Info Liburan dan Wisata di Jepang

Loading Events

« All Events

Festival Daimonji (Gozan no Okuribi)

August 16 @ 8:00 pm - 8:30 pm

Festival Daimonji di kota Kyoto

Festival Daimonji atau juga dikenal dengan Gozan no Okuribi adalah salah satu festival paling terkenal di Kyoto di musim panas. Menjelang akhir musim panas (sekitar pertengahan Agustus), kita bisa melihat tulisan kanji raksasa dari api yang spektakuler di lima lokasi sekeliling kota. Festival Daimonji (Gozan no Okuribi) ini diadakan pada setiap tanggal 16 Agustus, dan dimulai dari jam 8 malam sebagai penutup Festival Roh atau Festival Obon. Festival Daimonji ini dipercaya sebagai “penuntun” roh-roh para leluhur untuk kembali ke alamnya (alam roh). Okuribi sendiri bermakna “send-off fire” atau api penuntun para roh.

Melihat Festival Daimonji Kyoto

Sekitar pukul 8 malam, tulisan kanji berukuran raksasa dari api bisa kita lihat dari area kota Kyoto.

  1. Tulisan kanji Daimonji (大文字) yang berarti besar atau raksasa. Lokasinya di puncak Nyoigatake di Gunung Daimonji di sisi timur Kuil Ginkakuji atau Heian Jingu. Tempat terbaik untuk melihatnya di tepi sungai Kamo. Tulisan kanji api ini adalah yang pertama dan bisa kita lihat sekitar jam 20.00 malam.
  2. Tulisan kanji Myō/Hō (妙法) yang berarti ajaran Buddha Dharma yang agung. Lokasinya di Matsugasaki, di area Nishi-Yama/Higashi-Yama sekitar jam 20.05 malam.
  3. Tulisan kanji Funagata (舟形) yang berbentuk perahu. Lokasinya di Nishigamo, Funa-Yama. Kita bisa melihatnya sekitar jam 20.10 malam.
  4. Tulisan Hidari Daimonji (左大文字) yang berarti besar atau raksasa. Lokasi apinya di Daihoku-San, Hidaridaimonji-San sekitar jam 20.15 malam.
  5. Tulisan Toriigata (鳥居形) yang berbentuk gerbang kuil (Torii) di Toriimoto, Mandara-San. Kita bisa melihatnya dari sekitar jembatan Matsuobashi. Tulisan Toriigata merupakan penutup Festival Daimonji atau Gozan no Okuribi yang diadakan sekitar jam 20.20 malam.

Lokasi terbaik untuk melihat lima tulisan kanji seluruhnya adalah di distrik Nakagyo (di sekitar Istana Nijo atau Istana Kekaisaran Kyoto. Teman-teman sebaiknya sudah berada di sekitar distrik ini mulai dari jam 6 malam supaya kebagian tempat dengan para wisatawan lainnya yang juga ingin menyaksikan festival ini.

Ada juga cerita rakyat yang percaya jika kita minum sake atau air putih selama Festival Daimonji (khususnya saat api menyala), kita akan terhindar dari penyakit dan kesialan selama setahun ke depan.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Gran Ms Kyoto
from ¥9774/night
Fairfield House
from ¥2900/night
Santana Guest House Kyoto
from ¥2900/night
Ryokan Izuyasu
from ¥27287/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Honganji
Foto pendopo Amida di Kuil Honganji
Taman Botani Kyoto
Kolam di samping Taman Botani Kyoto
Pasar Nishiki
Suasana nishiki market di Kyoto
Museum Kereta Kyoto
Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto

Sumber gambar: Flickr Chris Gladis


Recommended for you

Details

Date:
August 16
Time:
8:00 pm - 8:30 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Nakagyo Ward Kyoto
541 Nijojocho, Nakagyo Ward
Kyoto, Kyoto Prefecture 604-8301 Japan
+ Google Map