Berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass

Sejak tanggal 15 September 2016 kemarin, kumpulan operator bus-bus di Jepang mengeluarkan sebuah tiket terusan khusus bus bernama Japan Bus Line Pass atau lebih familiar dengan sebutan JBL Pass. Kalau JR Pass adalah tiket terusan untuk naik kereta di seluruh Jepang, maka JBL Pass ini adalah tiket terusan untuk naik bus di seluruh Jepang. Berhubung ada beberapa pertanyaan dari pengguna Tour Guide Online yang masuk, maka Tim Info Jepang berupaya untuk membuat ulasannya khusus buat para pembaca setia infojepang.net. Ini dia, murahnya berkeliling Jepang dengan Japan Bus Line Pass.

Dengan Japan Bus Line Pass ini, teman-teman bisa naik seluruh rute bus (ada 92 rute dalam 40 prefektur) di seluruh wilayah Jepang, mulai dari bus di sekitar Taman Nasional Daisetsuzan dan Asahikawa di Hokkaido, Tokyo, Kyoto, Osaka, Kanazawa, Toyama, hingga Hiroshima dan Nagasaki di selatan Jepang.

Dalam tulisan sebelumnya mengenai liburan murah dengan naik bus malam, saya sempat menjelaskan mengenai Japan Bus Pass yang bisa teman-teman gunakan untuk naik bus willer sepuasnya. Nah, coverage (cakupan) Japan Bus Line Pass ini jauh lebih besar dan luas daripada Japan Bus Pass. Tidak hanya bus-bus yang dioperasikan oleh Willer Ekspress, teman-teman bisa naik bus Keio, bus JR, bahkan bus lokal dalam kota seperti bus di Kyoto dan bus keliling Kanazawa.


Bus malam willer

Mengapa naik bus malam bisa jadi pilihan? Ya tentu karena harganya yang jauh lebih murah daripada naik kereta Shinkansen, bahkan jika dibanding dengan kereta biasa. Salah satu penyedia jasa bus malam terbesar di Jepang adalah Willer dengan armada busnya Willer Express.


Harga JBL Pass

Japan Bus Line Pass ini dijual seharga 20.000 yen untuk masa berlaku 7 hari dan 28.000 yen untuk masa berlaku selama 14 hari. JBL Pass ini hanya bisa dibeli oleh turis atau wisatawan Jepang. Selain itu, tidak ada perbedaan harga untuk anak-anak.

Meskipun terlihat harganya tidak berbeda jauh dengan JR Pass, yakni sebesar 29.110 yen untuk masa berlaku 7 hari, namun buat teman-teman yang mau berkeliling Jepang dengan lebih hemat, Japan Bus Line Pass ini bisa jadi solusi terbaik. Pilihan naik bus malam juga bisa menghemat biaya akomodasi atau penginapan kita selagi di Jepang, karena kamu bisa tidur saat perjalanan berpindah kota dengan naik bus. Jika teman-teman bepergian bersama dengan anak, sebaiknya membeli JR Pass. Selain lebih nyaman dan lebih cepat, potongan harga untuk tiket anak-anak sangat menguntungkan.

Di mana membeli JBL Pass?

Japan Bus Line Pass bisa dibeli melalui website japanbuslines.com, dengan pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit.

Pada dasarnya, setiap orang hanya diperbolehkan membeli satu buah Japan Bus Line Pass. Namun, jika bepergian bersama dengan kelompok atau keluarga dengan rute yang sama, kita diperbolehkan untuk membeli JBL Pass lebih dari satu.

Bagaimana cara menggunakan JBL Pass?

Setelah melakukan pembelian, teman-teman akan mendapatkan email konfirmasi berisi kode Japan Bus Line Pass. Setelah itu, teman-teman tinggal membawa hasil cetakannya dan bisa digunakan sebagai tiket bus. Biasanya kondektur atau pegawai bus akan meminta kita untuk menunjukkan passport juga, jadi pastikan untuk membawa passport di dalam tas kecil atau tas selempang untuk lebih memudahkan.

Informasi tambahan mengenai JBL Pass

  1. Dalam satu hari, kita maksimal bisa memesan atau melakukan reservasi untuk total tiga rute bus berbeda, misal: Tokyo-Chiba, Chiba-Sendai, lalu Sendai-Yokohama. Untuk pemesanan ini, usahakan menyediakan jeda 1 jam dari jadwal bus tiba dengan keberangkatan bus berikutnya.
  2. Dalam satu hari, maksimal hanya 1 rute bus malam saja yang bisa dipesan.
  3. Kita bisa memesan rute PP dalam satu hari, semisal Tokyo-Osaka jam 6 pagi, lalu Osaka-Tokyo jam 4 sore.
  4. Meskipun umumnya bus-bus ini tersedia, namun jauh lebih baik untuk melakukan pemesanan sebelumnya. Kini perjalanan dengan naik bus di Jepang semakin diminati oleh para wisatawan, sehingga rute-rute favorit seperti Tokyo-Osaka/ Kyoto maupun Osaka-Hiroshima hampir selalu penuh.
  5. Teman-teman bisa mengganti rute perjalanan yang sudah direservasi. Caranya dengan membatalkan rute perjalanan, lalu melakukan reservasi lagi untuk rute yang diinginkan.
  6. Tidak semua bus memiliki fasilitas toilet atau kamar mandi di dalam bus. Khusus untuk rute-rute jauh, sebaiknya teman-teman mengecek terlebih dahulu fasilitas toilet saat melakukan reservasi. Namun, bus akan selalu berhenti setiap 2-3 jam di tempat peristirahatan, jadi sepertinya tidak terlalu bermasalah.
  7. Tersedia juga area untuk menaruh koper di dalam bus.
  8. Tidak ada fasilitas reservasi kursi saat naik bus, namun untuk teman-teman yang melakukan reservasi bersamaan (dalam satu grup), akan diupayakan untuk duduk bersamaan.

