Distrik Higashi Chaya

Home / Attraction / Distrik Higashi Chaya
Item image

Masih berkeliling di Kanazawa, saya begitu menikmati perjalanan pagi saya sejenak ke distrik Higashi atau yang lebih dikenal dengan Higashi Chaya. Distrik Higashi Chaya terletak sekitar 1 kilometer di selatan Taman Kenrokuen dan Kastil Kanazawa dan bisa diakses dengan mudah oleh bus loop Kanazawa. Jalan utama di Distrik Higashi Chaya panjangnya 150 meter dengan bangunan-bangunan tradisional Jepang yang kebanyakan berlantai 2. Chaya sendiri adalah sebutan bagi restoran di mana kita bisa menikmati menu makanan sambil menonton para geisha yang menari dan menyanyi secara langsung. Chaya ini mulai dikenal pada jaman Kekaisaran Edo, di mana hampir setiap malam Geisha menghibur para penguasa wilayah atau bangsawan yang datang ke Chaya. Kini, area Higashi Chaya telah berubah menjadi tempat wisata di Kanazawa di mana ada banyak restoran, kedai minum teh, dan juga toko oleh-oleh. Kini di malam hari, katanya para geisha juga akan menari dan menghibur para pengunjung restoran di lantai 2. Kalau teman-teman pernah mengunjungi distrik Gion di Kyoto, bisa dibilang distrik Higashi Chaya di Kanazawa adalah kembarannya. Mari simak kunjungan dan kegiatan seru kami ke distrik Higashi di Kanazawa.

Pada jaman Kekaisaran Edo, tidak boleh ada rumah atau toko yang dibangun dengan dua lantai kecuali Chaya. Sebagai pusat pemerintahan di wilayah Ishikawa, tidak heran, ada banyak Chaya di Kanazawa. Bangunan Chaya khas dengan Kimusuko (jeruji atau kisi kayu di sisi depan), lalu interior dalam bangunan bergaya rumah tradisional Jepang yang ada di lantai bawah dan lantai atas. Bertandang dan berkeliling di Higashi Chaya Kanazawa akan membawa kita sejenak merasakan kebudayaan pada jaman Edo 200 tahun yang lalu.

Pemandangan malam sungai Asanogawa di Distrik Higashi Chaya

Pemandangan malam sungai Asanogawa di Distrik Higashi Chaya

Berikut ini tempat-tempat yang saya kunjungi di Higashi Chaya dan bisa jadi daftar itinerary teman-teman.

1. Museum Perkakas Emas Kanazawa Kazue

Di dalam museum ini, kita bisa melihat beragam perkakas, kerajinan tangan, bahkan ruangan minum teh yang dibuat dari emas oleh pengrajin Kanazawa Komei Yazue. Dia adalah orang pertama yang memperkenalkan proses penyepuhan emas di Kanazawa. Selain itu, ada juga benda-benda koleksi seni seperti keramik Kutani, altar Buddha, kostum Noh (pakaian tradisional Jepang yang digunakan dalam teater). Lokasi museum ini berada di tepi jalan utama di antara distrik Higashi-Chaya dan Kazue-Chaya. Museum ini buka dari jam 09:30 sampai 18:00 (hanya sampai 17:30 di musim dingin). Harga tiket masuknya sebesar 300 yen.

2. Kedai Teh Shima

Kebanyakan tempat makan dan restoran di Higashi Chaya tidak mengijinkan wisatawan/ orang yang baru pertama kali datang untuk masuk ke dalam restoran dan naik ke lantai atas. Satu-satunya cara adalah bersama dengan kenalan/ rekan kerja yang sudah pernah datang lebih dahulu. Itulah makanya sulit bagi para wisatawan untuk dapat berkunjung dan mencicipi kuliner di Distrik Higashi Chaya. Restoran yang bisa dikunjungi bebas hanya dua: Shima dan Kaikarou.

Bangunan Kedai Teh Shima sudah ada dari tahun 1820 dan sudah menjadi situs warisan nasional Jepang. Di area hall utama, kita bisa menyaksikan para geisha yang bermain alat musik dan menghibur para pengunjung. Letaknya tidak begitu jauh dari Museum Perkakas Emas Kanazawa Kazue. Kedai teh ini buka dari jam 09:00 sampai 18:00. Harga tiket masuknya sebesar 400 yen. Kedai teh ini bisa dicapai dua blok dari area jalan utama (sekitar 100 meter dari Museum Perkakas Emas Kanazawa Kazue).

Suasana Higashi Chaya Kanazawa

Suasana Higashi Chaya Kanazawa

3. Kedai Teh Kaikaro

Kaikaro terletak persis di seberang Shima. Kita bisa menikmati jamuan minum teh tradisional Jepang dengan suasana bangunan Chaya tradisional, lengkap dengan lantai tatami, pintu geser dengan lukisan Fusumae, dengan hiasan kain tenun emas di dindingnya. Kedai teh ini buka dari jam 09:00 sampai 17:00. Harga tiket masuknya sebesar 750 yen. 

