Naruko Onsen

Home / Attraction / Naruko Onsen
Item image

Naruko Onsen adalah kota resort pemandian air panas yang ada di Prefektur Sendai, sekitar 70 kilometer di sisi timur kota Sendai. Suasana pedesaan dan masyarakat lokal yang ramah, makanan yang lezat, ada beragam pemandian air panas yang tersebar di seluruh kota, serta pemandangan alam yang luar biasa adalah daya tarik utama Naruko. Naruko Onsen dikenal luas setidaknya karena dua hal. Pertama, di sini kita bisa menikmati pemandian air panas dengan sembilan jenis air panas yang punya warna, aroma, dan khasiat yang berbeda-beda. Resort Onsen ini sudah eksis lebih dari 1.000 tahun. Lalu, di musim gugur, area ngarai Naruko atau Narukokyo adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa, di mana pepohonan di seluruh jurang ini berubah warna menjadi kuning kemerahan di akhir Oktober sampai November. Para wisatawan biasanya datang dan berburu foto dengan latar belakang pemandangan alam di sini.

Kegiatan seru di Naruko Onsen

1. Berendam di pemandian air panas yang ada di Naruko

Naruko Onsen sendiri memiliki 5 area onsen terkenal: Naruko, Higashi-Naruko, Kawatabi, Nakayamadaira, dan Onikobe. Masing-masing onsen ini punya pemandangan dan kolam-kolam pemandian air panas yang berbeda satu dengan yang lainnya. Secara total, ada lebih dari 400 onsen yang tersebar di seluruh wilayah Naruko.

Namun yang membuat Naruko Onsen terkenal di seluruh Jepang adalah air panas yang berubah menjadi tujuh warna tergantung musim. Naruko Onsen juga menjadi pemandian air panas dengan kandungan mineral paling lengkap, dari 11 jenis pemandian air panas (berdasarkan jenis mineralnya), 9 jenis diantaranya terletak di Naruko Onsen! Semuanya mengucur langsung dari mata air panas alami di lebih dari 400 titik. Inilah yang menjadikan Naruko Onsen sebagai pemandian air panas yang terkenal sejak ratusan tahun lalu.

Seluruh pemandian air panas di sini berasal dari sumber alami, yang mengandung banyak mineral khususnya sulfur dan garam alkali. beberapa penelitian universitas di Jepang mencatat, berendam di Naruko Onsen ini bisa menghaluskan kulit, menyembuhkan aneka penyakit kulit, dan menurunkan tekanan darah. Ada dua onsen yang paling terkenal di Naruko, yakni Taki no Yu dan Waseda Sajiki Yu. Keduanya terletak di pusat kota Naruko dan dikelilingi dengan toko, hotel, dan juga restoran. Teman-teman bisa datang ke pemandian umum Taki no Yu yang buka setiap hari dari jam 07.30-22.00. Untuk tiket masuknya pun murah meriah, hanya 150 yen saja.

Selain itu, Naruko ini juga terkenal dengan air tanah terbaik (terbersih) di Jepang. Teman-teman bisa mencobanya langsung. Rasanya benar-benar segar tanpa ada aroma apapun. Berbeda dengan air mineral yang selama ini kita nikmati di botol atau kemasan loh.

2. Menikmati pemandangan alam di Naruko Gorge

Lembah Naruko atau Naruko Gorge ini terbentang di tepi jalan sepanjang 2 kilometer dari timur ke barat. Kita bisa melihat keindahan pemandangan musim gugur dari tempat istirahat di sisi barat yakni dari area observasi di samping Narukokyo Resthouse. Pemandangan lembah dengan warna kuning kemerahan berpadu cantik dengan jembatan Ofukazawa yang tegap berdiri.

Selain menjadi bagian dari latar foto kita di Naruko, kita pun bisa melihat pemandangan dari atas Jembatan Ofukazawa. Selain karena aksesnya yang paling mudah dicapai (tidak perlu berjalan atau menuruni anak tangga), seluruh wilayah Naruko Onsen bisa terlihat dari atas jembatan. Berpadu dengan semilir angin dan suara burung-burung, kita bisa beristirahat sejenak.

3. Berkunjung ke Museum Boneka Kokeshi, boneka tradisional Naruko

Sebelum menutup perjalanan di Naruko, jangan lupa mengunjungi Museum Boneka Kokeshi (Nihon Kokeshi-kan) yang ada di sisi barat ngarai. Saya tertarik dengan boneka kokeshi yang terbuat dari kayu ini dalam kunjungan pertama dan menginap di Naruko Onsen Ryokan. Pertama kali tiba di kamar, tersedia teh Jepang dan boneka kokeshi di meja. Saya kemudian menemukan secarik kertas kecil yang berisi penjelasan singkat mengenai kokeshi.

