Air Terjun Minoo

Home / Nature / Air Terjun Minoo
Item image

Taman Minoo atau sering disebut juga dengan Minoh adalah kompleks Taman Nasional di Kota Minoh, di sisi utara Kota Osaka. Taman Nasional yang diresmikan pada tahun 1967–bersamaan dengan perayaan 100 tahun Periode Kekaisaran Meiji–terkenal dengan panorama air terjun Minoo setinggi 33 meter. Kawasan Taman Nasional Minoo termasuk ke dalam salah satu spot terbaik untuk menikmati momiji di wilayah Kansai, khususnya di Osaka. Di area taman ini ada lebih dari 980 spesies pohon beraneka ragam yang membuat kita seakan-akan berada dalam hutan kecil. Selain itu, lokasi ini juga adalah lokasi favorit penduduk Osaka untuk bersantai dan berekreasi di akhir pekan. Simak perjalanan saya mengunjungi Air Terjun Minoo (Minoh Waterfall atau Minoo Waterfall) di tahun 2016 kemarin.

Karena lokasinya yang terletak di ketinggian 600 meter dari permukaan laut, Taman Nasional Minoo (Minoh) dianugerahi iklim sejuk sepanjang tahun. Jadi, meskipun siang hari, saya sama sekali tidak berkeringat saat jalan-jalan di sini. Dari area sekitar pintu masuk, kita bisa mendaki melalui jalur pejalan kaki (sudah di paving blok) sekitar 40 menit. Tenang saja, jalurnya agak landai kok, dan cukup dengan sepatu kets biasa.

Taman Minoo ini juga punya panorama musim yang lengkap. Di musim semi, kita bisa menikmati hanami musim gugur, daun-daun berwarna jingga kemerahan di musim gugur, hingga salju putih dan tetesan air beku di pagi hari musim dingin.

 

Setelah berjalan sekitar 10 menit dari pintu masuk, kita bisa melihat Kuil Ryuanji atau juga dikenal dengan Kuil Minoo. Kuil ini menjadi tempat belajar agama Buddha khususnya dari sekte atau aliran Shugendo. Seperti kuil-kuil di Kyoto maupun kota-kota lain di Jepang, Kuil Ryuanji dibangun di atas bukit karena dianggap tempat yang suci dan lebih dekat untuk berdoa kepada Sang Buddha. Kuil ini juga dibangun untuk menghormati En-No-Gyoja, pemimpin sekaligus penemu ajaran Buddha Shugendo. Tidak begitu jauh, teman-teman juga bisa melihat jembatan Ryuaji, yakni jembatan lengkung berwarna merah yang jadi spot berfoto favorit para wisatawan.

air terjun minoh di osaka

Air terjun Minoh di osaka

Perjalanan menyusuri jalur pendakian ke Air Terjun Mino saya lanjutkan. Eh, tapi saya berhenti sejenak, ada yang seru nih, yakni Museum Serangga Minoo. Museum Serangga ini didirikan oleh pemerintah kota sebagai habitat buatan lebih dari 10.000 spesies serangga dan 30 spesies kupu-kupu yang hidup di area Taman Nasional Minoo. Kemarin, saya melihat ada banyak mahasiswa maupun anak-anak yang berkunjung ke sini.

menikmati perjalanan menuju air terjun mino

Menikmati perjalanan menuju Air Terjun Mino

Akhirnya, setelah berjalan sekitar 30 menit (karena waktu itu saya berjalan agak cepat mengejar jadwal kereta ke Arashiyama) saya bisa melihat pemandangan Air Terjun Minoo.

Informasi Tiket Masuk Air Terjun Minoo

Kita tidak dikenakan biaya tiket masuk ke Taman Minoo atau Air Terjun Minoo alias gratis. Selain itu, ada beragam oleh-oleh seperti gantungan kunci dan pajangan dari kayu, kartu pos yang dijual di sekitar pintu masuk taman. Khusus di musim gugur, jangan lupa mencoba momiji tempura, panganan ringan yang dibuat dari daun maple yang digoreng dengan tepung. Daun-daun maple ini dikeringkan, diasinkan, dan disimpan selama setahun sebelum kemudian digoreng renyah. Mmmm, enaknya!

Satu lagi fasilitas yang baru dibangun di area Taman Minoo, yakni Minoo Onsen. Kita bisa mencapainya dengan berjalan kaki sekitar 3 menit dari Stasiun Minoo. Onsen ini besar, bersih, dan punya pemandangan langsung ke arah Air Terjun Minoo. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dengan sauna, open-air onsen, area permainan komputer, dan juga perlengkapan mandi. Harganya pun tidak terlalu mahal, cukup dengan 1.580 yen kita bisa menikmati beragam fasilitas onsen yang buka dari jam 10.00 sampai jam 24.00.

Akses ke Air Terjun Minoo

Dari Stasiun Hankyu Umeda, teman-teman bisa naik kereta Hankyu Takarazaka Line sampai Stasiun Ishibasi. Lalu dilanjutkan dengan naik kereta Hankyu Minoo Line sampai Stasiun Minoo. Lama perjalanannya sekitar 25-35 menit dengan total ongkos 270 yen, dan tercover sepenuhnya dengan Hankyu Tourist Pass.