Kedai teh Kaikaro di Kanazawa

Suasana di dalam kedai teh Kaikaro di Kanazawa

4. Sungai Asanogawa

Sungai Asanogawa adalah salah satu dari dua sungai utama yang membelah kota Kanazawa menuju ke Laut Jepang di utara. Kita bisa menyusuri dan menikmati keindahan sungai Asanogawa berpadu dengan deretan bangunan tradisional Jepang di distrik Higashi-Chaya.

Sungai Asanogawa di Distrik Higashi Chaya

Sungai Asanogawa di Distrik Higashi Chaya

5. Kuil Utatsuyama

Kuil Utatsuyama ini terdiri dari sekitar 50 bangunan kuil yang tersebar di antara area Higashi-Chaya dan kaki gunung Utatsu di sisi timut. Keluarga Maeda (penguasa wilayah Ishikawa) membangun kuil-kuil ini sebagai penghormatan mereka dan dan supaya area Ishikawa (Kanazawa) dilindungi dari bahaya. Kita bisa berkeliling melalui jalur-jalur setapak dan melihat bangunan kuil-kuil ini dengan berjalan kaki.

Akses menuju Higashi Chaya

Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa naik bus loop Kanazawa dan turun di halte Hashibacho (Koban-mae)Lama perjalanan sekitar 20 menit. Dari halte, kita tinggal berjalan sekitar 5 menit sampai ke Higashi Chaya.

Selain itu, kita juga bisa naik bus lokal Hokutetsu (terletak di terminal bus nomor 3 dan 6 di pintu keluar timur Stasiun Kanazawa) dan turun di halte Hirosaka·21st Century Museum. 

Akses menuju Higashi Chaya

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Untuk Hokuriku Shinkansen ini masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Cheap Hotels near Kanazawa Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Guesthouse Stell
0 km away
Kanazawa Guesthouse Stella
from ¥6980/night
Kanazawa Central Hotel
1 km away
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
Kanazawa Guest House East
0 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
1 km away
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Omicho Ichiba
1 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa
Distrik Samurai Nagamachi
2 km away
Suasana Distrik Samurai Nagamachi di Kanazawa
Kanazawa Castle
1 km away
Taman Kenrokuen
1 km away
Info Wisata di Kanazawa Taman Kenrokuen

Sumber gambar: Flickr かがみ~, M Reza Faisal,Yoshihide Urushiharacotaro70sBong Grit


Recommended for you


Last modified: January 28, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

  1. apakah ada tempat lain yang seperti ini? nuansa jepang jaman edo. mungkin yang lebih dekat dengan tokyo dan bisa dikunjungi dengan tokyo wide pass. tks.

  2. selamat malam pak Nug,tolong dikoreksi ini plan perjalanan saya,rencan kita pergi berlima dgn suami dan 3 orang anak,
    31 des–> 3:25PM kansai airport- menuju kanazawa-cek in penginapan
    1 jan –>explore kanazawa (kanazawa castle,kenrouken garden,kota tua higashichaya)- nagayo cek in penginapan
    2 jan–> explore nagoya ( pasar yanagibashi,kuil atsuta,taman shirotori)
    3 jan–>explore nagoya ( taman Higashiyama,sakae nagoya )- otw takayama cek in penginapan
    4 jan–> explore takayama(hida no sato,takayama betsuin) -shirakawago – osaka cek in penginapan
    5 jan–> osaka (musium takoyaki, dotombori,osaka castle,tsutenkaku tower)
    6 jan–> osaka-explore kyoto( kinkaku-ji, fushimi inari,kuil kiyomizu)-osaka
    7 jan –>osaka-nara(taman nara, kuil todaiji,kuil tasuga kaisha)-osaka
    8 jan–> osaka-kobe cinatown,masjid kobe,kobe port tower,kobe herbs garden-osaka
    9 jan–>osaka-kansai airport

    rencana tgl 31 des-4 jan saya pakai takayama hokuriku tourist pass, apa sudah betul ??
    kemudian hari2 selanjutnya untuk transportasi sebaiknya saya pakai apa ya ??
    dan tempat2 wisata yg saya tuju apa memungkinkan semuanya..?? tks sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Sebaiknya dibalik tanggal 2 Jan ke Takayama, baru tanggal 3 dan 4 ke Nagoya. Untuk penggunaan di tanggal lainnya bisa menggunakan ICOCA saja. Salam.

    • Berarti tgl 4 setelah explore nagoya kan sorenya mau lgsng osaka, ga kejauhan ya pak ? Kira2 jam berapa saya harus meninggalkan nagoya

    • Nugroho Christian  |  

      Yang jelas lebih cepat daripada Shirakawago ke Osaka. Perjalanan dari Nagoya ke Shin Osaka dengan shinkansen adalah selama 70 menit, dengan keberangkatan shinkansen terakhir pukul 22.58, tiba di Shin Osaka jam 23.45. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!