Informasi Tentang Seishun 18 Kippu

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Informasi Tentang Seishun 18 Kippu

Jalan-jalan di Jepang mahal? Siapa bilang? Kali ini Info Jepang akan memberikan tips buat kamu yang ingin berlibur ke Jepang tapi tidak ingin menghabiskan tabungan. Tips kali ini adalah menggunakan tiket Seishun 18 Kippu (dibaca seishun juuhachi kippu). Tiket kereta murah ini Tim Info Jepang rekomendasikan buat kamu para backpacker Jepang.

1. Apa itu tiket Seishun 18 Kippu

Seishun 18 Kippu

Seishun 18 Kippu dalam bahasa Indonesia berarti tiket buat remaja 18 tahun. Cocok sekali bagi para remaja yang ingin berpelesir ke daerah-daerah baru tapi tidak punya uang banyak. Tapi, tiket ini tidak cuma buat remaja. Orang dewasa, anak-anak, dan para wisatawan juga boleh menggunakan tiket seishun 18 kippu, tiket super ini.

Tiket Seishun 18 Kippu adalah tiket khusus kereta JR yang bisa digunakan seantero negeri Jepang. Kereta JR adalah perusahaan kereta nasional Jepang, dan jalur keretanya menghubungkan seluruh daerah Jepang hingga ke pelosok-pelosok. Hingga beberapa orangtua di Jepang berkata, di manapun kamu berada, jika naik kereta kamu bisa sampai ke Tokyo.

Kereta lokal di Hokkaido

Dengan tiket ini, kita bisa pergi dari Hokkaido di paling utara hingga Kagoshima di paling selatan sepuasnya. Namun perlu dicatat, tiket ini hanya bisa dipergunakan untuk kereta lokal atau ekspress. Tiket Seishun 18 Kippu tidak bisa dipergunakan di kereta Limited Express atau Shinkansen, kecuali membayar biaya tambahan.

Kamu juga bisa naik Bus Rapid Transit dari perusahaan-perusahaan operasional JR di seluruh Jepang, mulai dari JR Hokkaido, JR East, JR Central, JR West, JR Shikoku and JR Kyushu. Gampangnya, seluruh kereta dan bus JR bisa kita naiki gratis dengan Tiket Seishun 18 Kippu ini, termasuk tiket kapal ferry menuju Miyajima (untuk melihat Torii Agung Miyajima dan Kuil Itsukushima yang terkenal).

Keindahan alam Jepang dari jendela kereta (Hokkaido)

2. Siapa yang Wajib Membeli Seishun 18 Kippu?

Buat kamu pemuda-pemudi yang ingin berpetualang atau backpacker di Jepang, tiket ini sangat cocok. Kita bisa berpindah kota, menginap di kota itu semalam, lalu kemudian berpindah kota lagi hari berikutnya. Tiket ini bisa dipakai untuk perjalanan 5 hari. Jadi kita bisa berkeliling kota-kota di Jepang sepuasnya dalam lima hari.

Tapi seperti telah disampaikan di atas, tiket ini hanya bisa digunakan untuk kereta dalam prefektur atau jarak dekat. Berpindah-pindah dan menghabiskan waktu di kereta mungkin berat bagi sebagian orang, namun dengan begitu kita bisa melihat pemandangan Jepang sebenarnya. Kereta lokal biasanya dibangun di pusat-pusat kegiatan masyarakat, pinggir jalan, pinggir pantai, sungai, dan kota-kota. Jadi kita berkesempatan melihat keindahan alam dan kehidupan masyarakat Jepang sehari-hari. Suatu hal yang tidak bisa disaksikan jika naik Shinkansen atau kereta ekspress. Itu karena Shinkansen terlalu cepat dan hampir 70% jalannya melewati terowongan atau di bawah tanah.

Pemandangan dari jendela kereta

Maksud dari 5 hari di sini adalah 5 hari perjalanan. Jika sendiri, kita bisa menggunakannya dalam lima hari liburan. Kita juga bisa mengumpulkan 4 teman, dan berlibur bersama satu hari. Bisa juga dengan komposisi lainnya, pergi 1 hari sendiri, lalu dua hari berikutnya bersama dengan seorang teman (total 2 orang). Karena mudah dalam pengaturan dan pemakaiannya, makan tiket Seishun 18 Kippu ini sangat terkenal di kalangan muda-mudi dan wisatawan luar negeri.

