Kuil Kokedera

Home / Temple / Kuil Kokedera
Item image

Nama kuil ini sebenarnya adalah Saihoji. Terletak di jalan menuju ke Arashiyama, Kuil Kokedera ini dikenal karena keindahan taman dan keunikannya hampir seluruh bagian taman tertutupi lumut yang pekat. Itulah makanya Kuil Saihoji ini sering disebut Kokedera atau kuil lumut dalam bahasa Jepang. Kuil yang dibangun tahun 1300-an ini menjadi model Kuil Ginkakuji yang dibangun setelahnya. Tumbuhan lumut tumbuh sejak kuil ini dibangun, sebab letak geografisnya yang berada di pegunungan lembab. Seperti apa Kuil Kokedera ini dan kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di sini? Berikut informasi lengkapnya.

1. Berkeliling Melihat Keindahan Taman

Lebih dari 100 jenis lumut dikatakan tumbuh di seluruh kompleks Kuil Kokedera, dari bangunan kuil hingga taman sekeliling. Kita dapat menemukan bangunan kuil bersejarah (termasuk dalam warisan budaya dunia), danau di bagian tengah taman, dan taman melingkar yang sangat tenang dan damai. Suasana yang jauh berbeda dengan keramaian pusat kota Kyoto.

Keindahan taman di Kuil Kokedera juga sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal, namun aksesnya yang agak jauh dari stasiun membuat Kuil Kokedera jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Pemandangan Kuil Kokedera di musim gugur

Pemandangan Kuil Kokedera di musim gugur

2. Mengunjungi Kuil Kokedera

Tim Info Jepang menyarakan untuk pergi saat musim panas (pertengahan Juni sampai pertengahan Juli), karena tumbuhan lumut terlihat jelas. Kita juga bisa mengunjungi kuil ini di musim gugur, bilamana daun momiji bewarna merah dan jingga sangat kontras dengan lumut bewarna hijau.

Taman Kuil Kokedera di musim gugur

Taman Kuil Kokedera di musim gugur

Jika ingin mengunjungi Kuil Kokedera, kita diwajibkan untuk membuat reservasi minimal satu minggu sebelumnya. Tenang saja, reservasi sangat mudah, bisa diakses lewat internet dan sangat mudah. Kita diwajibkan membayar 3000 yen saat tiba di Kuil Kokedera, sehingga tidak perlu membayar via internet. Untuk masuk ke dalam kompleks kuil, kita juga diharuskan mengikuti prosedur yang ada, seperti mencuci tangan dan mulut, menepuk tangan, dan berdoa tenang. Tenang saja, prosedurnya sama sekali tidak sulit, tim Info Jepang yang pergi ke tempat ini malah jadi belajar dan tahu adat dan budaya masuk ke kuil Jepang.

Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto

Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto

Akses Menuju ke Kuil Kokedera

Kuil Kokedera bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit dari stasiun Matsuo Taisha di jalur Hankyuu Arashiyama Line (jalur yang menghubungkan Osaka dan Kyoto). Jika ada waktu senggang sewaktu berlibur di Kyoto, perjalanan ke Kuil Kokedera bisa diselipkan sebelum pergi ke Arashiyama. Sebagai alternatif bisa juga naik bus wisata kota Kyoto nomor 28, dari Kyoto Station sampai ke halte bus Matsuo Taisha Station.

Dari Kyoto Station

Kita bisa naik kereta subway Karasuma sampai Shijo Station dan pindah ke jalur kereta Hankyu menuju ke Katsura Station. Di Katsura Station pindah ke jalur kereta Hankyu Arashiyama dan turun di Matsui Taisha Station. Waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan ongkos 430 yen.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakura Terrace
7 km away
from ¥7331/night
APA Hotel Kyoto-eki
6 km away
from ¥7534/night
Green Rich Hotel Kyoto
7 km away
from ¥7900/night
Kyoto Century Hotel
7 km away
from ¥10487/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Genkoan
8 km away
Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan
Kereta Wisata Sagano
3 km away
Jalur Kereta wisata Sagano
Umekoji Park
6 km away
umekoji park flower
Kuil Kokedera
0 km away
Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto

Sumber gambar: Flickr  Akuppa John Wigham, Akuppa John Wigham, cdotwright


Recommended for you


Last modified: February 21, 2018 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!