Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Hirosaki Castle Sakura 2020

April 14, 2020 - April 22, 2020

Iluminasi sakura di Kastil Hirosaki

Kastil Hirosaki adalah satu-satunya bangunan kastil bersejarah yang masih tegak berdiri di wilayah Tohoku. Kastil Hirosaki sendiri dibangun oleh Tsugaru, penguasa wilayah Aomori di sekitaran abad ke-17. Bangunan kastil dikelilingi oleh parit-parit dalam serta menara penjaga yang masuk sebagai aset penting bersejarah nasional. Namun sesungguhnya yang membuat nama Kastil Hirosaki begitu terkenal di telinga para wisatawan adalah karena keindahan hanami bunga sakura di sini. Ada total 2.600 pohon bunga sakura yang ditanam di kebun dalam dan luar bangunan kastil yang begitu memesona dari akhir bulan April sampai awal Mei.

Dengan total 2.600 pohon bunga sakura yang tersebar di seluruh area taman kastil, area hanami di sini adalah yang terbesar di seluruh Jepang. Sebagai perbandingan, kalau teman-teman berkunjung ke Shinjuku Gyoen atau Taman Chidorigafuchi di Tokyo, nah ada 8 kali lipat jumlah pohon sakura di Hirosaki. Tidak heran, lebih dari 2 juta pengunjung (baik penduduk lokal dan wisatawan asing) yang berlomba-lomba datang ke Hirosaki dan merasakan hanami yang begitu indah di sini. Apalagi jadwal hanaminya bersamaan dengan liburan Golden Week di Jepang.

Oiya, karena letaknya yang ada di bagian utara Honshu, maka jadwal hanaminya mundur kira-kira 3-4 minggu dari wilayah tengah Jepang seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Kalau biasanya hanami bunga sakura itu identik dengan akhir bulan Maret atau awal bulan April, nah di Kastil Hirosaki jadwal hanami kita adalah di akhir bulan April. So, jangan sampai salah buat itinerary dan membeli tiket pesawat ya.

Buat teman-teman yang pergi bersama dengan pasangan, ada aktivitas seru yang sangat pas! Teman-teman bisa menikmati bunga sakura dari atas kapal berdua bersama dengan pasangan. Wah kayaknya seru banget ya bisa melihat bunga sakura dari bagian bawah pohon dan saling bercanda. Fasilitas kapal dayung ini hanya dibuka saat musim bunga sakura di area kanal kastil sisi barat, mulai dari pukul 09.00-17.00 dengan biaya 1.000 yen untuk sejam.

Menikmati bunga sakura dari atas perahu di kanal Kastil Hirosaki

Menikmati bunga sakura dari atas perahu di kanal Kastil Hirosaki

Suasana kanal Kastil Hirosaki saat musim sakura

Suasana kanal Kastil Hirosaki saat musim sakura

Ingin menyaksikan bunga sakura saat malam hari? Bunga-bunga sakura akan diberi tata cahaya khusus (light up) sehingga seakan-akan bercahaya di tengah kegelapan malam, sungguh suatu pemandangan spesial yang tidak bisa dilihat saat seiang hari. Light up diadakan setiap tahun saat puncak musim semi, kala bunga sakura mekar sempurna mulai dari tanggal 23 April hingga 5 Mei setiap tahunnya. Diadakan setiap hari mulai dari pukul 18.30-22.00. Foto dibawah ini adalah foto yang diambil saat light up bunga sakura di Kastil Hirosaki.

Iluminasi sakura di Kastil Hirosaki

Iluminasi sakura di Kastil Hirosaki

2. Jalan-jalan melihat kemegahan kastil

Akses menuju Kastil Hirosaki

Kastil Hirosaki bisa dicapai dengan naik bus Loop Dotemachi dari Stasiun Hirosaki dan turun di halte atau pemberhentian bus Shiyakusho-mae. Lama perjalanan sekitar 15 menit dengan ongkos 300 yen. Atau bisa berjalan kaki selama 20 menit dari Stasiun Hirosaki sambil melihat-lihat kota Hirosaki lebih dekat.

Informasi Akses ke Hirosaki

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hayabusa sampai Stasiun Shin-Aomori di ujung utara Pulau Honshu. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.350 yen. Dilanjutkan dengan kereta lokal JR Ou Line sampai Stasiun Hirosaki sekitar 40 menit dengan ongkos 580 yen. Semua ongkos kereta menuju ke Hirosaki ini dicover oleh JR Pass, JR Tohoku East Pass, dan JR East South Hokkaido Pass. Perjalanan pulang pergi Tokyo ke Shin-Aomori dengan pass-pass di atas sudah pasti akan membuat balik modal.

Selain itu, bagi teman-teman yang ingin liburan murah, bisa naik Bus Conan dari depan Stasiun Ueno, Stasiun Tokyo, dan Stasiun Shinjuku sampai ke Terminal Bus Hirosaki dan Aomori. Lama perjalanan sekitar 9,5 jam dengan ongkos 5.500-7.500 yen (tergantung tipe dan fasilitas bus).

Ada juga layanan bus malam dari Willer Express yang berangkat dari Stasiun Tokyo menuju ke Hirosaki dan Aomori. Lama perjalanan sekitar 10.5 jam dengan ongkos mulai dari 4.500 yen.

Recommended Hotels near Hirosaki Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Dormy Inn Hirosaki
from ¥5635/night
Hotel New Castle
from ¥4500/night
Art Hotel Hirosaki City
from ¥6264/night
Hirosaki Grand Hotel
from ¥4320/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Kzaral, chinnian, Ari Helminen, Tak H.


Recommended for you

Details

Start:
April 14, 2020
End:
April 22, 2020
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Hirosaki Castle
1 Shimoshiroganecho
Hirosaki, Aomori Prefecture 036-8356 Japan
+ Google Map