Pesan JR Pass online

3. Di mana Kita Bisa Membeli Seishun 18 Kippu ini?

Kita dapat membelinya di seluruh kantor tiket tiap stasiun JR Line seluruh Jepang. Harganya 11.850 Yen atau sekitar 1,3-1,5 juta rupiah (tergantung nilai tukar yen). Terdengar mahal, namun jika dihitung per hari, kita bisa jalan-jalan sepuasnya hanya dengan 2.370 Yen satu hari.

Midori Madoguchi - Tempat membeli tiket (Shinagawa Station)

Memang tiket ini bisa dibeli di seluruh stasiun di Jepang, namun saya sarankan untuk membelinya di stasiun-stasiun besar di wilayah Tokyo seperti Shinjuku, Shibuya, atau Tokyo. Bisa juga di Nagoya, Kyoto, atau Shin-Osaka. Jika kita membelinya di stasiun besar, maka petugas tiket kereta dapat berbahasa Inggris dan membantu kita dalam membelinya.

Sebelum membeli tiket ini pastikan terlebih dahulu durasi penjualan dan tanggal berlakunya.

Contoh untuk tahun ini, tiket musim semi dijual tgl 20 Februari – 31 Maret. Lalu bisa dipakai dari 1 Maret – 4 April. Perhatian: tiket musim semi tidak lagi dijual atau berlaku untuk pembelian tiket Seishun 18 Kippu. Untuk musim panas, bisa dibeli tgl 1 Juli – 31 Agustus, dan bisa dipakai 20 Juli sampai 10 September. Untuk musim dingin, bisa dibeli tgl 1 Desember – 31 Desember. Bisa dipakai tanggal 10 Desember sampai 10 Januari.

Sekian informasi mengenai tiket Seishun 18 Kippu. Buat kamu yang ada pertanyaan, bisa menuliskannya di komentar bawah. Tim Info Jepang akan menjawabnya.

Sumber gambar : Flickr Yuya TamaiShin Takeuchipika1935vivafilmskylohasteru

Recommended for you

Last modified: October 20, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (59)

  1. Tun Ahmad Gazali  |  

    Selamat siang. Mohon dibantu untuk saran saya mengatur jadwal perjalanan yang baik untuk bisa menikmati Gunung Fuji, tempat2 wisata menarik termasuk info harga tiketnya, bila ada saya bisa tiba di Narita tgl 30 Jan 2017 jam 7 pagi dan kembali tgl 4 Februari 2017dari haneda jam 7 malam?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kami tidak melayani pembuatan itineary via website karena akan sangat panjang dan membuat bingung pembaca website yang lain.
      Jika Bapak memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  2. Tun Ahmad Gazali  |  

    SElamat siang, apakah bisa menggunakan 18 kippu untuk naik KA sunrise seto dari Okayama ke Tokyo?. Jam berapa Sunrise seto berangkatnya dari Tokyo ke Okayama?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak Tun. Sleeper Train Sunrise Seto berangkat jam 22:00 dari Tokyo Station dan sampai 06.27 di Okayama Station.
      Kereta ini adalah sleeper train dan bukan kereta lokal, sehingga tiket seishun 18 kippu tidak bisa digunakan.
      Salam

    • Tun Ahmad Gazali  |  

      Kalo begitu..minta saran jadwal terbaik KA lokal dari Tokiwa yamaguchi sampai tokyo dengan mengunakan 18 kippu? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya tidak bisa dalam satu hari Pak Tun. Berangkat paling pagi dari Tokiwa di Prefektur Yamaguchi pun, baru sampai di Numazu (Prefektur Shizuoka) di tengah malam. Baru bisa lanjut lagi naik kereta esok harinya, dengan kata lain perlu 2 lembar tiket seishun 18 kippu. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau 5 hari untuk 6 orang, ya berarti harus membeli 6 buah tiket Seishun 18 Kippu.
      Maaf, apakah Dafit wisatawan dari Indonesia? Kalau begitu lebih bagus membeli JR Pass yang jauh lebih praktis dan menguntungkan

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tahun depan, tahun 2017 belum ada informasi dari perusahaan JR. Info di atas adalah info untuk tahun 2016.
      Salam

