Sakurajima Kagoshima

Home / Attraction / Sakurajima Kagoshima
Item image

Kagoshima punya pesona wisata alam yang tidak ada bandingannya di Jepang bahkan di dunia. Salah satunya adalah pulau Sakurajima dengan gunung Sakurajima di tengah laut Teluk Kagoshima. Dalam bahasa Jepang, Sakurajima memiliki arti pulau bunga sakura. Disebutkan pulau bunga sakura, karena di sisi utara pulau (area Taman Dinosaurus), ada ribuan pohon bunga sakura. Eh btw, beneran pulau ini punya gunung berapi aktif? Iya, beneran! Bahkan, awal tahun 2016 kemarin, Gunung Sakurajima ini meletus. Hingga kini, Badan Meteorologi Jepang (yang juga mengurusi masalah gunung berapi) menetapkan status gunung ini pada skala 3. Artinya gunung masih aktif dan tidak boleh didekati. Namun, kita masih boleh kok mengunjungi Pulau Sakurajima ini. Buat teman-teman yang ingin menikmati sisi “alam” Jepang yang unik, mari simak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Sakurajima di Kagoshima berikut ini.

Beberapa tempat atau spot wisata bisa dicapai dengan berjalan kaki dari area sekitar dermaga feri. Namun, jika teman-teman ingin berkeliling pulau atau melihat tempat-tempat yang lebih jauh, tersedia juga ada tempat penyewaan mobil atau sepeda di sisi utara dermaga. Namun, jumlah mobil yang bisa disewa terbatas. Jika teman-teman memang berniat untuk berkeliling pulau dengan menggunakan mobil, bisa menyewanya melalui https://www.shokokai.or.jp/46/4630211002/index.htm atau menelepon ke nomor 099-293-2162. Harga sewa untuk sepeda adalah 300 yen/ jam, sementara untuk mobil ukuran kecil sebesar 4.800 yen/ 2 jam dan mobil ukuran besar 6.500 yen/ 2 jam.

Kegiatan Seru di Sakurajima Kagoshima

1. Naik kapal feri menuju Sakurajima

Pulau Sakurajima seluruhnya terbentuk dari Gunung Sakurajima. Pulau ini terletak sekitar 4 kilometer dari lepas pantai Kagoshima dan dapat dicapai dengan kapal feri sekitar 15 menit perjalanan. Selain pemandangan Torii Agung di Miyajima, pemandangan pulau Sakurajima dengan asap “batuk” putih dari puncak gunung adalah salah satu pemandangan terbaik di Jepang menurut saya pribadi. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan pulau ini ya! Setibanya di dermaga, ada banyak objek-objek wisata yang bisa kita nikmati dengan berjalan kaki, bersepeda, atau naik mobil.

Naik Sakurajima Ferry

Naik kapal feri menuju Sakurajima

2. Coba berendam di onsen (pemandian air panas) persis di tepi laut

Tidak jauh dari dermaga feri, ada pemandian air panas bernama Magma Onsen yang menyediakan fasilitas pemandian air panas dengan pemandangan laut Teluk Kagoshima dan Teluk Kinko. Dengan uang hanya 390 yen, kita bisa berendam dan beristirahat sejenak dengan air panas pegunungan asli ditambah menikmati pemandangan laut yang indah. Selain itu, masih ada Taman Nagisa (di dekat Magma Onsen), di mana kita bisa merendam kaki kita dengan di kolam air hangat sepanjang 100 meter. Selain tidak dikenakan biaya sama sekali (alias gratis), kita juga bisa menikmati pemandangan laut Teluk Kinko dan juga kota Kagoshima dari kejauhan.

Dulu ada Furusato Hotel yang punya pemandian air panas di tepi laut. Tepi laut ini maksudnya bener-bener pantai dan berbatasan langsung dengan air laut ya teman-teman. Hotel ini begitu terkenal di seluruh dunia karena keunikan dan pesona pemandangannya. Namun, lokasinya yang ada di jalur awan panas dan lava ditambah aktivitas gunung Sakurajima, hotel ini akhirnya berhenti beroperasi.

3. Melihat sisa letusan berupa jalur lava Gunung Sakurajima

Salah satu kegiatan seru yang bisa dicoba juga di Pulau Sakurajima adalah mengelilingi pulau dengan bersepeda atau berjalan kaki melalui Nagisa Lava Trail. Karena pulau ini tergolong kecil, kita bisa berjalan dari sisi barat pulau (dermaga Sakurajima) ke pos pengamatan Gunung di Karasujima di sisi timur selama kurang lebih 1 jam perjalanan (3 kilometer).  Sambil berjalan mengelilingi pulau, kita bisa melihat taisho lava yang seperti membawa kita ke planet lain. Taisho lava ini adalah sisa sungai lava yang muncul saat letusan gunung tahun 1914.

Melihat asap gunung sakurajima dari dekat

Melihat asap “batuk” Gunung Sakurajima dari dekat

4. Melihat dunia dinosaurus di Taman Dinosaurus

Di sisi utara dermaga, tidak begitu jauh dari dermaga pulau, kita bisa mengunjungi Taman Dinosaurus. Wah, pasti teman-teman bertanya, mengapa namanya taman dinosaurus? Apa ada makhluk purbakala dinosaurus yang hidup di Sakurajima?

Nah, taman ini disebut taman dinosaurus karena ada patung dinosaurus dalam ukuran sebenarnya yang dibangun di sini. Area taman ini adalah area favorit bagi anak-anak maupun kita yang ingin melihat bagaimana dinosaurus lebih dekat. Selain itu, ada beragam permainan seperti seluncuran dan trampolin di mana anak-anak bisa bebas bermain. Taman dinosaurus ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dengan ribuan pohon bunga sakura. Kalau teman-teman mengunjungi Sakurajima saat musim gugur (pertengahan-akhir Maret), kita bisa menyaksikan keindahan bunga sakura juga di sini. Oiya, Sakurajima itu sendiri  berarti pulau bunga sakura looh!

Taman Dinosaurus di Kagoshima

Ada T-rex di Taman Dinosaurus di Sakurajima Kagoshima

5. Sebelum pulang, jangan lupa menikmati keindahan matahari terbenam

Setelah puas berkeliling dan melihat beragam objek wisata unik dan pemandangan gunung Sakurajima, kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Dermaga yang menghadap ke arah barat memberikan kita kesempatan langka melihat keindahan panorama matahari terbenam di Sakurajima, Kagoshima.

Kalau teman-teman ingin berpetualang lebih jauh, Tim Info Jepang sarankan untuk menyewa sepeda atau mobil untuk mengunjungi objek-objek wisata lain di Sakurajima.

6. Observatorium Yunohira

Observatorium Yonohira ini letaknya ada di tengah-tengah pulau. Sekitar 3 kilometer di sisi timur dermaga kapal feri. Letak obesrvatorium Yunohira ini hanya 2,5 kilometer dari puncak Sakurajima memberikan kita kesempatan untuk mengamati gunung ini dengan lebih dekat. Dari ketinggian sekitar 350 meter dari permukaan tanah, kita juga bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dan pemandangan kota di malam hari.

7. Observatorium Arimura

Observatorium Arimura ini letaknya ada di sebelah selatan pulau, sekitar 2,5 kilometer dari puncak gunung. Observatorium ini dibangun di atas bukit dari lava yang mengeras loh! Dari observatorium ini teman-teman bisa melihat pemandangan laut Teluk Kagoshima dan area Kaigata di tenggara Sakurajima.

gunung sakurajima dari observatorium arimura

Gunung Sakurajima dari Observatorium Arimura

8. Observatorium Kurokami

Observatorium Kurokami ini terletak di sisi timur pulau. Kita harus mengitari setengah pulau untuk mencapai Kurokami jika berangkat dari dermaga feri. Dari observatorium ini, kita bisa melihat kawah aktif Showa yang selalu mengeluarkan asap putih. Dari sini, kita bisa memperoleh pemandangan gunung terbaik tanpa tertutup awan asap putih.

9. Melihat kuil Kurokami yang tertutup oleh debu dan magma sisa letusan

Saat letusan dahsyat gunung Sakurajima di tahun 1914, kompleks kuil Kurokami yang ada di sisi timur puncak gunung terkena dampaknya. Seluruh bangunan kuil tertutup oleh debu dan magma hasil letusan dan hanya meninggalkan bagian atas gerbang/ torii dan atap kuil saja. Sisa bangunannya tertutup lapisan abu hampir 2-3 meter yang sudah mengeras.

10. Coba tur berkeliling pulau

Kalau bingung atau takut kesasar di Sakurajima, teman-teman bisa mencoba tur berkeliling pulau dengan menggunakan bus. Namanya Sakurajima Island View Tour Bus. Kita bisa berkeliling pulau selama 1 jam dengan rute mengelilingi pulau dari dermaga feri hingga Observatorium Yunohira. Harga tiketnya juga terjangkau, hanya 500 yen untuk orang dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Setelah tur ini, teman-teman bisa melanjutkan mengunjungi objek wisata lainnya seperti Taman Dinosaurus atau Nagisa Lava Trail.

Tour keliling Pulau Sakurajima

Tour keliling Pulau Sakurajima

Akses menuju Sakurajima

Dari pelabuhan Kagoshima, teman-teman bisa mencapai dermaga feri di pulau Sakurajima dengan kapal feri sekitar 15 menit perjalanan. Harga tiketnya 160 yen. Area pelabuhan Kagoshima sendiri bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Kagoshima.

