Museum Kapal Hakkodamaru

Home / Museum / Museum Kapal Hakkodamaru
Item image

Museum Kapal Hakkodamaru adalah saksi sejarah kemajuan teknologi Jepang. Sampai dengan tahun 1988, Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido terpisah oleh Selat Tsugaru. Orang-orang yang ingin mengunjungi Hokkaido dari Honshu atau sebaliknya harus menggunakan kapal feri. Di masa jayanya, selepas perang dunia kedua dan saat ekonomi Jepang mulai tumbuh, ada banyak kapal feri yang melayani rute perjalanan menyeberangi Selat Tsugaru, salah satu yang paling terkenal adalah Kapal Hakkodamaru. Seiring dengan berjalannya waktu, dibangunlah terowongan bawah laut Seikan yang menghubungkan Pulau Honshu dan Hokkaido. Lalu lintas penumpang yang awalnya mengandalkan kapal feri kemudian beralih menjadi menggunakan kereta yang jauh lebih cepat. Kapal-kapal feri itu kemudian dialihkan ke wilayah lain di Jepang. Namun, untuk mengenang kejayaannya, pemerintah kota Aomori membangun Museum Kapal Hakkodamaru persis di dermaga utama kota Aomori.

Sekilas Tentang Terowongan Seikan

Sejak mulai dicanangkan dari Jaman Taisho, akhirnya Jepang berhasil mewujudkan mimpi menghubungkan kedua pulau terbesar di Jepang di tahun 1988. Terowongan sepanjang 53,85 kilometer ini dibangun di kedalaman 240 meter dari permukaan laut, dan menjadikannya sebagai terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

Meskipun Kapal Hakkodamaru sudah tidak beroperasi lagi, namun kita tetap bisa merasakan gagahnya kapal ini di masa lampau. Setelah akhir pengoperasian kapal feri ini di tahun 1988, kapal Hakkodamaru berlabuh untuk selamanya di dermaga Aomori.

kapal hakkodamaru bersandar di dermaga Aomori

Kapal Hakkodamaru bersandar di dermaga Aomori

Mengunjungi Museum Kapal Hakkodamaru

Kita akan memulai perjalanan melalui jalanan kayu (promenade) dari tepi dermaga masuk ke dalam kapal. Dari kejauhan, kapal ini terlihat bersandar gagah dan dengan kondisi yang masih terawat. Masuk ke dalam kapal, kita bisa melihat berbagai foto, video, diorama yang menggambarkan situasi pelabuhan dahulu, dan presentasi menarik yang ditampilkan dalam bangunan museum. Bagian-bagian kapal juga tetap dipertahankan sebagaimana aslinya, seperti bagian dek, ruang kabin para awak, ruangan kapten, hingga ruangan mesin di bagian bawah lambung kapal.

pintu masuk museum kapal hakkodamaru

Suasana pintu masuk Museum Kapal Hakkodamaru

Selain itu, ada juga restoran dan bar dengan pemandangan langsung ke arah Selat Tsugaru yang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk istirahat siang. Jika teman-teman mengunjungi Aomori di musim panas, diadakan juga pesta minum bersama di Beer Garden di Museum Hakkodamaru.

Informasi Tiket Masuk dan Jam Buka Museum

Museum Kapal Hakkodamaru dibuka sepanjang tahun, kecuali hari Senin selama Bulan November-Maret dan pada saat liburan Tahun Baru (31 Desember-1 Januari). Untuk harga tiket masuknya sendiri 500 yen untuk orang dewasa, 300 yen untuk pelajar, serta 100 yen untuk anak-anak.

Akses menuju Museum Kapal Hakkodamaru

Buat teman-teman yang sedang ada di Aomori, bisa mengunjungi Museum Kapal Hakkodamaru yang letaknya ada di sisi utara pusat kota Aomori. Kita bisa berjalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Aomori.

Akses menuju Aomori

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hayabusa sampai Stasiun Shin-Aomori di ujung utara Pulau Honshu. Lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 17.350 yen. Setelah itu, kita pindah ke kereta lokal JR Ou Line sampai Stasiun Aomori di sisi utara sekitar 6 menit dengan ongkos 190 yen. Semua ongkos kereta menuju ke Aomori ini dicover oleh JR Pass, JR Tohoku East Pass, dan JR East South Hokkaido Pass. Perjalanan pulang pergi Tokyo ke Shin-Aomori dengan pass-pass di atas sudah pasti akan membuat balik modal.

Selain itu, bagi teman-teman yang ingin liburan murah, bisa naik Bus Conan dari depan Stasiun Ueno, Stasiun Tokyo, dan Stasiun Shinjuku sampai ke Terminal Bus Hirosaki dan Aomori. Lama perjalanan sekitar 9,5 jam dengan ongkos 5.500-7.500 yen (tergantung tipe dan fasilitas bus). Selain itu, ada juga layanan bus malam Willer Express yang berangkat dari Stasiun Tokyo menuju ke Aomori. Lama perjalanan sekitar 10.5 jam dengan ongkos mulai dari 4.500 yen.

Recommended Hotels near Aomori Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hyper Hotels Passage
24 km away
Hyper Hotels Passage
from ‎¥6500/night
Hotel Sunroute Aomori
24 km away
Hotel Sunroute Aomori
from ‎¥5000/night
Hotel Route-Inn Aomori Ek
24 km away
Hotel Route-Inn Aomori Ekimae
from ‎¥7150/night
Hotel New Murakoshi
24 km away
Hotel New Murakoshi
from ‎¥4600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Hirosaki
24 km away
Keindahan bunga sakura di Kastil Hirosaki Aomori
Festival Nebuta Matsuri
25 km away
Parade Float dan para penari dalam Nebuta Matsuri
Museum Kapal Hakkodamaru
0 km away
kapal hakkodamaru bersandar di dermaga Aomori
Danau Towada di Aomori
56 km away
Suasana Danau Towada

Sumber gambar: Flickr shirokazanx768


Recommended for you


Last modified: July 30, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!