Setelah itu, tinggal jalan kaki ke arah utara sampai melewati sungai Minoo dan beberapa toko suvenir yang ada di pinggir jalan. Itulah pintu masuk Taman Minoo. Lalu, kita bisa menyusuri jalur pendakian selama 40 menit sampai ke Air Terjun Minoo.

Selain itu, tersedia juga bus dari dari Stasiun Senrichuo (dilalui dengan rute kereta subway Midosuji Line) sampai ke halte bus Mino-eki.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Toyoko Inn Osaka Tsutenka
21 km away
Toyoko Inn Osaka Tsutenkaku
from ‎¥6804/night
Hotel Raizan South
22 km away
Hotel Raizan South
from ‎¥2400/night
Hotel Trusty Osaka Abeno
22 km away
Hotel Trusty Osaka Abeno
from ‎¥12683/night
APA Hotel Tennoji-Ekimae
22 km away
APA Hotel Tennoji-Ekimae
from ‎¥8000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Umeda Osaka
16 km away
Sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building
Kuil Sumiyoshi Taisha
25 km away
Light up di Kuil Sumiyoshi Taisha
Museum Sains Osaka
17 km away
Lihat baju astronot di Museum Sains Osaka
Kaiyukan Osaka
21 km away
ikan hiu paus di kaiyukan

Sumber gambar: Flickr Brian Wanamaker, tmkhr


Recommended for you


Last modified: June 13, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (25)

  1. Siang Pak Nugroho,
    Saya ingin menanyakan pass apa saja yg saya butuh kan perjalanan sy dibawah ini:
    Hari 1
    Nyampe Kansai airport sdh jam 10 malam
    hari 2
    Dari penginapan di 1chome 2-1 ashihara,naniwa-ku osaka ke kuromon ichiba market, rinku outlet, tennoji dan balik ke penginapan
    Hari 2
    Dari penginapan yg sama dgn diatas ke USJ trus ke namba. Balik lg ke penginapan
    Hari 3
    Dari penginapan ke air terjun minoo park, lanjut ke osaka castle dan minami namba trus balik ke penginapan.
    Hari 4
    Dari penginapan ke kobe dan jalan2 seharian di kobe trus balik ke penginapan di osaka.
    Hari 5
    Blm ada rencana mau kemana
    Hari 6
    Dari penginapan osaka ke kyoto dan jalan2 di tmpt wisata terkenal di kyoto (bisa bantu aturkan kan perjalanan spy tidak buang2 wkt mutar tmpt yg sama.
    Hari 7
    Masih jalan2 di kyoto
    Hari 8
    Masih jalan2 di kyoto
    hari 9
    Masih jalan2 di kyoto
    Hari 10
    Jalan2 di kyoto hingga malam naik bus ke tokyo
    Hari 11-14
    Dari hari 11- 14 rencananya beli tokyo subway pass sprt yg bapak rekoemdasikan.
    Hari 14
    Jalan2 di kota hingga malam, naik train ke shinagawa, nginap semalam bsk pagi2 ke bandara.
    Hari 15
    Dari haneda balik ke indonesia.

  2. Malam, pak Nugroho
    Pa, mau tanya klo sy itinerary:
    Hari 1: KIX nginap daerah namba
    Hari 2: osaka (osaka castle, shinsekai, minoo park, dotonbori,tempozan ferris wheel) nginap daerah namba
    Hari 3: mnj kyoto (arashiyama, kuil2 daerah saga arashiyama dan kinkakuji) nginap daerah shijo station
    Hari 4: kyoto (kuil2 daerah kiyomizudera)
    Hari 5: mnj himeji castle, nara, kobe
    Dengan itinerary itu lebih baik menggunakan pass yg mana pa? Makasih

    • Pulangnya dari tokyo pa, kemungkinan itinerary:
      Hari 6: ke tokyo menggunakan shinkansen ketengan lgs ke yokohama, nara, nikko( kmknan pakai tiket ketengan juga)
      Hari 7: ke kawaguchiko menggunakan bus dari shinjuku
      Hari 8: jln2 seputar tokyo( gotokuji,sensoji,samurai museum,meiji jingu) menggunakan subway. Jam 7mlm sudah di bandara narita

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau melihat rute perjalanan ibu, sepertinya tidak mungkin hari keenam perjalanan dari Osaka, menuju ke Nikko.
      Paling mungkin di Tokyo atau Yokohama. Nah kalau tidak jadi ke Nikko, sepertinya tidak perlu membeli JR PASS atau pass kereta yang lain bu.
      Cukup tiket shinkansen satuan dari Osaka menuju ke Tokyo. Salam

    • Ok pa. Makasih. Klo yg daerah kansai lebih baik sy menggunakan kansai thru pass atau kansai pass? Sama yg daerah yokohama, kamakura, tokyo, gunung fuji lbh baik menggunakan ketengan atau tokyo wide pass? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu di Kansainya mau kemana saja? Kalau hanya Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, tidak perlu membeli pass apapun. Pada dasarnya Kansai Thru Pass dan Kansai Pass itu sama, cuma yang satu kereta Non-JR dan yang lainnya adalah kereta JR. Namun keduanya akan sulit balik modal kalau tidak bepergian jauh. Untuk ke Yokohama, Tokyo, Gunung Fuji, lebih baik membeli tiket ketengan. Saya sarankan, lebih praktis juga naik bus ke Gunung Fuji. Salam.