  3. malam mas, saya mau nanya : tiket seishun 18 kippu itu dapat di gunakan disemua kereta yang termasuk JR Group ? kalo misalkan di gunakan dari tokyo ke kawaguchiko kan ada JR chuo line rapid service transit di shinjuku. kemudian dilanjutkan kereta Holiday rapid Mt fuji. nah yang jadi pertanyaanya apakah jika menggunakan kereta Holiday rapid mt fuji di kenakan biaya tambahan. karena saya lihat dari hyperdia.com setiap kreta yang termasuk JR group di depan nama kereta ada kata JR nya ? sedangkan kereta Holiday itu tidak ada. maaf masih newbie. terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Holiday rapid dikenakan biaya tambahan karena bukan kereta JR. Jadi kamu bisa naik dari Shinjuku-Otsuki (tercover) lalu dilanjutkan dengan kereta Fuji Kyuko dari Otsuki – Kawaguchiko seharga 1.140 yen. Salam.

  4. Malam admin, saya mau tanya : dulu thn 2014 saya pakai 18 kippu satu tiket bisa untuk 5 orang , jadi seperti ini , total ada 6 lembar tiket saya dapatkan, satu lembar adalah tiket utama, dan 5 lembar tiket nya adalah tiket yg akan dipakai dalam waktu 5 hari. Dalam pemakaian tiap satu tiketnya bisa sampai 5 orang maksimal. Jadi total orang yg bisa diikutsertakan dalam tiket ini bisa mencapai 25 orang dalam waktu 5 hari ( selama masa berlaku tiket ). dengan harga sesuai di atas. saya terkejut membaca berita postingan di atas. Karena penjelasannya Satu tiket hanya untuk satu orang. Padahal waktu thn 2014 saya pergi berlima dengan satu tiket dan 4 tiket tersisa kami pakai di hari2 berikutnya. kenapa sekarang seperti ini ? Apa ada perubahan peraturan baru ? Mohon penjelasan nya dari admin. Trmksh. Karna saya juga dicap setiap keluar masuk stasiun waktu itu dan petugas stasiun juga mengecek jumlah kami yg keluar masuk stasiun.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sekarang 1 tiket hanya untuk satu orang saja. Jadi 5 lembar tiket yang diperoleh, bisa digunakan oleh 1 orang untuk bepergian 5 hari atau digunakan 5 orang bersamaan pergi di satu hari. Salam.

  5. indrian rinda utami  |  

    min mau tanya di web resminya kok seisun kippu untuk maret ngga ada ya? itu tiap tahun periodenya samakan?
    apa belum di update jarena 2016? takutnya pas maret kesana udh ga jual 18 kippu lagi hiksss

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Indrian, untuk tahun ini tiket seishun Kippu tidak lagi berlaku untuk musim semi (hanya untuk penggunaan musim panas dan musim dingin saja). Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama-sama pak.
      Sampai di Hiroshima Station keluar dari pintu keluar selatan. Untuk pergi ke Atomic Bomb Dome di Hiroshima bisa naik:
      1. Trem Hiroden warna hijau ke arah Eba atau Miyajima-guchi dan turun di halte Genbakudomu-mae (the Atomic bomb Dome).
      2. Bus kota Hiroshima warna merah ke arah Yoshijima dan turun di Heiwa Kinen Koen (Peace Memorial Park).
      Lihat info lengkapnya di Atomic Bomb Dome

  6. Tun Ahmad Gazali  |  

    SElamat pagi, tiket 18 kippu saya masih sisa dua stempel. Kami mau pakai berdua ke Hiroshima tgl 3 September besok pagi-pagi dari Tokiwa Koen Eki di Ube. APakah cukup waktu untuk kami berkunjung ke MIyajima, Heiwa Koen dan Genbaku dome di Hiroshima, serta ke jembatan Iwakuni?..Oh ya, apak 18 kippu bisa dipakai tuk trem lokal di Hiroshima?.atau kami harus memakai angkutan apa ke Genbaku dome nya?. juga tuk ke jembatan Iwakuninya?
    Mohon info. Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau Bapak berangkat pagi-pagi jam 05.44 dari Tokiwa Station akan sampai di Hiroshima Station pukul 09.30.
      Dari situ bisa pergi ke Gembaku Dome, Heiwa Koen naik trem (tidak tercover 18 kippu), lalu lanjut ke Miyajima-guchi station naik trem juga.
      Ke Miyajima perlu bayar untuk feri penyebrangan. Jalan-jalan ke Torii Miyajima dan Kuil Itsukushima Jinja.
      Sepulang dari Miyajima bisa ke Kawanishi (stasiun terdekat Jembatan Kintai di Iwakuni) selama 40 menit.
      Kalau naik kereta 20.35 dari Kawanishi bisa sampai di Tokiwa jam 23.20 (kereta terakhir).
      Tim Info Jepang pikir mungkin Pak.
      Salam

  7. Gimana cara beli 18kippu, kalo trip baru mulai tgl 4jan, pdhal dijualnya 1-31 des? bisa beli di konsulat Jpg saat buat visa atau di tur n travel? Trus Ada kereta malamnya ga?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Devi. Sebetulnya 18 kippu lebih cocok bagi wisatawan yang berada atau tinggal di Jepang yang ingin menghemat biaya perjalanan.
      Untuk wisatawan dari luar negeri (Indonesia) tidak direkomendasikan menggunakan tiket ini sebab waktu liburan akan habis di perjalanan kereta.
      Untuk kereta, sama seperti di Indonesia, kereta akan berhenti beroperasi di malam hari (Kota besar seperti Tokyo dan Osaka, kereta berhenti jam 00.30-01.00).
      Apakah bisa membeli di tour travel atau di kedutaan saat membuat visa, silakan dicek sendiri.
      Mungkin nanti bisa membagikan informasinya di sini.
      Salam

  8. Selamat pagi tim info jepang, mau tny nih kalau mengunakan seishun 18 kippu dari osaka ke tokyo rute perjalanannya gimana yah? Soalnya kami 4 org kira lbh irit pake ini. Ad saran kah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Feryanti. Bisa tapi perlu beberapa kali ganti kereta dan waktu perjalanannya lama.
      Rutenya Osaka-Maibara (Shiga Pref)-Oogaki (Gifu Pref)-Toyohashi (Aichi Pref)-Hamamatsu (Shizuoka Pref)-Atami (Kanagawa Pref)-Tokyo
      Waktu perjalanan 9 jam. Jadi perlu pergi pagi-pagi supaya semuanya bisa ditempuh dalam 1 hari.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa, rutenya Osaka-Himeji-Okayama-Mihara-Iwakuni-Shin Yamaguchi-Shimonoseki-Kokura-Hakata
      Waktu perjalanan 12 jam 50 menit dengan ongkos 9760 yen.
      Salam

  9. Salam Kenal…
    Min, mau tanya kalau dari Iwata mau ke bandara narita pakai seishun kippu bisa ? dan minta bantu rutenya… rencananya mau PP ke tanah air 13 Agustus dan balik tanggal 21 Agustus.
    Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo juga. Kamu Iwata yang dimana? Shizuoka Prefekcture atau yang di Yamaguchi?
      Salam

  10. Selamat malam, min nanya dong, rute untuk pake seishun kippu dari kobe ke Tokyo itu rutenya gimana ya ?
    Bisa ga ?

    Arigatou.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa tapi perlu beberapa kali ganti kereta dan waktu perjalanannya lama.
      Rutenya Tokyo-Atami-Higashi Shizuoka-Tenryuugawa-Toyohashi-Yonehara-Sannomiya (Kobe)
      Waktu perjalanan 9 jam 20 menit.
      Salam

  11. Tun Ahmad Gazali  |  

    Selamat sore, mohon dibantu info, apakah anak saya yang masih berumur 3,5 tahun bila naik KA di Jepang sini harus sudah beli tiket? Treuma kasih perkenan jawabannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tiket kereta spesial ekspress atau shinkansen perjalanan jauh, anak 3,5 tahun tidak perlu pak asalkan anaknya dipangku (tidak dapat tempat duduk). Jika mau tempat duduk, ya harus membeli tiket.

      Untuk kereta lokal yang jaraknya pendek, tiket tidak jadi masalah.

  12. Tun Ahmad Gazali  |  

    Selamat sore.
    Saya rencana memakai 18 kippu pada 1 agustus siang dari Ube shinakawa eki menuju ke Osaka Kansai yang dijadwal keretanya saya barus tiba pagi hari di Kansai tgl 2 Agustusnya. Apakah itu berarti 18 kippu saya akan terkenan stempel 2x?..bagaimana cara agar hanya terkena 1x stempel?. Dan apakah masih ada Monlight Kyushu yang dari Hakata ke Osaka itu utk ahun 2016 ini?.JIka ada, di stasiun mana di Prefecture Yamaguchi sini, KA Moonlght Kyushu itu berhenti?.. MOhon balasan dan terima kasih banyak atas perkenan jawabannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau tiba beda hari ya kena stempel dua hari pak. Cara biar kena stempel satu kali ya masuk dan keluar stasiun tujuan dalam hari yang sama, mungkin bisa berangkat pagi-pagi buta. Saya cek kalau berangkat pagi2 bisa sampai di Osaka sore hari.

