Kastil Matsuyama

Home / Castle / Kastil Matsuyama
Item image

Sempat hancur sebagian akibat Perang Dunia kedua, Kastil Matsuyama adalah salah satu dari kastil asli yang masih berdiri di Jepang. Maksudnya kastil asli di sini adalah kastil yang merupakan bangunan asli sejak pertama kali dibangun. Sebagai tambahan sejarah, Kastil Matsuyama ini dibangun oleh Kato Yoshiaki pada 1603 di atas Gunung Katsuyama. Kato Yoshiaki ini masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan keluarga Tokugawa yang adalah penguasa wilayah Jepang. Dia membangun sebuah tempat tinggal yang aman bagi para penguasa Iyo (sebutan untuk wilayah Ehime di masa lalu) di mana musuh harus mendaki gunung untuk mencapai bangunan kastil ini. Sampai hari ini, Kastil Matsuyama adalah daya tarik utama wisata Prefektur Ehime. Simak kisah perjalanan salah satu kontributor Tim Info Jepang ke kastil yang terkenal dengan dua lapis tembok pertahanannya.

Kegiatan Seru di Kastil Matsuyama

1. Mengeksplorasi Kastil Matsuyama

Kastil Matsuyama memiliki dua lapis dinding pengamanan. Setelah membayar tiket masuk seharga 510 yen, kita bisa mulai berkeliling bangunan kastil. Ada beberapa pintu gerbang yang kini dijadikan sebagai aset kekayaan sejarah Jepang, seperti Kakuremon gate, Tonashi-mon, Shichiku-mon, Ichi-no-mon, Ni-no-mon, San-no-mon, dan Shikiri-mon.

Mengunjungi Kastil Matsuyama

Mengunjungi Kastil Matsuyama

Ada dinding bagian luar yang berfungsi sebagai pertahanan pertama, sementara dinding bagian luar dikhususkan untuk melindungi kawasan pribadi keluarga kerajaan yang tinggal di dalam kastil. Sampai hari ini, kita bisa melihat bangunan dinding dan menara penjaga yang masih kokoh berdiri.

Di dalam area bangunan kastil, kita bisa melihat aneka barang peninggalan keluarga penguasa Matsudaira yang tinggal di sini selama beberapa generasi. Selain itu juga ada gambar dan peninggalan sejarah Kota Matsuyama maupun selama masa Restorasi Meiji.

2. Melihat kota Matsuyama dari ketinggian

Karena terletak di atas gunung, dari lantai 3 bangunan utama kastil kita bisa melihat pemandangan kota Matsuyama serta Laut Seto Inland yang indah. Laut Seto Inland ini yang memisahkan daratan utama Pulau Honshu dan Pulau Shikoku.

Pemandangan kota Matsuyama dari Kastil Matsuyama

Pemandangan kota Matsuyama dari Kastil Matsuyama

3. Hanami sakura bersama dengan penduduk lokal Matsuyama

Kastil Matsuyama memiliki halaman dengan lebih dari 200 pohon bunga sakura. Tidak heran, taman kastil ini menjadi tempat favorit untuk hanami yang berlangsung dari akhir Maret sampai awal April.

Selain itu, di sebelah selatan kastil, kita juga bisa berkeliling di Taman Ninomaru (Ninomaru Shiseki Teien Garden) yang dahulu digunakan sebagai taman pribadi keluarga. Di sini kita bisa melihat kolam dengan pohon-pohon yang tersusun rapi. Untuk masuk ke Taman Ninomaru kita dikenakan biaya 200 yen. Selama musim panas, Taman Ninomaru ini juga dijadikan tempat pementasan drama Noh (drama tradisional Jepang) yang sangat terkenal.

Akses menuju Kastil Matsuyama

Untuk mencapai area kastil, kita bisa naik kursi gantung yang akan membawa kita ke ketinggian 132 meter melintasi jalur pendakian dan pepohonan di Gunung Katsuyama. Selain itu, jika ingin mencoba mendaki, kita bisa melalui jalur pendakian dari kaki gunung selama 15 menit sampai pintu masuk kastil. Harga tiketnya 270 yen untuk sekali perjalanan atau 510 yen untuk tiket pulang-pergi.

Naik kursi gantung ke Puncak Katsuyama

Naik kursi gantung ke Puncak Katsuyama

Stasiun bawah kursi gantung ini adalah Okaido, yang bisa dicapai dengan naik tram nomor 5 dari Stasiun Matsuyama. Lama perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos 160 yen.

Akses ke Matsuyama

1. Kereta DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan ongkos 16.500 yen. Dilanjutkan dengan kereta limited ekspress Shiokaze sampai Stasiun Matsuyama. Lama perjalanannya sekitar 2.5 jam dengan ongkos 6.310 yen. Semua ongkos kereta ke Matsuyama tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Selain itu, bisa juga dengan naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Matsuya. Lama perjalanannya sekitar 90 menit. Harga tiketnya kira-kira 35.000-40.000 yen, atau dengan sekitar 16.000 yen dengan harga diskon tiket pesawat. Setibanya di Bandara Okayama, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus selama 15 menit menuju Stasiun Matsuyama atau ke Dogo Onsen.

2. Kereta DARI OSAKA/ KYOTO

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.010 yen.

3. Naik Bus

Selain itu, ada layanan bus malam dari Kyoto, Osaka, atau Tokyo yang menuju Matsuyama. Harganya bervariasi, mulai dari 7.200 yen (dari Kyoto/Osaka) hingga 12.300 yen (dari Tokyo).

Recommended Hotels near Matsuyama Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sunroute Matsuyama
1 km away
Hotel Sunroute Matsuyama
from ‎¥7344/night
Hotel Matsuyama Hills
1 km away
Hotel Matsuyama Hills
from ‎¥4514/night
Hotel New Kajiwara
1 km away
Hotel New Kajiwara
from ‎¥4500/night
Terminal Hotel Matsuyama
1 km away
Terminal Hotel Matsuyama
from ‎¥4673/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Wei-Te WongWei-Te WongYoshikazu TAKADA


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!