Hokueichou

Home / Attraction / Hokueichou
Item image

“Kota dimana Anda bisa menemui Detective Conan” inilah motto kota Hokueicho di Prefektur Tottori, Jepang. Di sini kita bisa menemukan Stasiun Detective Conan, lalu juga museum Detective Conan, juga banyak objek-objek patung Detective Conan yang tersebar hampir di semua wilayah kota. Kota Hokueicho sendiri adalah daerah asal Aoyama Gosho, penulis serial Detective Conan. Ini dilakukan sebagai strategi wisata dan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah terpencil di Tottori ini.

Stasiun Detective Conan

Peresmian Kota Hokueicho menjadi Kota Detective Conan ditandai dengan peresmian Stasiun Detective Conan pada 15 Desember 2013 yang lalu. Stasiun ini awalnya bernama Stasiun Yura, yang berada di jalur kereta JR San-in line yang menghubungkan Osaka dan Tottori di daerah Laut Jepang.

Perusahaan Kereta Japan Railway atau JR pun ikut serta. JR menjalankan kereta Detective Conan pada jam-jam tertentu. Seperti yang teman-teman bisa lihat, kereta dihiasi dengan ilustrasi Detective Conan. Bagian interior kereta pun tidak ketinggalan, penuh dengan kejutan-kejutan dari dalam cerita Conan. Di dalam stasiun kita juga bisa menemukan maskot Detective Conan dan juga toko-toko yang menjual pernak-pernik Detective Conan yang hanya bisa ditemukan di sini.

Stasiun Yura bertema Conan di Hokueichou
Stasiun Yura bertema Conan di Hokueichou

Dari Stasiun Detective Conan kita bisa berjalan kaki 15 menit sejauh 1.4 kilometer menuju Museum Aoyama Gosho. Dalam perjalanan kita bisa temukan berbagai macam patung Detective Conan dan Shinichi Kudo dalam berbagai pose. Untuk para fans Detective Conan, perjalanan ini tentunya tidak mungkin terlupakan.

Bagaimana teman-teman? Tertarik pergi ke tempat ini? Berikut saya jelaskan cara menuju ke tempat ini. Kalau teman-teman ada pertanyaan bisa menuliskannya di kotak komentar di bagian bawah. Saya akan senang hati menjawabnya.

Akses Menuju Kota Detective Conan

Ada dua cara sampai ke Kota Detective Conan, dengan naik pesawat domestik dan Shinkansen. Bandara di Prefektur Tottori sendiri ada dua, Tottori Airport di sebelah timur dan Yonago Airport di sebelah barat. Kota Detective Conan berada di tengah-tengah kedua airport.

DARI TOKYO DENGAN PESAWAT

Haneda Airport – Tottori Airport dengan pesawat domestik (Japan Airlines atau ANA)
Tottori Airport – Tottori Daigaku-mae Station berjalan kaki 15 menit
Tottori Daigaku-mae Station – Detective Conan Station dengan JR San-in Main Line
Total Waktu tempuh kereta 1 jam 24 menit, Total ongkos 740 Yen

Haneda Airport – Yonago Airport (Tottori) dengan pesawat domestik (Japan Airlines atau ANA)
Yonago Airport Station – Yonago Station dengan JR Sakai Line
Yonago Station – Detective Conan Station dengan JR San-in Main Line
Total Waktu tempuh kereta 1 jam 55 menit, Total ongkos 950 Yen

DARI TOKYO DENGAN SHINKANSEN

Tokyo Station – Himeji Station (Prefektur Hyogo) dengan JR Tokaido-Sanyo Shinkansen
Himeji Station – Kurayoshi Station (Prefektur Tottori) dengan JR Special Express Super Hakuto
Kurayoshi Station – Yura Station (Prefektur Tottori) dengan JR Local Sain-in Main Line
Total Waktu tempuh 5 jam 46 menit, Total ongkos 19860 Yen

DARI OSAKA DENGAN KERETA

Osaka Station – Kurayoshi Station (Prefektur Tottori) dengan JR Special Express Super Hakuto
Kurayoshi Station – Yura Station (Prefektur Tottori) dengan JR Local Sain-in Main Line
Total Waktu tempuh 3 jam 38 menit, Total ongkos 8150 Yen. Jika teman-teman memiliki JR PASS dan JR Kansai Wide Area Pass, bisa naik kereta Super Hakuto dari Stasiun Osaka sampai Stasiun Tottori (tercover ongkosnya), dilanjutkan naik JR Local Sain-in Main Line sampai Stasiun Yura. Lama perjalanannya sekitar 1 jam dengan ongkos 840 yen.

