Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Festival Ine di Kyoto

July 30, 2016 @ 8:00 am - 5:00 pm

Yamaboko pada festival Ine di Kyoto

Festival Ine adalah salah satu festival tradisional Jepang yang masih eksis sampai dengan hari ini. Tidak ada catatan mengenai sejarah atau kapan festival ini pertama kali diadakan, namun menurut cerita penduduk, festival ini sudah berlangsung lebih dari 400 tahun. Ine adalah wilayah Prefektur Kyoto di dekat Amanohashidate. Dalam festival ini, para penduduk yang mayoritas adalah nelayan akan berkumpul dan berdoa bersama untuk keselamatan saat melaut dan hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Festival Ine dibagi menjadi dua, Reisai (festival biasa) yang diadakan saat tangkapan ikan sedang sedikit atau laut sedang bergejolak dan menyulitkan nelayan. Taisai (festival besar) diadakan saat tangkapan ikan sedang banyak dan laut terasa begitu tenang. Saat festival biasa atau Reisai, perayaan Festival Ine tidak terlalu meriah. Biasanya hanya diisi dengan doa bersama berharap laut yang bersahabat dan tangkapan ikan yang lebih baik.

Namun, saat festival besar (Taisai), kita bisa melihat festival yang begitu ramai dan meriah. Festival akan diadakan dalam dua hari, di mana hari kedua adalah puncak perayaan festivalnya. Setelah berdoa bersama di Kuil Yasaka di Ine, para penduduk akan berbondong-bondong menuju tepi pantai. Bersama dengan para penduduk, kita bisa melihat kapal-kapal yang melakukan parade di laut Teluk Ise yang dihias seperti Yamaboko dalam Festival Gion. Karena ada parade Yamaboko inilah, Festival Ine ini sering juga disebut Festival Gion Laut.

Suasana Festival Ine di Kyoto

Suasana Festival Ine di Kyoto

Dalam parade, kita juga akan melihat kapal-kapal nelayan lainnya yang mengiringi Yamaboko. Ada kapal Saire-sen, di mana seorang anak terpilih akan melakukan pertunjukan dengan mengayunkan pedang dan tombak tradisional sebagai ritual pengusir bencana dan bahaya di lautan. Ada juga kapal Kagura-bune di mana para penari akan menari dengan diiringi alunan drum taiko.

Setelah kurang lebih dua jam berlayar di sekitar Teluk Ise, kapal akan kembali ke Kuil Yasaka. Para penari dan pemain drum taiko akan turun ke darat dan memulai parade di area Kuil Yasaka. Para penduduk bersama wisatawan kemudian akan menari bersama hingga sekitar jam 10 malam.

Tim Info Jepang menyarankan teman-teman untuk menyewa penginapan selama satu malam di area Ine. Pagi harinya, teman-teman bisa ke Amanohashidate lalu kembali ke Kyoto atau Osaka. Saat festival berlangsung, kita juga bebas mengambil foto atau bisa juga turut bergabung dalam tarian di Kuil Yasaka.

Akses menuju Ine

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Limited Ekspress Hashidate (perjalanan langsung tanpa transit, 128 menit, dengan ongkos tiket 3.880 yen) sampai Stasiun Amanohashidate. Jam keberangkatan dari Stasiun Kyoto adalah 09.25, 10.25, 12.25, dan 15.25. Cara ini adalah cara termudah (karena tidak perlu transit) dan termurah menuju Amanohashidate. Selain itu, bisa juga dengan naik kereta Limited Ekspress Kinosaki sampai Stasiun Fukuchiyama, kemudian berpindah ke kereta Limited Ekspress Konotori. Lama perjalanannya 130 menit, dengan ongkos tiket 3.880 yen). Ongkos kereta gratis jika menggunakan JR Wide Kansai Pass seharga 8500 yen. Informasi lengkap mengenai JR Wide Kansai Pass bisa dibaca di artikel berikut.

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik  kereta Limited Ekspress Konotori sampai Stasiun Fukuchiyama (lama perjalanannya 90 menit, dengan ongkos tiket 3.340 yen). Dari Stasiun Fukuchiyama, kita kemudian berpindah ke kereta Limited Ekspress Konotori atau Hashidate sampai Stasiun Amanohashidate dengan durasi perjalanan 38 menit, dengan tiket 1.420 yen. Total waktu tempuh dari Osaka 140 menit dengan ongkos 4.760 yen.

Dari Stasiun Amanohashidate, teman-teman bisa naik bus Tango Kairiku Kotsu selama kurang lebih 50 menit, dan turun di Halte Bus Ine. Dari halte ini, kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke Kuil Yasaka di kota Ine.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Gran Ms Kyoto
from ¥9774/night
JAM Hostel Kyoto Gion
from ¥6033/night
Guesthouse Tohgetsu
from ¥1693/night
International Guest House
from ¥9000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kiyomizudera
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Kuil Kokedera
Panorama musim gugur di Kuil Kokedera
Sannenzaka Ninenzaka
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di senja hari
Kuil Ginkakuji
Kuil Ginkakuji di Kyoto

Sumber gambar: Wikipedia Commons, isesima117 exblog


Recommended for you

Details

Date:
July 30, 2016
Time:
8:00 am - 5:00 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Yasaka Shrine (Ine-cho)
Hide Ine-cho Yosa-gun
Ise, Kyoto Prefecture Japan
+ Google Map
Phone:
0772-32-0277