Gunung Yoshino

Home / Nature / Gunung Yoshino
Item image

Jika teman-teman pergi ke daerah Kansai seperti kota Kyoto atau Osaka di musim semi, jangan lupa untuk mengunjungi Yoshinoyama di daerah Prefektur Nara, yang letaknya di sebelah timur Prefektur Kyoto. Meskipun namanya tidak terlalu terkenal dibanding objek wisata Kuil di Kyoto, namun tempat ini adalah salah satu tempat favorit penduduk lokal Jepang dalam menikmati liburan musim semi. Yoshinoyama atau Gunung Yoshino berada di selatan kota Nara, sekitar 90 menit perjalanan dengan naik kereta dari Nara atau Osaka. Wilayah Gunung Yoshino sudah lama dikenal sebagai tempat terbaik di Jepang untuk menikmati hanami. Dengan lebih dari 30.000 pohon sakura yang tumbuh mulai dari kaki gunung hingga ke daerah puncak Gunung, kita bisa melihat bunga sakura sejauh mata memandang. Saat memasuki puncak musim semi (di awal April), pemandangan Gunung Yoshino akan berubah warna menjadi pink karena bunga sakura yang mekar.

Menikmati Kunjungan ke Gunung Yoshino Nara

1. Melihat pemandangan musim semi terindah di Jepang

Lebih dari 200 jenis dengan total lebih dari 30.000 pohon sakura yang tersebar di seluruh area Gunung Yoshino. Kita hanami sambil mendaki gunung, mengambil foto-foto dari spot yang terkenal, atau makan atau minum di area yang disediakan. Karena bentuknya yang berupa pegunungan (berbeda ketinggian), maka bunga sakura di sini tidak mekar bersamaan. Sakura akan mekar dari kaki gunung, lalu area di sekitar lereng gunung (2-3 hari kemudian), dan terakhir area di sekitar puncak (2-3 hari kemudian). Waktu terbaik mengunjungi Yoshino adalah akhir Maret hingga minggu pertama April.

Gunung Yoshino Nara warisan dunia

Gunung Yoshino Nara warisan dunia

Area gunung Yoshino dibagi menjadi empat bagian besar: Shimo-Senbon (area kaki gunung dan kota Yoshino). Untuk mencapai tempat ini, kita bisa naik kereta gantung dari sekitar Stasiun Yoshino. Shimo-Senbon adalah area paling ramai pengunjung karena menjadi titik awal pendakian Gunung Yoshino. Bagian berikutnya disebut dengan Naka-Senbon (area lereng gunung). Salah satu spot pemandangan bunga sakura di sini adalah dari Kuil Yoshimizu. Di area Naka-Senbon ini ada banyak restoran, toko, dan juga lahan luas untuk kita bisa makan atau minum sambil menyaksikan bunga sakura. Dari Naka-Senbon, kita bisa mendaki lagi ke area yang lebih tinggi, yakni Kami-Senbon (area menuju puncak Gunung Yoshino). Spot yang paling terkenal di sini adalah dek observasi Hanayagura, sekitar 1 jam berjalan kaki dari Naka-Senbon. Dan area terakhir yakni Oku-Senbon (puncak Gunung Yoshino), sekitar 30-45 menit pendakian dari Kami-Senbon. Di area puncak gunung ini pohon-pohon sakura lebih sedikit, namun kita bisa melihat pemandangan bunga sakura ke arah lembah dan lereng gunung.

Sakura dari Gunung Yoshino Nara

Bunga Sakura di Gunung Yoshino Nara

2. Melihat pemandangan musim panas dan gugur yang menakjubkan

Meskipun terkenal luas dengan pemandangan bunga sakuranya, area Gunung Yoshino juga menawarkan pemandangan yang indah di musim panas dan gugur. Sepanjang musim panas (akhir Juni-Agustus), bunga-bunga hydrengea akan bermekaran. Kita bisa menikmatinya di sekitaran Shimo-Senbon dan Naka-Senbon. Bunga-bunga ini tumbuh di pinggir jalur pendakian maupun di beberapa area ladang bunga luas di pinggir jurang. Sementara itu, di musim gugur, ribuan pohon-pohon maple yang tumbuh akan berubah warna menjadi merah keemasan.

3. Mengunjungi kuil-kuil di Area Yoshinoyama

Orang-orang Shinto dan Buddha percaya bahwa mendirikan kuil di area pegunungan. Selain karena suasananya yang lebih tenang, mereka merasa dekat dengan Dewa Kami atau sang Buddha. Di area Gunung Yoshino, kita bisa menikmati pemandangan musim semi, musim panas, dan musim gugur sambil mengunjungi kuil-kuil di sini. Ada Kuil Buddha Kimpusen-ji dan Kuil Shinto Yoshimizu di area Naka-Senbon. Kuil Kimpusenji menjadi simbol dari Gunung Yoshino. Bangunan utama kuil berukuran 9 m x 11 m, dan tinggi 34 meter menjadikan kuil ini adalah bangunan kayu terbesar kedua di Jepang setelah Kuil Todaiji di pusat kota Nara. Sementara itu, di Kuil Yoshimizu kita bisa melihat berbagai benda seni seperti lukisan, patung, dan kaligrafi peninggalan keluarga Minamoto yang mendirikan kuil ini. Kemudian di area Kami-Senbon, kita bisa mengunjungi Kuil Chukurin-in, Kuil Sakuramotobo, dan Kuil Yoshino Mikumari yang memiliki area taman bunga sakura yang indah. Tentu jadi pengalaman yang baik saat kita bisa belajar sejarah dan melihat arsitektur bangunan Jepang sambil menikmati keindahan pemandangan di Gunung Yoshino.

4. Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh

Di area Naka Senbon (lereng gunung), ada beberapa toko oleh-oleh khas Gunung Yoshino, antara lain kue mochi bunga sakura (kue khas Yoshino yang dibuat dengan bahan dasar bunga sakura), teh bunga sakura, permen bunga sakura, dan tepung kuzu.

Sakura road atau jalan sakura

Sakura road atau jalan sakura di Gunung Yoshino Nara

Akses ke Gunung Yoshino

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, naik kereta Kintetsu Ekspress (tersedia keberangkatan setiap 30 menit) dan transit di stasiun Kashiharajingu-Mae, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta Kintetsu Yoshino Line sampai Stasiun Yoshino. Durasi perjalanan selama 140 menit dengan harga tiket 1.230 yen yang bisa dibeli di Stasiun Kyoto. Dari Stasiun Yoshino, kita akan bisa mulai mendaki ke Gunung Yoshino.

Ada juga kereta cable car dari dekat stasiun Yoshino, nama stasiun awalnya Senbonguchi Station yang akan mengantar kita ke puncak gunung Yoshino dalam 3 menit. Jadi kita tidak perlu cape mendaki gunung dan bisa menyimpan tenaga untuk perjalanan selanjutnya. Gambar di bawah adalah gambar petunjuk stasiun cable car di Gunung Yoshino Nara.

Catatan: pada musim bunga sakura (akhir Maret-awal April) kereta biasanya akan penuh, dan perlu reservasi tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Reservasi bisa dilakukan online dari website Kintetsu Line.

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka Abenobashi (1 stasiun setelah Stasiun Tennoji), kita bisa naik kereta Kintetsu Limited Ekspress (keberangkatan setiap jam) sampai Stasiun Yoshino. Lama perjalanan sekitar 100 menit dengan harga tiket 970 yen. Dari Stasiun Yoshino, kita akan bisa mulai mendaki ke Gunung Yoshino.

Catatan: pada musim bunga sakura (akhir Maret-awal April) kereta biasanya akan penuh, dan perlu reservasi tiket jauh-jauh hari sebelumnya.

3. Dari Tokyo

Jika teman-teman ingin ke Nara dari Tokyo, cara termudah dan termurah adalah dengan naik Shinkansen Nozomi ke Stasiun Kyoto (detailnya dapat dilihat di sini). Dari Kyoto, tinggal naik JR Nara Rapid Line seperti cara nomor 1 di atas.

CATATAN

Jika teman-teman ingin berkeliling Kyoto Osaka dan ke Gunung Yoshino dalam dua hari yang berurutan, maka akan lebih hemat menggunakan Kintetsu Rail Pass 2-day pass. Ongkos kereta dari Stasiun Kyoto sampai ke Stasiun Yoshino (di kaki Gunung Yoshino) sudah 1.230 yen, ditambah dengan ongkos kereta di dalam kota Osaka, Nara, dan Kyoto, maka Kintetsu 2 Day Pass sudah akan balik modal.

Cheap Hotels in Nara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guesthouse Nara Backpacke
36 km away
from ‎¥3000/night
Guesthouse Naramachi
35 km away
from ‎¥2298/night
Fine Garden Nara Kashiba
28 km away
from ‎¥4184/night
Mikasa Ryokan
37 km away
from ‎¥11200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nara Park
36 km away
Bunga sakura di Nara Park
Kuil Horyuji
31 km away
Halaman Kuil Horyuji
Gunung Yoshino
0 km away
Sakura dari Gunung Yoshino Nara
Gunung Wakakusa
37 km away
Panorama dari atas Gunung Wakakusa

Sumber gambar: Flickr kinReginald Pentinio, d’n’c, fortherock


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Hendra
2016-05-29 08:14:45
Meskipun jauh dari kyoto atau nara, cuma sebanding dengan pemandangan sakuranya

Close Comments

Comments (28)

  1. Siang pak..
    saya ada rencana ke osaka dan sekitarnya tgl 9 – 19 Dec dg itenary sbb :
    day 1 Kansai Airport – osaka
    day 2kelililing osaka pakai osaka amazing pass 2 days
    day 3 osaka amazing day pass
    day 4 USJ
    day 5 kyoto ( nginap di osaka)
    day 6 Kyoto
    day 7 kobe
    day 8 nagoya ( PP osaka)
    day 9 Shirakawa ( pp Osaka)
    day 10 keliling osaka
    day 11 pagi out ke airport kansai
    untuk hari ke 5 dan ke 9 saya mengunakan pass apa yang murah dan mencakup keseluruhan… adakah usulan dari bapak untuk ittenarynya yang lebih efisien..thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Gunung Yoshino tidak tercover baik oleh Kansai wide pass atau kansai hiroshima pass. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau tanggal 29 Mei sepertinya semua bunga sakuranya sudah gugur bu, sudah tidak ada lagi.
      Perjalanan ke Gung Yoshino dengan kereta JR paling hanya sampai ke Yoshino Guchi Station, dari situ harus naik kereta Kintetsu Yoshino Line supaya sampai ke kaki gunung Yoshino. Salam

  2. Permisi tanya, apakah kartu pasmo dan suica bisa digunakan untuk tiket kereta ke luar kota semisal dari Osaka ke Yoshino (Nara) atau Osaka ke Kobe?
    Atau bisa dengan kartu ICOCA?

    Terima kasih sebelumnya

  3. selamat siang pak nugroho, mau Tanya. kalau JR OSAKA-TOKYO HOKURIKU PASS apakah mengcover tiket kreta JR wakayam&JR yamatoji dari shinimamiya ke yoshinoguchi?? trims

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak Ferra. Osaka Amazing Pass hanya mengcover ongkos kereta subway dan tiket masuk tempat wisata saja. Salam.

