Fushimi Inari Taisha

Home / Temple / Fushimi Inari Taisha
Item image

Kamu pasti sudah pernah melihat foto Fushimi Inari Taisha atau juga dikenal dengan Fushimi Inari Shrine! Kuil ini adalah kuil yang paling terkenal di Jepang, dikunjungi sekitar 2,7 juta pengunjung di hari pertama Tahun Baru, saingan dengan Kuil Meiji Jingu di Tokyo. Kuil ini begitu terkenal dengan sederetan Torii (gerbang kuil) warna merah di pinggir jalan masuk. Torii ini adalah sumbangan dari banyak perusahaan di Jepang kepada kuil Inari, yang diyakini tempat bersemayamnya dewa padi dan hasil cocok tanam. Kita juga dapat menemukan banyak patung rubah yang diyakini membawa pesan dari dewa padi. Tentu akan banyak foto-foto menarik yang bisa dipotret di Kuil Kyoto dengan sejarah 1400 tahun, Fushimi Inari Taisha ini.

Kita punya beberapa cara untuk pergi ke Kuil Fushimi Inari Taisha dari Kuil Kiyomizudera. Pertama, bisa naik bus nomor 206 menuju Shichijo Station lalu naik Kereta Keihan sampai stasiun terdekat yakni Inari Station, dan berjalan kaki menuju Kuil Fushimi Inari Taisha. Atau yang kedua, jalan kaki dari Kuil Kiyomizudera menuju Kiyomizu Gojo Station lalu naik Kereta Keihan menuju Inari Station.

Dari Kyoto Station bisa naik JR Nara Line dan turun di Inari Station. Dari Inari Station tinggal berjalan kaki sekitar 2 menit.

3 Kegiatan yang bisa dilakukan di Kuil Fushimi Inari Taisha

1. Mengunjungi Kuil Fushimi Inari Taisha

 

Kita bisa pergi ke kuil dan melihat arsitektur bangunan kuil yang dibangun pada tahun 794. Kuil yang dibangun untuk dewa padi ini selalu ramai dikunjungi orang-orang dan pedagang yang memohon berkah dalam usahanya.

2. Mendaki bukit di belakang kuil

Banyak wisatawan yang memilih untuk mendaki bukit di belakang kuil. Kita dapat menemukan jalan hiking sepanjang 4 kilometer setelah melewati torii yang besar. Perjalanan mendaki bukit memerlukan waktu 2 hingga 3 jam hingga ke puncak. Namun, tidak usah kuatir kita boleh berbalik arah dan turun. Sambil mengambil beberapa foto kenangan, kita dapat beristirahat di rumah-rumah makan kecil yang menyediakan hidangan khas yakni Inari Sushi (sushi yang dimasukkan ke dalam gorengan tahu manis) atau kitsune udon (udon bewarna kecoklatan mirip warna rubah). Kalau berjuang naik hingga ke puncak bukit, kita bisa melihat panorama kota Kyoto

3. Datang waktu senja dan lihat keindahan Torii

Batang-batang kayu ini disebut torii dan menjadi gerbang masuk kuil-kuil di Jepang. Di Fushimi Inari Taisha ini, torii ini berjejer rapat hingga disebut senbon torii atau seibu torii. Torii bewarna merah makin indah ketika senja hari. Sinar mentari akan menyinari torii membuatnya makin tampak menyala merah. Kita bisa ambil banyak foto di sini dan mengabadikan kenangan saat liburan di Kyoto.

Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha

Akses menuju Kuil Fushimi Inari Taisha

Kuil Fushimi Inari Taisha dapat dicapai dengan naik kereta lokal JR Nara Line dari Stasiun Kyoto dan turun di Stasiun JR Inari (lama perjalanan 5 menit, dengan tiket seharga 140 yen). Dari Stasiun JR Inari, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai area kuil.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus kota Kyoto 南5 dari Stasiun Kyoto dan turun di depan Kuil Fushimi Inari. Namun perlu diperhatikan, jadwal busnya tidak terlalu banyak sehingga akan lebih cepat jika kita menggunakan kereta. 