Cheap Hotels in Tottori [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Drop Inn Tottori
43 km away
Drop Inn Tottori
from ‎¥3300/night
Tottori City Hotel
43 km away
from ¥5161/night
APA Hotel Tottori Ekimae
43 km away
from ¥4756/night
Hotel Resh Tottori Ekimae
43 km away
from ¥5363/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Scarper Montgomery


Recommended for you


Last modified: March 22, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (41)

  1. Halo Pak Nugroho, Jika pakai JR Pass tercover rute PP Osaka-Tottori? Osaka-Tokyo? apakah masih ada di minta tambahan biaya?
    Kalau tidak pakai JR Pass, tetapi kansai wide pass untuk rute PP osaka-tottori, apa benar cuma tmbah biaya 840 yen sekali jalan nya?
    Apakah JR pass dipakai (tercover) untuk rute PP Osaka-Kyoto?

    Terima kasih banyak ya Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya betul Ibu. Kalau pakai Kansai Wide Pass harus nambah ongkos 840 yen dari Tottori ke stasiun Detective Conan (Yura Station).
      Kalau menggunakan JR PASS rute PP Osaka-Tottori, sampai ke stasiun Detective Conan, PP Osaka -Tokyo, PP Osaka-Kyoto tercover penuh. Salam

  2. Malam pak, menyambung yg Tottori ( saya pakai Kansai wide pass dan duduk di gerbong non reserved. Memang pas saya perhatikan peta nya itu ke Tottori nya harus melalui fukuchiyama,kinosakionsen.terimakasih.

  3. Siang pak Nugroho,berbagi pengalaman saja. Saya baru pulang dari Jepang. Saya mengunakan Kansai wide pass untuk menuju Tottori ( seperti yg disarankan kan) tapi saya mengalami sendiri begitu kereta super hakuto yg saya naiki sampai di Himeji petugas kereta meminta kekurangan ongkos u/ ke Tottori ,( mereka bilang ngak ke cover sampai saya tunjukan dia bilang tercover biaya nya sampai kamigori sisanya kami harus menambah biaya +_ 3000 Yen.
    Terpaksa kami akhir nya turun di Himeji. Jadi sebenarnya saya masih penasaran kok ngak bisa ya? ( Karena terus terang bhs Inggris mereka agak terbatas) .
    Jadi sampai hari ini saya masih penasaran sih. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Iya pak, kalau rutenya lewat Himeji-Kamigori-Chizu-Tottori memang harus membayar ongkos tambahan 3.050 yen karena melalui jalur kereta Chizu (operator kereta privat). Yang tercover itu kalau bapak naik kereta lokal via Fukuchiyama-Toyooka. Salam.

    • Tjong loli  |  

      Pagi pak Christian, terima kasih atas jawabannya. Oh gitu ya jadi kami harus naik dari fukuchiyama ke Tottori nama kereta nya apa ya pak? Dan jarak yg ditempuh berapa lama? Krn mungkin lain waktu kami mau kesana. Terima kasih banyak .🙏

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Nama keretanya yang melewati Fukuchiyama dan Toyooka itu Kounotori.
      Mohon maaf pak, mohon konfirmasinya apakah bapak membeli Kansai Area Pass atau Kansai Wide Pass ya? Kansai Wide Pass harusnya mengcover juga rute Chizu Line hanya harus naik non reserved seat.
      Ada 2 kemungkinan bapak duduk di reserved seat Super Hakuto dengan Kansai Wide Pass atau menggunakan Kansai Area Pass yang memang hanya mengcover ongkos sampai ke Kamigori. Salam

  4. Selamat malam pak, mohin info saya rencana trip ke jepang rute ke Osaka, dr osaka ke Kyto (pp) , Osaka ke Tokyo by shinkansen , kembali ke jakarta dr tokyo. baiknya saya beli tiket jenis apa ya.. sekalian juga minta info harga tiketnya. thanks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu membeli pass apapun bu, cukup beli tiket kereta lokal Osaka-Kyoto 560 yen, dan Osaka-Tokyo dengan kereta shinkansen seharga 13.620 yen. Untuk mempermudah naik kereta lokal, bisa mempertimbangkan membeli kartu ICOCA. Salam.

  5. Halo pak,
    Saya mau tnya jika tujuan saya dari osaka-tottori-tokyo.
    rekomend beli kartu / tiket apa ya yang tercover (lebih bagus) dan bisa di pakai buat semua daerah tersebut?
    JR Pass atau JR kansai wide area pass atau byr manual?

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik dengan Kansai Wide Pass untuk mengcover rute kereta PP Osaka-Tottori, digabungkan dengan tiket kereta shinkansen keretangan dari Shin-Osaka-Tokyo. Salam.

