Reservasi Bagasi Besar Shinkansen

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Reservasi Bagasi Besar Shinkansen

Mulai dari 20 Mei 2020, ada kebijakan baru dari Japan Railway Jepang (pengelola shinkansen): reservasi bagasi besar shinkansen. Banyak pertanyaan dari para pembaca maupun dari para pengguna Tour Guide Online yang masuk tentang ukuran koper atau tas maksimal yang bisa dibawa ke shinkansen dan teknis reservasinya. Supaya dapat memahami, Tim Info Jepang menyarankan untuk membaca dulu artikel Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang, khususnya di bagian 1 tentang Shinkansen. Artikel berikut adalah rangkuman dari jawaban Tim Info Jepang atas pertanyaan dari para pengguna Tour Guide Online.

Dalam artikel Tips Membawa Koper saat Bepergian Naik Kereta di Jepang, Tim Info Jepang sudah memberikan trik untuk yang membawa koper ukuran besar. Triknya adalah memesan tempat duduk di baris paling belakang rangkaian kereta (seperti ditunjukkan di gambar selanjutnya). Nah, mulai dari 20 Mei 2020 ini, trik ini diperkenalkan secara ofisial oleh Japan Railway Jepang. Dengan kata lain, Japan Railway Jepang mengaminkan trik yang ditulis Tim Info Jepang.

Jika kamu ingin melakukan reservasi bagasi besar di shinkansen, bisa sampaikan saat memesan tiket tempat duduk. Reservasi bagasi besar sepaket dengan reservasi tempat duduk. Bagasi besar diletakkan di bagian X, dan kamu akan dapat tempat duduk di 1 deret (5 kursi) di depan lokasi bagasi besar.

Lokasi bagasi di shinkansen

Lokasi bagasi di shinkansen

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait bagasi besar di Shinkansen yang dirangkum Tim Info Jepang. Semoga bisa membantu menjawab kebingungan dan pertanyaan teman-teman. Kalau ada pertanyaan lainnya, bisa dituliskan di kotak komentar di bawah. Tim Info Jepang akan segera menjawabnya.

Pertanyaan Jawaban tentang Reservasi Bagasi Besar Shinkansen

Berapa Ukuran Bagasi Besar?

Kalau bagasi kamu ukuran panjang+lebar+tinggi nya melebihi 160 cm, silakan melakukan reservasi bagasi besar shinkansen. Perlu diingat batasannya adalah sampai 250 cm dan berat 30 kilogram. Satu penumpang bisa membawa maksimal 2 bagasi. Peraturan ini tidak berubah dari sebelumnya. Untuk bagasi kurang dari 160 cm, kamu bisa letakkan di rak di atas tempat duduk, atau bisa letakkan di space kaki.

Ukuran untuk Reservasi Bagasi Besar Shinkansen

Ukuran untuk Reservasi Bagasi Besar Shinkansen

Ada Tambahan Biaya untuk Reservasi Bagasi Besar Shinkansen?

TIDAK ADA tambahan biaya. Reservasi bagasi besar sepaket dengan reservasi tempat duduk. Kamu cukup menyampaikan untuk reservasi bagasi besar, maka petugas akan memilihkan tempat duduk yang lokasinya dekat dengan space bagasi besar. Jadi tidak usah kuatir ya teman-teman.

Apakah Selalu Tersedia Reservasi Bagasi Besar?

Perlu diingat karena keterbatasan jumlah kursi yang dekat dengan space bagasi besar (hanya sekitar 5 tempat duduk tiap gerbongnya) maka tentu ada kemungkinan kursi yang diinginkan tidak tersedia. Kamu bisa memilih jam keberangkatan shinkansen berikutnya, atau melakukan reservasi dari jauh-jauh hari.

Apakah Reservasi Bagasi Besar berlaku untuk Semua Rute Shinkansen?

TIDAK. Reservasi Bagasi Besar hanya untuk rute shinkansen paling sibuk yakni Tokaido Shinkansen, Sanyo Shinkansen, dan Kyushu Shinkansen. Dengan kata lain, kalau teman-teman naik shinkansen dengan bagasi besar dari Tokyo ke Odawara, Nagoya, Kyoto, Osaka, Kobe, Okayama, Hiroshima, Fukuoka, Kagoshima, maka harus melakukan reservasi bagasi besar. Selain itu TIDAK PERLU. Beberapa rute yang tidak perlu reservasi adalah shinkansen ke Kanazawa, Toyama, Nagano, Gala Yuzawa, Niigata, Fukushima, Yamagata, Akita, Hakodate, Sapporo.

Bagaimana Kalau Tidak Melakukan Reservasi Bagasi Besar?

Kalau ketahuan membawa bagasi besar tanpa melakukan reservasi (mudah mengetahuinya, cukup hanya melihat lokasi tempat dudukmu!) maka petugas yang berkeliling akan memindahkan bagasi ke tempat yang disediakan dan kamu harus membayar 1000 yen. Jadi usahakan melakukan reservasi bagasi besar ya, kalau memang bagasi kamu ukurannya melebihi 160 cm. Toh biayanya GRATIS.

Mengapa Ada Peraturan Baru Ini?

Peraturan ini diputuskan tahun lalu untuk menyambut Olimpiade Tokyo yang rencananya dilakukan pada tahun 2021 (diundur karena terjadinya pandemi virus Covid-19), juga untuk menjaga ketertiban dalam shinkansen. Meskipun Olimpiade Tokyo ditunda, lalu jumlah pengguna shinkansen menurun drastis, namun pertauran ini tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Sumber gambar: Flickr Minyoung Choi


Recommended for you

Last modified: May 3, 2020

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!