    • kira2 pass apa ya pak yang cocok untuk perjalanan saya? saya stay di namba pak.
      hari pertama
      1.yoshino guchi
      2.nara
      3.umeda sky building
      4. shinsaibashi

      hari kedua
      1.Osaka castle
      2. kobe
      3. kyoto
      terimakasih pak nugroho

  4. Selamat Siang Pak Nugroho,
    Saya ada rencana bulan april ke Jepang dengan intenerary sbb:
    Day 1 Kansai Airport – keliling Osaka
    Day 2-3 Keliling Osaka
    Day 4-6 Keliling Kyoto tapi tetap menginap di Osaka.
    Day 7 Nagoya (Nabana No Sano) tetap menginapnya di Osaka
    Day 8 Nara Park dan Gunung Yoshino, tetap menginap di Osaka juga
    Day 9 Shirawaka GO, PP ke Osaka juga
    Day 10 dari Osaka ke Tokyo
    Day 11 Gala Yuzawa. Menginap tetap di Tokyo
    Day 12 Kawaguchiko dan Shibazakura. Menginap tetap di Tokyo
    Day 13-14 keliling Tokyo
    Pertanyaannya:
    1. Pass apa yang cocok dan hemat untuk itenerary di atas?
    2. Apakah memungkinkan ke Shirakawa Go dari Osaka dan pulang lagi ke Osaka mencukupi dalam 1 hari?
    3. Apakah memungkinkan dari Nara Park langsung ke Gunung Yoshino dalam 1 hari yang sama, dan bagaimana akses transportasinya?
    4. Apakah memungkinkan dari Kawaguchiko langsung ke Shibazakura dalam 1 hari yang sama dan bagaimana akses transportasinya?

    Terima Kasih yah Pak sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Silahkan menggunakan JR Pass untuk day 7-13
      2. Cukup kok, kamu bisa naik kereta limited ekspress Thunderbird ke Kanazawa paling pagi jam 06.30, naik bus Nohi ke Shirakawago, lalu balik dengan kereta jam 7 atau 8 malam/
      3. Bisa, silahkan baca detail perjalanan ke Gunung Yoshino.
      4. Bisa, ada bus ke Motosuko Resort dari Stasiun Kawaguchiko, lengkapnya bisa dibaca di Festival Shibazakura.

  5. Mas Nug, kalau saya mempunyai Kintetsu 2 day pass, bagaimana caranya untuk reservasi kereta Kintetsu line ke gunung Yoshino? Bagaimana cara membayar kelebihan harga apabila keretanya limited express? Terima kasih.

    • pak nugroho bener gak ya kalo jalur keretanya seperti ini jika dari namba osaka

      osaka namba -> yamato sadaiji sta. -> yoshino sta

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa, kamu bisa baca untuk aksesnya dari Stasiun Kyoto atau Abenobashi di Osaka. Ada banyak kegiatan seru, salah satunya mengunjungi kuil dan melihat pemandangan pepohonan di lereng dan puncak gunung. Kalau sedang musim sakura, tempat ini terkenal sebagai spot hanami juga. Salam.

    • terima kasih infonya pak
      rencananya saya berangkat awal bulan september depan, itin saya sudah lengkap berkat baca website ini :D
      sekali lagi terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tahun 2016 yang lalu, sakura di Gunung Yoshino Nara mekar dari awal April sampai pertengahan April.
      Jadi kalau datang bulan Mei, sepertinya sudah tidak bisa menikmati hanami bunga sakura lagi. Salam

  6. Ingin tanya pak, dari kyoto ke stasiun yoshino itu apakah tercover oleh jr pass? dr stasiun yoshino ke puncaknya kan naik cable car, tiketny kira2 brp pak, apa perlu jalan lagikah stelah turun dr cabel car? Terakhir, saya rencana kesana tanggal 22 april, apakah pemandangan sakuranya masih bagus? Tks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Jika memiliki JR Pass, maka hanya tinggal menambah ongkos kereta 890 yen dari Yoshinoguchi Station sampai ke Yoshino Station.
      Yoshino Ropeway nya sendiri ongkosnya 360 yen atau 610 yen kalau PP.
      Tahun 2016 lalu, festival hanami berlangsung dari 4 April sampai 24 April, mungkin sakuranya hanya tinggal sedikit kalau pergi tanggal 22 April.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!