Festival Nebuta Matsuri

Home / Attraction / Festival Nebuta Matsuri
Item image

Festival Tanabata adalah salah satu festival yang paling dikenal di wilayah Asia Timur, termasuk China, Korea, dan juga Jepang. Salah satu Festival Tanabata yang paling terkenal adalah Sendai Tanabata Festival yang begitu ikonik dengan gantungan kertas harapan beraneka bentuk. Di Aomori, ada juga Festival Nebuta Matsuri yang masih mengambil tema mengenai Tanabata Festival. Festival yang berlangsung dari tanggal 2 sampai 7 Agustus setiap tahunnya ini adalah daya tarik utama Aomori. Selama 6 hari penyelenggaraan festival, kita bisa melihat beragam parade dari para musisi, penari, penabuh drum taiko, hingga parade perahu atau float dengan bentuk-bentuk yang aneh berkeliling pusat kota.

Informasi mengenai Festival Nebuta Matsuri

Bersama dengan Festival Sendai Tanabata dan Festival Kanto Akita, Festival Nebuta Matsuri menjadi tiga festival paling terkenal di Tohoku. Namun, bisa dibilang Festival Nebuta Matsuri ini adalah festival paling modern dibandingkan festival lainnya. Kebudayaan dan kepercayaan selama ratusan tahun berpadu apik dengan drama Kabuki dan juga karakter populer dari serial televisi NHK. Tidak heran, setiap tahunnya ada lebih dari 3 juta wisatawan yang datang ke Aomori menyaksikan festival ini.

Ogoh-ogoh di Festival Nebuta Matsuri

Ogoh-ogoh di Festival Nebuta Matsuri

Parade Float dalam Nebuta Matsuri

Parade Float dalam Nebuta Matsuri

Setiap malam (kecuali malam terakhir festival, yakni 7 Agustus), kita bisa melihat parade berkeliling pusat kota Aomori, lengkap dengan ratusan penari dan pemusik. Sambil menari para peserta parade ini akan berteriak yel-yel, “Rassera! Rassera!” Sebagai penonton, kita bisa berdiri dan mengabadikan festival ini di tepi jalanan utama yang dilalui parade. Ada beberapa spot dengan tempat duduk, namun kita harus membeli kursinya dengan harga yang cukup mahal sampai 2.600 yen.

Parade Float dan para penari dalam Nebuta Matsuri

Parade Float dan para penari dalam Nebuta Matsuri

Atau, buat teman-teman yang mau turut serta dalam parade, bisa menyewa pakaian tradisional haneto di toko-toko di sekitaran Aula Kota Aomori dan bangunan ASPM mulai dari 4000 yen sehari. Set pakaian tradisional ini mirip dengan kimono dengan kaos kaki tabi, sandal zori, dengan topi hanagasa.

Penabuh Drum Taiko raksasa di Nebuta Matsuri

Penabuh Drum Taiko raksasa di Nebuta Matsuri

Di hari terakhir, parade akan berlangsung lebih cepat, sekitar jam 13.00-15.00 yang dilanjutkan dengan festival kembang api di area dermaga Aomori malam harinya dari jam 19.15-21.00.

Informasi Tiket Masuk Festival Nebuta Matsuri

Untuk ikut serta dalam festival Nebuta Matsuri gratis jika teman-teman berdiri di sepanjang jalur parade. Jika ingin mereservasi kursi untuk menonton festival, bisa membayar 2.600 yenn, atau 6600 yen untuk reservasi kursi selama parade dan untuk festival kembang api pada malam terakhir.

Festival Nebuta Matsuri diadakan di pusat kota Aomori, melintasi aula kota Aomori yang bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit ke arah timur dari Stasiun Aomori. Rute paradenya sepanjang 3 kilometer melintasi gedung ASPM dan jalanan tepi laut Aomori.

Akses menuju Aomori

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hayabusa sampai Stasiun Shin-Aomori di ujung utara Pulau Honshu. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.350 yen. Setelah itu, kita pindah ke kereta lokal JR Ou Line sampai Stasiun Aomori di sisi utara sekitar 6 menit dengan ongkos 190 yen.

Selain itu, bagi teman-teman yang ingin liburan murah, bisa naik Bus Conan dari depan Stasiun Ueno, Stasiun Tokyo, dan Stasiun Shinjuku sampai ke Terminal Bus Hirosaki dan Aomori. Lama perjalanan sekitar 9,5 jam dengan ongkos 5.500-7.500 yen (tergantung tipe dan fasilitas bus). Selain itu, ada juga layanan bus malam Willer Express yang berangkat dari Stasiun Tokyo menuju ke Aomori. Lama perjalanan sekitar 10.5 jam dengan ongkos mulai dari 4.500 yen.

Recommended Hotels near Aomori Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sunroute Aomori
1 km away
Hotel Sunroute Aomori
from ‎¥5000/night
Hotel Route-Inn Aomori Ek
1 km away
Hotel Route-Inn Aomori Ekimae
from ‎¥7150/night
HOTEL MYSTAYS Aomori Stat
1 km away
Hyper Hotels Passage
from ‎¥6500/night
Aomori Kokusai Hotel
1 km away
Aomori Kokusai Hotel
from ‎¥5800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Hirosaki
34 km away
Suasana kanal Kastil Hirosaki saat musim sakura
Museum Kapal Hakkodamaru
25 km away
kapal hakkodamaru bersandar di dermaga Aomori
Pasar Furukawa
1 km away
suasana pasar furukawa aomori
Danau Towada di Aomori
42 km away
Suasana Danau Towada

Sumber gambar: Flickr tsuda, tsuda, Jennifer, Christopher Liang


Recommended for you


Last modified: July 29, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!