Danau Towada di Aomori

Home / Nature / Danau Towada di Aomori
Item image

Danau Towada di Aomori adalah danau vulkanik (danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi) terbesar di Pulau Honshu Jepang. Sejarahnya sama dengan Danau Toba loh, di mana terjadi letusan besar yang membuat batuan penyusun kalderanya terlontar jauh dan membentuk lubang besar. Selama ratusan tahun, hujan kemudian mengisi dan membentuk Danau Towada. Berada di ketinggian 400 meter dari permukaan laut, Danau Towada punya iklim sejuk sepanjang tahun. Namun, pesona danau ini adalah di musim gugur. Permukaan airnya yang jernih, ditambah pemandangan momiji yang ajaib mirip dengan Danau Chuzenji yang ada di wilayah Nikko. Simak kisah perjalanan salah seorang kontributor Tim Info Jepang yang mengunjungi danau di perbatasan Prefektur Akita dan Aomori berikut ini.

Kegiatan Seru di Danau Towada

1. Menikmati keindahan panorama danau dari Dek Observasi

Danau Towada dikelilingi oleh dataran tinggi 10 sampai 100 meter dengan jalan yang mengelilinginya. Wilayah di sekeliling danau belum terlalu berkembang, di mana hanya ada dua desa kecil yang ada di sisi timur dan selatan danau. Yasumiya di sisi selatan, dan Nenokuchi di sisi timur. Di Yasumiya, kita juga melihat Kuil Towada yang jadi kuil untuk menghormati roh penjaga Danau Towada.

Selain itu, total ada 4 lokasi dek observasi untuk melihat keindahan Danau Towada. Ada 2 di sisi selatan danau di dekat Yasumiya, dan 2 di sisi utara. Sayangnya dek-dek observasi ini tidak dilalui oleh bus-bus dari kota sekitar seperti Kakunodate atau Kota Aomori. Biasanya kita harus menyewa mobil untuk bisa bepergian dan menikmati pemandangan Danau Towada.

Teman-teman juga bisa berjalan keliling danau sambil berjalan kaki. Ada rute jalan berkeliling danau sepanjang 9 kilometer yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 2 jam.

Dari tepi Danau Towada di Nenokuchi, kita bisa duduk-duduk santai menikmati keindahan danau. Airnya yang jernih membuat kita bisa melihat dasar danau dan ikan yang berenang di dalamnya. Suasana yang teduh dijamin bakal membuat kita betah berlama-lama duduk bersantai di sini.

Suasana Danau Towada

Suasana Danau Towada

2. Melihat Sungai Oirase

Tidak begitu jauh dari Nenokuchi, teman-teman jangan sampai melewatkan panorama sungai Oirase atau Oirase Stream. Panorama sungai dengan hutan maple di kiri-kanan sungai membuat Oirase Stream menjadi salah satu dari spot momiji terindah di Jepang. Sungai Oirase ini adalah satu-satunya saluran keluar dari Danau Towada menuju ke kota Hachinohe dan Aomori.

Oirase Stream di dekat Danau Towada di Aomori

Oirase Stream di dekat Danau Towada di Aomori

3. Menikmati pemandangan danau dan pemandangan momiji dari atas kapal

Selain dari darat, mengapa tidak mencoba menikmati keindahan Danau Towada secara langsung dari dalam? Ada kapal sightseeing yang menawarkan rute berkeliling danau dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari 1.440 yen. Tersedua dua rute sightseeing yang berangkat setiap jam dari jam 08.00-16.00, pertama roundtrip Yasumiya-Yasumiya, dan yang kedua dari Yasumiya ke Nenokuchi yang dapat ditempuh dengan perjalanan selama 50 menit. Saat di atas kapal sightseeing, jangan lupa untuk berfoto dan menikmati keindahan danau ya!

Naik kapal wisata di Danau Towada di Aomori

Naik kapal wisata di Danau Towada di Aomori

Informasi Lainnya

Website Kapal Sightseeing di Danau Towada

Akses menuju Danau Towada

Dari Stasiun Shin-Aomori atau Stasiun Aomori, kita bisa naik JR bus menuju Yasumiya melalui Oirase Stream dan Nenokuchi. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam dengan ongkos 3.090 yen. Atau bisa juga naik JR bus dari Stasiun Hachinohe, dengan lama perjalanan 2 jam dengan ongkos 2.670 yen. Bus ini hanya tersedia dari bulan April sampai akhir November, dan ongkosnya tercover dengan JR Pass dan JR East Tohoku Pass. Di musim dingin, tidak tersedia transpotasi umum bus menuju Danau Towada.

Akses menuju Aomori

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tohoku Shinkansen sampai Stasiun Shin-Aomori atau Stasiun Hachinohe. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.350 yen (Shin-Aomori) atau 3 jam dengan ongkos 16.000 yen (Hachinohe). Setelah itu bisa dilanjutkan dengan naik bus lokal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, bagi teman-teman yang ingin liburan murah, bisa naik Bus Conan dari depan Stasiun Ueno, Stasiun Tokyo, dan Stasiun Shinjuku sampai ke Terminal Bus Hirosaki dan Aomori. Lama perjalanan sekitar 9,5 jam dengan ongkos 5.500-7.500 yen (tergantung tipe dan fasilitas bus). Selain itu, ada juga layanan bus malam Willer Express yang berangkat dari Stasiun Tokyo menuju ke Aomori. Lama perjalanan sekitar 10.5 jam dengan ongkos mulai dari 4.500 yen.

Recommended Hotels near Aomori Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sunroute Aomori
42 km away
Hotel Sunroute Aomori
from ‎¥5000/night
Hotel New Murakoshi
43 km away
Hotel New Murakoshi
from ‎¥4600/night
Aomori Kokusai Hotel
42 km away
Aomori Kokusai Hotel
from ‎¥5800/night
Hyper Hotels Passage
42 km away
Hyper Hotels Passage
from ‎¥6500/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Kzaral


Recommended for you


Last modified: October 4, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (20)

  1. Hi Pak Nugroho,
    Rencana saya mau ke lake towada tanggal 13-14 okt 2018. Saya mau tanya, bagaimana cara membeli tiket ke yasumiya? Apakah tiket dijual di stasiun aomori? Mohon infokan juga jadwal bus dari dan ke aomori – yasumiya? Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu dilakukan pemesanan bu, ibu bisa langsung naik busnya. Lalu, untuk jadwal busnya dari Stasiun Aomori, berangkat jam 7:45, 8:15, 8:45, 9:55, 11:30, dan 13:30. Salam.

    • Karuna Wijaya  |  

      Terima kasih atas informasi sebelumnya, Pak.
      Maaf, saya ada beberapa pertanyaan sebagai berikut:
      1. Kalau jadwal bus dari Yasumiya ke Stasiun Aomori adanya jam berapa saja ya, Pak? Karena saya rencana hanya mau 1 day trip saja.
      2. Bagaimana cara untuk bisa wisata dari Lake Towada lalu Oirase Stream dan Hakkoda Ropeway dalam 1 hari? Apakah cukup waktunya? Mohon petunjuk apabila saya berangkat dari Aomori Station pagi hari dan ingin pulang pada malam hari nya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk rute Yasumiya ke Satasiun Aomori ada jam 8:20, 10:20, 13:15, 14:05, 15:00, dan 16:00.
      2. Bisa ke semuanya bu, tapi tidak mungkin tanpa tour atau menyewa mobil sendiri karena transportasinya jarang. Ibu bisa bergabung dalam tur keliling Towada, Oirase, dan Hakkoda Ropeway seperti TripleLights atau GreenTraffic. Salam.

    • Terima kasih, Pak Nugroho infonya.
      Apakah memungkinkan kalau saya pagi naik JR bus ke Lake Towada dan wisata sekitar 1.5 jam di sana lalu naik taxi ke Mt. Hakkoda dan kembali ke Lake Towada untuk pulang ke Aomori dengan JR Bus? Kira2 biaya taxi roundtrip dari Lake Towada ke Mt. Hakkoda berapa ya, Pak?
      Terima kasih banyak, Pak sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Memungkinkan bu untuk ke Lake Towada, lalu untuk biaya taksinya mungkin sekitar 4-5 juta. Saran saya mending ikutan tour langsung bu, lebih cepat dan bisa lebih murah karena hitungannya ibu private taxi charter. Salam.

