Gunung Hakkoda

Home / Nature / Gunung Hakkoda
Item image

Gunung Hakkoda adalah gunung terkenal di bagian utara Jepang bersama dengan Gunung Zao (yang terkenal dengan monster esnya). Gunung Hakkoda terletak di antara kota Aomori dan Danau Towada, dan terkenal dengan pemandangan alam yang indah tiap musimnya, jalur trek hiking, pemandian air panas. Gunung Hakkoda ini terkenal karena gunung setinggi 1585 meter ini adalah daerah pertama yang mengalami musim gugur di wilayah Tohoku Jepang. Musim gugur biasanya akan dimulai pada akhir bulan September hingga pertengahan Oktober, ditandai dengan berubahnya warna-warna pohon-pohon di seluruh lereng Gunung Hakkoda. Apa saja kegiatan seru di Gunung Hakkoda? Berikut liputan khas Tim Info Jepang.

Kegiatan Wisata di Gunung Hakkoda Aomori Prefecture

1. Bermain ski di Resort Ski terkenal Hakkoda Ski Resort

Gunung Hakkoda terkenal dengan saljunya yang empuk dan tebal. Jadi buat teman-teman yang ingin coba main ski dan snowboard, Gunung Hakkoda adalah pilihan yang tepat! Lereng yang landai, kualitas salju nya terkenal sampai ke luar negeri, itulah yang membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke Hakkoda Ski Resort di bagian utara Gunung Hakkoda bersama dengan Snow Resort Gunung Zao.

Area Hakkoda Ski memanjang dari Sancho Park Station di jalur ropeway Hakkoda ke kaki gunung sejauh 7 kilometer. Wiih seru banget ya! Area Hakkoda Ski menjadi tempat favorit bagi para pemula hingga yang mahir, karena varian lintasan dan tingkat kemiringan yang beragam dan banyak jumlahnya. Hakkoda Ski Resort beroperasi dari akhir November hingga pertengahan bulan Mei. Kemudian peraltaan ski, snowboard, dan peralatan/ pakaian lainnya bisa disewa. Biaya masuknya adalah sebagai berikut

  • One day pass (dengan makan) 3.800 yen untuk dewasa dan 2.900 yen untuk anak-anak
  • One day pass 3.200 yen untuk dewasa dan 2.300 yen untuk anak-anak
  • 4-Hour pass (dengan makan) 3.300 yen untuk dewasa dan 2.400 yen untuk anak-anak
  • 4-Hour pass 2.700 yen untuk dewasa dan 1.800 yen untuk anak-anak

Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah fenomena soft rime. Soft rime ini adalah lapisan es tipis dan lembut yang muncul saat kabut tebal membeku secara tiba-tiba pada dini hari. Fenomena ini bisa kita lihat di sekitaran Summit Park dekat stasiun atas Hakkoda Ropeway.

2. Melihat pemandangan dari Hakkoda Ropeway

Selain datang pada musim dingin untuk bermain ski atau snowboard, kita juga bisa menikmati pemandangan musim panas dan musim dingin dari pohon-pohon di deretan pegunungan Alpen utara Jepang setinggi 1300 meter. Tim Info Jepang menyarankan untuk datang pada musim gugur, untuk menyaksikan panorama musim gugur yang indah dari Hakkoda Ropeway, atau melihat monster-monster salju saat musim dingin.

Hakkoda Ropeway beroperasi dari jam 09.00-16.20 (dari bulan Maret hingga pertengahan November) dan 09.00-15.40 (dari pertengahan November hingga Februari). Waktu perjalanan adalah 10 menit, dan ropeway berangkat setiap 15 menit sekali. Untuk ongkos PP-nya adalah 1.850 yen untuk dewasa dan 870 yen untuk anak-anak.

Pemandangan Gunung Hakkoda di musim gugur

Pemandangan Gunung Hakkoda di musim gugur

Pemandangan musim gugur dari Hakkoda Ropeway

Pemandangan musim gugur dari Hakkoda Ropeway

Puncak Tamoyachi, salah satu dari enam belas puncak di Gunung Hakkoda, menawarkan pemandangan yang sangat indah. Setelah 10 menit berkendara di Hakkoda Ropeway, pengunjung dapat melihat hingga Kota Aomori dan Semenanjung Shimokita, titik paling utara pulau utama Jepang.

