Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Shirakawago Illumination

January 14 @ 6:00 pm - February 17 @ 7:30 pm

Pemandangan Shirakawago Ilumination

Siapapun pasti pernah melihat foto Shirakawago yang bersinar terang di tengah gelapnya malam dan hujan salju. Ya, desa tradisional Jepang ini sudah mendunia tidak terkecuali di antara wisatawan-wisatawan dari Indonesia. Banyak pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang mengenai itinerary dan bagaimana cara pergi ke Shirakawago. Teman-teman bisa naik bus langsung dari kota-kota di sekitar Shirakawago, seperti Toyama dan Kanazawa (yang terhubung dengan kereta Hokuriku Shinkansen dari Tokyo), atau Takayama (terhubung dengan kereta ekspress dari Nagoya). Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum informasi mengenai Shirakawago Illumination yang dilaksanakan pada tahun 2019. Siap-siap dan jangan sampai kelewatan ke salah satu event paling ditunggu di Jepang ini ya!

Informasi Mengenai Shirakawago Illumination

Shirakawago adalah area hutan bersalju paling besar di Jepang, tidak heran karena saat musim dingin wilayah ini bisa diliputi salju setinggi satu hingga dua meter. Seluruh wilayah desa, jalanan, hingga sawah dan ladang berubah menjadi putih. Itulah juga alasan mengapa rumah-rumah tradisional Gassho-zukuri punya bentuk atap yang unik, yakni untuk mencegah salju menumpuk di atap dan membuatnya rubuh.

Perpaduan tanah dan rumah-rumah yang berwarna “putih” karena salju ini jadi ternyata jadi saat-saat yang ditunggu para wisatawan. Di malam hari, lampu-lampu yang dipasang di depan rumah, di tepi jalan dan beberapa pohon besar menghadirkan iluminasi malam hari yang benar-benar indah. Iluminasi musim dingin atau Shirakawago Illumination ini diselenggarakan di Desa Ogimachi setiap hari Minggu dan Senin sepanjang bulan Januari dan Februari.

Pada tahun 2019 ini, Shirakawago Illumination akan diselenggarakan sebanyak 6 kali  (Tahun 2018 lalu diadakan selama 4 kali) pada tanggal:

  1. 14 Januari (Senin)
  2. 20 Januari (Minggu)
  3. 27 Januari (Minggu)
  4. 3 Februari (Minggu)
  5. 11 Februari (Senin)
  6. 17 Februari (Minggu)

Acara iluminasi akan diawali dengan penyalaan lampu-lampu di rumah tradisional Gassho-zukuri mulai pukul 17.30 sampai 19.30. Keadaan desa yang awalnya gelap dan sendu berubah menjadi semarak dan pnuh warna. Pada jam 19.00, lampu-lampu di tepi jalan dan pepohonan besar pun dinyalakan menambah semarak malam hari di Shirakawago.

Spot terbaik untuk menikmati iluminasi Shirakawago adalah dari area observasi atas bukit Shiroyama yang ada di sisi utara desa Ogimachi. Cara satu-satunya untuk mencapai Shiroyama adalah dengan menyusuri jalan setapak mendaki dari desa. Nah, kadang-kadang akses jalan setapak ini juga ditutup saat terjadi badai salju atau saat salju terlalu tebal dan terlalu berbahaya untuk dilalui.

Pilihan spot lain untuk bisa menikmati pemandangan ini adalah dari area jalan utama sebelum masuk Ogimachi atau dengan berjalan santai keliling area Shirakawago. Selama acara iluminasi ini berlangsung, para penduduk biasanya akan membuat stand atau kedai kecil dan menjual makanan dan kue tradisional Shirakawago yang lezat.

Pemandangan Shirakawago Ilumination

Pemandangan Shirakawago Ilumination

Mengenai Tur Bus Shirakawago Illumination

Pada tanggal-tanggal penyelenggarakan Shirakawago Illumination tersedia layanan tur bus dari Takayama-Shirakawago-kembali ke Takayama. Bus ini akan berangkat jam 14.30 dari Terminal Bus Takayama dan tiba kembali sekitar pukul 21.30.

Tur Shirakawago Illumination dengan bus  ini bisa teman-teman ikuti dengan harga 11.000 yen untuk orang dewasa dan 3.900 yen untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Harga ini sudah termasuk ongkos bus PP dari Takayama-Shirakawago, guide atau pemandu perjalanan dengan bahasa Jepang, dan juga santap malam dengan masakan tradisional Jepang di Restoran Gassho Shirakawago. Untuk melakukan reservasi, teman-teman bisa melakukannya via online melalui Tur Bus Shirakawago Illumination, dan pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit.

Pesan Tiket Tour
Shirakawago Illuminations

Selain itu, tersedia paket tur Shirakawago Illuminations dari Tokyo dan dari Nagoya:

  1. Tour Shirakawago Illumination dari keberangkatan Nagoya, dengan itinerary rute: Stasiun Nagoya (berangkat jam 09.00) – Takayama – Shirakawago (melihat Shirakawago Illumination) – kembali ke Stasiun Nagoya (tiba jam 22.20) – DETAIL SELENGKAPNYA
  2. Tour Shirakawago Illumination dari keberangkatan Tokyo selama 2 hari, dengan itinerary rute: Stasiun Shinjuku (berangkat jam 10.10) – Shirakawago (melihat Shirakawago Illumination) – menginap di Toyama – menikmati pemandangan Tateyama Alpine – Hida-Furukawa – melihat Air Terjun Hirayu Otaki – kembali ke Stasiun Shinjuku (tiba jam 19.30) – DETAIL SELENGKAPNYA

Cheap Hotels in Shirakawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tsukamoto Sou
from ¥5161/night
Guest House Yamashita-ya
from ¥2732/night
Country Hotel Takayama
from ¥4250/night
Sora-Ama Hostel
from ¥3946/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Shirakawago Takayama

Takayama Betsuin
Gerbang Takayama Betsuin
Gujo Hachiman Gifu
Pemandangan kota air Gujo-Hachiman
Gokayama
Keindahan warisan budaya dunia Gokayama
Shin Hotaka Ropeway
Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

Sumber gambar: Rocky T


Recommended for you

Details

Start:
January 14 @ 6:00 pm
End:
February 17 @ 7:30 pm
Event Categories:
,
Event Tags:

Venue

Shirakawago
2499 Ogimachi, 白川村, Ono District Gifu Japan + Google Map
Website:
http://www.shirakawago-minkaen.jp