Bagaimana Mendapatkan Harga Bebas Pajak

You are here Home  > Tips Wisata >  Bagaimana Mendapatkan Harga Bebas Pajak

Kabar gembira! Bagi teman-teman yang datang ke Jepang untuk berlibur (visa kunjungan sementara), kita bisa menikmati harga bebas pajak. Itu berarti kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah daripada yang tertulis di kemasan. Pajak konsumsi Jepang adalah 8 persen untuk semua barang, dan itu berarti jika total belanjaan mencapai 2 juta rupiah, kita bisa mendapatkan potongan hingga 160 ribu. Lumayan kan? Bagaimana cara mendapatkan harga bebas pajak saat berbelanja di Jepang? Tim Info Jepang sudah merangkum lengkap seluruh informasi dan prosedur bagaimana mendapatkan harga bebas pajak saat berbelanja di Jepang.

Barang-Barang Bebas Pajak di Jepang

Barang-barang bebas pajak di Jepang adalah sebagai berikut:

  1. Barang komoditas atau bukan barang konsumsi, misalkan peralatan elektronik, tas, ornamen, pakaian, sepatu, cenderamata/ suvenir, perhiasan dan sebagainya dengan total harga diatas 10 ribu Yen (10,001 Yen) jadi bebas pajak.
  2. Mulai dari Oktober 2014, barang konsumsi juga menjadi target barang bebas pajak. Barang konsumsi seperti makanan, minuman seperti bir atau wine, rokok, obat-obatan dan kosmetik dan sebagainya dengan total harga diatas 5 ribu Yen (5,001 Yen) jadi bebas pajak.
  3. Bedakan total harga barang komoditas dan konsumsi. Misalkan, teman-teman membeli tas seharga 10500 Yen, teman-teman mendapatkan harga bebas pajak. Namun, jika membeli tas seharga 8000 Yen ditambah makanan 2500 Yen, teman-teman tidak mendapatkan harga bebas pajak.
  4. Perhatian: Batang komoditas atau konsumsi dalam jumlah banyak (ratusan) untuk kepentingan bisnis/ komersil biasanya tidak menjadi target bebas pajak. Ini dikarenakan jumlah barang menjadi acuan menentukan barang adalah untuk konsumsi pribadi atau bisnis/ komersil.
  5. Barang bebas pajak hanya ditujukan kepada wisatawan dengan visa kunjungan sementara. Tidak berlaku bagi yang memiliki kewarganegaraan Jepang, orang yang tinggal lebih dari enam bulan di Jepang, atau yang bekerja di Jepang.

Informasi Barang-barang bebas pajak di Jepang

  1. Di Jepang, seluruh barang konsumsi dan servis dikenakan pajak 8 persen. Pajak ini mencakup pajak konsumsi dan pajak pertambahan nilai. Dan nilainya akan menjadi 10 persen di tahun 2016 nanti. Jadi di tahun depan, jika melakukan prosedur dengan baik, teman-teman bisa mendapatkan potongan hingga 10 persen.
  2. Berbeda dengan kebanyakan negara lain, bandara di Jepang tidak mengurusi pembebasan pajak sebab seluruh prosedur pembelian barang bebas pajak telah diselesaikan di toko-toko yang berlisensi bebas pajak. Untuk mengetahui mana toko berlisensi bebas pajak di Jepang, kita bisa melihat lambang seperti gambar di bawah ini saat masuk ke toko atau bertanya langsung ke kasir/ staf yang bertugas, “Is this tax-free shop?” atau “Koko wa menzei ten desu ka?” dalam bahasa Jepang.
  3. Jangan membuka kemasan atau bungkus barang sampai meninggalkan Jepang. Jika Anda membuka bungkusnya, Anda dianggap sudah mengonsumsi barang tersebut di dalam negeri Jepang dan potongan harga jadi tidak berlaku.
  4. Anda bisa mendapatkan harga bebas pajak apabila barang dibeli dalam waktu 30 hari sampai pemeriksaan kustom di Bandara. Kalau lebih, biasanya potongan harga jadi tidak berlaku, dan kita mesti membayarkan pajak terhadap barang yang dibeli.

Tanda toko bebas pajak di Jepang

Tanda toko bebas pajak di Jepang

Prosedur Mendapatkan Harga Bebas Pajak di Jepang

  1. Di Jepang seluruh barang dijual dengan pertambahan 8 persen pajak. Awalnya kita berbelanja seperti biasa dan mengambil barang yang diperlukan dari rak-rak yang ada ke dalam keranjang belanja dan kemudian membawanya ke kaunter/ kasir pembelian.
  2. Untuk mencegah antrian dengan pembeli lokal, di toko-toko besar biasanya disediakan kaunter atau kasir khusus untuk wisatawan internasional. Staf yang bertugas pun bisa berbahasa Inggris/ Cina/ Korea sehingga bisa memudahkan kita mendapatkan klaim harga bebas pajak.
  3. Tunjukkan paspor dengan halaman visa kepada staf.
  4. Tanda tangani “Surat Perjanjian Barang Bebas Pajak” dan berikan kepada staf. Isi surat perjanjian itu adalah bahwa Anda akan membawa barang-barang keluar dari Jepang dalam tempo 30 hari dan tidak membuka/ mengonsumsinya selama berada di Jepang (baca Informasi Barang-barang bebas pajak di Jepang di bagian atas).
  5. Staf akan menempelkan “Catatan pembelian barang bebas pajak” di halaman paspor. Simpan paspor dan jaga catatan ini sampai keluar dari Jepang.
  6. Saat di bandara, tunjukkan “Catatan pembelian barang bebas pajak” yang tertempel di paspor kepada staf kustom di pemeriksaan dan tunjukkan barang yang telah dibeli.


Beberapa contoh departement store atau toko yang menawarkan barang bebas pajak:

  1. BIC Camera
  2. Aeon Mall
  3. Camera Kitamura
  4. Mitsui Outlet Park
  5. Takashimaya
  6. Daiei
  7. Venus Fort Odaiba
  8. Aoyama Clothing
  9. Department Store Seibu, Keio
  10. Sogo
  11. LaoX, dll


lebih lengkapnya di website japanshopping.org

Sumber gambar: enjoy.taxfree.jp

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan