Funaoka Castle Park

Home / Castle / Funaoka Castle Park
Item image

Funaoka Castle Park atau Funaokajoshi Park adalah taman publik yang terletak di area Funaoka. Di taman ini, kita bisa melihat Funaoka Castle yang menjadi tempat kediaman penguasa Shibata sampai Restorasi Meiji. Taman Funaoka Joshi adalah satu-satunya tempat di Prefektur Miyagi yang masuk dalam daftar “100 tempat terbaik melihat bunga sakura” yang dirilis oleh Pemerintah Jepang. Tidak heran, setiap tahunnya ada lebih dari 200.000 pengunjung yang datang ke taman untuk “Festival Bunga Sakura Shibata”. Lokasi Funaoka Castle Park ini dekat sekali dengan spot wisata Shiroishi Sakura. Cocok sekali dikunjungi khususnya kalau kamu datang ke Prefektur Miyagi di bulan April. Simak laporan kontributor Tim Info Jepang saat mengunjungi Funaoka berikut ini.

Kegiatan Seru di Funaoka Castle Park

1. Melihat Pemandangan Bunga Sakura

Saat festival bunga sakura, kita bisa berjalan santai menyusuri taman dan jalan untuk menikmati bunga sakura. Penduduk lokal biasanya sudah datang pagi-pagi sekitar jam 7 dan mempersiapkan tempat untuk makan bento atau minum bersama dengan teman atau keluarga dan menikmati hanami sakura. Ada beberapa kios makanan lokal yang bisa teman-teman kunjungi juga di sini. Di pagi hari, teman-teman bisa naik ke dek observasi setinggi 20 meter. Kita akan disuguhi keindahan taman dengan pepohonan bunga sakura sepanjang mata memandang dan juga Gunung Zao di sisi timur.

Hanami Sakura di Funaoka Castle Park

Hanami Sakura di Funaoka Castle Park

Suasana Shibata Cherry Blossom Festival

Suasana Shibata Cherry Blossom Festival

“Shibata Cherry Blossom Festival” yang diadakan setiap tahun dari awal April hingga akhir April dipenuhi oleh lebih dari 200.000 pengunjung. Wisatawan biasanya akan menginap di Sendai dari malam sebelumnya, pagi hari datang ke Funaoka, dan bisa kembali ke arah Tokyo atau Kyoto siang harinya setelah menikmati keindahan hanami di sini.

Selain pohon bunga sakura, kita juga bisa melihat kebun bunga tulip dan mawar yang terletak di bagian selatan patung Buddha Funaoka. Warga kota Shibata-machi yang menanam lebih dari 100 jenis bunga musim dan pohon berbunga di area kebun ini sebagai spot wisata.

Kita bisa melanjutkan perjalanan menuju tepi sungai Shiroshi di antara Funaoka Castle Park dan juga Stasiun Funaoka. Di sepanjang sungai, ada ratusan pohon bunga sakura yang berjajar rapi dan menjadi spot hanami favorit juga di Funaoka. Sungguh menakjubkan!

Hanami Sakura di tepi Sungai Shiroshi Funaoka

Hanami Sakura di tepi Sungai Shiroshi Funaoka

2. Berkeliling Naik Kereta Mini

Untuk menikmati sudut pandang lain, kita bisa naik slope car trolly bus (sejenis kereta mini) yang akan membawa kita ke puncak tertinggi taman. Di sepanjang perjalananan kurang lebih 5 menit ini kita bisa melihat keindahan pohon bunga sakura di kiri-kanan jalur. Dari atas, keindahan taman dan juga sungai Shiroishi.

Kereta mini di Funaoka Castle Park dan Patung Budha

Kereta mini di Funaoka Castle Park dan Patung Budha

3. Melihat Patung Buddha Funaoka

Kita bisa mengunjungi patung Buddha yang memegang merpati berdiri di puncak Taman Funaoka. Letaknya yang di ketinggian, membuat patung ini menjadi simbol area Shibata-machi. Patung ini dibangun oleh Tokusaburo Noguchi–seorang penduduk lokal–pada Oktober 1975. Patung ini didirikan dengan harapan membawa perdamaian (simbol memegang merpati) dan keamanan dan untuk jiwa istrinya, Sizu. Patung ini dibuat dari bahan beton dengan tinggi total sekitar 24 meter. Dahulu, kita bisa masuk ke dalam patung, namun sejak gempa besar Sendai, pengelola melarang pengunjung untuk masuk dan hanya bisa berfoto di sekitaran patung.

Akses ke Funaoka Castle Park

Taman ini berjarak 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Funaoka, yang dilayani oleh Tohoku Line. Stasiun Funaoka dapat dicapai dengan kereta Sendai City Rabbit atau JR Tohoku Main Line (Kuroiso-Morioka) dari Stasiun Sendai. Lama perjalanan sekitar 30 menit dengan ongkos 510 yen.

Teman-teman sebaiknya membawa sedikit barang saja (1 tas kecil) dan memakai sepatu yang nyaman untuk bisa mengeksplorasi tempat ini dengan lebih nyaman.

Akses menuju Sendai

Dari Tokyo Station

Tokyo Station – Sendai Station dengan kereta JR Tohoku Shinkansen Hayabusa, Hayate, atau Komachi. Lama perjalanannya sekitar 100 menit dengan ongkos 11.410 yen yang cakupan Japan East Tohoku Pass atau Japan Rail Pass.

Selain dengan kereta, teman-teman bisa mencapai sendai dengan naik bus malam dari Yokohama, Shinagawa, maupun Tokyo. Harganya mulai dari 6-7 ribu yen dengan waktu tempuh 5 sampai 6 jam dari Tokyo.

Recommended Hotels in Sendai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Sendai-Kotodai-
25 km away
from ¥5369/night
Toyoko Inn Sendai Nishi-g
26 km away
from ¥6290/night
Holiday Inn ANA Sendai
25 km away
from ¥5701/night
APA Villa Hotel Sendaieki
25 km away
from ¥5050/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata di sekitar Sendai

Ngarai Naruko Gorge
76 km away
Suasana di Naruko Onsen
Naruko Onsen
77 km away
Festival di Naruko Onsen
Mausoleum Zuihoden
24 km away
Zuihoden di Sendai Miyagi
Gunung Zao
34 km away
Monster es di Gunung Zao Miyagi

Sumber gambar: Miyagi Prefectural Government, Flickr Raita Futo, Raita Futo, Raita Futo


Recommended for you


Last modified: May 14, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!