Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Otsukimi di Kyoto

September 24, 2016 @ 5:00 pm - 10:00 pm

Suasana Otsukimi di Kyoto

Otsukimi atau kegiatan melihat bulan adalah salah satu festival yang paling terkenal di antara orang-orang Jepang. Otsukimi berarti menikmati pemandangan bulan. Festival ini jatuh pada puncak bulan purnama balik, yakni pada tanggal 15 bulan ke delapan di kalender Jepang kuno. Kalau dikonversi dalam penanggalan atau kalender Gregorian, Otsukimi berlangsung di pertengahan bulan September hingga awal Oktober setiap tahunnya. Asal mula festival ini menurut beberapa sumber yang pernah saya baca adalah dari negeri China. Festival ini muncul bersamaan dengan masuk dan berkembangnya agama Buddha di wilayah Kyoto dan Nara.

Hampir seluruh wilayah di Jepang merayakan Otsukimi. Kalau di Tokyo, biasanya penduduk kota merayakannya di Taman Rikugien. Sementara itu, penduduk Hammamatsu biasanya otsukimi di area Ufumi dan Siga di Hammamatsu. Nah, kalau di Kyoto, tempat favorit untuk Otsukimi adalah di area Kuil Shimogamo di utara kota Kyoto.

Baca juga: Itinerary Perjalanan Kyoto Utara

Pada malam ke 15, bulan mencapai posisi bulan penuh (purnama) yang disebut dengan istilah Chushu no Meigetsu atau Harvest Moon (bulan panen). Disebutkan sebagai bulan panen, karena pada sekitaran tanggal ini hampir seluruh tanaman sudah siap untuk dipanen. Oleh karena itu, selain menyaksikan keindahan bulan, dalam festival Otsukimi, penduduk Jepang juga mengucap syukur atas hasil panen yang melimpah setahun ini.

Otsukimi di Kyoto

Saat festival Otsukimi, orang-orang Jepang biasanya berkumpul sekeluarga di dalam rumah dan bersama-sama melihat keindahan bulan melalui jendela rumah. Kalau pemandangan bulan tertutup, orang-orang biasanya berkumpul bersama-sama di area taman terbuka, menggelar tikar dan dan minum teh bersama. Karena tradisinya yang hampir sama dengan Hanami (menyaksikan bunga sakura mekar), Otsukimi sering disebut sebagai Hanami musim gugur.

Menurut cerita legenda, orang-orang beruntung bisa melihat kelinci yang sedang membuat kue mochi (kue bulan) di langit saat Otsukimi. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Penasaran mau lihat Otsukimi? Datang sekitar pertengahan September ya!

Tradisi makan kue mochi saat Otsukimi di Kyoto

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ryokan Izuyasu
from ¥27287/night
Green Rich Hotel Kyoto
from ¥7900/night
APA Hotel Kyoto-eki
from ¥7534/night
Hyatt Regency Kyoto
from ¥31812/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Sanjusangendo
Bunga sakura di Kuil Sanjusangendo Kyoto
Pasar Nishiki
Suasana keramaian Pasar Nishiki di Kyoto
Kuil Hirano
Suasana bunga sakura di Kuil Hirano
Philosophers Path
Philosophers Path di musim semi

Tradisi makan kue mochi saat Otsukimi di Kyoto

Sumber gambar: Flickr Masahiko Satoh, 繊月(Sengetsu) _ lunar-tears


Recommended for you

Details

Date:
September 24, 2016
Time:
5:00 pm - 10:00 pm
Event Category:
Event Tags:

Venue

Kuil Shimogamo
59 Shimogamo Izumigawa-cho
Kyoto, Kyoto Prefecture Japan
+ Google Map