8 Alasan Pergi ke Jepang Saat Musim Gugur

You are here Home  > Musim di Jepang, Wisata Jepang >  8 Alasan Pergi ke Jepang Saat Musim Gugur

Kapan waktu terbaik berlibur ke Jepang? Pertanyaan ini yang sering muncul di berbagai forum informasi wisata. Di musim semi, kita dapat melihat bunga sakura dan menikmati segarnya udara Jepang yang hangat. Di musim panas, kita bisa berlibur sepuasnya karena libur panjang dan melihat festival kembang api atau hanabi yang menawan. Di musim dingin, kita dapat melihat festival salju dan bermain ski dan skateboard, permainan yang tidak bisa dilakukan di Indonesia. Tapi kali ini, saya ingin menjelaskan mengenai musim gugur di Jepang. Dalam artikel ini Tim Info Jepang telah merangkum 8 alasan pergi ke Jepang saat musim gugur. Check them out!

1. Momiji atau Daun Musim Gugur

Ketika berbicara musim gugur di Jepang, Anda tidak boleh melewatkan momiji. Ya, momiji adalah alasan pergi ke Jepang saat musim gugur yang pertama. Di musim gugur, sambil berjalan-jalan menikmati udara yang mulai sejuk, kita dapat melihat daun-daun pepohonan yang berubah warna menjadi kuning dan merah. Daun-daun ini adalah daun pohon momiji dan perubahan warna daunnya sering disebut kouyou. Sama seperti menikmati keindahan bunga sakura di musim semi, kita juga dapat menikmati keindahan warna pepohonan di musim gugur.

Momiji saat musim gugur

Keindahan kouyou makin bertambah di malam hari dengan pencahayaan khusus atau light up. Dengan tata cahaya yang apik, kita bisa menyaksikan keindahan kouyou di malam hari, menjadikan warna daun-daun bersinar bagaikan emas di tengah gelapnya malam.

2. Festival Api di banyak tempat

Alasan pergi ke Jepang saat musim gugur yang kedua adalah festival api yang sangat spektakuler. Di beberapa lokasi, sejak pagi seluruh penduduk membawa batang kayu pinus setinggi 10 meter dengan berat lebih dari 3 ton menuju ke lapangan. Batang pohon pinus itu kemudian disusun menurut aturan khusus. Ketika malam tiba, sekitar pukul 8 festival api dimulai. Satu orang terpilih mulai membakar batang pinus satu persatu hingga seluruh batang pohon terbakar. Festival api ini maksudnya untuk menghormati arwah leluhur yang tewas saat masa perang. Kita dapat menyaksikan kemegahan api yang menyala di tengah kegelapan malam.

Festival api di Jepang

3. Waktunya makanan enak

Musim gugur mungkin menjadi musim favorit seluruh penduduk Jepang. Selain suhu udara yang sejuk, musim gugur menjadi musim panen banyak bahan makanan. Kita bisa mendapatkan beras, jamur matsutake, kacang kuri, buah-buahan dan bahan makanan lain dengan harga yang murah. Yang paling terkenal mungkin adalah jamur matsutake, yang menjadi ikon musim gugur di Jepang. Jamur matsutake yang punya aroma khas sangat lezat bila dibakar singkat atau disajikan bersama dengan menu lainnya. Jadi jangan lupa untuk mencicipi jamur matsutake kalau berlibur saat musim gugur ya!

Makanan di musim gugur

4. Festival di Universitas

Di musim gugur ada libur hari budaya nasional, dan biasanya banyak universitas yang menggelar festival universitas saat hari libur ini. Kita dapat dengan gratis masuk ke Universitas, melihat pertunjukkan budaya dan musik dari para mahasiswa mahasiswi, juga berkunjung dan melihat fasilitas dan sistem pendidikan di kampus. Jadi bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Jepang, silakan pergi ke festival di beberapa universitas seperti Tokyo University, Tokyo Institute Technology, Tokai University, dan banyak universitas lainnya.

Festival di Universitas saat musim gugur

5. Festival Ikan Sanma

Ikan Sanma adalah ikon makanan laut di musim gugur. Di musim gugur ikan sanma sangat lezat dan gemuk, sehingga sangat enak disantap. Salah satu daerah di Tokyo yakni Meguro, membuat festival ikan sanma tiap musim gugur. Di sini kita dapat membeli ikan sanma dengan harga sangat murah lalu memanggangnya sendiri di atas arang. Kemudian kita dapat langsung menyantap kelezatan ikan sanma.

Festival Sanma di musim gugur

6. Halloween

Satu alasan pergi ke Jepang saat musim gugur yang lain adalah Halloween. Kita dapat menyaksikan peringatan halloween di seluruh kota. Pemuda-pemudi berdandan pakaian seram dan melakukan parade di spot-spot terkenal seperti Shibuya dan Roppongi. Kita juga bisa menyaksikan festival Halloween di Universal Studio Japan di Osaka atau Tokyo Disneyland.

7. Tokyo Girls Collection

Tokyo Girl Collection adalah pameran busana paling terkenal seantero Jepang. Kita dapat melihat wanita Jepang melenggak-lenggok di panggung menunjukkan model busana dan aksesoris Jepang terkini. Tokyo Girl Collection ini dilaksanakan sejak Agustus 2005 dan digelar tiap dua tahun sekali. Tidak hanya pameran busana saja, kita juga dapat menyaksikan pertunjukkan musik dan penampilan dari artis aktor terkenal di Jepang. Jadi jangan lupa pergi ke Tokyo Girls Collection kalau pergi ke Jepang ya!