  3. Halo Pak, mohon informasi.

    Saya bingung sebaiknya saya membeli Tokyo Wide Pass atau JR Pass.

    Berikut itinerary saya.
    DAY 1 : Narita Airport to Shinjuku Stn naik Narita Express, Shinjuku – Harajuku – Shibuya

    DAY 2 : Shinjuku to Kawaguchiko ( mau ke Shibazakura) round trip, rencana naik JR Chou Limited Express sampe Otsuki lalu transfer ke Fujikyu Line

    DAY 3: Shinjuku to Odaiba, Odaiba to tokyo tower (rencana turun di Hamamatsucho stn) tokyo tower back to shinjuku

    DAY 4 : Shinjuku to Asakusa lalu ke Kyoto naik Shinkansen lewat Shinagawa Stn

    DAY 5 : Kyoto Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion

    DAY 6 : Arashiyama, Kinkakuji, Nishiki Market lalu berangkat ke Osaka

    DAY 7 : Osaka Minoo park, Osaka Castle, Namba

    DAY 8 : Osaka to Kansai Airport (masi bingung naik apa krn flight jam 10 pagi)

    Rencana saya ingin membeli TWP krn meng-cover Narita Express (day 1), perjalanan round trip ke kawaguchiko dr shinjuku (day 2), perjalanan roundtrip ke odaiba rinkai line (day 3). Untuk perjalanan di luar JR line dan lainnya saya rencana mau pakai suica supaya tidak bingung saat pindah line. Namun memang saja jadi harus bli tiket shinkansen sendiri.

    Bagaimana menurut Bapak? Sebaiknya TWP atau JR Pass.

    Maaf panjang. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau melihat rute perjalanan bapak, sepertinya masih kurang untung kalau membeli Tokyo Wide Pass.
      Untuk perjalanan ke Shinjuku Airport bapak bisa naik limousine bus ke Shinjuku yang jauh lebih praktis, untuk ke Gunung Fuji atau Shibazakura juga bisa menggunakan bus ekspress. Tidak usah membeli JR PASS, karena tidak balik modal juga. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bukan pak, kalau membeli Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen untuk 3 hari pertama bapak, tidak akan balik modal. Lebih praktis ke Shinjuku dengan Limousine Bus, dan ke Fuji Shibazakura juga dengan bus, tidak dengan kereta sama sekali. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Baik Osaka Amazing Pass versi 1 hari dan 2 hari tidak mengcover ongkos kereta ke Minoo Station (stasiun terdekat ke Minoo Park).
      Bapak bisa mempertimbangkan membeli Hankyu Tourist Pass.
      Pass ini adalah satu-satunya pass yang mengcover ongkos ke Minoo Park. Salam

  4. selamat siang pak mau bertanya lagi nih saya tiba di kansai airport dan menginap di daerah minoo, pertanyaannya adalah
    1. paling hemat harus memakai pass apa ya pak untuk sampai ke umeda?
    lalu di osaka kira2 3/4 hari dgn rencana tempat wisata yg dikunjungi adalah:
    – osaka castle
    – namba
    – minoo park
    – Tenjinbashisuji Market
    – Osaka Tenmangu Shrine
    – Universal City Walk
    lalu saya ada rencana ke nara dengan mengunjungi nara park dan todaiji temple dan ke kobe untuk mengunjungi kitano area, Chinatown kobe, meriken park (Kobe port), Kobe Harborland

    2. pertanyaannya adalah pass apa yang terhemat untuk dibeli ya pak? terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon informasinya yang lengkap, hari ini mau ke sini, esoknya mau ke sini.
      Kalau melihat jadwal yang ibu berikan, Tim Info Jepang hanya bisa merekomendasikan Hankyu Tourist Pass untuk perjalanan ke daerah Kobe.
      Salam

    • ken ruchie  |  

      hari 1. – Umeda sky building ( naik HEP five ferris wheel)
      – Osaka Castle
      – Museum Sains osaka
      – Namba (Dotonbori, shinshaibashi market)
      hari 2 – Tsutenkaku tower
      – Tempozan ferris wheel
      – Osaka tenmangu shrine
      – universal city walk
      hari 3 – nara (nara park dan todaiji temple)
      – kobe ( kitano area, chinatown, meriken park, kobe port, kobe harborland)

      pass apa kira2 yang bagus ya pak? lalu untuk urutan tempat wisata yg ingin dikunjungi apakah sudah sesuai? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk hari pertama dan kedua, tidak perlu pass, silakan beli tiket satuan, karena masih lebih murah.
      Untuk hari ketiga bisa menggunakan Hankyu Tourist pass yang mengcover ongkos dari Minoo ke Umeda, lalu ke Sannomiya Kobe.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!