Info Wisata di Okinawa Jepang

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Okinawa Jepang

Okinawa adalah prefektur kepulauan yang ada di selatan Jepang. Ada belasan pulau-pulau (kebanyakan berukuran kecil) yang tersebar dari selatan Pulau Kyushu sampai ke perbatasan dengan Taiwan dan Filipina. Okinawa sendiri merujuk pada Pulau Okinawa, yakni pulau terbesar di Prefektur Okinawa. Selepas Perang Dunia II, Okinawa dijadikan sebagai pangkalan militer pertama Amerika Serikat di luar wilayahnya. Keindahan alam, termasuk pesona pantai pasir putihnya, cuaca hangat sepanjang tahun, dan spot-spot diving dan snorkeling yang keren adalah daya tarik utama Okinawa.

Kepulauan Okinawa sendiri bisa dibagi menjadi tiga bagian besar: Kepulauan Okinawa (Okinawa Shoto) yakni gugusan kepulauan di sekitaran Pulau Okinawa. Lalu ada Miyako Retto yang berada di sekitar Pulau Miyako, dan terakhir Yaeyama Retto yakni kepulauan yang berada di sekitar Pulau Ishigaki.

Kegiatan Seru di Okinawa

1. Melihat keindahan bawah laut Okinawa dari Tanjung Manza

Tanjung Manza atau Cape Manza adalah tempat yang Tim Info Jepang rekomendasikan buat kamu yang baru pertama kali mengunjungi Okinawa. Dari atas tebing kita bisa melihat gugusan kepulauan Okinawa yang dikelilingi birunya laut. Di hari yang cerah, kita bahkan bisa melihat warna-warni koral dan terumbu karang Okinawa yang amat cantik. Jadi ingin segera snorkeling nih!

Info Wisata di Okinawa Tanjung Manza

Info Wisata di Okinawa: Tanjung Manza

2. Merasakan keindahan bawah laut di Pulau Miyako

Dari Pulau Okinawa, teman-teman bisa naik pesawat kecil selama 45 menit menuju Pulau Miyako. Memang sih, aksesnya cukup sulit dan “butuh” uang yang tidak sedikit. Namun perpaduan keindahan pantai pasir putih, lautan biru, dan terumbu karang yang terjaga dengan baik akan membayar lunas semuanya. Turis dari Eropa, Amerika, dan Australia biasanya menghabiskan 2-3 hari di Pulau Miyako sebelum ke daratan utama Jepang.

Info Wisata di Okinawa Pantai pulau Miyako

Info Wisata di Okinawa: Pantai pulau Miyako

3. Berburu oleh-oleh di Kokusai Dori

Kokusai-dori adalah tempat terbaik kalau kamu mau berburu oleh-oleh khas Okinawa. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Naha ditambah dengan akses transportasi yang banyak, Kokusai Dori selalu jadi tempat tujuan wisata para wisatawan di Okinawa. Di jalanan sepanjang 1,6 kilometer ini, kita bisa cuci mata di toko-toko suvenir, atau jika sedang mampir di Hari Minggu, ada pertunjukkan tari tradisional Eisa dari para penduduk lokal.

Info Wisata di Okinawa Kokusai Dori

Info Wisata di Okinawa: Kokusai Dori

4. Berkunjung ke akuarium paling populer di Jepang, Akuarium Churami

Berlokasi di area Okinawa Expo Park di Ishikawa, Okinawa, Akuarium Churami menyandang status sebagai akuarium paling populer yang ada di Jepang. Setiap tahunnya, lebih dari 2 juta pengunjung datang ke sini untuk melihat aneka hewan laut. Termasuk hiu paus dan pari manta di area Tangki Kuroshio, ada juga hiu martil dan hiu macan. Selain itu ada pertunjukkan lumba-lumba dan manatee yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu atraksi yang hanya bisa ditemukan di Akuarium Churami adalah melihat ikan-ikan laut dalam yang berpendar atau bercahaya dan juga tangki dengan terumbu karang hidup.

Info Wisata di Okinawa Akuarium raksasa Churaumi

Info Wisata di Okinawa: Akuarium raksasa Churaumi

Dolphin show di Akuarium Churaumi

Dolphin show di Akuarium Churaumi

5. Menikmati aneka makanan laut yang segar

Karena berlokasi di kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dalam, tidak heran, hampir di seluruh tempat dengan mudah kita jumpai kedai makanan (seperti street food) atau restoran yang menjual beragam menu makanan laut. Ada lobster, teripang, udang, cumi, ikan yang diolah menjadi sushi, sashimi, atau tempura yang begitu lezat. Okinawa adalah surganya makanan laut di Jepang.

Surga Menyelam di Okinawa

Okinawa sangat terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Tidak heran, ada puluhan spot-spot menyelam maupun snorkeling yang bisa kita temukan di sini. Sebagian besar bisa dicapai dengan naik perahu namun ada juga yang bisa dicapai dari tepi pantai. Tenang saja, untuk peralatan menyelam seluruhnya bisa disewa langsung di sekitaran pantai, termasuk juga jasa instruktur atau pendamping menyelam.