  6. Pak Nugroho, saya berencana ke Gosho Aoyama Museum dari Osaka dan sore hari kembali ke Osaka. Bagaimana rute menuju ke sana dan apakah ter-cover JR Pass?
    Terima kasih, Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, Osaka Station – Kurayoshi Station – Yura Station tercover oleh JR PASS Pak, rutenya sudah tertulis di artikel di atas. Salam

  7. Malam pak Kristian, saya mau tanya kalau punya Kansai wide pass apa bisa naik kereta Shinkansen Nozomi dari Kyoto ke sin Osaka? Lalu kalau saya 1 hari ke Conan musium,lalu ke musium pasir,sand dunes apa keburu waktunya ( balik ke Osaka kereta nya masih ada) terima kasih ya pak.

  8. Pagi pak christian ,saya mau tanya kalau saya mau ke musium Conan dari Osaka naik super hakuto turun di kurayoahi pake Kansai wide pass ada biaya tambahan ngak ya (apa saya harus turun di stasiun Tottori) lalu baliknya tercover juga? Kereta nya yg malam sampai jam berapa ya? Terima kasih atas pencerahannya saya masih binggung . 🙏

  9. Siang pak, saya mau tanya kalau dari Osaka mau kekurayoshi punya Kansai wide pass tercover ngak ya pak? Saya naik kereta apa ya ? Makasih ya infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dengan Kansai Wide Pass, ongkos kereta dari Osaka atau Kyoto menuju ke Tottori tercover bu. Salam

  10. Pak nugroho saya mau mastiin kalo ke museum conan dg JR Pass 7 hari apakah tidak ada biaya tambahan lagi? Naik JR Hokuto sdh tercover oleh JR Pass?

  11. Maaf pak saya kalau dari Osaka mau ke ttotory (Conan station)punya Kansai wide pass saya harus keluar uang berapa lagi ya untu tiba di Yura station.makasih infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Tottori ke Yura ibu bisa naik JR San-in Line selama 1 jam, dengan ongkos 840 yen. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Maksudnya bayar lagi apa bu? Kalau naik super hakuto berarti lewat jalur yang tidak tercover oleh JR Kansai Wide Pass bu, jadi harus bayar lagi. Salam

    • Putri Cahya  |  

      Sorry maksudnya pake kansai wide/kansai pass atau JR pass naik super hakuto kena bayar berapa lagi PP?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ongkosnya PP kena 2 x 6470 yen. Yang gratis dengan Kansai Wide Pass itu bisa naik kereta Hamakaze dari Osaka Station langsung ke Tottori dengan waktu 4 jam 21 menit. Salam

  12. Pak kalau dari Osaka mau ke sini, caranya bagaimana ya? Dari stasiun Shin Osaka atau bukan?

    Kebetulan saya pakai Kansai Wide Area Pass. Apakah ke desa ini ada yang tercover Kansai Wide?

    Saya juga berencana ke Sand Dunes dan ke museumnya. Enaknya bagaimana ya? Dari Osaka langsung ke desa ini atau ke Sand Dunes dulu baru ke kota ini? Dan rute mana saja yg tercover Kansai Wide? Thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau ke Tottori Sand Dunes, dari Stasiun Tottori, kita bisa naik bus kota yang menuju Tottori Sakyu dan berhenti di halte atau pemberhentian terakhir. Busnya berangkat setiap 1 jam sekali dari halte bernomor #0 di depan Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 20 menit dengan ongkos 370 yen. Lebih dekat ke Tottori Sand Dunes. Sementara kalau mau ke Hokueicho, harus menambah 840 yen ongkos kereta dari Tottori Station menuju ke Yura Station (Detective Conan Station). Yang mana duluan, sama saja bu. Salam

    • Andriyanti  |  

      Ohh oke pak.
      Nah kereta nya sendiri yang dari osaka ke tottori sudah tercover Kansai Wide kan pak?

      Dari osaka station atau Shin Osaka station ya pak?

      Lama perjalanan dari Osaka ke Tottori station berapa jam? Lalu dari tottori station ke Yura Station berapa jam? Thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam ibu. Kereta yang paling cepat dari Osaka ke Tottori adalah 4 jam 40 menit, dan 1 jam dari Tottori ke Yura Station. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya ibu, ongkos kereta dari Osaka ke Tottori tercover oleh Kansai Wide Pass. Salam

  13. saya berencana one day trip ke tottori dari osaka dan balik dr tottori lngsung ke kyoto, bisa diberitahu rutenya…saya berencana naik bis krn lbih low budget, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ada bus langsung dari Stasiun Kyoto atau Stasiun Osaka (Umeda) ke Tottori Evira. Lama perjalanannya sekitar 3,5 jam dengan ongkos 4.000 yen. Salam.

    • Info Jepang  |  

      Pertama kita harus menuju ke Hiroshima, mungkin bisa naik feri menyeberang Laut Setonai-kai.
      Dari Stasiun Hiroshima bisa naik bus ekspress sampai ke stasiun Yura di Tottori untuk melihat Kota Detective Conan

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!