Link terkait

  1. Website untuk melakukan reservasi JBL Pass
  2. Website untuk membeli JBL Pass

Sumber gambar: Wikipedia Commons


Recommended for you

Last modified: July 11, 2017

Comments (23)

  1. Nuria Tri Utami  |  

    Selamat Pagi :)
    saya yang bertanya pada judul liburan murah dengan naik bus malam di jeoang
    karna email yang sudah dikirimkan tidak bisa terbuka maka saya akan mengajukan kembali pertanyaan pada judul ini
    saya sudah membeli bus dari osaka menuju tokyo
    namun saya tidak dapat lampiran attachment dari pihak willernya
    yang saya dapatkan hanya email panjang
    mohon infonya apakah saya harus melakukan registrasi pada terminal di jepang atau saya hanya print email yang ada saja?
    mohon bantuannya
    Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Biasanya ada file konfirmasi, mohon dicek kembali di email, mungkin masuk ke spam. Atau ibu bisa tanyakan juga melalui email. Nanti setibanya di Jepang, tinggal tunjukkan saja print-out konfirmasinya sehari sebelum keberangkatan. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Japan Bus Line Pass tidak mengcover bus ke Fuji, sebab tidak ada willerbus ke Fuji. Salam

  2. Malam pak nugroho, utk transportasi di tokyo apakah ada bus daily pass spt di kyoto? Kebetulan tmpt sy inap jauh dr st jr dan lbh dekat bus stop. Bila ada mohon info nama, hrg dan tempat belinya dimana. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk kota Tokyo sepertinya sulit sekali balik modal bus pass, sebab ada banyak sekali tipe bus.
      Salah satu contohnya adalah Toei Bus One Day Pass. Salam

  3. Halo Team info Jepang..

    1. JBL bias digunakan untuk seluruh rute willer bus baik yang day ataupun overnight bus ? Kalau kita cek di willerexpress, ada beberapa type bus dan harganya beda”, semuanya bias kita pilih dengan JBL ?
    2. jika saya membeli 3 day pass jbl. Dengan penggunaan sbg berikut : 1 Maret departure 23:00, 2 Maret, 3 Maret departure 23:00 dengan arrival 4 maret pukul 08:00 apakah masih bisa ?

  4. Soreeee.. mau nanya donk… mau beli japan bus pass dimana ya? Di indo bisa beli? Saya cek willer bus di tgl 19 feb 2017 bus malamnya sekitar 7000yen.. dan kayaknya uda abis soalnya kami pergi ber7.. apakah ada alternatif lain dan lbh hemat punya.. thanks😊

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan bisa dibeli lewat link yang terdapat di artikel di atas.
      Kalau memang sudah tidak tersedia, bisa naik shinkansen tergantung asal dan tujuannya.
      Kalau boleh tahu Ibu mau darimana dan kemana? salam

    • Tgl 19feb 2017 malamnya mau berangkat dr shinjuku ke kyoto(biar irit ongkos hotel).. td baca artikel diatas saya sangat tertarik berhenti di nagoya bentar.. saya telah sewa apart di kyoto selama 5 mlm, rencana mau ke kobe nara ama osaka.. japan bus pass apakah sangat cocok untuk perjalanan saya? Klo pake shinkansen kayak agak mahal.. minta pentunjuknya pak.. soalnya baru pertama kali ke jepang jd agak bingung😁

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Petunjuk seperti apa yang ibu inginkan?
      Pembelian tiket bus bisa dilakukan online. Salam

    • Sorry.. pak ganggu lagi.. dimana saya bisa booking japan bus pass selama 5hr punya ya pak? Maksud saya bukan willer bus.. thanks..

  5. Jika beli pass slama 5,, utk route Osaka-Kyoto-Shirakawago-gn Fuji-Tokyo-osaka,, ap smua route tsbt bs tercover,, cz rencana y tdk ingin pesan willer bus,,jika tdk tercover mohon d berikan solusi y

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. Silakan menggunakan JR Pass sebab sudah balik modal kalau mengunjungi Osaka-Kyoto-Shirakawago-Gunung Fuji-Tokyo-Osaka.
      Salam

  6. Mau tanya, untuk Japan Bus Pass Apakah bisa di pakai berbeda-beda hari yang penting masih masuk dlm 2 bulan batas pemakaian..
    Contoh : Pembelian untuk 3 hari All Days Pass
    Tgl 21 April ’17 : Tokyo – Toyama, Berangkat malam dan sampai pagi 22 april : 1 hari
    Tgl 22 April ’17 : Toyama – Kyoto, Berangkat malam dan sampai pagi 23 April : 1 hari
    Lalu diselang pemakaiannya
    Tgl 26 April’ 17 : Osaka – Nagoya, berangkat pagi dan lanjut Nagoya-Tokyo tgl yang sama tetapi berangkat malam dan sampai di tokyo tgl 27 April Pagi

    Apakah untuk rute tersebut bisa dipakai untuk Pass yang 3 hari All days pass (12,500 JPY)??
    Karena saya baca di ketentuannya apabila melewati malam tersebut tetap dihitung hari sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Tiga hari itu penggunaan berurutan Bara. Jadi kalau kamu mulai memakai pass ini tanggal 21 April, maka maksimal hanya sampai tanggal 23 April. Melihat jadwal kamu lebih baik membeli Japan Bus Pass 7 hari.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Suica card itu hanya pengganti tiket satuan di kereta dan bus. Sementara Japan Bus Line Pass adalah pass untuk berkeliling sepuasnya dengan willer bus. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!