Tips Pergi Hanami di Jepang

You are here Home  > Kebun Bunga, Tips Wisata >  Tips Pergi Hanami di Jepang

Tiap tahun bunga sakura mulai mekar dari daerah di bagian selatan yakni Okinawa, lalu Kyushu, merambat ke Pulau Honshu dan Shikoku, dan terakhir di Hokkaido yang berada di utara Jepang. Bagi teman-teman yang ingin pergi ke Jepang ingin melihat bunga sakura, berikut beberapa tips pergi hanami dari Tim Info Jepang.

  1. Pilih tempat yang tidak terlalu ramai, misalnya taman-taman di pinggiran kota. Sebab banyak orang yang mengincar waktu yang paling pas yakni saat bunga sakura mekar. Bisa jadi kita malah tidak bisa menikmati keindahan bunga sakura karena saking banyaknya orang.
  2. Tempat yang tidak terlalu ramai juga memastikan Anda aman dan nyaman. Saat hanami, mayoritas orang Jepang meminum anggur/ wine, sehingga sering terjadi keributan karena kondisi mabuk ditambah dengan padatnya taman oleh orang-orang yang ingin hanami.
  3. Kalau memang memilih taman-taman di dalam kota besar, lebih baik datang lebih awal dan menyiapkan tempat. Biasanya taman sudah dibuka sejak pagi hari, jadi teman-teman bisa membawa terpal dan meja kecil lalu mengambil tempat yang bagus untuk melihat bunga sakura (hanami).
  4. Perhatikan prakiraan cuaca di daerah sekitar. Kelopak bunga sakura sangat sensitif dan lembut. Jadi kalau dalam prakiraan cuaca akan ada hujan dan angin kencang, teman-teman lebih baik datang di hari lain.
  5. Bunga sakura yang mekar sempurna paling lama bertahan dalam satu minggu. Jadi sebelum berangkat pastikan dulu tempat yang kita tuju, bunga sakuranya masih mekar (migoro). Kalau sudah lewat, kita bisa memilih tempat lainnya yang ada di bagian utara Jepang.

Hanami di Jepang

Selain karena sakura yang mekar, musim semi juga menjadi favorit karena waktu inilah anak-anak sekolah mendapatkan libur musim semi. Liburan musim semi ini sama dengan libur akhir tahun pelajaran sekolah. Banyak orangtua yang mengambil cuti agar dapat liburan bersama anak-anaknya.

Saat sakura bermekaran, orang Jepang beramai-ramai melakukan pesta bersama keluarga atau kerabat di bawah pohon sakura yang disebut dengan hanami. Kata hanami berasal dari hana yang berarti bunga’ dan mi atau miru yang berarti melihat. Jadi hanami berarti melihat bunga. Keluarga biasanya duduk bersama di atas terpal atau tikar menikmati keindahan bunga sakura sambil bercerita, makan-makan, ataupun menggelar barbeque.

Bunga sakura di Taman Shinjuku Gyoen

Sumber gambar: Flickr

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan