Informasi Kansai Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang, Wisata Jepang >  Informasi Kansai Pass

Di artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum strategi dan tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai. Artikel ini bertujuan menjawab banyak pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang bagaimana merencanakan perjalanan di daerah Kansai. Kami juga akan menjelaskan jenis tiket apa yang sebaiknya dibeli untuk menghemat biaya perjalanan. Lalu, bagaimana kita memilih Kansai pass yang sesuai dengan keinginan dan objek wisata yang ingin dikunjungi. Simak penjelasan selengkapnya berikut.

1. JR Kansai Pass

Cocok untuk: perjalanan dari Kansai Airport, Nara, objek wisata Osaka seperti Tennoji, Osaka Castle, Osaka Station/ Umeda, dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan, objek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama, kota Tsuruga dan Kusatsu di Prefektur Shiga, kota Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo, juga Nara Park, Kuil Todaiji dan Kuil Kasuga Taisha di Nara.

JR Kansai Pass bisa dibeli langsung secara online di website Klook, atau melalui agen travel, dan di seluruh stasiun besar di wilayah Kansai. Jika membeli di Jepang, harganya sedikit lebih mahal ketimbang membeli secara online sebelum tiba di Jepang.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (non-reserved) dan seluruh kereta lokal dan rapid.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (reserved), kereta ekspress lainnya, kereta Shinkansen.

Harga:

2. JR Wide Kansai Pass

Cocok untuk: area perjalanan sama seperti JR Kansai Pass, ditambah daerah Prefektur Okayama, Takamatsu di Shikoku (sebelah barat Kyoto), dan daerah Fukuchiyama, Amanohashidate di Maizuru, serta pemandian air panas Kinosaki Onsen di utara Kyoto. Selain itu, bisa naik kereta shinkansen sampai Okayama, Takeda Castle, Tottori, hingga Gunung Koya dan Kuil Kumano Hongu Taisha di Prefektur Wakayama.

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: sama dengan JR Kansai Pass, ditambah kereta Shinkansen dari Shin Osaka sampai Okayama (non-reserved) dan semua kereta ekspress.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:
Tiket terusan 5 hari: 9,000 yen (dewasa), anak >12 tahun 4,500 yen
5 Hari yang dimaksud adalah 5 hari berurutan.
Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, Kobe, atau pusat kota Nara.

Sebagai catatan, perjalanan pulang pergi Kyoto/ Osaka ke Kinosaki Onsen atau ke Okayama sudah akan membuat Kansai Wide Pass balik modal. Selain itu, JR Kansai Wide Area Pass hanya berlaku untuk unreserved ticket. Jadi lebih baik naik di gerbong khusus unreserved seat saja supaya tidak salah.

JR Kansai Pass bisa dibeli langsung secara online di website Klook, atau melalui agen travel, dan di seluruh stasiun besar di wilayah Kansai. Jika membeli di Jepang, harganya sedikit lebih mahal (10.000 yen) ketimbang membeli secara online (9.000 yen) sebelum tiba di Jepang.

Pesan Online Sekarang
Kansai Wide Area Pass

3. Kansai Thru Pass

Cocok untuk: Anda yang tidak membeli JR PASS dan berlibur ke daerah Kansai. Dibandingkan dengan JR Kansai Pass, Kansai Thru Pass mencakup lebih banyak tempat wisata dan stasiun karena mengcover ongkos kereta non-JR yang tentu lebih banyak daripada kereta JR.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Thru Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card.

Tidak mencakup kereta menuju ke Universal Studio Japan, Kuil Horyuji dan Kompleks Gunung Yoshino di Prefektur Nara. Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, atau pusat kota Nara.

Meskipun  Kansai Through Pass ini tidak bisa kita gunakan untuk pergi ke Universal Studio Osaka secara langsung, teman-teman bisa naik kereta sampai Stasiun Nishikujo (yang tercover dengan Kansai Through Pass) lalu naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City di depan pintu masuk Universal Studio Osaka.

Beberapa objek wisata terkenal kota Kyoto yang bisa dikunjungi dengan free pass ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:

  • Tiket terusan 2 hari: 4,000 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,000 yen
  • Tiket terusan 3 hari: 5,200 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,600 yen
  • Tiket ini terhitung perhari, jadi teman-teman bisa pakai tiket terusan 2 hari, berkeliling di hari pertama, bermain satu hari di USJ, berkeliling lagi di hari terakhir.


Beli Online
Kansai Thru Pass

Informasi Kansai Pass

4. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Tiket ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari). Kereta Keihan di Osaka menghubungkan stasiun seperti Yodoyabashi, Tenmabashi dan Kyobashi. Di Kyoto sendiri stasiun kereta Keihan yang terkenal antara lain Fushimi Inari, Tofukuji, Kiyomizu gojo (di dekat Kuil Kiyomizudera), Gion Shijo (dekat Gion Kyoto), dan Demachiyanagi (seluruhnya berada di sebelah timur kota Kyoto).

Cocok untuk: yang tidak memiliki JR PASS atau Kansai Surutto Pass tapi ingin jalan-jalan Kyoto dan Osaka dengan murah. Tiket terusan ini sebetulnya satu bagian dengan Kansai Surutto Pass, maksudnya tiket terusan ini seluruhnya tercover jika membeli Kansai Surutto Pass. Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta Keihan main line dan kereta Keihan menuju Uji.

