Kanazawa Castle

Home / Castle / Kanazawa Castle
Item image

Terletak bersebelahan dengan Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle adalah ikon wisata utama Kanazawa. Dahulunya, Taman Kenrokuen adalah taman privat keluarga Maeda di Kastil Kanazawa. Keluarga Maeda adalah penguasa wilayah Kanazawa pada periode Edo pada tahun 1580-1871. Setelah berakhirnya periode Edo, area Kanazawa Castle ini kemudian dijadikan sebagai markas militer tentara Jepang selama perang dunia kedua. Letaknya yang strategis dan menghadap langsung ke sisi utara laut Jepang membuatnya jadi basis militer dan pertahanan yang penting. Sempat digunakan sebagai ruang belajar Universitas Kanazawa selama beberapa tahun, Taman Kenrokuen kemudian dibuka untuk umum oleh pemerintah kota Kanazawa hingga kini. Simak yuk kunjungan Tim Info Jepang ke Kanazawa Castle!

Berkeliling Kanazawa Castle

Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa–sebuah taman bergaya Jepang (seperti Taman Kenrokuen) namun dengan ukuran yang lebih kecil. Kita bisa melihat kolam kecil dengan pulau di tengahnya lengkap dengan jalur melingkar untuk menyusurinya.

Kanazawa Castle

Taman Kanazawa Castle

Selain area taman, kita juga bisa mengunjungi bangunan menara penjaga (turret) Hishiyagura dan Hashizumemon Tsuzuki Yagura. Kedua bangunan ini berfungsi sebagai menara penjaga, yang dibangun dari kayu tanpa paku sama sekali. Dari menara penjaga setinggi 13 meter ini, kita bisa melihat ke arah kompleks Kastil Kanazawa yang megah. Kedua menara penjaga ini terhubung dengan Gojikken Nagaya, bangunan yang difungsikan sebagai gudang kebutuhan keluarga Maeda. Bangunan Gojikken Nagaya kini difungsikan sebagai museum tempat menyimpan benda-benda peninggalan keluarga Maeda seperti perkakas rumah tangga, pajangan dinding, hingga tatami (alas duduk) yang sudah berusia ratusan tahun.

Dinding Kanazawa Castle dari Taman Kenrokuen

Bangunan Hishiyagura dan Hashizumemon Tsuzuki Yagura Kanazawa Castle

Jangan lupa juga untuk pergi ke Taman Jepang Gyokuseninmaru yang terkenal dengan pemandangannya. Pemandangan taman ini sangat terkenal dan sudah berkali-kali menjadi cover poster utama informasi wisata ke Kanazawa Castle.

Panorama Taman Gyokuseninmaru di Kanazawa Castle

Panorama Taman Gyokuseninmaru di Kanazawa Castle

Informasi Tiket Masuk ke Kanazawa Castle

Untuk dapat masuk dan berkeliling bangunan kastil Kanazawa dan tamannya, kita tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis. Seluruh area bangunan kastil dan taman buka sepanjang tahun dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore, atau jam 8 pagi sampai jam 5 sore selama musim dingin (Bulan Oktober-Februari).

Kalau ingin masuk ke bangunan menara penjaga Hishiyagura dan Hashizumemon Tsuzuki Yagura atau ke bangunan gudang bersejarah Gojikken Nagaya,  kita dikenakan tiket masuk seharga 310 yen untuk orang dewasa, 100 yen untuk anak-anak hingga usia sekolah. Sementara itu untuk warga senior (usia 65 tahun ke atas), tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Akses menuju Kanazawa Castle

Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa naik bus sampai pintu gerbang Katsurazaka, Mayumi-zaka, atau Kodatsuno Taman Kenrokuen. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit dengan ongkos 200 yen. Dari area taman, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit.

Selain itu, kalau teman-teman ingin berkunjung ke Kastil Kanazawa di akhir pekan atau hari libur, tersedia bus shuttle Kenrokuen (kode bus S8) atau Kanazawa Loop Bus (kode bus LL9 dan RL8) dari Stasiun Kanazawa. Lama perjalanan sekitar 20 menit dengan ongkos 200 yen.

Akses menuju Kanazawa

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Untuk Hokuriku Shinkansen ini masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Cheap Hotels near Kanazawa Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Guest House East
1 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
APA Villa Hotel Kanazawa-
1 km away
from ¥5472/night
APA Hotel Kanazawa-Katama
1 km away
from ¥3774/night
Guest House Ochakare
2 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Seni Kanazawa
1 km away
Human gallery di Museum Seni Kanazawa
Stasiun Kanazawa
1 km away
Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa
Pasar Omicho Ichiba
1 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa
Distrik Higashi Chaya
1 km away
Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang, Sewanin San


Recommended for you


Last modified: November 26, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Fauzia Fitri
2018-12-04 18:15:10

Close Comments

Comments (6)

  1. Pak mau Tanya kanazawa castle Dan kenrouken apa Tutup tgl 1-3 January 2020? Karena Ada rencana ke sana

    Juga mau Tanya untuk hakone Fuji apa smua operational buka tgl 1-4january 2020 ?

    Untuk Dari hakone ke kanazawa Naik apa pak paling hemat..dengan jr pass

    Makasi pak atas info2nya

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal 1-3 januari, kanazawa castle Dan kenrokuen garden tetap buka. Hanya saja untuk tanggal 1 baru mulai buka sekitar jam 10.00. Begitu juga dengan Hakone dan Fuji Kawaguchiko, karena biasanya awal tahun orang Jepang berdoa dahulu. Dari Hakone ke Kanazawa, paling murah dengan kereta Shinkansen. Rutenya Hakone ke Odawara dahulu, baru ke Tokyo Station. Dari Tokyo, bisa niak Hokuriku Shinkansen sampai ke Kanazawa Station. Salam.

  2. yanti dharmawidjaja  |  

    Met malam mas Christ. Kami akan ke hokuriku (kanazawa, nagano toyama) 5 hari, tokyo 2 hari, daerah kansai 7 hari (via bandara kansai).
    Mohon info jenis pass yg sesuai .Terima Kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu tiba nya dari Bandara Kansai? Saya sarankan untuk Kanazawa-Nagano-Toyama-Tokyonya kalau bisa dalam 7 hari, dengan menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Sisa 7 hari di kansai bisa menggunakan kartu ICOCA atau salah satu dari Kansai Pass yang ada. Salam.

  3. Siang, pak Nugroho. Rencana 24-25 Des mendatang kami berada di Kanazawa. Apakah ada perkumpulan jemaat Kristen Indonesia yang mana kami bisa turut ibadah Natal bersama? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tidak ada gereja Indonesia di Kanazawa. Yang kami tahu baru ada di Osaka atau Tokyo. Lagipula mungkin hanya ada ibadah tanggal 24 Desember karena tanggal 25 bukanlah hari libur. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!