Takayama Betsuin

Home / Temple / Takayama Betsuin
Item image

Takayama Betsuin adalah kuil terkenal dan terbesar di daerah Takayama. Kuil Takayama Betsuin ini juga memiliki sejarah yang panjang, dan menjadi pusat penyebaran sekte Jodo Shinsuu, salah satu aliran Budha yang terkenal di daerah Shinshu (daerah prefektur Nagano dan Gifu sekarang). Kuil Takayama Betsuin ini berada di timur laut Stasiun Takayama, dan menjadi pusat kuil-kuil di kota Takayama. Walaupun letaknya agak terpisah dengan Kuil Shorenji, kuil ini punya kaitan yang erat dengan Kuil Shorenji. Kini walaupun pengaruh Kuil Takayama Betsuin sudah tidak terlalu terasa, kita masih bisa melihat bentuk atap pintu gerbang dan bangunan utama Takayama Betsuin yang unik. Selain itu, kita juga bisa berjalan santai ke arah selatan, menikmati pemandangan kota sambil menuju ke Taman Shiroyama di arah bukit. Simak perjalanan saya mengelilingi tempat-tempat wisata di daerah Takayama berikut ini.

Kegiatan Wisata di Takayama Betsuin

1. Aneh ya bentuk atapnya!

Kota Takayama terletak di pegunungan prefektur Gifu dan dikelilingi oleh deretan pegunungan dengan puncak-puncak tinggi. Makanya ketika mengunjunginya di bulan Oktober lalu, udara terasa cukup dingin. Untunglah saya membawa jaket tebal sehingga bisa tetap hangat ketika berkeliling tempat-tempat wisata di Takayama.

Takayama Betsuin di Hida Takayama

Takayama Betsuin di Hida Takayama

Selain Shirakawago yang termasuk dalam warisan budaya dunia UNICEF di Jepang, kota Takayama juga memiliki banyak tempat wisata yang unik. Salah satunya adalah Kuil Takayama Betsuin dengan bentuk atap pintu gerbang yang unik. Dari penjelasan yang tertulis di kertas pamflet, bentuk atap ini adalah arsitektur khas jaman Muromachi (jaman kuno Jepang) dan tetap terjaga bentuknya hingga sekarang. Saya juga sempat masuk ke bagian dalam kompleks kuil dan melihat bangunan utama Kuil Takayama Betsuin.

Pintu gerbang Takayama Betsuin

Pintu gerbang Takayama Betsuin

Taman di pendopo utama Takayama Betsuin

Taman di pendopo utama Takayama Betsuin

2. Melihat pemandangan bunga sakura

Di dekat Takayama Betsuin, kita juga bisa menemukan Taman Shiroyama. Shiro berarti istana dalam bahasa Jepang, menunjuk pada taman yang dulu adalah lokasi Kastil Takayama. Taman Shiroyama adalah taman terluas di kota Takayama dengan luas 24 hektar. Taman ini sangat terkenal dengan ribuan pohon bunga sakura, dan menjadi tempat wisata paling ramai di Takayama saat musim semi. Bagi teman-teman yang mampir ke Takayama dan Shirakawago bisa melihat hanami di Takayama Betsuin sekitar pertengahan bulan April.

3. Jangan lupa lihat pemandangan Alpen Jepang

Dari Taman Shiroyama di Kompleks Takayama Betsuin, kita juga bisa melihat pemandangan kota dan juga pegunungan Alpen Jepang yang megah. Buat teman-teman yang tidak tahu, pegunungan Alpen Jepang adalah pegunungan yang terletak di bagian tengah Jepang dan mengelilingi daerah wisata Takayama termasuk Shirakawago, jalur wisata Tateyama Kurobe Alpen Route, dan Tebing Kurobe.

4. Mengunjungi “kuil berjalan” Kuil Shorenji

Kuil Shorenji berada di antara Taman Shiroyama dan bukit peninggalan Kastil Takayama. Sebetulnya ada banyak kuil Shorenji di Jepang, dan Kuil Shorenji di Takayama konon katanya adalah kuil yang paling tua. Bangunan kuil dibangun sekitar 500 tahun yang lalu dan tetap terjaga hingga sekarang. Awalnya kuil Shorenji terletak di pegunungan dekat Shirakawago. Namun, terkait pembangunan dam di daerah hulu, maka seluruh isi kuil dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Akhirnya terpilihlah suatu daerah di bukit ketinggian dekat Taman Shiroyama, dan menjadi tempat Kuil Shorenji sekarang. Karena sejarahnya yang unik ini, Kuil Shorenji sering dikatakan “kuil yang berjalan”.

