Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Gokayama Illumination

May 10, 2018 @ 5:00 pm - June 2, 2018 @ 9:00 pm

Suasana hening kala Gokayama Illumination

Siapapun pasti pernah melihat foto Shirakawago yang bersinar terang di tengah gelapnya malam dan hujan salju. Ya, desa tradisional Jepang ini sudah mendunia tidak terkecuali di antara wisatawan-wisatawan dari Indonesia. Salah satu festival yang paling ditunggu-tunggu adalah Shirakawago Illumination yang dilaksanakan pada musim dingin dari bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya. Tiap tahun puluhan ribu orang datang ke Shirakawago Illumination dan menyaksikan iluminasi musim dingin di Shirakawago. Bus-bus pada penuh sehingga sangat sulit bagi wisatawan internasional yang tidak mengetahui reservasi dalam bahasa Jepang untuk menyaksikan Shirakawago Illumination. Tapi tahukah teman-teman, bahwa kita juga bisa menyaksikan iluminasi di desa tradisional Jepang serupa Shirakawago yakni di Gokayama? Berikut adalah liputan Tim Info Jepang tentang Gokayama Illumination.

Informasi mengenai Gokayama

Banyak orang yang salah, mengatakan bahwa Gokayama dan Shirakawago itu satu tempat atau berdekatan. Sebenarnya kedua tempat ini terpisah agak jauh dan harus naik bus untuk dapat mencapainya. Gokayama sendiri berarti 5 gunung, dan terletak di bagian pegunungan Alpen di utara pulau Honshu. Gokayama terletak di kota Nanto yang berada di prefektur Toyama. Meskipun begitu, transportasinya juga bisa dari Kanazawa yang terletak di sebelah utara. Baca juga: Panduan naik bus Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama.

Di Gokayama ada dua desa tempat berkumpulnya rumah-rumah tradisional gassho-zukuri, yakni Ainokura dan Suganuma. Ainokura merupakan desa dengan jumlah rumah gassho-zukuri terbanyak, sekitar 20 rumah. Mayoritas dari rumah-rumah itu adalah rumah tinggal, meskipun beberapa rumah sudah menjadi restoran, museum, atau hotel rumah tradisional atau Minshuku. Ainokura relatif lebih sepi dibandingkan dengan desa Suganuma yang berada di selatan.

Suganuma adalah ikon wisata utama di Gokayama, dan mencakup dua wilayah: Desa Suganuma dan Kampung Gokayama Gassho no Sato. Kedua daerah ini sangat dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati terowongan yang juga terhubung dengan eskalator ke atas bukit. Berbeda dengan desa Ainokura yang masih banyak ditempati penduduk lokal, di Gokayama, hampir seluruh rumah sudah kosong dan tidak berpenghuni. Ini juga mungkin yang menyebabkan banyak wisatawan lebih memilih untuk pergi ke Desa Suganuma dan Gokayama.

Foto satu rumah tradisional saat Gokayama Illumination

Foto satu rumah tradisional saat Gokayama Illumination

Informasi mengenai Gokayama Illumination

Gokayama Illumination dilangsungkan di dua tempat berbeda yakni di Desa Ainokura dan Desa Suganuma. Gokayama Illumination di Desa Ainokura berlangsung dari tanggal 10 Mei-13 Mei 2018, dari matahari terbenam (pukul 17.30) hingga pukul 21.00. Kemudian Gokayama Illumination berikutnya adalah tanggal 12-14 Agustus 2018, 15-17 September 2018, dan 23-25 November 2018. Iluminasi dimulai dari matahari terbenam (pukul 17.30) hingga pukul 20.30. Lampu-lampu iluminasi akan dipasang diatas rumah dan pinggiran sawah-sawah, sehingga kita bisa melihat bayangan rumah-rumah tradisional di sawah-sawah yang memang sedang diairi untuk persiapan menanam padi.

Akses Bus menuju ke Gokayama

Bus Kaetsuno adalah satu-satunya bus lokal (tidak perlu memesan) yang melewati Desa Ainokura, Desa Suganuma, dan Desa Gassho no Sato, sampai ke Shirakawago. Bus ini berangkat dari stasiun Takaoka, stasiun shinkansen Shin Takaoka pada pukul 08.10, 09.20, 10.45, 13.20, dan 16.00. Ongkosnya 1.000 yen sampai desa Ainokura, 1.200 yen sampai ke Desa Suganuma dan Gassho no sato, dan 1.800 yen sampai ke Shirakawago. Bus ini tercover oleh Takayama Hokuriku Pass. Bagi yang tidak membeli Takayama Hokuriku Pass, bisa membeli tiket PP 3.500 Takaoka-Shirakawago. Opsi lainnya adalah tiket PP 2.500 yang bisa dipakai untuk mengunjungi Desan Ainokura, Suganuma dan Gokayama (tidak ke Shirakawago).

Satu lagi adalah bus reservasi dari Kanazawa Station, namun perlu dicatat bus ini hanya beroperasi antara bulan April sampai November (selain musim dingin). Bus berangkat dari Kanazawa Station pukul 08.40, 09.10, 09.40, 12.40, 14.10, 14.40.


Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.


Recommended Minshuku in Gokayama

Choyomon
from ¥8804/night
Minshuku Yomoshirou
Minshuku Yomoshirou
from ¥9575/night
Minshuku Goyomon
Minshuku Goyomon
from ¥9575/night
Gassho Minshuku Nakaya
Gassho Minshuku Nakaya
from ¥9676/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pantai Amaharashi
Naik kereta di tepi Pantai Amaharashi
Pegunungan Tateyama
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas
Tebing Kurobe Kyokoku
Tebing Kurobe Kyokoku Toyama di musim gugur
Hotaruika Toyama
Suasana hotaruika di pantai Toyama

Sumber gambar: Flickr Nakato Kaccoe, Vutichai Wongnophadol, つだ, Nakato Kaccoe, JB 亞聰


Recommended for you

Details

Start:
May 10, 2018 @ 5:00 pm
End:
June 2, 2018 @ 9:00 pm
Event Categories:
,
Event Tags:

Venue

Gokayama
Ainokura
Nanto, Toyama 939-1923 Japan
+ Google Map