Kuil Izumo Taisha

Home / Temple / Kuil Izumo Taisha
Item image

Kuil Izumo Taisha (atau sering juga disebut Izumo Oyashiro) atau Kuil Besar Izumo adalah kuil Shinto megah di kota Izumo di Prefektur Shimane. Kuil Izumo Taisha termasuk di dalam jajaran kuil utama di Jepang. Kuil ini sendiri sudah dibangun di awal abad ke-7, dan dipercaya menjadi kuil tertua di Jepang. Izumo dipercaya sebagai tempat berasalnya kebudayaan Jepang dalam mitologi rakyat. Dewa (Kami) utama yang dihormati di Kuil Izumo Taisha adalah Okuninushi no Okami. Kami Okuninushi adalah pencipta daratan Jepang lalu menjadi pelindung Izumo. Sampai dengan hari ini, Kuil Izumo Taisha adalah daya tarik wisata utama di Izumo dan Shimane bersama dengan Kastil Matsue. Simak kisah kunjungan kontributor Tim Info Jepang yang menghabiskan liburan Golden Week 2017 mengunjungi Izumo Taisha.

Kegiatan seru di Kuil Izumo Taisha

1. Melihat megahnya torii Kuil Izumo

Seperti kuil-kuil lainnya di Jepang, Kuil Izumo ini juga terkenal dengan keberadaan gerbang torii besar di pintu masuknya. Teman-teman jangan terlewat untuk mengambil foto di bawah gerbang torii kayu di sini. Selanjutnya, kita akan melewati jalur pendakian yang dibatasi oleh deretan pohon pinus. Jalur pendakian ini dipercaya sebagai jalanan suci yang dilalui oleh para roh dan dewa yang mau masuk ke bangunan utama kuil.

gerbang torii di kuil izumo taisha

Gerbang Torii di Kuil Izumo Taisha

Di ujung jalan, kita akan menemukan gerbang torri dari perunggu. Torii ini menjadi pintu masuk bangunan utama kuil. Kita bisa melihat bangunan pemujaan (Haiden) dan juga Shimenawa yang menjadi pembatas antara dunia manusia dengan dunia kekekalan.

Pintu masuk Kuil Izumo Taisha

Pintu masuk Kuil Izumo Taisha

Setelah berdoa sejenak di Honden, kita bisa melihat bangunan aula utama Honden. Bangunan setinggi 24 meter ini membuat Kuil Izumo Taisha jadi bangunan kuil tertinggi di Jepang. Bentuk atap bangunannya memiliki arsitektur Taisha-Zukuri, mirip dengan rumah-rumah di Shirakawago. Di sisi belakang aula utama, kita bisa melihat beberapa bangunan kuil kecil yang dibangun untuk menghormati Kami yang lainnya. Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah bangunan Jukusha, yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan roh yang berkumpul dalam Festival Kamiari.

2. Berdoa untuk pasangan hidup yang diimpikan

Kami Okuninushi juga dihormati sebagai dewa pelindung pernikahan dan hubungan kekasih. Itulah mengapa para pengunjung biasanya melakukan ritual dengan bertepuk tangan sebanyak 4 kali, 2 kali untuk diri sendiri dan 2 kali untuk pasangan yang diharapkan.

Wisatawan berdoa di Kuil Izumo Taisha

Wisatawan berdoa di Kuil Izumo Taisha

3. Ikut serta dalam Festival Kamiari

Setiap tahunnya, dari tanggal 10 sampai 17 pada bulan ke-10 kalender bulan kuno, dipercaya seluruh roh dan dewa akan berkumpul di Kuil Izumo Taisha. Orang-orang akan berkumpul pada sekitar awal November untuk berdoa dan menghormati keberadaan dewa dan roh di sekitar kehidupan manusia. Para penduduk Izumo menyebut Festival Kamiari sebagai Kamiarizuki (bulan dengan para Dewa dan Roh), sementara penduduk Jepang lainnya menyebutnya sebagai Kannazuki (bulan tanpa Dewa dan Roh).

Selain itu, ada Festival Imperial yang diselenggarakan pada tanggal 14-15 Mei. Dalam Festival Imperial ini orang-orang berkumpul untuk berdoa memohon kehidupan bahagia dan kesuksesan dalam usaha. Ada banyak pasangan yang akan menikah juga datang saat Festival Imperial.

Informasi Tiket Masuk Kastil

Kita tidak dikenakan tiket masuk saat ke Kuil Izumo Taisha alias gratis.

Akses ke Kuil Izumo Taisha

1. Kereta malam (sleeper train) dari Tokyo

Selain itu, ada juga kereta malam (sleeper train) Sunrise Izumo dari Tokyo sampai ke Izumo melalui Matsue. Lama perjalanannya sekitar 11 jam dengan ongkos mulai dari 10.910 yen (untuk kelas penumpang yang paling murah) atau 16.310 yen (untuk kelas penumpang eksekutif). Sleeper train ini akan berangkat dari Stasiun Tokyo jam 22.00, melalui Atami, Shizuoka, Hamamatsu, Okayama, sampai Matsue jam 09.31. Naik kereta malam adalah salah satu trik untuk menghemat biaya penginapan karena kita bisa tidur di dalam kereta selama perjalanan (seperti naik bus malam di Jepang).

2. Dari Matsue

Dari Stasiun Matsue, kita bisa naik kereta JR San-in Line sampai Stasiun Izumoshi. Lama perjalanan adalah selama 35 menit dengan ongkos 580 yen. Dari Stasiun Izumoshi, kita bisa lanjut naik bus sampai ke area pintu masuk kuil. Lama perjalanan sekitar 25 menit dengan ongkos 520 yen. Busnya ada di halte nomor 1, dan tersedia keberangkatan setiap 20-30 menit sekali.

Akses ke Izumo

Okayama adalah kota besar terdekat dengan Izumo dan Matsue. Dari Stasiun Okayama, tersedia kereta limited ekspress Yakumo sampai Stasiun Matsue. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 6.380 yen atau gratis dengan JR Pass.

1. DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan total ongkos 16.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass dan sudah pasti balik modal.

Kalau teman-teman mau naik bus malam, bisa naik Bus Ichibata atau Bus JR Chugoku. Lama perjalanannya sekitar 12 jam dengan ongkos 6.000-9.000 yen.

2. DARI OSAKA/ KYOTO

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Pass, Kansai Hiroshima Pass, dan Sanyo-Sanin Pass juga mengcover rute dari Osaka sampai ke Okayama.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.500 yen.

3. DARI HIROSHIMA

Dari Stasiun Hiroshima, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 35 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Recommended Hotels in Matsue [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Matsue Urban Hotel Lake I
35 km away
Matsue Urban Hotel Lake Inn
from ‎¥4644/night
Matsue Plaza Hotel
35 km away
Matsue Plaza Hotel
from ‎¥5342/night
Matsue Plaza Hotel Annex
35 km away
Matsue Plaza Hotel Annex
from ‎¥5000/night
Toyoko Inn Matsue Ekimae
35 km away
Toyoko Inn Matsue Ekimae
from ‎¥6048/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr jmcd303shrk, Freedom II Andres


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. dear Pak Nugroho,

    Untuk kondisi saat ini, apakah masih besar kemungkinan untuk booking sleeper train dari TYO ke Okayama? saya tiba di Narita tanggal 8 November dan rencana TYO ke Okayama di sekitar tanggal 11 November. Juga untuk kereta wisata lainnya, seperti Pikachu train.
    terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Begitu sampai di Jepang, ibu silakan reservasi bu. Supaya mendapatkan kereta yang diinginkan. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!