Dari Stasiun Fushimi Inari, teman-teman bisa naik kereta Keihan ke Kuil Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan), dan kemudian ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Ibis Styles Kyoto
2 km away
from ¥7800/night
Green Rich Hotel Kyoto
2 km away
from ¥7900/night
Almont Hotel Kyoto
2 km away
from ¥13800/night
Sakura Terrace
2 km away
from ¥7331/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Rental Kimono Yumeyakata
3 km away
Berkeliling Kyoto dengan kimono Yumeyakata
Kuil Kurama
17 km away
Pemandangan momiji musim gugur di Kuil Kurama
Kuil Yasaka
4 km away
kuil yasaka kyoto
Toei Kyoto Studio Park
8 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park

Sumber gambar : Flickr TommyYeung


Recommended for you


Last modified: May 7, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (102)

  1. Pak Nugroho, kalau sudah punya tiket JR PASS untuk ke FUSHIMA INARI naik JR Nara Line, perlu bayar lagi tidak atau sudah gratis?

    Thanks, salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa saja, bapak bisa naik kereta shinkansen dari Tokyo sampai Stasiun Kyoto, lalu berpindah ke JR Nara Line sampai Stasiun Inari (hanya 1 stasiun dari Stasiun Kyoto), nanti tinggal jalan kaki ke Kuil Fushimi Inari. Salam.

  2. Dear Pak Nugroho,

    Saya berencana ke Kyoto dari Tokyo, mengunjungi kinkakuji, arashiyama bamboo grooves, Fushimi Inari dan Kyoto Tower. Apakah dimungkinkan mengunjungi 4 tempat tersebut dalam 1 hari plus perjalanan dari Tokyo (dengan Shinkansen). Apakah urutannya sudah benar? lalu transportasi apa yang saya bisa ambil yang efisien dengan waktu selain kereta untuk antar lokasi, mengingat saya tidak menginap di kyoto, melainkan di Osaka. Terima kasih.

    Salam,

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa saja, namun mungkin akan terburu-buru. Supaya bisa cepat dan praktis harus dikombinasikan antara shinkansen, kereta, dan bus kota Kyoto.
      Salam

  3. Pak Nug, saya rencana menginap 2 malam di Kyoto, untuk rutenya apakah sudah benar spt ini dan apakah ada tempat yg menarik yg lain (maaf saya blm pernah ke Jepang)
    Day 1, Kuil Kifune Jinja – Kuil Byoudouin – Kuil Sanjasangendo – Arashimaya
    Day 2, Fushimi Inari – Kuil Kiyomizudera – Nishiki Market – Gion

    terima kasih

  4. Malam Pak, kami akan pergi ke osaka-kyoto-shirakawago-tokyo…..mau nanya selama diosaka dan kyoto perlu menggunakan hankyu pass ato suica aja Pak?karena JR hanya beli untuk 7 hari, perjalanan kami total 9 hari. terima kasih Pak

    • Linlin Asnawi  |  

      Malam Pak, terima kasih atas infonya….
      kalau kami tidak menggunakan JR….mau ke osaka-kyoto (fushimi inari&sannenzaka&arashiyama)-osaka…menggunakan hankyu pass atau keihan kyoto osaka sightseeing pass Pak?untuk menghemat biaya osaka-kyoto-osaka, karena agak membingungkan.terima kasih Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Ajib bisa naik JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto lalu naik kereta JR Nara Line sampai stasiun Inari, lalu tinggal jalan kaki ke Stasiun Fushimi Inari

    • Berarti untuk menuju Fushimi Inari, saya harus kembali ke Stasiun Kyoto dulu ya Pak. Tidak ada bis langsung ke Fushimi Inari dari Kuil Kinkajuki.

    • Nugroho Christian  |  

      Sebetulnya ada Yuliza bus, namun kamu harus berpindah 4 kali dan saya pikir rasanya sulit dan tidak praktis. Lebih baik ke Stasiun Kyoto, lalu naik bus sekali sampai ke Kuil Kinkakuji. salam.

  5. Pak Nugroho, saya mau tanya dong,
    1. Rute saya dlm 1 hari: Shin Osaka – Kyoto Station – Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Kyoto Station – Osaka Castle – Shinsaibashi – Dotonbori – ShinOsaka, saya ada JR Pass,
    Yg mau saya tanya dr shinosaka ke Kyoto station kan pake JR pass, sampe Kyoto Station lbh ekonomis beli Kyoto One Day Bus Pass atau ketengan pak? Lalu ke Fushimi naik bus Minami-5, baliknya bus minami-5 lagi lalu pindah bus 202/207/208 di halte tofukuji utk ke Kiyomizudera (turun di halte kiyomizumichi), dr kiyomizudera jalan kaki ke Yumeyakata apa bisa? Lalu jalan lagi ke Gion/Nishiki, pulang ke Kyoto Station naik bus 100/206 lagi , sampai Kyoto station pk JR Pass kembali ke Osaka
    2. Dr Shin Osaka mau mengunjungi Osaka Castle & Shinsaibashi & Dotonbori baru balik lagi ke Shin Osaka, itu sebaiknya naik apa transportasinya ? Apa bisa naik free dgn JR Pass ?
    3. Apakah ada kapal yg bisa dinaiki dr Osaka Castle ke Shinsaibashi pd tgl. 26 Maret ?

    Mohon infonya krn sangat saya butuhkan utk menyusun itinerary, terima kasih.

    • – Kalau JR Inari Line dr Kyoto Station ke Fushimi tercover JR Pass ga pak?

      – Dr Shin Osaka ke Osaka Castle naik JR Osaka Loop Line turun di Osakajokoen Station apakah tercover JR Pass ?

      – Dr Osaka Castle ke Namba Station tidak seluruhnya tercover JR Pass ya? Jadi saya harus ke Osakajokoen Station naik JR Osaka Loop Line (tercover JR Pass) turun di Tsuruhashi Station, lalu wajib beli tiket ketengan subway Sennichimae Line turun di Namba Station, apa sudah betul begitu pak?

      – Dr Namba Station mau pulang ke Shin Osaka ga tercover JR Pass juga ya pak? Jadi wajib beli tiket subway Midosuji Line saja ya?

      – Dr Shin Osaka ke Kyoto Station yg tercover JR Pass hanya JR Kyoto Line ?

      – Jadi apakah sudah balik modal jika beli Osaka One day Pass agar lebih ekonomis jika rute hanya Shin osaka – Osaka castle – Namba station – Shin osaka saja , karena saya juga ingin masuk ke Osaka Castle (bayar tiket 600 yen) + naik Tonbori River Cruise (bayar tiket 900 yen) ? Hotel saya di Shin Osaka.

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, tercover dengan JR Nara Line
      2. Ya, Siska bisa ke Stasiun Osaka dahulu naik JR Kyoto Line, baru naik Osaka Loop Line sampai Osakajokoen
      3. Ya, benar. Hanya tercover sebagian.
      4. Ya, jauh lebih mudah naik midosuji line, ongkosnya 280 yen.
      5. Ibu bisa naik kereta Shinkansen, limited ekspress, atau kereta lokal ke Kyoto.
      6. Sepertinya belum akan balik modal dengan Osaka Amazing Pass, sebaiknya ibu beli tiket ketengan saja atau gunakan kartu ICOCA saja.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, kalau memang rutenya mau ke Kiyomizudera dan Gion, sebaiknya beli kyoto one day bus pass saja. Rutenya juga sudah benar. Bisa jalan kaki dari Kiyomizudera ke Yumeyakata.
      2. Untuk ke Osaka Castle free dengan JR Kyoto Line ke Osaka, lalu Osaka Loop Line ke Osakajokoen. Namun, untuk ke Namba, Shinsaibashi tidak tercover, sebaiknya naik midosuji line subway saja.
      3. Tidak ada bu. Lengkapnya bisa dibaca di Aqua Bus Osaka.

    • Makasih Pak informasinya utk pertanyaan kedua saya, untuk pertanyaan pertama saya yg ini apakah bisa dibantu (sudah saya tulis diatas sih sebelum postingan ini hihi), saya copas ya pak:

      1. Rute saya dlm 1 hari: Kyoto Station – Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Kyoto Station , saya ada JR Pass, yg mau ditanyakan lebih ekonomis beli Kyoto One Day Bus Pass atau Ketengan aja ya pak? Lalu ke Fushimi naik bus Minami-5, baliknya bus Minami-5 lagi lalu pindah bus 202/207/208 di halte Tofukuji utk ke Kiyomizudera (turun di halte kyomizumichi), dr kiyomizudera jalan kaki ke Yumeyakata apa bisa? Lalu jalan lagi ke Gion/Nishiki, pulang ke Kyoto Station naik bus 100/206 lagi, sudah benar begini kan pak?
      2. JR Inari Station dr Kyoto Station ke Fushimi tercover JR Pass ga pak? Kalo ga tercover saya naik bus saja
      3. Apakah Aqua Mini beroperasi tgl. 26 Maret?

      Terima kasihhhhhh banget

    • Waduh ternyata sudah dijawab juga, terima kasih jawabannya cepat sekali pak, utk pertanyaan no. 1 & 3 sudah terjawab, tinggal pertanyaan no.2 : JR Inari Station dr Kyoto Station ke FUshimi tercover JR Pass ga pak? Kalo tidak tercover saya naik bus Minami-5 saya, thanks ya pak , sangat membantu sekali informasinya .