Harga:

  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 1 hari: 700 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 2 hari: 1000 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Kyoto 1 hari: 500 yen untuk dewasa.
  • Tersedia juga tiket untuk anak-anak dibawah 12 tahun dengan harga setengahnya.

Perlu diperhatikan bahwa tiket ini tidak dijual di stasiun kereta Keihan, hanya bisa dibeli di Pusat Informasi Turis di Kansai Airport, pusat informasi turis di Shinsaibashi, dan pusat informasi turis di Kyoto. Bisa juga membeli via online.

Contoh penggunaan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ke Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, dan Arashiyama

Kereta keihan di Osaka berangkat dari Kyobashi Station (3 stasiun setelah Osaka Station), dan masuk ke Kyoto dari sebelah timur. Alias tidak lewat Kyoto Station. Dengan kata lain, jadi ribet kalau ingin membeli Kyoto Bus Pass yang loketnya di Kyoto Station.

Dengan Kereta Keihan Line, bisa ke Fushimi Inari (jalan kaki dari Fushimi Inari Station di jalur kereta Keihan), ke Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan), dan kemudian ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Kalau mau ke Arashiyama (baca itinerary perjalanan ke Arashiyama), dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama. Ongkos kereta PP ke Gion (Kawaramachi Station ke Arashiyama) ini tidak tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka SighBeli Kyoto-Osaka Keihan Sighseeing Passtseeing Pass. Untuk perjalanan kembali ke Osaka, rutenya: Gion Shijo-Kyobashi-Osaka.

Tips dari Tim Info Jepang mengenai Kansai Pass

Berikut adalah tips Info Jepang bagi teman-teman yang ingin berlibur mengelilingi objek-objek wisata di daerah Kansai dan menemukan informasi mengenai Kansai Pass. Buat teman-teman yang tidak memiliki JR Pass, dan hanya ingin berkeliling Kyoto, Nara dan Osaka, TIDAK PERLU membeli JR Kansai Pass atau JR Wide Kansai Pass. Dengan kartu Suica atau ICOCA lain jauh lebih ekonomis. Namun perlu perhitungan jika pulang atau datang dari Kansai Airport dengan kereta ekspress Haruka. Untuk informasi lebih lanjut dan perhitungan selengkapnya bisa menghubungi Tim Info Jepang.

Selain itu, kalau teman-teman hanya ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Osaka, cukup menggunakan Osaka Amazing Pass. Atau jika ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto, bisa menggunakan tiket terusan bus di Kyoto.

  • Kalau hanya ingin berkeliling Kobe – Osaka – Kyoto, lebih menguntungkan membeli Hankyu Tourist Pass.
  • Kalau hanya ingin berkeliling Kobe – Osaka, lebih menguntungkan dengan menggunakan Hanshin Tourist Pass.
  • Jika mengunjungi Osaka dan berkeliling kuil-kuil di Kyoto Timur, jauh lebih menguntungkan dengan Keihan Kyoto Sightseeing Pass.
  • Jika mengunjungi Osaka – Kyoto – Nara – sampai Gunung Yoshino, lebih baik menggunakan Kintetsu Rail Pass 1 atau 2 hari.
  • Jika bepergian dari Umeda ke Himeji dengan kereta limited ekspress Through Sanyo/Himeji, ongkos tiketnya 1.280 yen (satu arah) dan 2.560 yen (PP).
  • Jika mau mengunjungi Gunung Yoshino yang terkenal dengan pemandangan 30000 pohon bunga sakuranya, ongkos tiketnya dari Umeda sebesar 960 yen (satu arah) atau 1.920 yen (PP).

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Kereta Shinkansen di Jepang

Jalan-jalan ke Jepang, ah pengen coba naik shinkansen. Tapi bagaimana cara beli tiketnya? Lalu bagaimana sistem tempat duduknya? Temukan semua jawabannya dalama artikel ini.

Zojoji dan Tokyo Tower

Berlibur bersama keluarga ke Jepang tidak semudah liburan sendirian. Jika berlibur sendiri, kita bisa pergi semau kita, dan fleksibel dengan hal-hal tidak terduga. Namun tidak begitu jika berlibur bersama keluarga ke Jepang di mana semuanya harus disusun dengan rapi.

Jalur Kereta wisata Sagano

Pass apa yang harus dibeli kalau pergi ke Kansai? Berikut adalah tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai dengan Kansai Pass

Suasana Gala Yuzawa Resort di Niigata

JR East Pass Nagano Niigata adalah pass kereta terbaik buat teman-teman yang berencana untuk berkeliling di area Kanto, Nagano, Niigata, sampai ke wilayah Shonai di Prefektur Yamagata.

Hakone Free Pass Jepang

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.

Gambar kartu suica dan pasmo di Tokyo Jepang

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang untuk naik bus atau kereta, atau membayar barang. Bagaimana cara membeli dan menggunakan kartu SUICA atau Pasmo?


Sumber gambar: Flickr Wong Kenny, Chun-Chih FAN


Recommended for you

Last modified: September 14, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!