Kuil Rinnoji Sendai

Home / Temple / Kuil Rinnoji Sendai
Item image

Jalan-jalan di kota Jepang belum lengkap rasanya kalau kita belum berkunjung ke kuil terkenal di kota tersebut. Begitu pula saat mengunjungi Sendai. Setelah melihat-lihat kemegahan Kastil Aoba dan Mausoleum Zuihoden yang terkenal, saya lalu mengikuti saran dari beberapa teman dan juga brosur wisata yang saya peroleh, untuk mengunjungi Kuil Rinnoji Sendai. Kuil ini sendiri terletak di bagian utara pusat kota Sendai yang bisa dicapai dengan naik kereta Senzan Line. Kuil berusia hampir 700 tahun ini dibangun oleh Date Mochimune, generasi awal keluarga Date yang kemudian menjadi penguasa di wilayah Aoba atau Sendai. Kuil ini nampaknya seperti kuil-kuil biasa jika dilihat dari depan. Namun, saat kita masuk lebih jauh, taman landskap Jepang dan bangunan pagoda yang ada di kuil ini sungguh menakjubkan!

Wisata di Kompleks Kuil Rinnoji Sendai

1. Berkeliling Taman Kuil Rinnoji Sendai

Kuil yang dibangun sekitar tahun 1441 ini adalah kuil milik keluarga Date. Kuil ini dibangun oleh Date Mochimune sebagai hadiah untuk neneknya. Setelah sempat berpindah-pindah selama 150 tahun, akhirnya di sekitar awal tahun 1600-an, kuil ini menempati lokasi permanen yang bertahan hingga sekarang. Awalnya, kuil ini digunakan oleh keluarga Date untuk beribadat atau untuk merayakan hari-hari besar (festival) bersama dengan para penduduk sekitar. Namun, sejak tahun 1900-an, Kuil Rinnoji dibuka untuk umum termasuk bagi para wisatawan. Untuk area kuil sendiri bisa kita kunjungi tanpa membayar tiket masuk, namun kita dikenakan biaya tiket masuk area taman sebesar 300 yen. Bisa dibilang impas sih dengan keindahan dan pemandangan yang bisa kita nikmati di tempat ini.

Taman Kuil Rinnoji Sendai di musim panas

Kolam di Taman Kuil Rinnoji Sendai di musim panas

Setelah mengunjungi area bangunan utama kuil, yang digunakan untuk berdoa atau beribadah, teman-teman bisa mengunjungi area taman kuil. Di area taman bergaya landskap Jepang ini kita bisa melihat pepohonan, bunga, kolam dengan ikan koi berwarna cerah, dan juga jalan setapak berkeliling taman. Banyak pepohonan dan bunga di area taman ini menawarkan pemandangan hijau dan aneka bunga warna-warni di musim panas. Lalu, di musim gugur, dedaunan yang berubah warna juga bisa kita nikmati.


Suasana Kuil Rinnoji Sendai menjelang musim dingin

Bangunan pagoda Kuil Rinnoji Sendai menjelang musim dingin

2. Melihat Bangunan Pendopo Minum Teh

Bangunan pagoda tiga lantai bisa dicapai dengan melalui jembatan di atas kolam. Selain melihat dan menikmati pemandangan pepohonan dan kebun bunga dari bangku-bangku taman di sekeliling kolam, kita juga bisa berkunjung ke bangunan untuk upacara minum teh tradisional Jepang dan juga makam keluarga Date.

Suasana Taman Kuil Rinnoji Sendai

Suasana Taman Kuil Rinnoji Sendai

Akses ke Kuil Rinnoji

Dari Stasiun Sendai, teman-teman bisa naik kereta JR Senzan Line sampai Stasiun Kitayama. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 200 yen. Setelah itu, kita tinggal berjalan dari Stasiun Kitayama ke arah tenggara selama 8-10 menit sampai Kuil Rinnoji.

Recommended Hotels in Sendai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nine Hours Sendai
3 km away
from ¥1809/night
APA Hotel Sendai-Kotodai-
2 km away
from ¥5369/night
Holiday Inn ANA Sendai
4 km away
from ¥5701/night
APA Villa Hotel Sendaieki
4 km away
from ¥5050/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata di Sendai

Gunung Zao
43 km away
Monster es di Gunung Zao Miyagi
Ngarai Naruko Gorge
52 km away
Suasana di Naruko Onsen
Naruko Onsen
53 km away
Festival di Naruko Onsen
Kastil Aoba
3 km away
Patung berkuda Date Masamune di Kastil Aoba

Sumber gambar: Flickr arditpgarditpgmikedesain


Last modified: April 13, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!