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik kereta dari JR Inari Station sampai ke Kyoto Station. Tercover dengan JR PASS. Salam

  6. selamat pagi
    jd detail perjalanannya utk 2018
    tgl 30juni – KL – Osaka (landing di osaka pagi hari)
    tgl 30juni – 2 Juli – Osaka (seputaran Osaka saja seperti osaka castle, shinsaibashi, dotonburi, namba, USJ,)
    tgl 2 juli – 3 juli – Osaka – Kyoto (seputaran Kyoto saja seperti gion, kiyomizu dera,arashiyama,fushimi inari)
    rencana naik ambil bus malam k tokyo
    tgl 3 juli – 7 juli – kyoto – Tokyo
    di tokyo seputaran tokyo dan rencana 1 hari ke mt. fuji
    kira2 pass apa saja yg cocok ya?
    dan tlg bantu itinerary ada yg mw d tmbh atau d koreksi?

  7. Selamat malam, Pak.. Mau tanya.. Kl dari Yamashima mau ke Fushimi Inari, Arashiyama Monkey Park, dan Tenryu-Ji Temple, lebih gampang naik Bus ya? Rute terbaik gmn, Pak? Terima kasih.

  8. Pak dengan hankyu pass rencana
    1. Nishiki market
    2. Arashimaya – bamboo forest
    3. Kiyomizudera, gion
    4. Fushimi inari

    Urutan nya baiknya bagaimana ya?
    Saya dari namba area.

  9. Pak Nugroho, saya mau tanya,
    Saya dari tokyo naik willer bus dan tiba di kyoto stasiun di pagi hari.
    di tokyo saya menggunakan Pasmo/Suica.
    Nah rencana, saya mau half day di kyoto, hanya ke fushimi inari, arashiyama dan Gion.
    Nah, saya bingung, ketika sampai di kyoto stasiun, saya lebih baik membeli pass apa ya?
    apakah ICOCA atau pass yang lain?
    Karena sorenya, saya berencana naik shinkansen ke Osaka.

    Thank you.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya 3 tempat itu, silahkan pakai ICOCA saja bu, tidak perlu beli pass kereta lagi. Satu lagi, untuk ke Osaka, bisa naik kereta JR Kyoto Line saja yang lebih murah. Salam.

  10. Selamat pagi pak, mohon bantuannya..
    Kami berencana akan ke osaka dan kyoto bulan september selama 5 hari dengan itinerary kurang lebih seperti ini :

    Day 1 : KL- KIX ( sampai KIX kira2 pukul 10 malam) rencananya mau nginap di hostel sakura deket stasiun tanimachi 9-chome. Dari kix kira2 yang hemat menggunakan transportasi apa ya? Apakah tercover dengan osaka amazing pass? / hankyu tourist pass? ( mengingat saya juga akan ke kyoto)

    Day 2 : keliling osaka dengan osaka amazing pass

    Day 3 : check out hotel menuju kyoto (sebaiknya menggunakan transportasi apa ke kyoto? Dan berangkat dari stasiun apa?)
    Sampai di kyoto check in di mitsui gardenhotel kyoto shijo
    Rencananya mau ke fushimi inari dan arashiyama saja

    Day 4 : check out hotel , rencananya mau lanjut explore kyoto tapi masih galau pesen hotel atau tidak mengingat besok harinya pesawat pukul 11 pagi dari KIX , kalau tidak pesan hotel terpaksa bawa2 koper kmana2 dan nunggu di bandara, kalau pesan hotel …subuh2 harus keluar dan berangkat ke KIX dari kyoto (takut telat) saran dari bapak saya pesan penginapan di daerah mana ya untuk di kyoto? Yang aksesnya mudah untuk ke bandara dan harganya murah untuk ber 3 hehe

    Day 5 : KIX – KL ( jam 11 pagi)

    Mohon koreksi dan bantuannya ya pak , terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau sudah sampai jam 10 malam, bisa membeli tiket kereta ketengan atau ICOCA. Pass seperti Osaka Amazing Pass dan Hankyu Tourist Pass justru akan rugi dan tidak mengcover ongkos dari Kansai Airport ke kota Osaka. Perjalanan ke hotel di Kyoto dan jalan-jalan ke Fushimi Inari dan Arashiyama juga bisa menggunakan ICOCA, karena tidak ada pass kereta yang cocok dan menguntungkan.
      Untuk perjalanan dari Kyoto menuju ke Kansai Airport, ibu bisa kok berangkat jam 07.00 pagi dan sampai di Kansai Airport sebelum jam 09.00 untuk check in bagasi 2 jam sebelum waktu penerbangan. Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!