こけしのこころは
見る人の
心をうつすこころです

“Kokeshi no kokoro wa miru hito no kokoro o utsusu kokoro desu”. Yang artinya hati boneka kokeshi mencerminkan hati sang pemiliknya. Saya jadi terharu dan ingin jadi melihat raut-raut muka boneka kokeshi yang lainnya. Untuk itulah saya memutuskan untuk mengunjungi museum kokeshi ini.

Di dalam museum ini, kita bisa melihat lebih dari 5.000 koleksi boneka kokeshi (boneka tradisional khas Naruko) yang punya warna dan motif pakaian yang berbeda-beda. Kita juga bisa membeli boneka ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi anak-anak, khususnya anak perempuan. Museum ini buka setiap hari dari jam 08.30-17.00 atau 09.00-16.00 (khusus bulan Desember) dengan tiket masuk 320 yen untuk orang dewasa dan 160 yen untuk anak-anak.

4. Jangan lupa mencoba makanan dan kue khas Naruko

Di area kota Naruko Onsen ini, kita juga bisa menikmati aneka makanan tradisional Naruko. Ada ramen dan tentunya kue pie apel yang begitu lezat. Teman-teman bisa mampir ke restoran Tamagoya. Satu lagi yang tidak boleh terlewat adalah toko kue Furukawa, di dekat Stasiun Furukawa. Kita bisa menikmati kuri dango, yakni panganan dari kue beras dan kacang yang manis sambil menikmati teh tradisional Jepang.

Daftar Ryokan di Naruko pilihan Tim Info Jepang

  1. Naruko Kanko Hotel (Japanese Style Hotel)
  2. Ryokan Bentenkaku (Japanese Style Hotel)
  3. Oogiya Ryokan (dekat dengan Naruko Onsen Station)
  4. Ubanoyu (Ryokan)

Akses ke Naruko Onsen

Seluruh pemandian air panas (onsen) di Naruko bisa dikunjungi dengan berjalan kaki atau naik bus kota. Kamu bisa ambil peta di Pusat Informasi Turis yang ada di depan Stasiun Naruko Onsen, dan memulai petualangan kita berkeliling Naruko Onsen. Satu lagi, pastikan menggunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki ya.

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tohoku Shinkansen (Hayabusa, Hayate, dan Yamabiko) sampai Stasiun Furukawa. Lalu dilanjutkan dengan kereta JR Rikuu sampai Stasiun Naruko Onsen. Lama perjalanan total sekitar 3 jam  dengan ongkos 11.450 yen. Semua rute ini tercover oleh JR Pass atau JR East Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus willer dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Sendai. Lama perjalanannya selama 4 jam dengan ongkos mulai dari 2.700 yen.

2. Dari Sendai

Dari Stasiun Sendai, teman-teman bisa naik kereta Tohoku Shinkansen sampai Stasiun Furukawa. Lalu dilanjutkan dengan kereta JR Rikuu sampai Stasiun Naruko Onsen. Lama perjalanan total sekitar 90 menit dengan ongkos 3.000 yen. Semua rute ini tercover oleh JR Pass.

Selain itu, bisa juga naik kereta JR Tohoku Line sampai Stasiun Kogota, dilanjutkan dengan kereta JR Rikuu sampai Stasiun Naruko Onsen. Sedikit lebih lama, yakni 140 menit, namun ongkosnya hanya 1.660 yen saja.

Akses ke Naruko Gorge

Lalu untuk mencapai Naruko Gorge, ada dua pilihan.stasiun. Stasiun Naruko Onsen di ujung barat ngarai atau Nakayamadaira Onsen di ujung timur ngarai. Keduanya terhubung dengan jalur kereta JR Rikuu-East Line (berbeda dengan kereta dari Furukawa atau Kogota) selama 7 menit perjalanan dengan ongkos 190 yen.

Untuk mencapai area lembah, setibanya di Stasiun Naruko Onsen atau Nakayamadaira Onsen, kita harus berjalan kaki selama 30 menit (sekitar 2 kilometer). Di puncak musim gugur (Oktober-pertengahan November), tersedia bus tur keliling yang menghubungkan Stasiun Naruko Onsen dan Stasiun Nakayamadaira Onsen, dan berhenti di  Narukokyo Resthouse dan Museum Boneka Kokeshi. Lama perjalanannya sekitar 10-15 menit dengan ongkos 210 yen. Tersedia 14 keberangkatan bolak-balik setiap harinya.

Recommended Hotels in Naruko Onsen [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Toyoko Inn Sendai Nishi-g
55 km away
from ¥6290/night
APA Villa Hotel Sendaieki
56 km away
from ¥5050/night
Nine Hours Sendai
55 km away
from ¥1809/night
R&B Hotel Sendai Hir
55 km away
from ¥7570/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Naruko Onsen

Naruko Onsen
0 km away
Festival di Naruko Onsen
Kastil Aoba
56 km away
Patung berkuda Date Masamune di Kastil Aoba
Mausoleum Zuihoden
56 km away
Zuihoden di Sendai Miyagi
Gunung Zao
70 km away
Monster es di Gunung Zao Miyagi

Sumber gambar: Naruko Onsen Tourist Office


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!