Informasi tentang Takayama Betsuin

Takayama Betsuin buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 17.00 dan bisa diakses dengan mudah berjalan kaki sekitar 15 menit dari Stasiun Takayama. Di tengah perjalanan kita juga bisa melihat bangunan-bangunan kota Takayama atau juga mencicipi kuliner khas daerah Hida Takayama di restoran-restoran di pinggir jalan. Daerah ini terkenal di kalangan masyarakat Jepang sebagai kota mungil Kyoto di pegunungan Hida. Menurut saya, daerah ini juga sangat aman dan nyaman untuk bersantai dan menikmati liburan di Jepang. Kita gratis untuk masuk ke kompleks kuil, namun perlu membayar 200 yen jika ingin masuk ke bangunan pendopo utama kuil.

Bagi teman-teman yang juga ingin mengunjungi Shirakawago di Takayama, Stasiun Takayama, Shirakawago, dan juga Kanazawa terhubung dengan bus Nohi dan bus Hokutetsu. Lama perjalanannya sekitar 60 menit untuk rute Takayama-Shirakawago, dan 80 menit untuk rute Takayama hingga Kanazawa.


Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Nagoya-Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Recommended Hotel near Takayama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Rickshaw Inn
1 km away
from ¥4352/night
Yari no Sato
30 km away
Yari no Sato
from ¥15444/night
The Takayama Station Host
1 km away
from ¥8197/night
Sakura Guest House
2 km away
from ¥2833/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Takayama Betsuin

Shirakawa-go
34 km away
Pemandangan Shirakawa-go dari atas gunung Shiroyama
Shin Hotaka Ropeway
32 km away
Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway
Hida no Sato Takayama
3 km away
Hida no Sato di Takayama Jepang
Museum Matsuri no Mori Ta
1 km away
Berkeliling Museum Matsuri no Mori Takayama

Sumber gambar: Flickr Jacqueline GROUARD, 哲翁, Vijay-Raj, 克豪 邱


Recommended for you


Last modified: August 1, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (25)

  1. Malam pak Nugroho, mau tanya kalo dari Tokyo ke Takayama lebih baik via Toyama atau Nagoya, saya menggunakan JRpass, lebih cepat mana? Semua tercover JR kan pak?
    Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih cepat via Toyama bu, perjalanan lewat Nagoya-Gifu-Takayama jauh lebih lama karena harus naik kereta lokal dan melewati rute pegunungan. Untuk rutenya, baik via Toyama atau Nagoya tercover oleh JR Pass. Salam.

  2. P Nugroho,sy sdh beli tiket Jkt Narita pp tgl 12 sd 24 Maret, saya mau ke Osaka, Kyoto, Takayama, Shirakawago dan Tokyo. Apakah itinerary sebaiknya sesampai di Narita sy lsg ke Osaka baru terakhir Tokyo atau sebaliknya? Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Secara umum, sama saja bu. Namun, berdasarkan pengalaman kami, lebih baik ibu menginap beberapa hari dulu saja (explore tempat wisata di Tokyo) baru ke Osaka dan tujuan lainnya. Salam.

  3. Halo Pak On Dec 2018 saya rencana 15 hari di Jepang.
    Berikut rutenya:
    19: tiba pagi hari d Kansai~> hotel Karaksa Namba

    20: USJ
    21: Nara dan Kobe
    22: Kyoto-> Fushimi In, Arashiyama dan Pake kimono —> apakah bisa dlm 1 day?
    23: pulang pergi dr Osaka -Kanazawa -Osaka
    24: hari ini mau ke Takayama, singgah Shirakawago dan bermalam d Takayama
    25: Dari Takayama menuju Tokyo
    26: sanrio puroland
    27: karuizawa
    28: jalan sekitar Tokyo
    29: Disneyland
    30: jalan sekitar Tokyo
    31:gotemba
    1 Jan 19: Disneysea
    2: Tokyo
    3 : back to Indonesia

    Pertanyaannya:
    1.saya hrs beli JR Pass atau Hokuriku Pass
    2.Lalu apa ada pass2 lain yg hrs dibeli?
    3.Apakah rute saya ada yg salah

