Kuil Itsukushima

Home / Temple / Kuil Itsukushima
Item image

Miyajima dikenal satu objek wisata terbaik dan terindah di Jepang. Miyajima (Pulau Miya dalam bahasa Indonesia) terletak di lepas pantai Hiroshima, sebuah pulau dengan keindahan pantai dan kemegahan bangunan kuilnya. Miyajima terkenal dengan kemegahan Kuil Itsukushima Jinja dan Torii Agung Miyajima yang mengapung di tengah-tengah laut, yang sering dijadikan sebagai ikon Jepang melalu kartu pos atau lukisan pemandangan. Karena keindahannya itu, Miyajima dinobatkan jadi salah satu dari tiga pemandangan terbaik Jepang.

Informasi Singkat Mengenai Kuil Itsukushima

Miyajima dikenal sebagai tempat yang suci bagi sebagian masyarakat Jepang. Sebab di tempat inilah didirikan tempat memuja Buddha sejak 1400 tahun lalu. Itu terlihat juga di nama pulau ini, Miya artinya kuil, dan Jima artinya pulau. Jadi  berarti Pulau Kuil. Ada begitu banyak objek wisata di sini, misalnya saja Kuil Itsukushima, Torii Agung Miyajima, dan Miyajima Akuarium yang menampilkan hewan air di perairan Seto Inland. Juga ada beberapa kuil megah di atas gunung yang sayang kalau tidak dikunjungi.

Kuil Itsukushima di Miyajima dianggap sebagai lambang kebudayaan dan sejarah Jepang, di mana kuil ini dapat bertahan dari perang saudara, pergantian kekuasaan, dan bencana alam selama ratusan tahun. Kini Kuil Itsukushima dan Torii Agung Miyajima dianggap sebagai semangat penduduk Jepang dalam menyongsong masa depan.

Kalau ditanya kapan kuil Itsukushima ini didirikan, konon kuil ini pertama didirikan oleh Saeki Kuramoto pada tahun 593, atau saat Pangeran Suiko berkuasa. Namun sebetulnya, jauh sebelum kuil Itsukushima didirikan, Miyajima sendiri memang sudah dijadikan sebagai tempat pemujaan sejak jaman purba. Itu karena suasana spiritual memang sangat terasa di pulau ini, Miyajima pun lalu dianggap sebagai pulau yang suci dan memiliki tingkat kesakralan yang sangat tinggi.

Karena banyaknya objek wisata di sini, banyak orang Jepang dan turis yang memilih menginap saat berlibur ke tempat ini. Saya sendiri sebetulnya ingin menginap satu malam dan menjelajahi Miyajima, namun karena waktunya tidak bisa saya hanya satu hari di Miyajima. Jam 6 pagi berangkat dari pusat kota Hiroshima lalu kemudian kembali ke Hiroshima jam 5 sore. Namun tetap saja waktunya terasa kurang, masih ada banyak tempat yang belum saya lihat.

Kegiatan seru di Kuil Itsukushima

1. Mengunjungi Haraiden dan Purification Hall

Haraiden terletak di area pintu masuk kuil, sebelum lorong sisi timur. Haraiden ini adalah ruangan untuk menyucikan tubuh dan pikiran sebelum memasuki area kuil. Sebelum berkeliling di area kuil, kita harus melakukan ritual mencuci tangan dan membasuh wajah, dan berdoa sejenak di sini. Sementara Purification Hall yang dulunya digunakan untuk ruangan penyucian, kini menjadi tempat penyelenggaraan upacara keagamaan dan tarian Bungaku (tarian kuno yang hanya dilakukan saat hujan).

2. Berjalan menyusuri lorong kuil

Kuil Itsukushima memiliki dua lorong utama, sisi timur dan sisi barat. Lorong timur terhubung dengan pintu gerbang utama kuil. Sementara lorong timur terhubung dengan pintu keluar kuil. Kedua lorong dibangun di atas permukaan air tanpa satu paku pun. Bentuknya juga simetris, dengan 108 buah pilar dan lebar 4 meter, dengan pemandangan menghadap ke arah Torii Agung Mijayima dan lautan lepas. Suasana tentram dengan suara deburan air terasa saat kita berjalan meyusuri lorong.

Bangunan kuil Itsukushima

3. Mengunjungi bangunan utama Kuil Itsukushima

Bangunan utama kuil didedikasikan untuk tiga Dewi Munakata. Bangunan terluas di area kuil ini memiliki pemandangan langsung ke arah Torii Agung dan lautan, sebagai lambang kedekatan kita dengan pencipta dan alamnya.
Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima

4. Melihat kolam cermin

Di area kuil ini ada tiga kolam cermin. menurut cerita, kolam-kolam ini muncul pada suatu malam saat kuil masih dibangun. Kita hanya dapat melihat kolam ini saat gelombang surut, di mana bulan yang terpancar di kolam cermin ini menjadi salah satu pemandangan terbaik di Miyajima.

