Informasi Lengkap Pendakian Gunung Fuji

You are here Home  > Nature, Wisata Jepang >  Informasi Lengkap Pendakian Gunung Fuji

Gunung Fuji, adalah puncak tertinggi di negara Jepang. Bisa dibilang seluruh budaya dan kehidupan orang Jepang dipengaruhi oleh gunung setinggi 3776 meter ini. Sedikit informasi mengenai Gunung Fuji adalah kelilingnya yang mencapai 125,529 kilometer dengan diameter antara 40-48 kilometer di bagian dasarnya, dengan kawah di bagian puncak yang memiliki diameter 487,68 meter. Gunung Fuji juga sebetulnya terdiri dari 3 gunung yang berbeda. Gunung pertama, yang berada di paling dasar adalah Komitake. Di atas Komitake, ada Kofuji. Dan di bagian teratas ada Fuji, yang merupakan gunung termuda di antara ketiganya. Gunung Fuji merupakan gunung berapi yang aktif. Walau begitu, letusan terakhir terjadi pada tahun 1708, jadi sudah hampir 400 tahun gunung ini “diam”.

Berbeda dengan gunung-gunung tinggi lain di dunia yang berada di barisan pegunungan, Gunung Fuji berdiri kokoh soliter dan simetris. Tidak ada gunung lain di sekitarnya sehingga bentuk kerucut gunung dapat dilihat dengan jelas dari daerah yang jauh sekalipun. Baik masyarakat Jepang maupun turis internasional berbondong-bondong datang untuk menaklukkan gunung suci di Jepang ini.

Sering ada perdebatan di mana letak Gunung Fuji yang sebenarnya, namun secara geografis posisi Gunung Fuji terletak di perbatasan antara prefektur Yamanashi dan Shizuoka. Jaraknya kira-kira 100 kilometer di sebelah barat daya Tokyo. Walau cukup jauh, jika hari sedang cerah Gunung Fuji bisa terlihat cukup jelas dari Tokyo dan Yokohama. Namun jika kalian berencana pergi ke Gunung Fuji dari Kyoto, Osaka, maupun Nagoya, salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung ini adalah saat berada di sekitar Stasiun Shin-Fuji.

Ketika hendak mendaki Gunung Fuji kita bisa mendapatkan informasi Guidebook mengenai gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya yang terdapat hampir di seluruh pusat informasi turis di stasiun-stasiun besar kota Tokyo. Di sana kita bisa mendapatkan informasi secara detail mengenai transportasi dan akomodasi selama mendaki Gunung Fuji, lalu juga sederetan informasi penting yang lainnya. Di musim pendakian (sekitar bulan Juli hingga Agustus) kita juga bisa menanyakan informasi dalam beberapa bahasa. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi serupa dari pusat informasi turis di Kawaguchi-ko (berada di perhentian bus asal Tokyo).

Musim pendakian dibuka secara umum sejak 1 Juli hingga 31 Agustus. Di waktu ini suhu udara sudah mulai hangat sehingga salju di puncak gunung sudah banyak mencair. Tetapi tetap waspada dan hati-hati karena cuaca sering berubah-ubah dan tentunya bisa membahayakan keselamatan. Tim Info Jepang sudah merangkum peralatan dan persiapan yang perlu dibawa saat mendaki Gunung Fuji, selengkapnya baca di sini.

Untuk climbing season berbeda-beda setiap jalur pendakian, harinya pun berbeda setiap tahun. Untuk tahun 2015

  • Jalur pendakian Yoshida dari 1 Juli sampai 14 September
  • Jalur Subashiri, Gotemba dan Fujinomiya dari 10 Juli sampai 10 September
  • Jalur pendakian sampai ke kawah Gunung Fuji dari 10 Juli sampai 15 September

Informasi Pendakian Gunung Fuji

Pendakian Gunung Fuji secara garis besar terdiri dari 10 stasiun perhentian hingga ke puncak. Bus tour dari Tokyo dan Yokohama biasanya menggunakan tol dan akan sampai di perhentian ke-5 yang posisinya berada di tengah-tengah jalur pendakian. Dari perhentian ke-5 (yang jumlahnya ada 4 buah dan tersebar di ke-4 jalur pendakian), wisatawan hanya bisa melanjutkan perjalanan mendaki gunung. Itulah sebabnya perhentian ke-5 ini sering dianggap sebagai titik awal pendakian Gunung Fuji. Pertama, stasiun ke-5 Kawaguchi-ko (perhentian danau Kawaguchi) yang bisa dicapai dari kota Kawaguchi. Stasiun perhentian ini adalah yang paling ramai dilewati oleh para pendaki yang berasal dari Tokyo. Kemudian yang kedua, rute Yoshida yang bermula dari kota Fuji-Yoshida.

Rute Pendakian Gunung Fuji dari Yoshida dan Kawaguchi-ko
Pendakian Gunung Fuji dari Yoshida dan Kawaguchi-ko

Jalur pendakian Yoshida dimulai dari Tempat perhentian ke-5 Fuji Subaru Line atau sering disebut juga perhentian Yoshidaguchi atau perhentian Kawaguchiko, letaknya berada di Prefektur Yamanashi, pada ketinggian 2300 meter di atas permukaan laut. Jalur ini adalah yang paling ramai oleh pengunjung dan para pendaki, karena lengkap dengan toko oleh-oleh, pusat informasi turis, toilet, dan fasilitas umum lainnya. Kita bisa mencapai sini dengan naik bus ekspress reservasi dari Shinjuku Station dengan lama perjalanan kurang lebih dua setengah jam.

Diperlukan sekitar 5 sampai 7 jam waktu pendakian, sedangkan bisa turun dalam waktu 3 sampai 5 jam. Kondisi jalur pendakian Yoshida lumayan datar sampai ke tempat perhentian ke-7 dan banyak tempat peristirahatan, sedikit berputar zigzag, dan berbatu hingga ke puncak Gunung Fuji. Di antara perhentian ke-7 dan ke-8 ada tempat P3K, sedangkan di antara perhentian ke-8 dan puncak gunung ada persinggungan jalan dengan jalur Subashiri dan menjadi titik terpadat pendakian Gunung Fuji.

Rute Pendakian Gunung Fuji dari Fujinomiya
Pendakian Gunung Fuji dari Fujinomiya

Jalur pendakian Fujinomiya dimulai dari perhentian ke-5 Fujinomiya yang berada 2400 meter di atas permukaan laut. Tempat perhentian ke-5 Fujinomiya adalah tempat perhentian paling ramai nomor dua setelah perhentian Yoshida di bagian utara. Disana terdapat fasilitas umu, rumah makan, dan juga toko-toko yang menyediakan peralatan pendakian Gunung Fuji. Perkiraan waktu pendakian Gunung Fuji sekitar 4 hingga 7 jam, sedangkan saat turun diperlukan waktu 2 hingga 4 jam. Jalur pendakian Fujinomiya adalah menyusuri sisi selatan Gunung Fuji dengan kondisi jalur pendakian sangat berbatu dan curam. Meskipun begitu, jalur ini tetap ramai dikunjungi wisatawan karena stasiun awalnya berada di paling atas, yakni 2400 meter.

Lalu ada juga stasiun perhentian Subashiri (1980 meter) yang nantinya bergabung dengan rute Yoshida. Lalu ada stasiun perhentian Gotemba yang bermula dari kota Gotemba di ketinggian 1440 meter. Stasiun perhentian Gotemba menjadi yang terjauh dan memerlukan waktu sekitar 7 hingga 8 jam untuk sampai ke puncak Gunung Fuji, lebih lama dibanding rute lainnya yang hanya 4 sampai 5 jam perjalanan. Yang terakhir adalah Fujinomiya/ rute Mishima (2380 meter) yang letaknya di sebelah barat, lebih dekat jika datang dari Nagoya, Kyoto, atau Osaka. Rute ini bertemu dengan rute Gotemba di puncak Gunung Fuji.

Kalau pendakian Gunung Fuji dilaksanakan secara kontinu, kita dapat mendakinya dalam waktu 4,5 jam dan turun sekitar 3 jam. Di puncak Gunung Fuji, kita memerlukan sekitar 1 jam untuk mengelilingi kawah raksasanya. Namun, biasanya orang-orang mengincar jam matahari terbit (goraiko) dan memandangnya dari puncak gunung. Oleh sebab itulah biasanya orang akan mulai pendakian Gunung Fuji sejak sore hari hingga ke stasiun perhentian 8, menginap satu malam, dan mendaki lagi dari sejak subuh hari.

Biaya penginapan di pondok di Gunung Fuji cukup mahal, sekitar 4000 hingga 4500 yen untuk sebuah matras di atas lantai dan berdempetan dengan para pendaki lainnya. Pondok juga menyiapkan makanan untuk mengisi kembali tenaga yang telah terkuras dalam pendakian Gunung Fuji. Kalau tidak mau makan, kita dapat beristirahat sejenak dengan membayar 500 yen untuk sejam. Perlu diketahui bahwa tidak boleh mendirikan tenda di Gunung Fuji.

Foto pondokan di Gunung Fuji
Pondok di Gunung Fuji

Suasana Pondokan di Gunung Fuji

Akses Pendakian Gunung Fuji

Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke start awal jalur pendakian Yoshida Trail, Fujinomiya Trail, Subashiri Trail, atau Gotemba trail bisa dilihat di halaman berikut.

Gambar di bawah adalah salah satu loket pembelian tiket bus Highway Bus di Stasiun Shinjuku Tokyo. Kita juga bisa memesan tiket dari internet juga, dengan link berikut.

Pendakian Gunung Fuji: Highway Bus di Shinjuku

Dari Subashiri ada bus menuju stasiun perhentian kelima Subashiri yang ongkosnya 1220 Yen dan durasi perjalanan 55 menit. Kalau dari Stasiun Gotemba ada bus dengan ongkos 1080 Yen dan 45 menit perjalanan langsung ke stasiun perhentian kelima rute Gotemba.

Tour PP ke Hakone dan Gunung Fuji

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Tour terbaik bagi yang menginap di daerah Shinjuku. Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway di Owakudani

Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat kawah aktif Owakudani di Hakone. Lalu kembali ke Tokyo sambil menikmati sensasi naik kereta cepat paling terkenal di dunia, Shinkansen.

Cheap Hotels near Gunung Fuji [More Hotels]

Umeya Annex
from ¥9792/night
Umeya Annex
Pension Avenue
from ‎¥9534/night
Pension Avenue
Mt. Fuji Hostel Samurise
from ¥2624/night
Guesthouse Sakuya
Guest House Sekimotoya
from ‎¥8430/night
Guest House Sekimotoya

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar :  JNTO, JNTO, Cloudfront, Marufish, inefekt69

Recommended for you

Last modified: August 20, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (20)

  1. Bagai mana kalau ditempuh dari Nagoya, apakah hrs dg naik JR, Kintetsu, Meitetsu atau bus..dan mengambil yg ke mana..tolong bantu informasinya..🙏🙏 terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Yanthi. Dari Nagoya, bisa naik bus langsung ke Gunung Fuji, berangkat dari terminal bus Meitetsu Nagoya.
      Reservasinya bisa dicek di halaman website berikut (website Fujikyu Bus). Salam

  2. Oiya 1 lg untuk bis keberangkatan dimana saja letaknya tau tidak. . ?
    Dan kalau kita naik kereta dari saitama bgusnya berhenti dimana untuk melanjutkan perjalanan naik bis sampai 5th ? Fujinomiya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk bis menuju ke Gunung Fuji 5th Station (jalur pendakian Subaru di arah Danau Kawaguchiko), ada Highway Bus yang berangkat dari Shinjuku atau Tokyo Station.
      Sementara kalau mau berangkat dari jalur selatan di Fujinomiya harus melewati jalur memutar arah selatan. Dari Saitama bisa ke Tokyo Station, lalu naik kereta Tokaido Line sampai ke Fuji Station, lalu naik bus Fujikyu sampai ke Fujinomiya.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa jadi Pak. Karena banyak rombongan turis dari negara lain yang juga memesan tiket dalam jumlah banyak.
      Jadi daripada kehabisan atau harus menunggu bus yang lainnya, lebih baik dibeli sebelumnya, supaya tidak mengganggu jadwal liburan di Jepang.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Yaizu ada 2 pilihan: naik bus atau naik kereta. Kalau naik bus bisa dari Shizuoka Station. Sedangkan naik kereta bisa dengan jalur memutar Shizuoka-Yokohama-Hachioji-Otsuki-Kawaguchiko-Fuji 5th