Akses menuju Kagoshima

Jika teman-teman tertarik bagaimana wisata di Kagoshima dan Sakurajima, Tim Info Jepang akan memberikan panduan dan informasi terlengkap. Salah seorang Tim Info Jepang menghabiskan 4 tahun perkuliahan di Kagoshima, sehingga sudah paham betul tentang tempat-tempat wisata di Kagoshima.

Dengan kereta dari Tokyo

Perjalanan dari Tokyo sampai ke Kagoshima (Stasiun Kagoshima Chuo atau Stasiun Pusat Kagoshima) berlangsung selama sekitar 7 jam 11 menit, dan dilayani dengan kereta JR Tokaido Shinkansen dan JR Sanyo Kyushu Shinkansen. Kita perlu berpindah kereta Shinkansen di stasiun Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau di Stasiun Hakata. Harga tiket kereta Shinkansen sebesar 28.820 yen atau gratis jika menggunakan Japan Rail Pass.

Dengan pesawat dari Tokyo

Selain naik kereta, kita juga bisa naik penerbangan domestik dari Tokyo menuju Kagoshima. Maskapai ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo Haneda-Kagoshima dengan kisaran harga tiket 44.000 yen. Sementara itu, Maskapai Jetstar juga melayani penerbangan Tokyo Narita-Kagoshima dengan kisaran tiket 30.000 yen. Lama perjalanan dari Tokyo-Kagoshima sekitar 100 menit. Namun, tersedia tiket penerbangan murah dengan harga mulai 11.000-20.000 yen khusus wisatawan asing. Dari Bandara Kagoshima, tersedia bus yang mengantarkan kita ke kota Kagoshima. Lama perjalanan 40 menit dengan ongkos 1.250 yen.

Dengan kereta dari Kyoto atau Osaka

Perjalanan dari Kyoto atau Osaka menuju Kagoshima  dilayani dengan kereta JR Tokaido Shinkansen dan JR Sanyo Kyushu Shinkansen. Kita perlu berpindah kereta Shinkansen di stasiun Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau di Hakata. Dari Stasiun Kyoto, harga tiketnya 22.130 yen dengan lama perjalanan 4,5 jam. Sementara dari Stasiun Shin-Osaka, harga tiketnya 21.380 yen dengan lama perjalanan 4 jam. Bagi pemegang Japan Rail Pass, bisa naik kereta ke Kagoshima dengan gratis.

Link terkait

  1. Peta keamanan dan mitigasi bencana Sakurajima (pdf)
  2. Jadwal kapal feri ke Sakurajima (png)
  3. Jadwal tur bus keliling Sakurajima (png)

Cheap Hotels in Kagoshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Lexton Kagoshima
4 km away
from ¥6316/night
Hotel Kamoike Plaza
5 km away
from ¥3973/night
Cent Inn Nibankan
4 km away
from ¥5705/night
Kagoshima Plaza Hotel Ten
4 km away
from ¥4177/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Chiran Samurai District
28 km away
Taman di Chiran Samurai District
Senganen Garden
3 km away
Gunung Sakurajima dan Senganen Garden
Ibusuki Hot Spring
41 km away
Pemandangan sore hari di Ibusuki Hot Spring
Sakurajima Kagoshima
0 km away
Naik Sakurajima Ferry

Sumber gambar: Flickr Soumei Baba, tsuda, youinjapan.net, Ryuichi MaenoHajime NAKANO


Recommended for you


Last modified: June 9, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

    • Nugroho Christian  |  

      Hanya sebagian Havani tercovernya. Paling cepat, kamu bisa naik Chuo Line sampai Stasiun Otsuki (tercover), lalu naik Fujikyu Railway sampai Stasiun Kawaguchiko, dilanjutkan dengan naik bus Fujikyu ke Gotemba. Kalau kamu gak mau mengunjungi Fuji Kawaguchiko, bisa naik bus langsung ke Gotemba namun ongkosnya tidak tercover sama sekali dengan JR Pass.

  1. selamat siang, saya mau ke jepang desember ini dari tanggal 29 des-3january. Saya ada 1 pertanyaan, dari Tokyo saya mau berkunjung ke Kagoshima, apakah bisa dengan menggunakan JRpass? terimakasih.

    • bisa ya pake JRpass? karena pas saya cek di Map untuk pergi ke Kagoshima dari Tokyo harus naik Tokaido-Sanyo Shinkansen dan Kyushu Shinkansen

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya JR Pass mencover ongkos kereta shinkansen seluruh Jepang Ibu, termasuk Tokaido Shinkansen, Sanyo Shinkansen, dan Kyushu Shinkansen.
      Mohon dibaca dengan seksama penjelasan di artikel di atas. Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!