Kolam cermin di Kuil Itsukushima Miyajima

5. Mengunjungi jembatan Naga-Bashi dan Sori-Bashi

Naga-Bashi atau jembatan panjang dibangun di atas permukaan air dan menghubungkan Kuil Daikoku dengan sisi belakang kuil. Saat berjalan di atas jembatan ini, kita bisa melihat pemandangan bangunan kuil dan lorong-lorong yang simetris dan indah. Sementara itu Sori-Bashi adalah jembatan melengkung yang menghubungkan pintu gerbang kuil dengan daratan utama Pulau Miyajima.

6. Melihat keindahan sakura di musim semi

Yang terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah melihat pemandangan bunga sakura di kompleks Kuil Itsukushima. Sebetulnya ada banyak spot melihat bunga sakura yang keren di sini, namun lokasinya jauh sehingga membutuhkan waktu untuk berkeliling. Bagi teman-teman yang hanya punya waktu singkat ke Kuil Itsukushima, silakan naik ke bukit di belakang kuil dan kita bisa menyaksikan panorama bunga sakura, plus pagoda Kuil Itsukushima, Torii Agung Miyajima, dan Laut Seto Inland sekaligus.

Keindahan bunga sakura dari Kuil Itsukushima

Keindahan bunga sakura dari Kuil Itsukushima

Akses ke Pulau Miyajima

Kota terdekat dengan Pulau Miyajima adalah Hiroshima. Dari Hiroshima Station, naik JR Sanyo Line (harganya 410 Yen dalam 28 menit) atau dengan tram Hiroden (harganya 270 Yen dalam 70 menit), menuju ke Miyajimaguchi Station.

Dari Miyajimaguchi kita bisa membeli tiket Feri JR atau Matsudai. Harga tiketnya 170 Yen untuk perjalanan selama 10 menit. Kita bisa merasakan keindahan Seto Naikai (Seto Inland Sea), laut yang ada di antara Honshu dan Chuugoku. Dari atas Feri kita bisa merasakan terpaan angin sambil melihat pemandangan laut dan The Great Torii serta Kuil Itsukushima Jinja. Sampai di dermaga feri, kita tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit untuk sampai di Kuil Itsukushima.

Baik kereta JR Sanyo Line dan kapal feri JR ke Pulau Miyajima masuk dalam cakupan Japan Rail Pass, sehingga teman-teman tidak perlu membeli tiket lagi jika memiliki JR Pass.

Akses Menuju Hiroshima

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinagawa, kita bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Hiroshima. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (238 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 19.080 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (323 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 18.560 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (340 menit). Kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass. Dari Stasiun Hiroshima, ikuti langkah nomor 1 sebelumnya.

Atau kita bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Hiroshima. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Hiroshima dengan kisaran harga tiket 32.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 12.000-17.000 yen khusus wisatawan asing. Lama perjalanan biasanya 90-100 menit. Dari Bandara Hiroshima kita bisa naik bus menuju Stasiun Hiroshima selama 90 menit dengan ongkos 1.340 yen.

2. Dari Osaka

Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan tiket seharga 9.710 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

3. Dari Kyoto

Dari stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station melalui Shin-Osaka. Lama perjalanan sekitar 95 menit dengan tiket seharga 10.570 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Tips Kalau Pergi ke Miyajima

  1. Beli tiket terusan JR Sanyo atau Trem Hiroden karena harganya lebih murah plus tiket feri menyeberang ke Miyajima. Tiket terusan JR Sanyo bisa dibeli di semua stasiun di Prefektur Hiroshima. Sedangkan tiket terusan Hiroden Hiroshima bisa dibeli di loket stasiun Hiroden atau di dalam Hiroden sendiri.
  2. Kalau naik feri, pilihlah untuk duduk di dok kapal. Dari dok kapal feri, kita bisa merasakan langsung terpaan angin dan bau air laut. Kita juga bisa melihat deru ombak dan perahu-perahu nelayan. Tapi yang paling mantap adalah melihat The Great Torii di tengah-tengah laut.
  3. Bagi teman-teman yang capai kalau berjalan kaki, bisa menggunakan rental sepeda. Tempat rentalnya tepat di sebelah kanan pintu keluar Miyajima Port. Harganya 500 Yen untuk satu hari penuh.

Peta Miyajima (PDF) miyajima_map_en.pdf
Peta Akses  (PDF) acces-miyajima_English.pdf

Berikut adalah foto-fotonya. Semoga bisa jadi masukan bagi teman-teman yang ingin berlibur ke sana. Kalau ada pertanyaan, bisa tulis di kotak komentar di bawah, saya dengan senang hati akan menjawabnya.

Foto-Foto Miyajima di Hiroshima

Menikmati kerang tepung goreng, makanan khas Hiroshima dan Pulau Miyajima. Memang sejak dahulu tambak kerang sangat terkenal di daerah Miyajima dan Laut Inland Seto (Seto Nai Kai), kita pun dapat menikmati kuliner ini dengan harga terjangkau.

Menyantap makan siang rendang dan kerang goreng

Foto di bawah adalah pemandangan Pulau Miyajima dari Kuil Shinkoji dan Tokujuji yang berada di atas bukit, tidak jauh dari pelabuhan feri Pulau Miyajima. Kita bisa mampir ke tempat ini sebelum pergi ke Kuil Itsukushima di bagian barat pulau.

Pemandangan dari atas kuil di bukit

Salah satu sudut jalan di Pulau Miyajima menuju ke Akuarium Miyajima di bagian timur pulau. Ada banyak penginapan tradisional Jepang yang ada di Pulau Miyajima, di mana kita bisa menginap jika ingin mengincar waktu laut surut untuk pergi ke Torii Pulau Miyajima yang terkenal lewat jalan darat.

Suasana perumahan di Miyajima

Informasi Lebih Lanjut

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ark Hotel Hiroshima
18 km away
from ‎¥6164/night
Oriental Hotel Hiroshima
17 km away
from ‎¥9447/night
APA Hotel Hiroshima-Ekima
18 km away
from ‎¥6241/night
Ana Crowne Plaza Hiroshim
16 km away
from ‎¥8757/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Shukkeien
18 km away
pemandangan kolam di taman shukkeien
Atomic Bomb Dome
16 km away
Pergi ke Atomic Bomb Dome di Hiroshima
Miyajima Aquarium
0 km away
Suasana atraksi di Miyajima Aquarium
Hiroshima Castle
17 km away
Berfoto di depan Hiroshima Castle

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang, Flickr ZEKKEI Japan
Sumber Video : Youtube


Last modified: January 4, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (11)

  1. pak..mohon info jika ingin ke kyoto station dari hiroshima station bisakah naik Shinkasnen sakura atau hikari??atau harus ke shin-osaka station dahulu??

    • Nugroho Christian  |  

      Biasanya harus transit di Shin-Osaka bu, berpindah dari Sanyo Shinkansen ke Tokaido Shinkansen. Salam.

  2. Mohon info saya akan ke jepang selama 11 hari, PP dari narita airport, dengan itin sebagai berikut :
    Hari ke-1: Tokyo
    2: osaka
    3: hirosima
    4: kyoto
    5: tateyama-kanazawa
    6 : shirakawago
    7 : Nikko
    8 : hitachi dan mt. Fuji
    9, 10 dan 11 : tokyo
    Dan saya akan menggunakan JR pass di hari ke-2 sampai hari ke-8. Apakah rute saya tersebut sudah benar?? Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya rutenya sudah tepat. Namun silakan diperhitungkan lagi, sebab seperti hari ke 5 dan hari ke 8 tidak mungkin dilalui dalam 1 hari perjalanan. Salam

    • Terima kasih info nya pak nugroho..mungkin saya akan menskip perjalanan ke kanazawa dan saya akan mengalihkan perjalanan ke hitachi seaside park ke hari ke-9

  3. Hai, apakah benar JR Pass bisa digunakan untuk ke Miyajima? Saya sedang di Hiroshima, membaca beberapa artikel di website infojepang.net ini membuat saya ingin coba juga ke Miyajima. Sepertinya tidak terlalu jauh.

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Anton, ya kita bisa naik ferry ke Miyajima gratis dengan menunjukkan JR Pass. Miyajima memang indah, kalau di Hiroshima usahakan/ sempatkan mengunjungi Miyajima dan melihat objek wisatanya yang terkenal seperti Kuil Itsukushima dan Torii Miyajima yang mengapung di tengah laut.

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian  |  

      Seluruh transportasi sampai pulau Miyajima gratis dengan menggunakan JR PASS dengan catatan naik kereta JR Sanyo Main Line sampai stasiun JR Miyajimaguchi (jangan naik Hiroden-trem Hiroshima). Lalu ketika ingin menyeberang naik feri: naik JR Ferry (Ferry milik JR) dan jangan feri Miyajima Matsudai. Tandanya gampang: lihat saja feri yang ada tanda JR nya. Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan silakan.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!