Air Terjun Shiraito

Home / Nature / Air Terjun Shiraito
Item image

Masih menikmati perjalanan di sekitar Fujinomiya, saya juga mengunjungi air terjun Shiraito. Letaknya tidak jauh dari Danau Tanuki dan masih ada di sekitaran Gunung Fuji. Air terjun ini bersumber dari air tanah di dataran tinggi Asagiri yang melimpas ke melalui air terjun sepanjang 200 meter yang berbentuk seperti jalinan benang sutera (Shiraito, dalam bahasa Jepang). Memang benar, jika dilihat limpasan air terjun itu seperti alunan benang sutera putih di antara bebatuan dan pepohonan rimbun. Sejak ditemukan oleh Hasegawa Kakugyo, air terjun ini menjadi air terjun suci yang sering digunakan untuk upacara keagamaan. Simak perjalanan Tim Info Jepang mengunjungi pemegang predikat “air terjun terindah” di Jepang.

Terletak di sisi barat Gunung Fuji, kehadiran air terjun Shiraito melengkapi deretan pesona alam yang ada di kawasan wisata sejarah Gunung Fuji. Air terjun Shiraito memiliki sumber air yakni salju cair dari Gunung Fuji yang menyerap lewat lapisan batu di bawah tanah dan muncul di sebelah barat Gunung Fuji yakni air terjun Shiraito. Salah satu spot terbaik adalah di Jembatan Takimi. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan air terjun yang berpadu dengan pemandangan alam sekitarnya.

Air Terjun Shiraito di musim panas

Air Terjun Shiraito di musim panas

Di musim gugur, pemandangan jernihnya air terjun dengan dedaunan maple berwarna merah jadi buruan para wisatawan dan fotografer dari berbagai negara.

Pemandangan musim gugur di Air Terjun Shiraito

Pemandangan musim gugur di Air Terjun Shiraito

Masih di kawasan yang sama, kita juga bisa mengunjungi Air Terjun Otodome hanya dengan lima menit berjalan kaki. Otodome juga masuk ke dalam deretan air terjun paling terindah di Jepang. Air terjun setinggi 25 meter ini dikenal dengan derasnya air yang jatuh dan dapat kita dengar bahkan dari jarak jauh.

So, jangan lupa mengunjungi kedua air terjun ini, khususnya buat teman-teman yang ingin mengunjungi kawasan Gunung Fuji. Sebelum pulang, kita bisa mengunjungi beberapa toko suvenir yang menjual oleh-oleh bertema Gunung Fuji dan wilayah alam Shizuoka yang terletak di sepanjang jalan akses menuju air terjun.

Akses ke Air Terjun Shiraito

Setibanya di Stasiun JR Fujinomiya atau stasiun shinkansen Shin Fuji, kita bisa naik bis Shizuoka (bus wisata keliling) yang melalui air terjun Shiraito, Danau Tanuki. Lama perjalanannya sekitar 40 menit, dengan ongkos 1.130 yen.

Stasiun JR Fujinomiya bisa dicapai dengan kereta JR Minobu Line selama 18 menit dari Stasiun Fuji dengan ongkos 240 yen. Ada juga bus yang menghubungkan Stasiun Shin-Fuji, Fujinomiya, dari Stasiun Kawaguchiko. Lama perjalanan ke Fujinomiya dari Stasiun Kawaguchiko sekitar 80 menit dengan ongkos 1.730 yen.

Hotel-hotel terdekat dengan air terjun Shiraito dibawah ini semuanya terletak di sekitar Stasiun JR Fujinomiya. Tim Info Jepang memilihkannya karena aksesnya yang mudah dengan bus wisata Gunung Fuji.

Akses ke Fujinomiya

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen Hikari dan Kodama sampai Stasiun Shizuoka. Lama perjalanannya sekitar 60 menit dengan kereta Hikari dan 90 menit dengan kereta Kodama, dengan ongkos 5.830 yen. Selain itu, kalau ingin lebih hemat bisa naik kereta JR Tokaido Line selama 3,5 jam dengan ongkos 3.350 yen.

Dari Stasiun Shizuoka kita berpindah ke kereta JR Tokaido Line ke arah barat sampai Stasiun Fujinomiya selama 60 menit dengan ongkos 840 yen.

Dari kawasan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi, Gotemba, atau Hakone, teman-teman bisa naik bus menuju Stasiun Mishima terlebih dahulu. Dari Stasiun Mishima, bisa naik kereta JR Tokaido Line sampai Stasiun Fujinomiya lewat Stasiun Fuji selama 60 menit dengan ongkos 670 yen.

Cheap Hotels in Fujinomiya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fujinomiya Fujikyu Hotel
10 km away
Fujinomiya Fujikyu Hotel
from ¥6196/night
Fujinomiya City Hotel
10 km away
Fujinomiya City Hotel
from ¥6703/night
Sun & Moon Club
4 km away
Sun & Moon Club
from ¥10157/night
Fujinomiya Green Hotel
10 km away
Fujinomiya Green Hotel
from ¥4774/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Atami Plum Garden
49 km away
Bunga plum mekar di Atami Plum Garden
Gotemba Premium Outlets
34 km away
Gunung Fuji dari Gotemba Premium Outlets
Pantai Miho
36 km away
Gunung Fuji dari Pantai Miho no Matsubara
Mishima Skywalk
40 km away
Meniti jembatan Mishima Sky Walk

Sumber gambar: Flickr Reginald PentinioRay Swi-hymn


Recommended for you


Last modified: January 8, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

  1. Pak Nugroho mau tanya
    – Dari kyoto bila hendak ke mount fuji sebaiknya naik apa?
    – Rencana menginap 2 malam di kawasan tersebut, sebaiknya menginap di kawasan apa?
    – ingin mengunjuni Mishima skywak, mount fuji subaru 5th station, Gotemba outlet, shiraito no taki water fall, kagawuchi lake.
    – sebaiknya membeli Fuji Hakone Pass atau Mt Fuji Shizuoka Area Tourist Pass? Bedanya apa ya?
    – Lalu dari dari mount fuji ke shinjuku atau shibuya sebaiknya naik apa?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ibu bisa turun di Mishima Station, lalu lanjut naik bus ke Kawaguchiko.
      2. Ibu bisa menginap di sekitaran Stasiun Kawaguchiko atau bisa juga di sekitaran Gotemba.
      3. Melihat rutenya, bisa mengcoba Fuji Hakone Pass saja, yang versi Odawara.
      4. Nanti bisa naik bus langsung ke Shinjuku dari Kawaguchiko Station Bus Terminal. Salam.

  2. Malam pak. Sy akan ke jepang awal mar 2017 dan plan mau ke snow town yeti, fuji safari zoo dan fuji milk land (optional). Sy mau tanya:
    1. Saya brkt dari osaka. Bs ksh saran transport yg murah dan brp lama perjalanan?
    2. Kira2 kl menginap 1 malam enaknya di daerah mana?
    3. Dari situ saya akan ke tokyo. Kira2 naik apa, dr stasiun mana, brp biaya/lamanya?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Apakah ibu punya JR Pass? Untuk ke Fuji Milk Land sepertinya aksesnya agak sulit.
      Mungkin ibu bisa ke Shiraito Falls yang aksesnya lebih mudah. Dari stasiun shinkansen Shin Osaka bisa naik shinkansen sampai ke Shin Fuji Station, kemudian naik bus lokal Shizuoka sampai ke Shiraito Falls (1.060 yen). Kemudian bisa kembali naik bus yang sama sampai ke Shin Fuji Station. Lalu lanjut naik shinkansen sampai ke Mishima Station. Dari Mishima bisa naik bus lokal sampai ke Fuji Safari Park (1.030 yen). Pulangnya bisa naik bus menuju ke Gotemba Station dan menginap di hotel dekat stasiun Gotemba.
      Esok paginya bisa naik bus jam 09.10 dari Gotemba Station menuju ke Snow Town Yeti. Salam

      Beberapa rekomendasi hotel di Gotemba antara lain (hotel yang murah dan dekat stasiun Gotemba)
      1. Select Inn Fujisan Gotemba
      2. Hotel Route-Inn Gotenba
      3. The Gotembakan.

  3. hilda situmorang  |  

    jika memakai tokyo wide pass, itinarary rekomendasi yg efisien bagaimana untuk tempat wisata :danau kawaguchi,kachi ropeway,air terjun shiraito,mishima skywalk,gotemba,snow yeti. apakah sebaiknya inap semalam di kitaran kawaguchi atau bisa inao balik ke tokyo?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan Tokyo Wide Pass bisa ke Stasiun Kawaguchiko (ongkosnya semua tercover). Dari Stasiun Kawaguchiko bisa berkeliling naik bus lokal Retro Bus yang menghubungkan Danau Kawaguchiko, Gunung Fuji dan objek-objek wisata di sekitarnya.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!