Mengambil Yen di ATM Jepang

You are here Home  > Persiapan >  Mengambil Yen di ATM Jepang

Saat sedang berlibur ke Jepang, tentu teman-teman membutuhkan uang tunai. Untuk  naik bus atau kereta, biaya masuk ke tempat-tempat wisata, membeli makanan atau minuman, oleh-oleh, dan juga menyewa loker/ tempat penitipan. Kehidupan sehari di Tokyo dan sekitarnya bisa menghabiskan 30.000-50.000 yen setiap harinya (di luar hotel atau penginapan). Oleh karena itulah, teman-teman pasti membutuhkan uang tunai. Masalahnya bagaimana cara memperoleh Yen di Jepang? Cara termudah adalah dengan menarik uang kita di bank-bank Indonesia di ATM Jepang. Berikut ini informasinya.

1. Penarikan ATM

Kita bisa menarik Yen di ATM Seven Eleven di seluruh Jepang, melalui Seven Bank. Seven Bank adalah terobosan paling keren yang memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Dengan lebih dari 22.000 gerai Seven-Eleven di seluruh Jepang (terbanyak di Jepang), kini mengambil Yen tunai tidak sulit lagi.

Mengambil uang di seven eleven

2. Kartu bank mana saja yang diterima oleh Seven Bank?

Semua kartu yang berasal dari penerbit bank di Indonesia bisa mengambil uang di ATM Seven Bank, selama ada logo-logo berikut di kartu teman-teman. Biasanya bank-bank di Indonesia masuk jaringan Visa, Mastercard, Maestro, atau Cirrus.

kartu ATM

3. Berapa jumlah maksimal uang yang bisa saya ambil?

Dalam 1 hari kerja, teman-teman maksimal hanya bisa mengambil 100.000 yen. Atau 200.000 yen untuk jaringan kartu Union Pay

4. Di mana saya dapat menemukan ATM Seven Bank?

Semua gerai Seven-Eleven di seluruh Jepang mempunyai fasilitas ATM. Teman-teman tinggal mencari gerai-gerai terdekat. Gerai Seven-Eleven ada di Bandara, Stasiun Kereta Api, pusat perbelanjaan, atau toko-toko komersial. Teman-teman juga bisa menggunakan aplikasi pencari ATM terdekat (penjelasannya di bawah).

5. Bagaimana jam operasionalnya? Dapatkah saya mengambil uang malam hari?

Jam operasional menyesuaikan jam buka gerai Seven-Eleven. Di kota-kota besar, seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, atau Sapporo, teman-teman bisa mengambil uang 24 jam non-stop. Tapi harap diperhatikan, di kawasan wisata pegunungan, pedesaan, atau wilayah yang jauh dari kota, biasanya gerai akan tutup sekitar jam 9-10 malam.

6. Bagaimana cara mengambil uangnya? Apakah sama seperti di Indonesia?

Ya, sama persis, bahkan di kota besar tersedia ATM berbahasa Indonesia loh! (bangga juga kita dihargai orang Jepang, hehe). Fiturnya hanya bisa menarik tunai dan cek saldo ya teman-teman. Kalau mau transfer uang, harus melalui Bank langsung.

cara menggunakan ATM

7. Bagaimana dengan kursnya? Dan apakah ada biaya tambahan?

Kurs akan mengikuti kurs nilai tukar harian. Teman-teman bisa mengeceknya di website sebelum mengambil uang. Namun, selama Tim Info Jepang tinggal di sini, kurs nilai tukar Rupiah-Yen cenderung stabil. Sekitar 116-126 rupiah per satu yen. Soal biaya tambahan, setiap pengambilan uang dikenai biaya. Untuk BNI sebesar 30 ribu rupiah. Sementara bank penerbit kartu lainnya mungkin serupa.

Teman-teman bisa menggunakan aplikasi berikut untuk mengecek kurs mata uang yang paling update.

8. Bagaimana cara menemukan ATM?

Seven Bank menyediakan aplikasi Japan ATM Navigation. Dengan aplikasi ini, teman-teman akan diberikan petunjuk jalan dari posisi teman-teman ke ATM terdekat. Bentuknya bisa peta atau visualisasi, tinggal dipilih mana yang lebih mudah.

atm locator

Aplikasi Japan ATM Navigation dapat diunduh secara gratis di platform Iphone dan Android. Biaya untuk paket data mungkin akan diperlukan.

 download di google play  download di app store

Seluruh gambar diambil dari website Seven Bank

Recommended for you

Last modified: July 22, 2016

TAGS  : ,

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (4)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang andrea, di dalam tulisan di atas (pada bagian nomor 7, Bagaimana dengan kursnya? Dan apakah ada biaya tambahan?).
      Per siang ini, 1 Yen 126-127 rupiah.

      Salam dan selamat liburan!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan