Umihotaru

Home / Attraction / Umihotaru
Item image

Satu lagi objek wisata di Chiba yang tidak boleh dilupakan adalah Umihotaru, yakni pulau buatan di tengah-tengah Teluk Tokyo. Umihotaru sebenarnya adalah area istirahat bagi para pengendara yang melintasi Tokyo Bay Aqua Line, yakni jalur tol bawah laut yang menghubungkan Bandara Haneda (area Kawasaki di Prefektur Kanagawa) dengan area Kisarazu di Prefektur Chiba. Umihotaru yang berarti “kunang-kunang laut” adalah tempat dengan pemandangan menakjubkan. Berada di tengah-tengah laut (dalam arti yang sebenarnya), kita akan disuguhi pemandangan kota Yokohama di sisi barat, kota Chiba di sisi timur, dan kota Tokyo di sisi utara. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari dan malam hari, di mana kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah dan kelap-kelip cahaya kota di malam hari.

Tim Info Jepang mendapatkan informasi mengapa tempat ini dinamakan Umi Hotaru atau kunan-kunang laut. Itu karena cahaya lampu di tempat ini sangat kontras dengan laut Teluk Tokyo yang gelap di malam hari. Nahkoda kapal atau pilot pesawat sering mengatakan tempat peristirahatan ini seperti kunang-kunang yang memancarkan cahaya di laut yang gelap. Karena itulah akhirnya tempat ini dinamakan Umi Hotaru.

Jalur Tol Tokyo Bay Aqua Line adalah jalur tol sepanjang 14 kilometer yang menghubungkan area Kawasaki dengan Kisarazu di Chiba bagian selatan. Jalan tol ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah terowongan bawah laut sepanjang 9,6 kilometer yang dikenal dengan Aqua Tunnel dari Kawasaki (sisi barat). Kemudian bagian kedua adalah jembatan sepanjang 4,4 kilometer yang dikenal dengan Aqua Bridge dari Kisarazu (sisi timur). Kedua bagian ini terhubung di area Umihotaru, sebuah pulau buatan yang memang direncanakan untuk menjadi objek wisata.

Kegiatan seru di Umihotaru

1. Menikmati pemandangan laut Teluk Tokyo

Berada di tengah-tengah laut, pemandangan dari Umihotaru tidak ada bandingannya dengan area lain di Jepang. Dari area dek observasi, kita bisa merasakan tiupan angin yang menerpa wajah kita sambil menikmati pemandangan laut biru yang indah. Jika beruntung, kia bisa melihat kapal-kapal besar melintas menuju Yokohama atau Chiba, atau pesawat terbang yang mendarat di Haneda. Selain itu, jangan lewatkan dengan pemandangan matahari terbenam di waktu senja. Malam harinya, kita bisa melihat gemerlapnya kota Yokohama di sisi barat, kota Chiba di sisi timur (sisi sebaliknya), dan kota Tokyo di sisi utara. Jika teman-teman ingin ke sini malam hari, pastikan untuk membawa jaket atau syal ya, karena angin malam di sini cukup kencang dan bisa membuat kita sakit.

Panorama malam di Umi Hotaru Chiba

2. Mengelilingi Umihotaru

Di area ini, selain menikmati pemandangan laut atau gemerlapnya kota-kota di pesisir Teluk Tokyo, kita bisa melihat potongan pisau bor raksasa yang digunakan untuk mengebor Aqua Tunnel, juga mengunjungi Museum Tokyo Bay Aqua Line di lantai 1 yang berisikan sejarah dan foto-foto proses pembangunan jembatan dan terowongan tol Aqua Line. Selain itu ada juga supermarket dan toko oleh-oleh di lantai 4 yang menjual gelas dan kaos bertema pemandangan Teluk Tokyo dan tol Tokyo Bay Aqua Line. Jangan lewatkan juga dek observasi di lantai 5 dengan monumen bola dunia Tokyo Bayoasis yang terkenal.

Berfoto di umi hotaru

3. Makan sambil menikmati pemandangan laut

Ini salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Umihotaru. Ada restoran, kafe, atau kedai minuman di area lantai 4 dan 5 (lantai teratas), di mana kita bisa memesan dan menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan laut. Beberapa menu favorit di sini antara lain ramen, mie soba, Malam harinya, kita bisa menikmati makan malam romantis bersama pasangan sambil menikmati pemandangan malam kota Tokyo yang indah. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Akses ke Umihotaru

Umihotaru hanya bisa diakses melalui tol Tokyo Bay Aqua Line. Kita bisa mengendarai mobil sendiri untuk mencapainya, namun biaya tolnya cukup mahal yakni 3.000 yen. Jika teman-teman berkendara dari Kawasaki atau Kisarazu, bisa berputar balik di Umihatoru dan hanya dikenakan biaya tol 1 kali saja. Selain itu, sepanjang akhir pekan, biaya tol menjadi 2.000 yen.

Saran Tim Info Jepang, kita bisa naik bus kota halte nomor 7 dari Stasiun Kisarazu (lama perjalanan 22 menit dengan ongkos 770 yen) atau bus kota halte nomor 22 dari pintu keluar timur Stasiun Kawasaki (lama perjalanan 37 menit dengan ongkos 1.080 yen). Bus-bus ini akan berhenti di Umihotaru. Bus terakhir yang menuju Kisarazu berangkat jam 22.17 sedangkan yang menuju Kawasaki jam 21.15.

Cheap Hotels in Chiba [More Hotels]

APA Hotel & Resort T
25 km away
from ¥4725/night
Dormy Inn Soga
27 km away
from ¥7891/night
Hotel Francs Chiba
25 km away
from ¥6773/night
Mitsui Garden Hotel Kashi
48 km away
from ¥6388/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Boso No Mura
54 km away
Rumah rakyat di Boso No Mura
Kuil Shinsoji
54 km away
Bangunan utama di Kuil Shinsoji
Makuhari Messe
25 km away
Suasana di dalam Makuhari Messe
Narita Airport
58 km away
Terminal keberangkatan di Narita Airport

Sumber gambar: Flickr Manish Prabhuneonono


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (5)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Rianti. Ya betul bisa naik bus umum dari Kawasaki di sebelah barat atau Kisarazu di sebelah timur Tokyo Bay Aqua Line.
      Salam

    • terima kasih mas Nugroho atas infonya karena umihotaru saya mau masukkan ke dalam itinerary. Awalnya mau batal karena harus sewa mobil dan driver maklum sim indonesia tidak laku.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!