Omagari Fireworks Festival

Home / Attraction / Omagari Fireworks Festival
Item image

Omagari Fireworks Festival adalah festival kembang api nomor 1 di Jepang dengan total jumlah penonton dan jumlah kembang api yang diluncurkan. Total lebih dari 800 ribu orang akan datang ke Omagari hanya dalam satu hari untuk menyaksikan kemegahan Omagari Fireworks Festival. Supaya kamu bisa membandingkannya, total penduduk Prefektur Akita hanya 1,1 juta orang, namun saat festival berlangsung, hampir 2/3 jumlah penduduk akan membanjiri kota Omagari menonton Festival Kembang Api Omagari. Apa yang membuat Festival Kembang Api Omagari ini begitu terkenal? Simak informasi kontributor Tim Info Jepang mengenai Omagari Fireworks Festival.

Seperti apa Omagari Fireworks Festival itu?

Meskipun terletak jauh dari keramaian kota besar seperti Tokyo atau Kyoto, namun Omagari Fireworks Festival tetap menarik banyak wisatawan. Ini karena Festival Kembang Api ini bukan hanya event lokal, namun adalah final kompetisi tahunan pembuat kembang api. Festival ini memiliki sejarah panjang dan sudah dimulai dari tahun 1910. Omagari juga merupakan daerah yang berada di tengah-tengah prefektur Akita dan menjadi titik tengah pergerakan orang. Buktinya saja dengan jalur kereta dan shinkansen yang melewati Omagari. Jadi secara lokasi, Omagari adalah yang paling pas rasanya.

Dalam festival ini, kita akan disuguhkan pertarungan sengit kompetisi pembuat kembang api terkenal di seluruh Jepang bahkan dunia. Langit kota Omagari akan dipenuhi bentuk-bentuk kembang api warna yang keren dan bentuk-bentuk unik yang dijamin bakal membuat kita terkagum-kagum. Pemenang lomba akan mendapatkan penghargaan bergengsi dari penghargaan dari Perdana Menteri, Menteri Ekonomi dan Perindustrian, Menteri Pendidikan, Sekjen UKM, dan Sekjen Pariwisata.

Indahnya Festival Kembang Api Omagari

Indahnya Omagari Fireworks Festival

Omagari Fireworks Festival ini dimulai dari tahun 1910 dan terus berkembang sampai dengan hari ini. Setiap tahunnya, Festival Hanabi Omagari diadakan pada hari Sabtu keempat bulan Agustus. Tahun 2020, Omagari Fireworks Festival diadakan pada 29 Agustus 2020 dari pukul 17.15-21.30.

Omagari Fireworks Festival sebenarnya terdiri dari 3 bagian. Pertama, acara sore hari (afternoon division) yang menjadi pre-event festival yang diadakan sekitar jam 17.30-18.15. Para pyrotechnician (orang-orang yang ahli kembang api) akan menunjukkan keahlian mereka membuat kembang api di langit yang masih terang. Wisatawan akan mulai bergerak ke pinggir sungai tempat festival diadakan.

Acara dilanjutkan dengan 10 fireworks division. Dalam acara ini, para peserta lomba akan diberikan kesempatan sebanyak dua kali untuk menciptakan bentuk-bentuk kembang api mulai dari pukul 18.15-20.00. Terakhir, creative fireworks yang diadakan sampai sekitar jam 21.30. Tahun kemarin, ada kembang api berbentuk Pikachu dan Doraemon yang muncul dan membuat para wisatawan histeris. Saya masih bingung bagaimana cara membuatnya? So, siap-siap, karena selama 4 jam kita akan disuguhi oleh berbagai bentuk dan warna kembang api. Total ada lebih dari 18.000 kembang api yang diluncurkan dalam satu malam!

Ikut Serta Festival Kembang Api Omagari

Sambil memandang keindahan festival kembang api di langit Omagari, kita bisa menikmati berbagai makanan ringan seperti permen dan kembang gula yang dijual di sepanjang jalan. Kita bisa ikut serta Festival Hanabi Omagari tanpa perlu membayar tiket masuk. Namun, jika teman-teman ingin dapat tempat duduk, harus membayar sejumlah uang untuk reservasi kursi di toko-toko lokal. Jadi, jika teman-teman berencana mengunjungi Jepang di saat musim panas (akhir Agustus) jangan lupa untuk mampir ke Omagari di Akita ya. Dijamin pasti terkagum-kagum deh! 

Akses ke tempat Omagari Fireworks Festival

Dari Tokyo Station teman-teman bisa naik Akita Shinkansen (Komachi) sampai ke Omagari Station. Lama perjalanannya sekitar 3 jam 15 menit, dengan ongkos 17.790 yen. Kereta Shinkansen Komachi ini tersedia dari jam 06.32 sampai jam 20.16, dengan keberangkatan setiap 30-60 jam sekali. Setibanya di Stasiun Omagari, kita lanjut berjalan kaki selama 20-25 menit menuju ke tempat perayaan Festival Kembang Api Omagari.

Seluruh ongkos dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Omagari tecover dengan JR Pass atau JR East Pass Tohoku Area. Shinkansen terakhir untuk pulang ke arah Tokyo adalah pukul 19.49 dengan Shinkansen Komachi dan sampai di Tokyo pukul 23.04. Kereta Shinkansen Komachi terakhir menuju ke Morioka berangkat pukul 20.51 dengan ongkos 3.450 yen (tercover dengan JR Pass atau JR East Pass Tohoku Area). Kereta shinkansen terakhir menuju ke Akita pukul 23.23, kereta terakhir ke Yokote adalah pukul 23.29 (seluruh ongkosnya tercover dengan JR Pass atau JR East Pass Tohoku Area).

Saat hari festival, Tim Info Jepang menyarankan untuk datang dari siang hari ke lokasi peluncuran kembang api, untuk mencegah keterlambatan akibat kerumunan orang banyak. Beberapa rute bus dan jalan akan banyak ditutup untuk keamanan pengunjung, jadi kamu harus banyak berjalan kaki. Perjalanan dari Omagari Station ke lokasi peluncuran perlu waktu sekitar 20-25 menit berjalan kaki. Kemudian kamu juga bisa memesan hotel di Omagari atau Yokote atau di Morioka supaya tidak terlalu capai malam harinya. Lokasi yang terdekat adalah Omagari dan Yokote.

Recommended Hotels near Yokote [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yuzawa Royal hotel
33 km away
Yuzawa Royal hotel
from ¥5850/night
Hotel Route-Inn Yokote In
20 km away
Hotel Route-Inn Yokote Inter
from ¥8658/night
Hotel Wellness Yokoteji
20 km away
Hotel Wellness Yokoteji
from ¥5148/night
Quad Inn Yokote
18 km away
Quad Inn Yokote
from ¥7020/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Syuzo Tsushima, Tohoku Kanko


Recommended for you


Last modified: May 7, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!