Loading Events

« All Events

Festival Sakura Yoshino

April 4 @ 8:00 am - April 18 @ 5:00 pm

Menikmati keindahan bunga sakura di Festival Sakura Yoshino

Lebih dari 200 jenis dengan total lebih dari 30.000 pohon sakura yang tersebar di seluruh area Gunung Yoshino, spot hanami yang sudah terkenal di Jepang sejak jaman dahulu kala. Ada yang mengatakan bahwa orang mulai menanam pohon-pohon sakura di Gunung Yoshino mulai dari 1300 tahun yang lalu. Banyak kegiatan wisata seru yang bisa dilakukan: hanami sambil mendaki gunung, mengambil foto-foto dari spot yang terkenal, atau makan atau minum di area yang disediakan. Karena bentuknya yang berupa pegunungan (berbeda ketinggian), maka bunga sakura di sini tidak mekar bersamaan. Sakura akan mekar dari kaki gunung, lalu area di sekitar lereng gunung (2-3 hari kemudian), dan terakhir area di sekitar puncak (2-3 hari kemudian). Waktu terbaik mengunjungi Yoshino adalah akhir Maret hingga minggu pertama April. Di artikel kali ini Tim Info Jepang akan membahas Festival Sakura Yoshino.

Informasi tentang Festival Sakura Yoshino

Gunung Yoshino Nara warisan dunia

Area gunung Yoshino dibagi menjadi empat bagian besar: Shimo-Senbon (area kaki gunung dan kota Yoshino). Untuk mencapai tempat ini, kita bisa naik kereta gantung dari sekitar Stasiun Yoshino. Shimo-Senbon adalah area paling ramai pengunjung karena menjadi titik awal pendakian Gunung Yoshino. Bagian berikutnya disebut dengan Naka-Senbon (area lereng gunung). Salah satu spot pemandangan bunga sakura di sini adalah dari Kuil Yoshimizu. Di area Naka-Senbon ini ada banyak restoran, toko, dan juga lahan luas untuk kita bisa makan atau minum sambil menyaksikan bunga sakura. Dari Naka-Senbon, kita bisa mendaki lagi ke area yang lebih tinggi, yakni Kami-Senbon (area menuju puncak Gunung Yoshino). Spot yang paling terkenal di sini adalah dek observasi Hanayagura, sekitar 1 jam berjalan kaki dari Naka-Senbon. Dan area terakhir yakni Oku-Senbon (puncak Gunung Yoshino), sekitar 30-45 menit pendakian dari Kami-Senbon. Di area puncak gunung ini pohon-pohon sakura lebih sedikit, namun kita bisa melihat pemandangan bunga sakura ke arah lembah dan lereng gunung.

Sakura dari Gunung Yoshino Nara

Sakura dari Gunung Yoshino Nara

Gunung Yoshino saat Festival Sakura Yoshino

Gunung Yoshino saat Festival Sakura Yoshino

Suasana Festival Sakura Yoshino di Nara

Suasana Festival Sakura Yoshino di Nara

Akses ke Gunung Yoshino

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, naik kereta Kintetsu Ekspress (tersedia keberangkatan setiap 30 menit) dan transit di stasiun Kashiharajingu-Mae, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta Kintetsu Yoshino Line sampai Stasiun Yoshino. Durasi perjalanan selama 140 menit dengan harga tiket 1.230 yen yang bisa dibeli di Stasiun Kyoto. Dari Stasiun Yoshino, kita akan bisa mulai mendaki ke Gunung Yoshino.

Ada juga kereta cable car dari dekat stasiun Yoshino, nama stasiun awalnya Senbonguchi Station yang akan mengantar kita ke puncak gunung Yoshino dalam 3 menit. Jadi kita tidak perlu cape mendaki gunung dan bisa menyimpan tenaga untuk perjalanan selanjutnya. Gambar di bawah adalah gambar petunjuk stasiun cable car di Gunung Yoshino Nara.

Catatan: pada musim bunga sakura (akhir Maret-awal April) kereta biasanya akan penuh, dan perlu reservasi tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Reservasi bisa dilakukan online dari website Kintetsu Line.

Saat festival ssakura Yoshino (akhir bulan Maret hingga awal Mei, tahun 2017 dari 25 Maret hingga 7 Mei), ada shuttle bus yang beroperasi menghubungkan Yoshino Station dengan area Naka Senbon. Bus berangkat setiap 15-30 menit sekali dengan ongkos 360 yen. Kemudian ada juga bus dari area Naka Senbon ke Oku Senbon, berangkat setiap setengah jam atau satu jam sekali dengan ongkos 400 yen.

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka Abenobashi (1 stasiun setelah Stasiun Tennoji), kita bisa naik kereta Kintetsu Limited Ekspress (keberangkatan setiap jam) sampai Stasiun Yoshino. Lama perjalanan sekitar 100 menit dengan harga tiket 970 yen. Dari Stasiun Yoshino, kita akan bisa mulai mendaki ke Gunung Yoshino.

Catatan: pada musim bunga sakura (akhir Maret-awal April) kereta biasanya akan penuh, dan perlu reservasi tiket jauh-jauh hari sebelumnya.

3. Dari Tokyo

Jika teman-teman ingin ke Nara dari Tokyo, cara termudah dan termurah adalah dengan naik Shinkansen Nozomi ke Stasiun Kyoto (detailnya dapat dilihat di sini). Dari Kyoto, tinggal naik JR Nara Rapid Line seperti cara nomor 1 di atas.

CATATAN

Jika teman-teman ingin berkeliling Kyoto Osaka dan ke Gunung Yoshino dalam dua hari yang berurutan, maka akan lebih hemat menggunakan Kintetsu Rail Pass 2-day pass. Ongkos kereta dari Stasiun Kyoto sampai ke Stasiun Yoshino (di kaki Gunung Yoshino) sudah 1.230 yen, ditambah dengan ongkos kereta di dalam kota Osaka, Nara, dan Kyoto, maka Kintetsu 2 Day Pass sudah akan balik modal.

Cheap Hotels in Nara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fine Garden Nara Kashiba
from ‎¥4184/night
Guesthouse Iki
from ‎¥6800/night
Comfort Hotel Nara
from ‎¥8500/night
Guesthouse Naramachi
from ‎¥2298/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Todaiji
todaiji nara
Kasuga Taisha
Bagian dalam Kasuga Taisha di Nara
Yoshino-Omine
Kuil Kimpusenji di jalur Yoshino-Omine
Kuil Horyuji
Halaman Kuil Horyuji

Sumber gambar: Flickr kinReginald PentinioYoshiyu TakiYoshiyu TakiAnn LeeYoshiyu Taki


Recommended for you

Details

Start:
April 4 @ 8:00 am
End:
April 18 @ 5:00 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Yoshinoyama
Yoshino
Yoshino District, Nara 639-3115 Japan
+ Google Map