      Moonlight express sudah berhenti beroperasi 7 tahun lalu pak. Semua sudah pakai Shinkansen sekarang. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa nurul, tapi Seishun 18 Kippu hanya untuk kereta lokal saja ya, gak bisa buat naik kereta ekspress atau Shinkansen, makanya jatuhnya durasi perjalanan jadi lama.

      Salam dan selamat liburan!

  13. min kan katanya utk musim panas 2016, bisa beli tgl 1 Juli sd 31 Agustus, dan bisa pakai 20 juli sd 10 Sept. berarti belum bisa digunakan kalau kunjungannya di sekitar tgl 12 juli gt ya? harus tunggu sampai 29 juli baru bisa dipakai tiketnya begitu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Niigata bisa naik Shinkansen sampai ke Omiya, lalu pindah ke JR Musashi no Gou sampai ke Tachikawa Station.
      Dari Tachikawa bisa naik JR Chuo Line sampai ke Otsuki Station dan naik Fuji Kyuko Line sampai ke Kawaguchiko Station- Jalur awal pendakian Gunung Fuji Yoshida Trail.

      Jika naik bus bisa juga dicari informasinya dari Niigata Station yang ke arah Shinjuku/ Hachioji supaya lebih dekat.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Sayangnya tiket seishun 18 kippu dijual dalam waktu tertentu saja, saat liburan musim dingin, musim semi, dan musim panas. Kita tidak bisa membelinya sewaktu kita ingin pergi.
      Contoh untuk tahun 2016, tiket musim semi dijual tgl 20 februari-31 maret. Lalu bisa dipakai dari 1 Maret-4 April.

      Untuk musim panas, bisa dibeli tgl 1 Juli-31 Agustus, dan bisa dipakai 20 Juli sampai 10 September.

      Untuk musim dingin, bisa dibeli tgl 1 Desember-31 Desember. Bisa dipakai tgl 10 Desember sampai 10 Januari.

      Jadi kalau seperti pertanyaan Agil, tiket 18 kippu tidak bisa dipakai di tanggal 2-3 Juli

  14. Mlm gan mau tanya ne Kalo dari nagoya mau ke gunung fuji pake juhachi kippu bisa gak trus rutenya nya ke mna saja n harus nyampe statsiun apa? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Dari Nagoya bisa naik JR Chuo Express Line ke Nakatsugawa Station
      Dari Nakatsugawa naik JR Chou Line sampai ke Shiojiri Station
      Dari Shiojiri naik JR Chuo Line sampai ke Otsuki Station
      Dari Otsuki naik Fuji Kyuukou sampai ke Fujisan Station (stasiun terdekat di jalur pendakian FujiYoshida)
      Perlu diperhatikan kereta JR sudah termasuk ke 18-kippu jadi gratis, sedangkan Fuji Kyuukou itu bukan JR dan harus membayar tiket 1020 Yen.
      Total waktu yang diperlukan 8 jam lebih, jadi harus berangkat dari pagi, supaya bisa sampai di hari yang sama.
      Kalau ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi Tim Info Jepang di 0818221505 (WA/line)

  15. Selamat siang,saya ingin minta info dan sarannya ya rencana saya akan trips kelg ke jepang(saya,suami dan 2 anak remsja) dari tgl 24 des – 6 jan dgn rencana tujuan tokyo,osaka,kyoto kalau memungkinkan ke sapporo dgn transportasi yg lebih murah dan hemat karena kalau menggunakan JRpass dgn hrg selangit terasa berat utk kami ber 4.terima kasih kami tunggu infonya.

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Selamat siang ibu Dewi, untuk perencanaan perjalanan, kami menyediakan Tour Guide online Info Jepang yang siap membantu persiapan dan selama ibu liburan di Jepang. Silahkan kontak kami Tim Info Jepang di 0818.221.505 (Whatsapp), kita siap membantu.

      Salam dan selamat liburan di Jepang!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan