Kastil Yokote Akita

Home / Castle / Kastil Yokote Akita
Item image

Akhirnya kesampaian juga saya mengunjungi wilayah utara Honshu. Memang, mayoritas tempat wisata ada di bagian tengah Honshu Jepang, seperti Tokyo, kawasan Fuji Kawaguchiko, Osaka, dan Kyoto. Namun, wilayah lainnya bukan berarti tidak keren. Salah satunya adalah objek wisata paling terkenal di Prefektur Akita, yakni Kastil Yokote. Sejarahnya dimulai saat keluarga Onodera–penguasa wilayah Akita–membangunnya kastil di atas Gunung Asakura pada sekitar abad ke-16. Namun, pada sekitar tahun 1868 (pada Periode Meiji), Kastil Yokote dibakar saat Pertempuran Perang Boshin. Selepas perang dunia kedua (sekitar tahun 1965), pemerintah Kota Akita ini dibangun kembali dengan menggunakan struktur beton yang tahan api dan gempa. Selain pemandangan musim gugurnya yang keren, kompleks kastil ini juga dikenal dengan Yokote Kamakura Festival, festival musim dingin paling ditunggu di Tohoku.

Kegiatan seru di Kastil Yokote

1. Mengunjungi kastil dan melihat pemandangan kota Yokote

Salah satu yang tidak bisa saya lupakan adalah saat saya melihat pemandangan Kota Yokote dari area observasi di lantai 4 kastil. Pemandangan taman kastil dengan kolam di bagian tengahnya sungguh indah, berpadu dengan latar belakang kota Yokote yang sederhana. Saya bilang sederhana, karena tidak ada bangunan bertingkat tinggi di sini. Jadi kita bisa menikmati pemandangan kota sejauh mata memandang.

Pemandangan dari kompleks taman Kastil Yokote
Pemandangan dari kompleks taman Kastil Yokote

Di lantai 2 dan 3, kita juga bisa melihat aneka koleksi peninggalan keluarga Onodera di Museum Kota Yokote. Selama Festival Kamakura, area dek observasi kastil dibuka dari jam 10.00 sampai jam 21.00. Di mana kita bisa menikmati iluminasi spektakuler kota dengan igloo (kamakura) dengan lampu warna-warni.

2. Menikmati pemandangan setiap musim yang indah

Selain bangunan kastil yang megah, area taman di sekitar kastil yaitu Taman Yokote atau Yokote Park juga dikenal dengan pemandangan musimnya yang indah. Di awal musim semi, kita bisa melihat ratusan pohon bunga sakura yang mekar. Area taman ini menjadi tempat favorit penduduk lokal untuk hanami bersama dengan keluarga. Teman-teman bisa datang ke sini sekitaran awal April untuk ikut serta hanami.

Bunga sakura dan Kastil Yokote
Bunga sakura dan Kastil Yokote

Selepas musim semi, kita bersiap menyambut musim panas. Kebun bunga mawar mekar bersama-sama, sungguh indah! Ada juga festival musim panas berupa festival kembang api dan festival jajanan tradisional yang diselenggarakan di sekitar Taman Yokote.

Perayaan festival musim panas di Yokote Akita
Perayaan festival musim panas di Yokote Akita

3. Bergabung dalam Festival Kamakura

Kota Yokote dikenal Festival Kamakura, sebuah festival musim dingin yang diadakan di puncak musim dingin (sekitar akhir Januari-Februari). Di tahun 2019 festival ini diadakan di 15-16 Februari 2019. Kita bisa melihat igloo (rumah-rumah salju khas suku Eskimo di Antartika, yang disebut dengan Kamakura) yang dibuat di seluruh kota. Rumah igloo ini dibangun di sekitaran area Balai Kota hingga Kastil Yokote. Di malam hari (sekitar 18.00-21.00) anak-anak kecil akan mengajak para pengunjung dan turis masuk ke dalam igloo atau kamakura mereka, dan memberikan amazake yakni sejenis kue beras. Kita bisa merasakan interior igloo yang biasanya kita lihat di televisi saja. Di dalamnya ada lilin untuk menemani kita berdoa di dalam igloo. Tenang, suhu di dalam igloo hangat kok, jadi kita bisa nyaman berada di dalamnya. Jalan-jalan di jalanan kota, kita bisa menikmati iluminasi lampu aneka warna yang berpadu denganpatung-patung dari es dan igloo. Selain itu, jangan lewatkan juga makanan tradisional musim dingin di Yokote yang dikenal dengan “Yokote yakisoba”.

Igloo di kompleks Kastil Yokote
Igloo di kompleks Kastil Yokote

Dalam Festival Kamakura, orang-orang berdoa untuk mengharapkan panen yang berlimpah, kesehatan seluruh anggota keluarga, pekerjaan dan usaha yang lancar, dan juga hasil baik dalam sekolah dan perkuliahan. Mezbah untuk dewa air diukir di belakang ruang di dalam setiap kamakura, di mana orang-orang berdoa untuk panen yang berlimpah, keselamatan anggota keluarga mereka, perlindungan terhadap kebakaran dan untuk keberhasilan akademis.

Kastil Yokote di musim dingin
Kastil Yokote di musim dingin

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk ke Kastil Yokote, kita harus membayar tiket masuk seharga 100 yen untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hingga pelajar SMA, tidak dikenakan tiket masuk. Kastil Yokote buka dari tanggal 1 April (di awal musim semi) sampai tanggal 30 November (menjelang musim dingin).

Akses Menuju Kastil Yokote

Kastil Yokote ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari Stasiun JR Yokote. Selama Festival Kamakura, ada bus loop gratis berkeliling kota yang menghubungkan Hall Kamakurakan, Sekolah Minami (tempat igloo-igloo dibuat), dan juga Kastil Yokote.

Akses Menuju Yokote

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Akita Shinkansen sampai Stasiun Omagari. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.000 yen. Dari Stasiun Omagari, kemudian bisa naik kereta JR Ou Line sampai Stasiun Yokote. Lama perjalanan sekitar 20 menit dengan ongkos 320 yen.

Kalau sedang berada di Sendai, teman-teman bisa naik kereta Akita Shinkansen sampai Stasiun Omagari juga. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan ongkos 9.000 yen, dilanjutkan dengan kereta JR Ou Line seperti di atas. Seluruh rute kereta dari Tokyo maupun Sendai sampai Stasiun Yokote tercover oleh JR Pass, JR East Tohoku Area Pass, dan JR East South Hokkaido Pass.

Recommended Hotels near Yokote [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yuzawa Grand Hotel
19 km away
Yuzawa Grand Hotel
from ¥5967/night
Hotel Wellness Yokoteji
4 km away
Hotel Wellness Yokoteji
from ¥5148/night
Hotel Route-Inn Yokote In
4 km away
Hotel Route-Inn Yokote Inter
from ¥8658/night
Quad Inn Yokote
2 km away
Quad Inn Yokote
from ¥7020/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr emmynyaa, chee_hian, James Patrus, ztaro21, Hiroshi sato, James Patrus


Recommended for you


Last modified: August 27, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (5)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau tahun 2019 dilaksanakan pada 15-16 Februari 2019. Di tahun depan mungkin di sekitaran pertengahan Februari juga. Salam

  1. Boleh ngak saya minta itinerary selama di Akita pada bulan desember? Tempat-tempat yg bisa kunjungin di Akita? 2 hari 1 malam cukup nga? Onsen apa yg paling terkenal?

  2. Selamat Malam Pak Nugroho,
    Itin saya :
    tgl 2 – 5 Feb di Tokyo
    tgl 6 mau ke Akita by Shinkansen
    tgl 7 dari Akita ke Nagoya
    tgl 8 – 9 dari Nagoya ke Takayama
    tgl 10 – 12 ke Kyoto
    tgl 13 – 14 ke Osaka

    Saya beli JR Pass 7 hari

    Pertanyaan :
    1. Kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan JR Pass
    2 Jika JR Pass sudah aktif, minta saran untuk ke kota2 tujuan di itin apakah bisa pake JR Pass sampai terakhir di Osaka ?

    ditunggu pak advicenya, penting karena besok malam saya terbang ke Haneda.

    Terima kasih
    Salam..

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sebaiknya sebelum berangkat ke Akita, jadi mengcover ongkos dari tanggal 6-12.
      2. Ya, semuanya tercover dengan JR Pass. Bapak bisa bepergian ke seluruh Jepang. Oiya, di Akita, Nagoya, dan Takayama bapak mau kemana ya? Mungkin akan ada beberapa transportasi seperti bus atau subway yang tidak tercover dengan JR Pass. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!