  3. Heri shitazumi  |  

    Terimakasih infonya min sangat membantu
    Untuk naik bus express langsung turun di kawaguchiko station kah
    Tiket bus bisa langsung di beli di loketnya apa pesen dulu min

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, bus ekspress sampai di stasiun Kawaguchiko. Bisa dibeli langsung di loketnya bu. Kalau pesan susah harus memakai bahasa Jepang. Adanya malah bingung sendiri.

    • Maaf mau tanya, kalau dari shin-fuji apakah ada bis ke fujinomiya 5th station? pesan tiket bus-nya bisa di stasiun juga kah?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada bus kota (ROSEN) dari Shin-Fuji sampai ke Fujinomiya 5th station. Berangkat jam 8:25, 9:25, 10:25, 11:25, 12:25, 13:25, 15:25, 16:25, 17:55.
      Bus ini adalah bus kota biasa, jadi bisa bayar langsung ongkosnya di dalam bus, atau pakai kartu PASMO/SUICA, atau bisa juga beli tiket di kantor dekat halte bus jika yang naik banyak. Ongkos dari Shin-Fuji ke Fujinomiya 2380 Yen.
      Salam

    • Terima kasih banyak atas informasinya.
      Mohon maaf jika saya mau bertanya lagi.
      Busnya biasanya stand by di dekat pintu keluar shin-fuji station atau saya harus mencari loket pembelian tiket bis di dalam stasiun shin fuji?

      Terima kasih banyak atas penjelasannya sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa membeli di Fujikyu Bus Kippu Uriba di Shin Fuji Eki atau langsung ke halte nomor 6 di pintu keluar sebelah utara Stasiun Shin Fuji.
      Kalau berkenan bisa menceritakan pengalamannya nanti via website infojepang, pasti akan membantu banyak orang lain.
      Salam

    • Terima kasih banyak atas informasi yang diberikan.

      Insya Allah akan saya usahakan untuk berbagi pengalaman lewat website ini.

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk kurs yen ke rupiah lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel ini Mengambil Yen di ATM Jepang
      Namun, berdasarkan pengalaman saya selama di Jepang, konversi rupiah ke yen tidak terlalu fluktuatif, sekitar 118-125 rupiah/ yen nya.

      Warga jepang mayoritas tidak bisa berbahasa Inggris, namun pendakian ke Gunung Fuji cukup mudah dilakukan karena ada banyak pendaki lain, selain itu infrastrukturnya sudah lengkap (papan nama, peta jalur pendakian tersedia). Jangan bandingkan dengan mendaki gunung di Indonesia ya. Gunung Fuji ini gunung paling terkenal di Jepang dan objek wisata utama. Pemerintah Jepang sendiri terus berupaya agar bisa banyak pendaki/ turis yang datang.

      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      kurs yen terhadap rupiah fluktuatif setiap harinya, bisa dicek di halaman berikut Mengambil Yen di ATM Jepang.
      Warga Jepang rata-rata tidak bisa bahasa Inggris, makanya Tim Info Jepang menyiapkan layanan Tour Guide Online untuk membantu orang Indonesia yang ingin ke Jepang tapi ttp dengan harga murah

    • Heri shitazumi  |  

      Info untuk rute dari shinjuku ke base camp gunung fuji min
      Untuk akomodasi pendakian gunung fuji kira2 berapa yen min

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika naik kereta, dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Dari situ bisa pergi ke jalur pendakian Yoshida Trail (arah lengkapnya bisa ditanyakan di pusat informasi turis)

      Bisa juga naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

      Mengenai biaya penginapan harganya 6000 yen untuk satu malam. Ada juga paket 7000 yen yang menawarkan makan pagi satu kali.
      Jika ada pertanyaan lainnya bisa ditanyakan.
      Salam, selamat berlibur.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan