    Pertanyaan saya :

    1. Apakah itinerary saya cukup efisien?
    2. Dari Minamiza theater untuk menuju Ninenzaka Yasaka Chaya apakah bisa dengan berjalan kaki atau adakah transportasi yg bisa saya gunakan serta berapa biaya transportasi tsb jika ada

    Mohon petunjuk & arahannya,

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sebenarnya bisa dipadatkan bu, day 1 ditambah dengan Higashiyama district dan Kiyomizudera karena berdekatan. Lalu day 2 menjadi Arashiyama – Fushimi Inari – Kuil Kinkakuji – Philosopher’s path.
      2. Bisa jalan kaki kok bu, salam.

  8. Pagiii pak
    Mohon pencerahan lagi, bila pulang dari gion sdh malam kan bisa naik train, nah cara pembayaran train bisa dgn tap kartu suica aja gitu atau hrs membeli tiket manual di vending machine atau bgm pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Gion ibu bisa jalan kaki menuju Gion-Shijo, lalu naik kereta Keihan Main Line sampai Stasiun Tofukuji, lalu naik kereta JR Nara Line sampai Stasiun Kyoto. Kalau punya kartu SUICA, bisa digunakan untuk naik kereta di Kyoto, tinggal di tap saja di pintu/ gate otomatis.

  9. Pagi Pak,
    Kalau saya dari Kiyomizudera ingin menuju ke Higashiyama district lalu lanjut ke Gion, transportasi apa yg harus saya gunakan?
    Dan berapa biayanya?

    Salam

  10. Pagi pak Chris,

    Kami berencana kembali ke Kyoto dari Gion setelah pukul 18. Sebenarnya kami ada kyoto citu bus pass. Tp sepertinya sudah tidak beroperasi lagi di jam itu.
    Kami juga ada JR pass.

    Bagaima rute terbaik Gion-Kyoto? Apa nama stasiun di Gion?

    TErima kasih.

    Salam,
    Dewi

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kiyomizudera terpisah cukup jauh dari Gion, bapak harus naik bus sekali kalau tidak mau jalan kaki terlalu jauh.
      Kiyomizudera tetap bisa dikunjungi kok bu, hanya salah satu pendoponya yang sedang direnovasi. Salam

  11. Siang pak Chris
    Saya mau ke kyoto ..ada jr pass
    St kyoto-st inari-st kyoto (fushimi innari)
    St kyoto- st saga arashiyama(hutan bambu)
    1.Saya mau lanjut ke gion naik apa yg mudah? Kereta atau bus
    2. Dari gion ke st kyoto naik apa? Kereta atau bus
    karena mau lanjut ke st osaka
    Terima kasih
    Anitq

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari Hankyu Arashiyama Station, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line sampai ke Kawaramachi Station (tukar kereta sekali di Katsura Station).
      Pulangnya kembali dari Gion ke Kyoto Station bisa naik kereta Hankyu Line lagi sampai Karasuma Station, kemudian naik subway sampai ke Kyoto Station. Salam

    • Terima kasih pak Chris
      1.wow agak sulit ya rutenya dari arashiyama ke gion.
      dari arashiyama ke gion jauh apa dekat?
      Berapa menit perjalanan?
      2.rute st kyoto ke fushimi inari arashiyama dan gion bisa diganti yg lebih mudah?
      Ada alternatif naik bus?
      Terima kasih
      Anita

    • Nugroho Christian  |  

      1. Arashiyama ke Gion dekat lah bu, sekitar 25-30 menit saja.
      2. Dari Stasiun Kyoto ke Fushimi Inari bisa dengan naik kereta JR (cuma beda 1 stasiun) saja, balik lagi ke Stasiun Kyoto, lalu naik kereta JR Sagano ke Arashiyama.

  12. Pak Nugroho, saya berencana mengunjungi kyoto dengan rute umeda station – arashiyama – kinkakuji – fushimi inari taisha -gion – umeda. Sebaiknya transportasi ap yg saya gunakan dari arashiyama – kinkakuji – fushimi inari – gion? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta dan bus saja. Atau kalau mau, saya sarankan untuk mengubah urutan, Stasiun Osaka-Stasiun Kyoto-Stasiun Inari-Fushimi Inari-balik lagi ke Stasiun Kyoto-Arashiyama (dengan JR Sagano Line), lalu naik kereta Hankyu sampai Stasiun Kawaramachi (jalan kaki ke Gion), lalu naik bus ke Kinkakuji. Salam.

  13. Selamat malam pak Christian,
    Saya rencana ke kyoto osaka 13-14 april.
    Apakah dalam satu hari memungkinkan utk ke Todaji, kinkakuji, Fushimi Inari, sanjusangen do, kiyomizudera, gion.
    Bagaima rute terbaiknya?

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!