Tebing Geibikei

Home / Nature / Tebing Geibikei
Item image

Daerah Tohoku yang menunjuk daerah timur laut Jepang (antara Tokyo dan Hokkaido) adalah daerah yang masih kurang dikenal oleh wisatawan Indonesia. Padahal daerah ini punya banyak tempat wisata alam dan juga bangunan-bangunan bersejarah yang masuk ke dalam warisan budaya dunia di Jepang. Kali ini Tim Info Jepang akan membahas mengenai sebuah tebing indah dengan pemandangan yang menakjubkan di Prefektur Iwate. Jika kamu berpikir lokasinya berada di dalam pegunungan yang susah diakses, maka kamu keliru. Tebing Geibikei sangat mudah diakses dengan kereta dan tercover bila memiliki JR PASS, JR East Tohoku Area Pass, JR East South Hokkaido Pass. Seperti apa suasana dan kegiatan wisata apa yang bisa dilakukan di sini? Simak laporan Tim Info Jepang berikut.

Informasi mengenai Tebing Geibikei

Nama Geibikei sendiri terdiri dari Geibi yang artinya hidung singa, dan kei yang menunjuk pada tebing. Itu karena ada batu berbentuk mirip hidung singa di ujung rute perjalanan Tebing Geibikei. Tebing Geibikei menunjuk pada tebing-tebing di sepanjang aliran sungai Satetsu yang berada di sebelah dalam prefektur Iwate.

Kalau teman-teman melihat lokasi prefektur Iwate, wilayahnya terbagi menjadi dua, sebelah timur adalah wilayah pantai dan pertanian, sementara sebelah barat adalah wilayah lembah yang terhubung dengan Hokuriku Shinkansen dari Tokyo. Nah, Tebing Geibikei ini berada di pegunungan di antara kedua wilayah tersebut, dan terhubung dengan akses kereta JR (yang juga menghubungkan wilayah barat dan timur Prefektur Iwate).

Di sini kita bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan, air terjun, ikan dan bebek yang berenang sepanjang sungai yang tenang, tebing-tebing 50 meter yang menjulang tinggi dari atas perahu dalam perjalanan kurang lebih 90 menit menyusuri aliran sungai sepanjang kurang lebih satu kilometer. Teman-teman tidak perlu kuatir, untuk mencapai pelabuhan keberangkatan kapal, aksesnya sangat mudah. Penyelenggara tur perahu menyusuri Tebing Geibikei juga adalah perusahaan yang sudah terdaftar di Jepang.

[/image]Menyusuri Tebing Geibikei dari atas perahuMenyusuri Tebing Geibikei dari atas perahu[/image]

Dari pengalaman kontributor Tim Info Jepang, pemandangan di Tebing Geibikei indah setiap musimnya. Namun, pemandangan saat musim gugur kala daun-daun berubah warna menjadi merah dan oranye mungkin adalah pemandangan terbaik di Tebing Geibikei ini. Pemandangan musim gugur bisa disaksikan dari akhir Oktober hingga awal bulan November.

Satu kegiatan wisata unik yang pasti dilakukan saat mengikuti tur ini adalah lemparan keberuntungan. Kita akan disuruh mengambil sebuah batu kecil bernama undama (batu keberuntungan) dan melemparkannya ke sebuah batu berbentuk lingkaran yang berada di seberang sungai. Kalau berhasil memasukkan batu ke tengahnya, katanya kita akan mendapatkan keberuntungan, hehe! Hanya undama ini tidak gratis, kita harus bayar 100 yen untuk mendapatkan 5 buah batu undama.

Pengalaman mengikuti Tur Perahu Tebing Geibikei

Oh ya, buat teman-teman yang ingin mencoba tur berkeliling dengan perahu, perahu berangkat sekali tiap sejam, dan bisa menanmpung sekitar 30-40 orang dalam sekali keberangkatan. Pembelian tiket dan pembayarannya pun bisa dilakukan sebelum keberangkatan perahu, jadi tidak perlu repot untuk pemesanan. Saat akan naik ke dalam perahu, kita juga disuruh melepaskan sepatu untuk menjaga kebersihan dalam perahu. Lalu sepanjang perjalanan, petugas juga akan menjelaskan kisah-kisah dan penjelasan terkait dengan tebing, juga kadang menyanyikan lagu tradisional asal daerah tersebut yang disebut Geibi Oiwake. Di akhir perjalanan, perahu akan menepi ke pelabuhan, dan kita bisa menjumpai beberapa toko suvenir dan restoran di dekatnya.

Suasana asri di Tebing Geibikei

Suasana asri di Tebing Geibikei

Kemudian, teman-teman tenang saja, kalaupun hari hujan kita tetap dalam menikmati tur perahu menyusuri Tebing Geibikei ini karena nanti akan disiapkan kapal beratap untuk melindungi dari tetesan air hujan. Perjalanan perahu menyusuri Tebing Geibikei ini juga perjalanan pulang pergi, jadi kita akan kembali ke tempat keberangkatan awal. Kita juga diijinkan makan dan minum kok di dalam perahu, jadi bisa makan sambil menikmati pemandangan menakjubkan Tebing Geibikei.

Informasi Jadwal Menyusuri Tebing Gebikei

Jadwal perjalanan perahu menyusuri Tebing Geibikei adalah buka setiap hari, namun jam beroperasinya berbeda-beda tergantung musim. Antara bulan April hingga Agustus (musim semi hingga musim panas) buka dari jam 08.30-16.30, kemudian antara bulan November hingga Maret (musim gugur dan musim dingin) buka dari jam 09.00-15.00.

Kemudian tarifnya adalah 1.500 yen untuk dewasa, 1.200 yen untuk pelajar SMA, 1.000 yen untuk pelajar SMP, 800 yen untuk pelajar SD, dan 100 yen untuk anak TK kebawah.

Kapal di Tebing Geibikei

Kapal di Tebing Geibikei

Suasana Kapal Wisata di Tebing Geibikei

Suasana Kapal Wisata di Tebing Geibikei

Akses menuju ke Tebing Geibikei

Dengan kereta

Pelabuhan keberangkatan tur perahu (sighseeing boat) di Tebing Geibikei bisa ditempuh dengan berjalan kaki sebentar dari Geibikei Station di jalur JR Ofunato Line. Dari Tokyo, teman-teman bisa naik Tohoku Shinkansen Hayabusa sampai ke Ichinoseki Station, kemudian dari Ichinoseki Station lanjut naik JR Ofunato Line ke arah Kesennuma dan turun di Geibikei Station. Dari Tokyo Station total ongkosnya adalah 13.450 yen dan semuanya tercover dalam Japan Rail Pass, JR East Tohoku Area Pass dan JR East South Hokkaido Pass.

Dengan Bus

Tersedia bus yang menghubungkan Hiraizumi Station dengan Tebing Geibikei. Jadwal perjalanannya adalah dari pertengahan April sampai November hanya berangkat saat akhir pekan dan hari libur, dan juga jadwal keberangkatan harian antara bulan Juli hingga Agustus. Tersedia 4 keberangkatan per hari, dengan ongkos 500 yen dan durasi perjalanan selama 35 menit.

Cheap Hotels in Ichinoseki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Bellino Hotel Ichinoseki
13 km away
Bellino Hotel Ichinoseki
from ‎¥13781/night
Hotel Sunroute Ichinoseki
12 km away
Hotel Sunroute Ichinoseki
from ‎¥4669/night
Toyoko Inn Ichinoseki Eki
12 km away
Toyoko Inn Ichinoseki Ekimae
from ‎¥6264/night
Atto Business Hotel Ichin
11 km away
Atto Business Hotel Ichinoseki
from ‎¥4669/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Koiwai Farm
87 km away
Suasana Peternakan Koiwai Farm
Kitakami Tenshochi Park
34 km away
Menikmati keindahan sakura di Kitakami Tenshochi Park
Hiraizumi Iwate
13 km away
Kolam di Motsuji Temple Hiraizumi Iwate
Tebing Geibikei
0 km away
Suasana asri di Tebing Geibikei

Sumber gambar: Flickr  Yuhei Kuratomi, Nisa yeh, Tohoku Kanko, Tohoku Kanko


Recommended for you


Last modified: May 23, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. Halo Pak Christian. Boleh info, untuk tahu jadwal JR ofunato line dari stasiun ichinoseki, bisa didapat dimana ya? Saya perlu informasi jam berapa saja kereta tsb berangkat ke tujuan sta geibikei, dan sebaliknya. Terimakasih

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!