    Makasih Pak Nugroho 🙏🏻

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan membeli JR PASS. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos ke Takayama Station.
      Kalau memang hanya menginap di Takayama dihapus saja Takayama, hanya membuat rutenya berputar-putar.
      Ibu bisa atur rutenya OsakaKanazawa-PP ke ShirakawagoKaruizawa-Tokyo. Salam

  4. hallo pak.. saya berencana ke shirakawa-go bulan january 2018.
    Rute saya dr Tokyo – Takayama ( over night di Takayama), esok hari ke shirakawa-go lalu lanjut ke Kyoto.
    Pertanyaan saya apakah koper harus saya bawa saat naik bus ke shirakawa ?
    Atau ketika ke Kyoto saya kembali dulu ke stasiun Takayama sehingga koper bs saya titipkan di hotel lebih dulu?
    For info kami 2 org dewasa dgn 2 anak remaja.
    Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Terserah Ibu, mau naik Nohi Bus kembali dari Shirakawago ke Takayama (kopernya dititip di stasiun atau di penginapan/ hotel di Takayama).
      Atau membawa kopernya naik bus, titip di Shirakawago, lalu naik bus menuju ke Toyama, supaya lebih cepat tiba di Kyoto. Salam

    • Jessica Olivia Wijaya  |  

      Malam pak nugroho.. nanya lg nihh
      Klo dr takayama apakah ada shinkasen ke kyoto? Jika ada brp lama perjalanan?
      Jika dr shirakawa ke kyoto naik bus, brp lama waktu perjalanan?
      Thx pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada Jessica. Pilihan transportasi hanya ada 2: naik bus dari Takayama ke Kanazawa, dilanjutkan dengan kereta limited ekspress Thunderbird sampai Kyoto. Selain itu, bisa naik kereta dari Takayama-Nagoya lanjut kereta shinkansen ke Kyoto, atau bisa naik kereta lokal ke Toyama dilanjutkan ke Kanazawa-Kyoto. Salam.

  5. Salam Pak Nugroho..
    Saya rencananya akan ke jepang 4 feb 18, tiba di kix, 5feb di kyoto, 6feb mau ke kawaguchiko, sambung shirakago, nginep 1 malam di takayama, tgl 8 nya ke osaka, 9feb malam pulang lewat kix lg, kira2 pass apa yg cocok ya pak, mengingat yang mencar jauh cuma kawaguchiko.. kalau sy beli takayama hokuriku pass, trus dari kyoto ke tokyo shinjuku ngeteng beli tiket bus willer malam apa lbih ekonomis, trus dari kawaguchiko ke takayama pake bus takayama fujisan line, mohon saran nya pak

  6. Siang pak.saya ada rencana utk ke takayama dan shirakawago dari kyoto.apakah bisa perjalanan itu dilakukan dlm 1 hari.rencana nya tlg 31 oct menuju takayama dan lanjut shirakawago.apakah tgl 1 nov siang atau sore saya bisa melanjutkan perjalanan menuju tokyo?lebih baik mengunakan bis atau train bila saya membawa koper? Terimakasih info nya.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu Eveline, ibu bisa berangkat pagi-pagi dari Kyoto, lalu naik kereta limited ekspress Thunderbird sampai Kanazawa. Dilanjutkan dengan naik Bus Nohi ke Shirakawago, lalu naik bus Nohi ke Takayama, dan kembali ke Kanazawa. Dari Stasiun Kanazawa, bisa naik kereta Shinkansen Hokuriku sampai Stasiun Tokyo. Koper nya bisa ibu simpan di Stasiun Kanazawa. Salam.

  7. Pak saya mau bertanya
    1. itin saya tokyo-takayama-shirakawago-kyoto-osaka-tokyo apakah sudah cocok dgn jr tokyo hokuriku arch?

    2. Jika saya ingin bermalam di takayama dengan berkunjung ke shirakawago sebaiknya beli rute bis jurusan yg mana ya dr toyama?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. JR Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass sudah cocok kalau melihat itinerary perjalanan Ibu. Hanya untuk perjalanan dari Osaka ke Tokyo, harus via Kanazawa, tidak bisa langsung dengan Tokaido Shinkansen. Sebab Tokaido Shinkansen tidak tercover JR Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Kalau ingin ke Takayama, ibu bisa membeli tiket bus Toyama-Shirakawago, dan Shirakawago-Takayama. Salam

  8. Selamat malam Admin,

    Bisakah tolong diinformasikan, Pass apa saja yg sesuai utk itinerary kami ber-5 sbb :
    13 Mei – Kix – Osaka
    14 Mei – Kyoto, from osaka
    15 Mei – Takayama, from osaka
    16 Mei – Shirakawa Go, from takayama
    17 mei – From Takayama to Tokyo
    18 mei – Tokyo to Alpine route day trip
    19 mei – Disney sea
    20 mei – Hakone mt fuji day trip
    21 mei – explore tokyo
    22 mei – flight to Jakarta from narita

    Many thanks ^^

  9. Selamat sore pak Nugroho,
    Saya rencana akan mengunjungi Tateyama Alpine Route, Gokayana, Shirakawago , Takayama dan Kanazawa, saya akan berangkat dari Tokyo
    Mohon rute perjalanan yg baik dan rencana akan bermalam sekitar 3-4 malam, lalu kembali ke Tokyo
    serta sebaiknya beli tiket JR apa saja ? terima kasih

    • Santoso Chayadi  |  

      Pagi pak Nugroho, tks sebelumnya atas jawabannya. Saya rencana berangkat dari Tokyo naik kereta ke Tateyama Alpine Route tapi karena kami berangkat dgn bawaan koper masing2 sy rencana bermalam di hotel dahulu , tapi kendala nya sy harus bolak balik rute Tateyama Alpine route dan tentu biaya nya akan mahal, setelah itu kami akan mengunjungi Gokayana, Shirakawago, Kanazawa dan Takayama baru kembali ke Tokyo. Mohon saran terbaik untuk rute dan sebaiknya harus bermalam di kota2 mana saja. tks

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak Santoso bisa baca contoh itinerary kami mengunjungi Tateyama dan Shirakawago, sepertinya keinginan bapak mirip dengan para pengguna Tour Guide Online kami selama ini. Sebagai tambahan, Kanazawa itu ada di tengah-tengah Tateyama (Toyama) dan Shirakawago. Jadi mungkin rutenya bisa seperti ini: TOkyo-Toyama (Tateyama)-Kanazawa-Shirakawago-Takayama-Kanazawa-Tokyo, atau setelah Takayama bisa ke Nagoya-Tokyo. Jika masih ada yang bingung bisa ditanyakan. Salam.

    • Santoso Chayadi  |  

      Pak Nugroho, jadi
      Hari pertama : Tokyo – Toyama ( bermalam di Toyama ) melalui Tateyama Alpine Route
      Hari kedua : Toyama – Gokayana – Shirakawago – Toyama ( bermalam di Toyama )
      Hari ketiga : Toyama – Kanazawa – Takayama ( bermalam di Takayama )
      Hari keempat : Takayama – Nagoya – Tokyo
      Untuk hari pertama , apakah ada alternatife supaya ketika wisata di Tateyama Alpine Route tidak harus membawa koper2 pakaian.
      Dan apakah rute tersebut diatas sudah tercover dengan JR Pass dan Tateyama Kurobe option tiket.Tks banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak.
      Sedikit saran dari Tim Info Jepang.
      Hari pertama: Supaya bapak tidak perlu membawa-bawa koper, pertama Bapak bisa ke hotel di Toyama dan menitip barang di situ (sebelum check in). Kami sarankan untuk tiba pagi-pagi, sehingga bisa masuk ke rute Tateyama Kurobe Alpine Route sebelum siang hari dengan Tateyama Kurobe Option Ticket. Keluar dari Ogizawa, naik bus ekspress sampai ke Nagano. Dari Nagano bisa naik Hokuriku Shinkansen kembali ke Toyama Station dan masuk ke hotel malamnya.
      Hari kedua: Bapak silakan berjalan-jalan di Toyama dan Kanazawa saja, sebab Gokayama-Shirakawago-Takayama itu satu arah dan bisa dilakukan hari ketiga.
      Hari ketiga: Toyama-Gokayama-Shirakawago-Takayama, malamnya menginap di Takayama. Silakan baca contoh itinerarynya.
      Seluruh rute bus dan keretanya tercover oleh JR Pass dan Tateyama Kurobe Option Ticket. Hanya ongkos Kaetsuno bus ke Shirakawago dan Gokayama tidak tercover.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!