3. Rawa-rawa Kenashitai

Rawa-rawa Kenashitai adalah rute hiking menurun di antara puncak Gunung Hakkoda dan distrik Sukayu Onsen di bagian kaki gunung. Rute ini terkenal di wisatawan lokal pecinta hiking, terutama karena pemandangan musim gugurnya yang indah. Dengan hiking santai selama 45 menit hingga 1 jam, kita akan sampai di Sukayu Onsen.

Panorama Gunung Hakkoda di musim semi

Panorama Gunung Hakkoda di musim semi

4. Sukayu Onsen

Sukayu Onsen menunjuk pada sebuah onsen atau pemandian air panas bersejarah di wilayah Gunung Hakkoda. Letaknya ada di kaki Puncak Tamoyachi. Sukayu Onsen terkenal di seluruh Jepang karena menjadi pemandian air panas dengan kadar sulfur tertinggi di Jepang. Pemandian air panas ini juga terbuka bagi pengunjung harian (tanpa menginap) dengan biaya masuk yang murah. Sukayu Onsen terbuka untuk umum mulai jam 07.00-17.30. Pengunjung musim dingin dapat bersantai dan menikmati suasana gunung dalam pemandian terbuka campuran gender ini setelah seharian bermain ski atau trekking.

5. Mau ikutan Hakkoda Walk?

Tidak cuma Tateyama Kurobe Alpine Route saja yang terkenal dengan Snow Wall-nya. Di Gunung Hakkoda, tiap tahun di akhir bulan Maret juga diadakan event Hakkoda Walk. Biayanya adalah 5.000 yen untuk dewasa dan 3.500 yen untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Biayanya termasuk ongkos bus PP dari Aomori/ Hachinohe/ Hirosaki Station dan juga tiket masuk ke pemandian air panas. Tahun 2017, Hakkoda Walk diadakan tanggal 30-31 Maret 2017. Informasi lengkapnya di website Hakkoda Walk (dalam bahasa Jepang).

Hakkoda Walk

Hakkoda Walk

Pemandangan Hakkoda Walk

Pemandangan Hakkoda Walk

Akses ke Gunung Hakkoda

Dari halte bus JR Aomori Station atau Shin-Aomori Station, bisa naik JR BUS menuju ke Danau Towada. Ongkosnya 1.100 yen dengan durasi perjalanan 75 menit dan turun di stasiun Sanroku Hakkoda Ropeway.

Di bulan April hingga Oktober, total ada 6-7 perjalanan bus setiap harinya. Sedangkan di bulan November hingga pertengahan April bus nya hanya 3 kali setiap harinya. Karena ini adalah JR BUS, maka ongkosnya tercover oleh JR PASS (29.110 yen), namun tidak tercover pass kereta JR lainnya seperti JR East Tohoku Area Pass atau JR East South Hokkaido Pass.

Akses menuju Aomori Station

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hayabusa sampai Stasiun Shin-Aomori di ujung utara Pulau Honshu. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.350 yen. Setelah itu, kita pindah ke kereta lokal JR Ou Line sampai Stasiun Aomori di sisi utara sekitar 6 menit dengan ongkos 190 yen.

Recommended Hotels near Aomori Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Aomori Ek
18 km away
Hotel Route-Inn Aomori Ekimae
from ‎¥7150/night
HOTEL MYSTAYS Aomori Stat
18 km away
Hyper Hotels Passage
from ‎¥6500/night
Hotel Sunroute Aomori
18 km away
Hotel Sunroute Aomori
from ‎¥5000/night
Aomori Kokusai Hotel
18 km away
Aomori Kokusai Hotel
from ‎¥5800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gunung Hakkoda
0 km away
Festival musim dingin di Gunung Hakkoda Aomori
Museum Kapal Hakkodamaru
36 km away
kapal hakkodamaru bersandar di dermaga Aomori
Danau Towada di Aomori
24 km away
Suasana Danau Towada
Festival Nebuta Matsuri
17 km away
Parade Float dan para penari dalam Nebuta Matsuri

Sumber gambar: Flickr Aomori Prefectural Tourism Association


Recommended for you


Last modified: May 2, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!