Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Sendai Tanabata Festival 2018

August 6 @ 10:00 am - August 8 @ 10:00 pm

Tanabata Festival atau Festival Bintang diadakan setiap tanggal 6-8 Agustus. Festival ini mirip dengan Festival Qixi yang diadakan di daerah Tiongkok. Dalam festival ini, kita merayakan pertemuan Dewa Orihime dan Hikoboshi (dilambangkan dengan bintang Vega dan Altair). Dikisahkan galaksi memisahkan cinta mereka berdua, namun Dewa mengijinkan mereka bertemu setiap hari ketujuh dalam bulan ketujuh. Festival ini kemudian menyebar di seluruh Jepang saat periode Heian. Kini, masing-masing daerah di Jepang memiliki versi masing-masing untuk festival Tanabata.

Sendai Tanabata Festival

Festival Sendai Tanabata ini diadakan setiap tanggal 6-8 Agustus, di mana sejarahnya dimulai saat penguasa wilayah Sendai pada jaman Edo, Date Masamune merayakan hasil panen yang berlimpah di dalam satu tahun.

Suasana ramai di Sendai Tanabata Festival

Suasana ramai di Sendai Tanabata Festival

Tahun 2016 kemarin, total pengunjung festival Sendai Tanabata ini mencapai angka 2,1 juta orang. Menurut cerita penduduk lokal Sendai, jumlah pengunjung festival semakin banyak apalagi setelah Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea juga turut memperkenalkan Festival Tanabata melalui tema-tema parade di kedua taman bermain tersebut. Orang-orang jadi penasaran dengan asal Festival Tanabata tersebut, yang kini tidak hanya berlangsung di Sendai saja, melainkan hampir di seluruh wilayah Jepang.

Festival Sendai Tanabata

Festival Sendai Tanabata

Sendai Festival Tanabata menjadi salah satu festival unik yang ada di wilayah Tohoku bahkan di Jepang. Sepanjang festival ini, teman-teman bisa bergabung dalam parade bersama para penduduk Sendai, atau mencoba beragam makanan dan permainan tradisional. Para wanita akan memakai kimono dan yukata dan ikut serta dalam parade selama tiga hari ini. Selain itu, jalanan kota akan semarak dihiasi beragam ornamen kertas warna-warni yang digantung di bambu.

Dalam Sendai Tanabata Festival, ada tujuh jenis kertas yang digunakan, yang memiliki makna dan kegunaan masing-masing:

  • Kertas untuk menulis harapan (paper strips)
  • Kertas berbentuk kimono (paper kimono) untuk dekorasi
  • Kertas lipat berbentuk burung (paper crane) untuk dekorasi
  • Kertas Purse sebagai lambang harapan untuk bisnis yang lebih baik
  • Dekorasi berbentuk seperti jala (net) sebagai lambang untuk hasil perikanan yang lebih baik
  • Dekorasi berbentuk tempat sampah sebagai lambang kebersihan
  • Dekorasi berbentuk tabung (streamer)

Penduduk kota Sendai menuliskan harapan mereka untuk tahun depan di kertas. Kita juga bisa bergabung dengan menuliskan harapan kita untuk tahun depan di secarik kertas kemudian menggantungkannya di tiang bambu berjejer di pinggir jalan. Semua dekorasi ini menambah semarak pemandangan kota.

Selain di jalanan utama kota dan di sekitaran Stasiun Sendai, perayaan festival juga diadakan di sekitar Shimin Hiroba Square dan Taman Kotodai (di ujung pusat perbelanjaan Ichibancho dan Chuo Dori), serta sepanjang jalan Juzenji Dori dari sekitar Shimin Hiroba Square sampai ke tepi Sungai Hirosegawa. Dan puncak perayaan berupa festival kembang api akan diadakan di Sendai Nishi Park.

Akses ke lokasi Festival Sendai Tanabata

Festival Sendai Tanabata diadakan di pusat kota Sendai, persisnya di pusat perbelanjaan Ichibancho dan Chuo di sekitaran Stasiun Sendai.

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta JR Tohoku Shinkansen Hayabusa atau Shinkansen Hayate sampai Stasiun Sendai. Lama perjalanannya sekitar 100 menit dengan ongkos 10.690 yen yang cakupan Japan East Tohoku Pass atau Japan Rail Pass. Baca juga: Tempat-tempat Wisata di Sendai.

Selain dengan kereta, teman-teman bisa mencapai sendai dengan naik bus malam dari Yokohama, Shinagawa, maupun Tokyo. Harganya mulai dari 6-7 ribu yen dengan waktu tempuh 5 sampai 6 jam dari Tokyo.

Cheap Hotels in Sendai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Villa Hotel Sendaieki
from ¥5050/night
R&B Hotel Sendai Hir
from ¥7570/night
APA Hotel Sendai-Kotodai-
from ¥5369/night
Holiday Inn ANA Sendai
from ¥5701/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar : Flickr Roderick Lopez


Recommended for you

Details

Start:
August 6 @ 10:00 am
End:
August 8 @ 10:00 pm
Event Categories:
,
Event Tags:

Venue

Central Sendai dan Ichibancho
Aoba Ward
Sendai, Miyagi Prefecture 980-0811 Japan
+ Google Map
Phone:
022-265-8185
Website:
http://www.sendaitanabata.com/en