Hello Kitty Shinkansen

You are here Home  > Transportasi Jepang, Wisata Jepang >  Hello Kitty Shinkansen

Buat teman-teman yang belum tahu, kini di Jepang kita sudah bisa naik kereta Hello Kitty Shinkansen! Sebenarnya, kereta ini sama dengan kereta-kereta shinkansen lainnya, hanya saja, interior dan tema di dalam keretanya dibuat begitu lekat dengan Hello Kitty dan tokoh-tokoh kartun Sanrio lainnya. Sejak 30 Juni 2018 lalu, kereta ini resmi dioperasikan oleh perusahaan JR West, operator lokal kereta di wilayah Barat Jepang. Kereta akan berhenti di setiap stasiun antara Shin-Osaka dan Stasiun Hakata di prefektur Fukuoka di wilayah barat Jepang, termasuk Kobe, Okayama dan Hiroshima, dan akan memiliki beberapa fitur unik yang sayang jika dilewatkan. Apa saja ya?

Dua kereta pertama akan dihiasi dengan Hello Kitty di seluruh badan kereta. Kereta pertama namanya Hello Plaza yang digunakan sebagai kereta makan di mana kita bisa menikmati beragam menu lokal dan aneka suvenir dari wilayah Kansai dan Fukuoka. Aneka menu dan suvenir akan berganti setiap bulan untuk wilayah-wilayah di barat Jepang.

Gerbong Hello Kitty Shinkansen

Gerbong Hello Kitty Shinkansen

Lalu, kereta kedua bernama Kawaii! Kamar akan yang menjadi gerbong penumpang penumpang lengkap dengan aneka stiker dan hiasan bertema Hello Kitty yang menggemaskan. Mulai dari sandaran tangan, area sandaran kepala, jendela, hingga bagian atap dan lantai kereta. Lalu, di ujung gerbong ada area foto (booth foto) dengan latar belakang Hello Kitty yang memakan seragam kondektur kereta.

Sensasi lainya yang bisa dirasakan antara lain, kita bisa mendengarkan lagu asli Hello Kitty setiap kali kereta akan berhenti di stasiun tujuan.

Naik Gerbong Hello Kitty Shinkansen

Naik Gerbong Hello Kitty Shinkansen

Kereta lainnya juga mengambil tema Hello Kitty meski tidak seramai dua kereta Hello Plaza dan Kawaii yang terasa sangat “Hello Kitty Lovers”. Teman-teman bisa menikmati perjalanan sambil berjalan-jalan antar gerbong.

Bagaimana cara mencoba Hello Kitty Shinkansen?

Bagi teman-teman yang memiliki JR Pass atau Sanyo Sanin Pass, ongkos tiket Hello Kitty Shinkansen akan tercover dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Wide Pass juga bisa digunakan untuk rute Shin-Osaka ke Stasiun Okayama atau Shin-Osaka ke Stasiun HImeji.

Kereta ini ini setara dengan kereta Kodama (kereta shinkansen paling lambat) yang mengambil rute Shin Osaka ke Hakata dan sebaliknya. Teman-teman sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu 2-3 hari sebelum keberangkatan karena peminatnya masih cukup banyak. Pemesanan bisa dilakukan di semua loket tiket stasiun kereta Kodama 730 (Hakata ke Shin-Osaka) dan Kodama 741 (Shin-Osaka ke Hakata).

Kereta Kodama 730 akan berangkat dari Stasiun Hakata jam 06.40 dan tiba di Stasiun Shin-Osaka jam 11.13. Sementara itu kereta Kodama 741 berangkat dari Stasiun Shin-Osaka jam 11.29 dan tiba di Stasiun Hakata jam 15.38. Stasiun-stasiun besar yang dilalui antara lain Stasiun Shin-Kobe, Stasiun Himeji (menuju Kastil Himeji), Stasiun Okayama (menuju kota Okayama), Hiroshima, dan Kokura.

Masih belum puas? Setibanya di Stasiun Hakata, teman-teman bisa mengunjungi 2 tempat yang masih berada di kawasan stasiun. Pertama, Kafe Hello Kitty Shinkansen dan Hello Kitty Shinkansen Marche, toko suvenir di dekat gerbang tiket.

Informasi Penting

Hello Kitty Shinkansen tidak beroperasi sepanjang tahun. Di beberapa akhir pekan, terutama di musim panas, kereta tidak akan beroperasi (hanya kereta shinkansen Kodama biasa saja). Jadwal kereta tidak beroperasi antara lain:

  • April 2 to April 4
  • April 13
  • April 23 to April 25
  • May 20 to May 22
  • June 12 to June 14
  • July 6
  • July 8 to July 10
  • July 29 to July 31
  • August 20 to August 22
  • September 10 to September 12

Last modified: August 3, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!