8. Tokyo Game Show

Tokyo Game Show juga menjadi alasan pergi ke Tokyo saat musim gugur. Di sini kita dapat mencoba semua permainan terbaru dan tercanggih secara gratis. Akan ada banyak perusahaan pembuat dan pengembang game yang saling mempromosikan video-game terbaru mereka. Kita dapat mencoba permainan balap, pertarungan virtual, dan permainan lain yang tentunya sangat menarik. Selain itu, masih ada beragam acara di mana kita juga dapat bertemu dengan cosplay karakter di game, dan bisa mengambil foto bersama mereka.

Tokyo Game Show

Sumber gambar : karlocamero.com, Beckywithasmile, alde, CLF, vera46, Gamerscore Blog, Carlos Donderis


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: July 28, 2016

Comments (15)

  1. Pak saya mau beli tiket untuk musim gugur, baiknya akhir oct sampe awal nov, atau awal nov sampe pertengahan nov yah?
    Saya belum begitu yakin mau kemana2 aja, yg pasti landingnya di narita..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Lebih bagus di akhir Oktober-awal November, sudah masuk puncak musim gugur (pemandangan momijinya paling keren). Salam.

    • Margaretha  |  

      akhir october ternyata tidak bisa pak.. Kalau 1 – 9 november bagaimana keadaan nya pak? Apakah momiji nya maksimal juga?
      Dan adalah festival musim gugur di sekitar tanggal itu?
      Terimakasih banyak sebelumnya pak

    • Margaretha  |  

      Mana lebih baik pak
      1 – 9 november atau
      14 – 21 november
      Tolong advise nya pak.

      Karena waktu ke jepang kemarin rasanya kurang maksimal. Saya berangkat 8-14 maret
      Winter tinggal sisa2nya, dan sakura sempet ketemu tapi sedikit sekali saat itu.
      Kali ini pengen menikmati autumn di waktu yg tepat.. Terimakasih pak

    • Margaretha  |  

      Terimakasih sekali rekomendasi nya pak..
      Akhirnya promo tiket juga yg menentukan hehehe
      Saya sudah issued tiket 22 – 30 november pak. Apakah momiji di tanggal segitu masih bagus? Atau sudah mulai rontok?

      Saya ingin mengunjungi tokyo-osaka-kyoto-hokkaido
      Flight saya PP dari narita
      Tiba di narita jam 7 pagi
      Sebaiknya dari mana saya mulai nya pak? Baiknya urutan nya gimana pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di akhir November, tahun kemarin sudah banyak yang rontok karena sudah masuk musim dingin, tapi masih oke pemandangannya. Ya untuk rutenya sebaiknya tokyo-hokkaido0osaka-kyoto-baru ke Tokyo lagi. Salam.

  2. Slmt malam mas…
    Sy berencana ke jepang tgl 19 Nov – 04 Dec, mau tanya apa itu sdh masuk musim gugur ya.
    Rencana perjalanan dari Jakarta -Tokyo dan Osaka Jakarta….
    Mohon infonya ya
    Terimakasih sblmnya

    • Selamat malam mas….
      Mau nanya lagi ya 🙂

      Saya lg coba buat itinerary nih…
      Mohon infonya apa kira2 udah pas, atau ada saran rute yang lebih praktis…

      Ini rencana rute saya…

      1. Arrived Tokyo : 18 Nov
      2. Tokyo : 18 Nov s/d 21 Nov
      3. Kawaguchi Lake : 22 Nov s/d 23 Nov
      4. Hakone : 24 s/d 25 Nov
      5. Tateyama: 26 s/d 27 Nov
      6. Kyoto : 28 Nov s/d 30 Nov
      7. Osaka : 1 Dec s/d 4 Dec (back to Jakarta)

      Nah utk rute seperti itu kira tiket kereta atau bus terusan apa aja yg harus dibeli?
      Dan biasanya biaya makan per hari rata2 berapa ya mas?

      Terimakasih sebelumnya.

      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo ibu, mohon infonya lebih lengkap:
      5. ke Tateyama dari Tokyo? artinya dari Hakone akan kembali ke Tokyo atau mau langsung. Lalu ke Kyotonya apa akan kembali ke Kyoto atau langsung dari Tateyama? Karena akan menentukan apakah membeli JR Pass atau tidak.
      Untuk pass harian, bisa membaca di Pass Harian Tokyo, Free Pass Osaka, dan Free Pass Kyoto.

    • Halo mas…
      Rencananya sih langsung…. Hakone to Tateyama.
      Lalu dari Tateyama dan sekitarnya juga langsung ke Kyoto.
      Jadi gak bolak balik dari kota sebelumnya..

      Oh ya ke Tateyama pada musim gugur apa bagus juga pemandangannya?

      Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ibu ingin langsung dari Hakone ke Tateyama, berarti harus membawa koper selama perjalanan menyusuri Tateyama Kurobe Alpine.
      Ibu silakan membaca Itinerary Perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine. Ibu silakan membeli JR PASS karena sudah balik modal kalau naik kereta ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Lalu kalau Ibu datang akhir bulan November sepertinya sudah tidak ada pemandangan musim gugur lagi yang bisa dilihat, mengingat semua daun-daun pepohonan sudah rontok di akhir musim gugur.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang hendra,

      Untuk wilayah di utara Jepang (Hokkaido), momiji berlangsung sekitar akhir September sampai pertengahan November.
      Untuk wilayah tengah Jepang (Tokyo, Kyoto, Osaka, Hiroshima), momiji belakangan, biasanya mulai Oktober hingga akhir November. Tahun lalu, awal Desember di beberapa wilayah di Tokyo seperti di Taman Rikugien dan Taman Hama-Rikyu, kita masih bisa menyaksikan keindahan momiji musim gugur.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!