Kuil Hirano

Home / Temple / Kuil Hirano
Item image

Kuil Hirano adalah Kuil Shinto yang berlokasi di utara kota Kyoto, berdekatan dengan Kuil Kitano Tenmagu. Kuil ini dibangun tahun 794 oleh Kaisar Kammu yang memindahkan ibukota dari Nagaoka ke Kyoto, dan menjadi kuil utama keluarga kekaisaran Heian di masa itu. Sampai hari ini, Kuil Hirano masih digunakan sebagai tempat beribadah para penduduk Kyoto beragama Shinto khususnya saat acara-acara keagamaan. Namun, Kuil Hirano utamanya terkenal karena Festival Hanami bunga sakura yang sudah diadakan lebih dari 1000 tahun. Area taman Kuil Hirano punya ribuan pohon sakura yang selalu menjadi spot hanami terbaik di Kyoto bersama dengan Philosopher Path dan Sagano. Simak liputan khas Tim Info Jepang ke Kuil Hirano berikut ini.

1. Melihat Gerbang Torii Besar di pintu masuk Kuil Hirano

Kuil Hirano akan mudah kita temukan karena punya gerbang masuk (Torii) besar yang berwarna merah, persis seperti Torii Kuil Heian Jingu. Kuil ini cocok banget dikunjungi bagi teman-teman yang sedang berkeliling di area utara kota Kyoto karena berdekatan dengan kuil Kitano Tenmangu dan Kuil Kinkakuji. Selain bisa berdoa atau berefleksi sejenak, kita juga bisa membeli o-mamori atau jimat keberuntungan di kios di area kuil. Para penduduk percaya bahwa jimat ini akan membantu mereka di dalam sekolah dan dalam pekerjaan. Siapa tahu berlaku juga bagi kita kan? hehe. Oiya, untuk masuk ke kompleks Kuil Hirano, kita tidak dikenakan biaya loh, alias gratis.


Rangkuman informasi terlengkap mengenai objek wisata terbaik kota Kyoto. Objek wisata ini dipilih berdasarkan kemudahan akses dan keindahan panoramanya.


Kuil Terindah di Kyoto Kiyomizudera di musim panas

15 top tempat wisata di Kyoto berdasarkan oleh laporan pusat informasi turis, akses kunjungan, daftar itinerary pengguna Tour Guide Online, dan pertanyaan yang masuk ke website Info Jepang.


2. Melihat hanami saat musim semi di Kuil Hirano

Jika berkunjung ke Kyoto khususnya saat musim semi jangan lupa untuk mengunjungi Kuil Hirano. Keindahan tamannya dengan ribuan pohon bunga sakura selalu jadi favorit bagi para penduduk kota dan para mahasiswa di Universitas Ritsuimeikan. Kuil Hirano bisa jadi alternatif melihat hanami di Kyoto selain jalan Tetsugaku no michi atau Imperial Palace Kyoto yang pastinya sangat ramai. Di sini orang-orang akan berkumpul dan hanami bersama. Makan siang bersama, minum bersama, sambil berbincang-bincang mengenai keluarga dan pekerjaan selalu jadi kegiatan wajib di musim semi. Tidak heran, taman Kuil Hirano selalu masuk ke dalam daftar destinasi musim semi di Kyoto.

Bunga sakura di Kuil Hirano Kyoto

Bunga sakura di Kuil Hirano Kyoto

3. Menyusuri deretan torii bewarna merah

Mirip seperti Kuil Fushimi Inari Jinja di tenggara Kyoto, Kuil Hirano juga memiliki gerbang torii bewarna merah seperti gambar di bawah ini. Meskipun jumlahnya lebih sedikit dibanding 1000 deret gerbang torii Kuil Fushimi Inari Jinja, namun pemandangan dari tempat ini juga sayang kalau dilewatkan dalam liburan di Kyoto. Apalagi saat musim semi, bunga sakura bewarna merah muda akan berpadu sempurna dengan torii bewarna merah.

Deretan Torii di Kuil Hirano Kyoto

Deretan Torii di Kuil Hirano Kyoto

Akses ke Kuil Hirano di Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa mengambil bus kota dengan nomor 50 atau 205 dan turun di Halte Bus Kinugasa Komae, ongkosnya 230 yen dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan.

Selain itu, kalau teman-teman dari Stasiun Sanjo Keihan (jalur kereta Keihan dan Tozai) bisa naik bus nomor 15, atau dari Stasiun Shijo Omiya (jalur kereta Hankyu-Kyoto) bisa naik bus nomor 55. Keduanya turun di Halte Bus Kinugasa Komae. Setibanya di halte bus Kinugasa Komae, kita bisa berjalan kaki masuk ke area kuil. Baca juga: Panduan terlengkap jalur bus di Kyoto.

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Almont Hotel Kyoto
6 km away
from ¥13800/night
Hotel Kanra Kyoto
5 km away
from ¥27185/night
APA Hotel Kyoto-eki
5 km away
from ¥7534/night
Hotel Excellence Kyoto
5 km away
from ¥6000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fushimi Inari Taisha
8 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha
Kuil Eikando
6 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Kuil Byodoin
17 km away
Bangunan Kuil Byodoin Kyoto
Gion di Kyoto
5 km away

Sumber gambar: Flickr othree, Keiko Shih, othree


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!