  2. Dear Pak Nugroho
    Saya ingin pergi ke danau towada 2 hari yaitu tanggal 5 dan 6 oktober. Di tanggal tersebut apakah sudah bisa menikmati pemandangan musim gugur. Untuk tanggal tersebut saya lebih baik ke danau towada atau tateyama-kurobe alphine route untuk mendapatkan pemandangan musim gugr yang lebih baik? mohon sarannya ya

    Thanks and regards
    jati

    • Dear Pak Nugroho
      Apakah perjalanan total dari stasiun tokyo ke towada 3,5 jam. karena saya search di hyperdia sampai aomorinya membutuhkan waktu 390 menit
      mohon info
      terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ada kereta Shinkansen Hayabusa yang menghubungkan Tokyo dan Shin-Aomori selama 3,5 jam. Salam.

  3. Saya berencana berangkat ke jepang tepatnya ke aomori pada tgl 3 juli 2017. Dan apa saya bisa menggunakan tiket 18 kippu dari tokyo (haneda) untuk ke aomori? selain itu, apakah sebaiknya saya membeli 2 tiket harian 18 kippu? karena saya hanya membutuhkan untuk transportasi dari tokyo (haneda) ke aomori dan sebaliknya. Saya menginginkan biaya perjalanan yang lebih murah

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Refsya, sayangnya pada tanggal 3 Juli, Seishun 18 Kippu tidak berlaku penggunaannya. Saran saya paling menggunakan kereta Shinkansen saja, dan sudah pasti balik modal dengan JR Pass. Salam.

    • refsya  |  

      maaf saya mau bertanya lagi pak, kira2 berapa biaya dengan kereta shinkansen nya pak? apakah lebih murah? atau kira2 adakah jenis transportasi lain yang lebih murah yang bisa saya gunakan untuk berangkat dari tokyo (haneda) ke aomori? terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Dengan shinkansen ongkosnya 17.550 yen (35.100 yen untuk PP). Pilihan yang lebih murah dari shinkansen adalah dengan naik bus malam. Ongkosnya mulai dari 7.800 yen, dengan lama perjalanan 12-13 jam. Silahkan mengeceknya di website Willer Ekspress berikut. Salam.

  4. Pak Nugroho, saya berencana ke Jepang akhir april ini, kemudian itinerarynya adalah seperti ini:
    D1. Tokyo
    D2. Aomori
    D3. Fukuoka
    D4. Tokyo
    D5. Osaka
    D6. Kyoto
    D7. Tokyo

    Apakah menggunakan JR Pass ordinary saja cukup? Atau harus membeli JR pass east dan kansai terpisah?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR PASS seharga 29.110 yen seperti yang dijelaskan di halaman ini sudah mengcover seluruh ongkos perjalanan kereta JR Bapak selama di Jepang.
      Salam

  5. Selamat malam Pak Nugroho, sy rencana ke jepang sekitar akhir april selama 7 hr rencana tripnya dr tokyo ke shirikawa lalu ke aomori dan dari aomori balik tokyo lg. Utk rute ini JR pass type apa yg sy butuhkan ya? Sy rcna mau beli yg ordinary 7 days. Ini trip pertama sy ke japan.Juga bisa tlg diberikan gambaran bagaimana utk mencapai tempat yg sebutkan di atas. Misalnya kl ke shirikawa naik dr mana dan stop dimana lalu naik bus apa etc.
    Terima kasih pak atas bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ke Aomorinya di mana? Kalau dari Shinagawa bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai ke Tokyo Station.
      Kemudian naik Tohoku Shinkansen sampai ke Shin Aomori Station.
      Lalu, rencana pembelian JR Pass nya sudah tepat Ibu, sudah balik modal.
      Salam

    • Terima kasih pak atas replynya.. sy akan ke aomori dr tokyo.. sdh dpt teman barengan.
      Oh ya pak, mau tanya lg utk koneksi internet apkh ok (lbh murah) kl beli sim card docomo.. soalnya ada yg blg katanya kdg2 tdk dpt signal. Tks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang tidak bisa memberikan jawaban pasti. Namun, SIM CARD Docomo memang kualitasnya berbeda-beda, tergantung telepon genggam yang dipakai. Kalau ingin yang pasti bisa menggunakan wifi. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!