  1. Maeda Point (Cape Maeda), di area utara Pulau Okinawa. Pemandangan utama adalah koral atau terumbu karang yang bisa dicapai dari pantai. Titik penyelaman ini tidak terlalu dalam dan cocok untuk pemula.
  2. Seragaki, di area utara Pulau Okinawa. Pemandangan utama adalah koral atau terumbu karang yang bisa dicapai dari pantai atau dari kapal. Titik penyelaman ini tidak terlalu dalam dan cocok untuk pemula, namun arus lautnya cukup kencang.
  3. Sakimotobu (Gorilla Chop), adalah titik spot paling terkenal di para wisatawan dan fotografer bawah laut. Letaknya di utara Pulau Okinawa dan bisa dicapai dari pantai. Arus laut di spot ini hampir tidak ada.
  4. Cape Manza (Dream Hole), masih di area utara Pulau Okinawa. Pemandangan utamanya adalah landskap dasar laut dengan ribuan ikan-ikan yang berenang. Di kedalaman 25 meter, kita bisa menemukan lubang besar vertikal berwarna hitam yang terkenal dengan “Dream Hole” atau “Lubang Mimpi”. Spot ini dapat dicapai dengan kapal dan direkomendasikan bagi para penyelam profesional/ tingkat lanjut.
  5. Sunabe No.1, di area Central Okinawa. Spot ini bisa dicapai dari pantai (berdekatan dengan Cape Maeda) dan terkenal dengan tornado laut yang terbentuk dari gerombolan ikan makarel di musim dingin. Selain itu, di kedalaman 20 meter, kita bisa melihat terumbu karang beraneka warna yang sangat mirip dengan kebun bunga. Spot ini cocok bagi seluruh penyelam mulai dari yang pemula hingga yang profesional.
  6. Cape Zampa (Bolo Point), dengan kedalaman hingga 60 meter dan arus laut yang kencang, spot ini hanya diperuntukkan untuk para penyelam profesional. Kita bisa melihat beragam gua, tebing bebatuan, bahkan jembatan lengkung bawah laut yang begitu indah. Satu lagi yang unik di Cape Zampa adalah keberadaan Pygmy Seahorses, yakni kuda laut berukuran kecil yang baru-baru ini ditemukan.
  7. Pantai Oodo, terletak di sisi selatan Pulau Okinawa. Spot ini dikenal sebagai tempat perkembangbiakan penyu laut. Spot diving di sini dibagi menjadi dua, bagian sisi dalam terumbu karang (sampai dengan 200 meter dari bibir pantai) yang diperuntukkan untuk penyelam pemula, dan bagian luar (lebih dari 200 meter) yang dikhususkan untuk penyelam profesional. Di bagian dalam, kita bisa melihat ribuan ikan-ikan karang cantik yang berenang. Sementara itu di bagian luar, ada hamparan bebatuan dan lubang-lubang bawah laut yang begitu menarik untuk dieksplorasi.
pemandangan bawah laut okinawa

Pemandangan bawah laut Okinawa Jepang

Akses menuju Okinawa

Sampai dengan hari ini, satu-satunya cara untuk mencapai Okinawa dari daratan utama Jepang adalah dengan naik pesawat. Dari Bandara Haneda atau Bandara Narita di Tokyo, tersedia belasan penerbangan domestik Jepang dari Maskapai JAL, ANA, Skymark, Vanilla Air, Jetstar Jepan, atau Peach menuju Bandara Naha di Okinawa. Untuk harga tiket pesawatnya sendiri sekitar 48.000 yen untuk Maskapai JAL dan ANA, di mana ada diskon tiket pesawat murah khusus wisatawan mulai dari 22.000 yen. Sementara itu, untuk Maskapai Skymark, Vanilla Air, Jetstar Japan, dan Peach harga tiketnya mulai dari 9.000-29.000 yen untuk sekali penerbangan.

Sementara itu, buat teman-teman yang berangkat dari wilayah Kansai, bisa mengambil penerbangan dari Bandara Kansai, Bandara Itami, dan Bandara Kobe menuju Bandara Naha. Tersedia beberapa penerbangan domestik Jepang dari Maskapai JAL, ANA, Solaseed, Skymark, Jetstar Jepan, dan Peach yang melayani rute menuju Bandara Naha di Okinawa. Untuk harga tiket pesawatnya sendiri sekitar 41.000 yen untuk Maskapai JAL dan ANA, di mana ada diskon tiket pesawat murah khusus wisatawan mulai dari 18.000 yen. Sementara itu, untuk Maskapai Skymark, Solaseedm Jetstar Japan, dan Peach harga tiketnya mulai dari 9.000-23.000 yen.

Untuk transportasi di Okinawa, apalagi buat yang ingin mengunjungi banyak tempat/ spot penyelaman, Tim Info Jepang menyarankan untuk menyewa mobil. Tempat-tempat penyewaan bisa dengan mudah ditemukan di Bandara Naha maupun di Kota Okinawa.

Selain itu, ada juga bus-bus kota yang menghubungkan beberapa tempat-tempat penting di Okinawa. Teman-teman bisa naik bus nomor 111 yang menghubungkan Bandara Naha dengan Terminal Bus Naha. Lalu ada bus ekspress Yanbaru (Yanbaru Kyuko) yang menghubungkan Bandara Naha, pusat kota Naha, Semenanjung Motobu, dan Akuarium Churami.

Jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan ke area Yaeyama di selatan, bisa naik pesawat dari Bandara Naha sampai Ke Bandara New Ishigaki. Harga tiket pesawatnya mulai dari 20.000 yen atau dengan diskon tiket pesawat murah khusus wisatawan mulai dari 10.000 yen

Cheap Hotels in Naha [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Naha West Inn
Naha West Inn
from ‎¥5500/night
Hotel Roco Inn Okinawa
Hotel Roco Inn Okinawa
from ‎¥5760/night
Little Asia Guest House
Little Asia Guest House
from ‎¥1200/night
Hotel Peace Land
Hotel Peace Land
from ‎¥5100/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Jonathan Leung, yu.kleides, Shuichi Aizawa, Eric Foto, ume-y, 小俞 YϋMirai TakahashiIppei & Janine Naoi


Recommended for you

Last modified: July 11, 2017

TAGS  :

Comments (2)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Informasi wisata di Okinawanya bisa dicek di artikel di atas. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!