Info Liburan dan Wisata di Jepang

Loading Events

« All Events

Jizo Bon

August 18 @ 1:00 pm - August 19 @ 5:00 pm

Jizo Bon adalah salah satu festival di musim panas yang unik di Jepang. Jizo Bon ini unik. Mengapa? Karena cuma ada dan bisa kita nikmati di Kyoto saja. Saya sendiri belum pernah mendengar festival serupa yang diadakan di kota lain seperti Tokyo atau Osaka. Festival ini biasanya diadakan pada minggu ketiga bulan Agustus (di puncak musim panas) pada tanggal 22-23 Agustus setiap tahunnya, dan merupakan festival khusus untuk anak-anak. Asal mula festival ini adalah untuk menghormati dewa Jizo yakni dewa pelindung anak-anak.

Informasi tentang Jizo Bon

Festival ini dimulai pada tanggal 22 Agustus pagi, di mana para orangtua akan mengantarkan anak-anaknya menuju kuil. Kemudian, para pendeta akan memimpin upacara pembukaan festival dan mendoakan kesehatan anak-anak di tahun ini. Begitu juga dengan pendidikan (sekolah) mereka.

Setelah itu, akan diadakan beragam permainan dan makanan manis seperti kue, permen, maupun makanan siap saji favorit seperti McDonalds atau aneka Bento favorit. Selain itu, hampir di seluruh area kota (khususnya di taman kota atau halaman sekolah) kita juga bisa melihat beragam mainan yang disumbangkan atau dibagikan oleh warga sehingga anak-anak dapat bermain sepuasnya. Para orangtua biasanya akan berkumpul dan saling bercerita mengenai pendidikan anaknya di sekolah.

anak-anak bermain di jizo bon

Anak-anak bermain bersama dalam Festival Jizo Bon

Malam harinya, jangan lewatkan juga bioskop outdoor maupun permainan kembang api yang diadakan di taman-taman kota. Dalam dua hari ini, anak-anak di Kyoto bisa dibilang menemukan “surga” kecil yang mereka rindukan.

Namun mulai dari tahun 2010, festival ini mulai berkurang kehadirannya. Saya pribadi mengira ini mungkin dampak dari jumlah anak di Jepang yang terus menurun setiap tahunnya. Pemerintah Jepang sedang menggiatkan pernikahan dan kelahiran anak melalui berbagai asuransi dan bantuan sosial. Meskipun sudah tidak seramai dua puluh atau tiga puluh tahun lalu, namun, kita tetap bisa menikmati festival Jizo Bon ini bersama dengan anak-anak dan seluruh penduduk kota Kyoto!

Akses ke Kyoto dari Tokyo

1. Dengan kereta dari Tokyo

Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) dengan harga tiket yang lebih murah dengan JR Pass.

2. Dengan kereta Dari Osaka

Dari Osaka, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.570 yen (green class), 2.810 yen (reserved seat), 1.420 yen (unreserved seat). Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi.

Selain itu, kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Aranvert Hotel Kyoto
from ¥9950/night
Mitsui Garden Hotel Kyoto
from ¥11326/night
Guest House Atagoya
from ¥11347/night
Ranzan
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kokedera
Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto
Kyoto Tower
Itinerary Tokyo Kawaguchiko Osaka Hari 6 Kyoto Tower
Kuil Kiyomizudera
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Istana Nijo
Keindahan Istana Nijo di Kyoto

Sumber gambar: Flickr greentour-KYOTO


Recommended for you

Details

Start:
August 18 @ 1:00 pm
End:
August 19 @ 5:00 pm
Event Category:
Event Tags:

Venue

Kyoto
Kyoto, Kyoto Prefecture Japan + Google Map