Menyewa Mobil di Jepang

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Menyewa Mobil di Jepang

Menyewa mobil biasanya tidak diperlukan di kota-kota besar. Selain karena lalu lintas kota padat, biaya parkir juga amat mahal di Jepang. Anda dapat menggunakan transportasi umum, seperti kereta, kereta bawah tanah, bus, dan taksi. Namun, jika teman-teman ingin mengunjungi daerah pedesaan, pegunungan, atau taman nasional yang ada di Jepang, menyewa mobil adalah pilihan yang Tim Info Jepang sarankan. Transportasi umum di tempat-tempat tersebut jarang dan tentunya akan membuang banyak waktu.  Berikut ini Tim Info Jepang sudah merangkumnya, terkait ijin, biaya, atau lokasi/ perusahaan penyedia jasa penyewaan mobil. So, check this out!

Apa persyaratan mengendarai mobil di Jepang?

Usia minimum untuk mengemudi di Jepang adalah 18 tahun, dan Anda memerlukan SIM Jepang atau International Driving Permit (IDP) untuk menyewa dan mengendarai mobil di Jepang.

International Driving Permit (IDP) dikeluarkan oleh negara asal Anda. Jepang hanya menerima ijin mengemudi berdasarkan Konvensi Jenewa di tahun 1949. SIM internasional yang dikeluarkan Indonesia tidak berlaku di Jepang. Jika teman-teman ingin mengendarai mobil di Jepang, harus melakukan tes untuk memperoleh ijin dari kepolisian Jepang.

Bagaimana cara menyewa mobil di Jepang?

sewa mobil di jepang

Ada banyak perusahaan penyedia rental mobil. Teman-teman bisa melakukan reservasi dalam bahasa inggris dan pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit.

Perusahaan penyewaan mobil terkemuka di Jepang adalah Toyota Rentacar, Nippon Rentacar, Orix Rentacar, Times Car Rental, dan Nissan Rentacar. Semuanya beroperasi ratusan cabang di kota-kota seluruh Jepang, menawarkan mobil dalam semua ukuran. Teman-teman bisa mengklik langsung untuk reservasi, Tim Info Jepang sudah mencarikan halaman berbahasa inggrisnya untuk memudahkan teman-teman.

Beberapa perusahaan menyediakan layanan reservasi dalam bahasa Inggris, sehingga teman-teman lebih mudah untuk mengaksesnya. Berikut ini adalah perusahaan rental mobil yang bisa teman-teman hubungi:

  1. Japan Experience dengan mobil yang dilengkapi GPS berbahasa inggris dan layanan pelanggan juga dalam bahasa Inggris.
  2. ToCoo!, juga menyediakan reservasi dalam bahasa Inggris.

Menyewa mobil ke perusahaan rental

Tarif Sewa Mobil di Jepang

Biaya sewa mobil bergantung pada tipe mobilnya, sekitar 5000 yen per 24 jam untuk mobil kecil/mini, 10.000 yen untuk mid berukuran sedang, dan 20.000 yen untuk tipe van.

Tarif bisa naik beberapa persen saat musim liburan, terutama di Hokkaido. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang menyediakan sewa mobil untuk 6 atau 12 jam dengan harga yang lebih murah. Teman-teman bisa menanyakannya saat membuat reservasi.

Selain dari biaya sewa, biasanya ada biaya asuransi sebesar 1000 yen per hari yang mencakup kerusakan atau cedera saat terjadi kecelakaan. Oiya, sebelum mengembalikan mobil, teman-teman harus memastikan tangki bahan bakar terisi penuh, karena sudah menjadi kewajiban bagi penyewa mobil di Jepang. Metode pembayaran bisa dengan tunai atau dengan kartu kredit. Jika membawa anak kecil, teman-teman juga bisa meminta tambahan aksesoris seperti kursi anak.

Mengemudi saat Musim Dingin

Kebanyakan tengah dan utara Jepang mengalami musim dingin dengan salju yang cukup tebal. Jalanan utama terutama ke pusat-pusat keramaian dan wisata akan sangat berbahaya untuk dilewati, apalagi oleh yang tidak berpengalaman. Tim Info Jepang menyarankan untuk teman-teman tidak mengendarai mobil saat jalanan bersalju.

Navigasi GPS

Kebanyakan mobil sewaan sudah dilengkapi dengan navigasi GPS di dashboard mobil mereka. Beberapa mungkin masih berbahasa Jepang, namun teman-teman bisa meminta mobil dengan GPS berbahasa Inggris saat melakukan reservasi.

sewa mobil di jepang

SPBU

SPBU bisa ditemukan di seluruh Jepang. SPBU yang berada di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, atau Osaka buka 24 jam. Namun untuk daerah pedesaan atau daerah yang cukup jauh dari kota, SPBU tutup malam hari. Satu liter bensin harganya 107 yen (21 Maret 2016).

Ada baiknya teman-teman menghafalkan istilah-istilah berikut untuk memudahkan saat mengisi bensin. Saat teman-teman tiba di SPBU. Parkir mobil dekat mesin, buka kaca mobil, kemudian matikan mesin mobil. Kemudian katakan “regular” kepada petugas untuk bensin biasa atau “diesel“. Kemudian katakan “mantan” untuk mengisi bensin penuh/ full tank. Lalu berikan uang atau tunjukkan kartu kredit teman-teman kepada petugas untuk proses pembayaran. SPBU di Jepang memberikan kain basah untuk mengelap kaca atau dashboar mobil, dan juga menyediakan tempat sampah jika teman-teman memiliki sampah di dalam kendaraan.

Biaya Parkir di Jepang

Biaya parkir di Jepang adalah salah satu yang termahal di dunia, apalagi di kota-kota besar, bisa mencapai 100 yen perjam nya. Biaya parkir di tempat-tempat wisata biasanya 200-500 sen per hari. Di kota-kota kecil atau pedesaan, biaya parkir biasanya 100 sen atau bahkan gratis.

Teman-teman juga jangan kaget dengan tempat parkir di Jepang. Kebanyakan berbentuk elevated atau bertingkat karena lahan yang terbatas. Teman-teman akan diminta parkir di lift yang akan membawa mobil ke slot parkir yang kosong. Ada juga lahan parkir berbentuk palang di antara ban depan dan belakang. Saat teman-teman akan parkir atau akan keluar, palang tersebut akan turun secara otomatis, sehingga mobil bisa berjalan.

tour online ads NEW

Sumber gambar: Atwater Village Newbie

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (2)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada pak, harus menyetir sendiri atau minta bantuan guide yang memiliki sim di Jepang.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan